JakartaGreater.com - Forum Militer
Aug 152014
 

 

sby

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengaku memiliki seribu perasaan yang sulit ia lukiskan, saat menyampaikan Pidato Kenegaraan dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-69 Kemerdekaan RI Tahun 2014, pada sidang bersama DPR-RI dan DPD RI, di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (15/8) pagi.

“Sudah dapat dipastikan, inilah terakhir kalinya saya berpidato di tempat yang terhormat ini sebagai Presiden Republik Indonesia. Walaupun ini adalah pidato yang ke-10, perasaan saya sebenarnya sama dengan sewaktu pertama kali berdiri disini tahun 2005 : penuh semangat dan tekad, untuk berbuat yang terbaik dan memberikan segalanya kepada bangsa dan Negara,” kata Presiden SBY dalam sidang yang dipimpin oleh Ketua DPR-RI Marzuki Alie itu.

Presiden SBY yang didampingi Ibu Negara Hj. Ani Yudhoyono mengemukakan, dalam 10 tahun terakhir, ia telah mencoba mendedikasikan seluruh jiwa dan raga untuk Indonesia. Terlepas dari berbagai cobaan, krisis dan tantangan yang dialaminya, menurut SBY, tidak pernah ada satu menitpun ia merasa pesimis terhadap masa depan Indonesia. Dan tidak pernah satu menitpun, ia merasa tergoda untuk melanggar sumpah jabatan dan amanah rakyat kepada saya sebagai Presiden.

“Tanggung jawab saya pada akhirnya bukanlah kepada partai politik, bukanlah kepada parlemen atau pemerintah atau suatu kelompok, namun kepada Republik, kepada rakyat Indonesia yang telah memberikan kepercayaan kepada saya, kepada sejarah, dan tentu-nya kepada Tuhan Yang Maha Kuasa,” tegas SBY.

Minta Maaf

SBY mengemukakan, merupakan kehormatan besar bagi dirinya yang merupakan anak orang biasa, anak biasa dari Pacitan, kemudian menjadi tentara, menteri, dan kemudian dipilih sejarah untuk memimpin bangsa Indonesia, menjadi Presiden Indonesia.

“Menjadi Presiden dalam landskap politik dimana semua pemimpin mempunyai mandat sendiri, dalam demokrasi 240 juta, adalah suatu proses belajar yang tidak akan pernah ada habisnya,” kata SBY.

Menurut SBY, tentunya dalam 10 tahun memimpin Indonesia, ia banyak membuat kesalahan dan kekhilafan, dalam melaksanakan tugas. “Dari lubuk hati yang terdalam, saya meminta maaf atas segala kekurangan dan kekhilafan itu.  Meskipun saya ingin selalu berbuat yang terbaik, tetaplah saya manusia biasa,” kata SBY yang disambut tepuk tangan peserta sidang dan undangat yang hadir dalam sidang bersama DPR RI – DPD RI itu.

Dalam kesempatan itu, SBY berjanji untuk membantu siapapun yang akan menjadi Presiden Republik Indonesia tahun 2014 – 2019, jika hal itu dikehendaki. “Ini adalah kewajiban moral saya sebagai mantan Presiden nantinya, dan sebagai warga negara yang ingin terus berbakti kepada negaranya,” terangnya.

Melalui mimbar itu pula, SBY mengucapkan selamat kepada Presiden terpilih yang nanti akan disahkan oleh Mahkamah Konstitusi.

“Tahun depan, Presiden kita yang baru akan memberikan pidato kenegaraannya di mimbar ini. Saya mengajak segenap bangsa Indonesia, marilah kita bersama-sama mendengarkannya, dan mendukung beliau untuk kebaikan dan kemajuan negeri ini,” seru Kepala Negara.

SBY menegaskan, ia juga mempunyai mimpi dan harapan yang indah, yaitu terbangunnya budaya politik yang luhur, dimana para pemimpin Indonesia saling bahu membahu, saling membantu, dan saling mengingatkan demi masa depan Indonesia. “Saya yakin itulah yang didambakan oleh rakyat Indonesia, dan itulah yang harus kita berikan dengan ikhlas kepada mereka,” pungkasnya.

Penyampaian Pidato Kenegaraan dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-69 Kemerdekaan RI Tahun 2014 itu dihadiri oleh Wakil Presiden Boediono dan Ibu Herawati Boediono, mantan Presiden BJ Habibie, mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla, Ketua MPR Sidarto Danusubroto, para pimpinan lembaga tinggi negara, para menteri Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) II, para duta besar negara sahabat, dan para tauladan dari seluruh tanah air. (setkab.go.id)

 

==================================================================================================

Inilah Prestasi Positif Pembangunan Indonesia Dalam Sepuluh Tahun Terakhir

sby2

Saat menyampaikan Pidato Kenegaraan dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-69 Kemerdekaan RI Tahun 2014, di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (15/8) pagi, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyampaikan beberapa perkembangan positif yang dicapai bangsa Indonesia dalam satu dekade terakhir.

Pertama, kata Presiden SBY, kita dapat menjaga stabilitas dan kondisi makro-ekonomi yang relatif baik, walaupun bangsa kita terus diterpa cobaan, apakah itu dalam bentuk bencana alam maupun krisis moneter global utamanya pada tahun 2008.

Kedua, Indonesia terus mencetak pertumbuhan ekonomi yang relatif tinggi. Pada periode tahun 2009-2013, secara rata-rata pertumbuhan ekonomi nasional mencapai 5,9 persen. “Ini jauh lebih tinggi dari pertumbuhan ekonomi Amerika Serikat, Eropa dan Jepang pada kurun waktu yang sama,” kata Presiden SBY.

Sementara di semester pertama tahun 2014 ini, menurut Presiden SBY, ekonomi kita memang

mengalami perlambatan menjadi sekitar 5,2 persen. Sungguhpun demikian, diantara negara-negara G-20, Indonesia  tetap menempati posisi pertumbuhan tertinggi setelah Tiongkok.

Presiden menegaskan, kemampuan kita untuk menjaga laju pertumbuhan ekonomi sangat penting, mengingat dewasa ini cukup banyak negara-negara emerging ekonomi lainnya yang pertumbuhan ekonominya menurun, bahkan sebagian menurun cukup tajam.

Ketiga, lanjut Presiden SBY, utang negara juga kini telah berada dalam situasi yang jauh lebih aman. Ia menyebutkan, di puncak krisis moneter tahun 1998, rasio utang kita terhadap PDB adalah 85 persen, yang artinya utang Indonesia hampir sama besarnya dengan penghasilan bangsa.

Dengan susah payah, kata Presiden, akhirnya Indonesia berhasil menurunkan rasio utang terhadap PDB kita menjadi sekitar 23 persen. “Sekali lagi, ini bukanlah capaian yang boleh diabaikan. Mari kita bandingkan dengan rasio utang terhadap PDB negara-negara maju yang terus tinggi, Jepang 227,2 persen, Amerika Serikat 101,5 persen, atau Jerman 78,4 persen. Dalam hal ini, rasio utang terhadap PDB Indonesia adalah yang terendah diantara negara-negara G-20,” jelas SBY.

Presiden juga menyebutkan, Indonesia juga telah melunasi utang kita kepada IMF, dan melakukannya 4 tahun lebih awal dari jadwal yang telah disepakati. Presiden mengaku akan selalu mengingat momen, ketika menerima ManagingDirector IMF di kantornya, dan waktu itu, justru Indonesia-lah yang balik memberikan masukan bagaimana cara mereformasi IMF.

“Indonesia tidak lagi menjadi pasien IMF, yang semua kebijakan dan perencanaan ekonominya harus didikte oleh IMF,” tegas Presiden SBY.

Keempat, kita juga telah berhasil mencetak sejumlah prestasi ekonomi. Anggaran pembangunan kini mencapai Rp1.842,5 triliun, tertinggi dalam sejarah Indonesia. Sementara cadangan devisa Indonesia saat ini telah mencapai 110,5 miliar dollar AS, setelah sebelumnya pernah mencapai 124,6 miliar dolar AS yang juga tertinggi dalam sejarah.

Adapun volume perdagangan Indonesia dalam 10 tahun terakhir mencapai sekitar 400 miliar dollar AS, tertinggi dalam sejarah. Nilai investasi baik dari luar negeri maupun dalam negeri dalam 10 tahun terakhir mencapai Rp2.296,6 triliun, juga tertinggi dalam sejarah. Sementara itu, dalam waktu 9 tahun, pendapatan per kapita rakyat Indonesia meningkat hampir tiga setengah kali lipat dari sekitar Rp10,5 juta tahun 2004 menjadi sekitar Rp36,6 juta pada tahun 2013.

“Kita juga patut bersyukur karena faktanya, di tengah gejolak dan krisis ekonomi global yang sering terjadi, tidak banyak bangsa di dunia yang bisa melakukan hal ini,” sebut SBY.

Kelima, lanjut Presiden SBY, Indonesia telah menjadi anggota G-20. Ini menandakan bahwa posisi Indonesia dalam peta ekonomi dunia sudah jauh berubah.  Ia menyebutkan, G-20 di abad ke-21 telah menjadi forum utama untuk melakukan kerja sama ekonomi internasional.  Dalam forum itu, kini Indonesia  berdiri sejajar dan duduk setara dengan negara-negara maju dan ekonomi besar lainnya.

“Pendek kata, Indonesia telah menjadi salah satu pemain inti dalam ekonomi internasional.  Kita tidak punya alasan menjadi bangsa yang rendah diri, yang gemar menyalahkan dunia atas segala per-masalahan yang terjadi.  Kita harus meyakini bahwa Indonesia di abad ke-21 adalah bagian dari solusi dunia,” kata Presiden SBY.

Atas capaian-capaian itu, Presiden SBY mengingatkan, kita tidak boleh berpuas diri dan takabur melihat semua ini. Ia menyebutkan, tantangan dan permasalahan yang dihadapi bangsa kita masih banyak. Salah satu tantangan terbesar adalah bagaimana mengubah nasib puluhan juta rakyat Indonesia yang masih hidup di bawah atau di sekitar garis kemiskinan, ke arah yang lebih sejahtera.

Penyampaian Pidato Kenegaraan dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-69 Kemerdekaan RI Tahun 2014 itu dihadiri oleh Ibu Negara Hj. Ani Yudhoyono, Wakil Presiden Boediono dan Ibu Herawati Boediono, mantan Presiden BJ Habibie, mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla, Ketua MPR Sidarto Danusubroto, para pimpinan lembaga tinggi negara, para menteri Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) II, para duta besar negara sahabat, dan para tauladan dari seluruh tanah air. (setkab.go.id)

Berbagi
 Posted by on August 15, 2014

  88 Responses to “Tidak Semenitpun Saya Tergoda Langgar Sumpah Jabatan”

  1.  

    …..selamat jalan “jenderal besar”…

  2.  

    absen dulu

  3.  

    udah nonton tadi

  4.  

    LIKE THIS

  5.  

    Terima kasih SBY,jasa-jasamu tidak akan kami lupakan.

  6.  

    Waahh thanks admin yang uda ngeluarin artikel ttg bapak sby.
    Dan terima kasih sebanyak banyaknya untuk bapak SBY yang 10 thn ini memegang amanat dari rakyat indonesia, yg telah memimpin negeri ini dgn kesabaran, keikhlasan dan penuh dengan tanggung jawab. Kini sang garuda bukan lagi yg selalu di kucilkan tp dapat terbang tinggi dgn gagah atas pimpinanmu selama ini. memimpin rakyat 240 jt jiwa bukanlah hal yg mudah, caci maki dan fitnah yg diterima kpda bapak tp bapak selalu sabar dan ikhlas ttp memprioritaskan kemajuan bangsa.. you’re the one of my favorite president, keteledanannya dan cara berfikirnya patut menjadi contoh. Saatnya kini tongkat estafet di emban oleh presiden terpilih. Harapan besar kami pun menanti, semoga bangsa ini menjadi bangsa yang mampu berdiri sendiri bukan lagi bangsa yg selalu ditindas oleh org lain apalagi rakyatnya sendiri! Amin

  7.  

    Terima kasih Pak SBY atas apa yang telah anda lakukan untuk negara dan masyarakat Indonesia…

  8.  

    Selamat jalan pak SBY,terima kasih sebesar besarnya atas jasa anda kpd NKRI,hanya Allah swt yang bisa membalasnya….

  9.  

    Jd bapak bangsa ya pak SBY, TNI dibimbing ya pak biar lebih mumpuni utk menjaga kedaulatan Indonesia

    •  

      mengutip komen bung GUE..”slmt jalan JENDRAL BESAR”…
      jsa2 mu tdk akn prnh kami lupakan…JENDRAL BESAR…bkn hnya scara fisik mmbuatny dsbut besar…tp jg krna KBESARAN JIWA,,pngabdian,,kluhuran budi pkerti & JASA BESAR ny bgi bngsa & negara ini ..khsusny TNI.
      smga ALLOH SWT snantiasa mbrikan kslmatan,,kkuatn,,& ksehatan kpd Anda…untuk trus mngabdi kpd bngsa ini…amiiin

      sy ykin,,bpk akn mndpatkn khormatan lbh bsar dr ap yg tlh bpk dptkn saat ini… krna khormatan tdk ddpt dgn dcari…ttpi khormatan adlh anugrah yg dbrikan ALLOH SWT kpd bpk

  10.  

    Terima kasih pak SBY atas kerja kerasnya memajukan indonesia, semoga presiden selanjutnya membuat NKRI ini lebih bersinar. Amin

  11.  

    Assalamualaikum wr.wb
    terima kasih bapak 🙂

  12.  

    ksatria yang kurang beruntung. semoga Allah Ta’ala membalas jasa mu pak.

  13.  

    Tiada gading yang tak retak …
    Terimakasih atas jasa-jasanya pak …

  14.  

    Slmt jln presidenku…trimakasih atas kepemimpinanmu selama ini.

  15.  

    SBY dalam sejarah merupakan presiden RI ke 3 yg priode kepemimpinannya terlama setelah Sukarno dan Suharto, terima kasih tak terhingga untuk pengabdian beliau terhadap nusa dan bangsa. Walau kadang berlaku pribahasa tiada gading yg tak retak, tapi secara keseluruhan pengabdian anda patut diapresiasi seluruh rakyat indonesia.

  16.  

    Jangan lupa di era bapak SBY selain ekonomi , kemampuan dan alutsista TNI berkembang dengan pesat dan disegani di kawasan serta dunia . Terima kasih bapak SBY kami tak akan pernah melupakan jasamu !

  17.  

    Trimakasih Tuan President kami ta akan melupakan jasa jasa mu ..
    Never say goodbye Mr President .

  18.  

    Pak SBY, terimakasih telah memimpin negeri ini dengan amanah !!

  19.  

    Ini adalah presidenku.

  20.  

    Terimakasih pak SBY…kami rakyat kecil merasakan aman dan damai..dalam mencari rejeki..semoga utk presiden yang akan dilantik..lebih baik lagi dgn aparatur negara yang merakyat..dan semoga TNI nya di perkuat lagi otot.nya…biar mantaappppp….senggol bacook nya…aminnnnn….

  21.  

    terima kasih pak, bintang di pundak bapak sebanyak bintang di langit..

  22.  

    hormat pak jenderal

  23.  

    ini lah contoh salah satu putra terbaik bangsa…negarawan banget..insya allah bpk jd salah satu pemegang mandat PBB..kami do’a kn pak.

  24.  

    Nenek Mega kok tdk hadir?Sebagai mantan presiden sangat tdk pantas kelakuan si nenek satu ini

  25.  

    Salut jenderal. Satrio gapura bangsa, yang telah berhasil merekonsiliasikan elemen-elemen bangsa…

  26.  

    Trmksh Bpk Presiden, sungguh saya terharu stlh membaca artikel ini. Semoga indonesia kedepannya semakin maju dan damai. “Jayalah Indonesiaku”.

  27.  

    barusan baca di wiki tentang “kutukan sumber daya” atau “paradoks keberlimpahan”
    dari yang disampaikan presiden tentang pencapaian2 yg kita peroleh.

    semoga negeri kita tidak masuk dalam kategori negeri yg mendapat kutukan tersebut

  28.  

    “Penyampaian Pidato Kenegaraan dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-69 Kemerdekaan RI Tahun 2014 itu dihadiri oleh Ibu Negara Hj. Ani Yudhoyono, Wakil Presiden Boediono dan Ibu Herawati Boediono, mantan Presiden BJ Habibie, mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla….”

    Mbok’e?…..mana mbok’e…..? Kan mantan juga……Kok gak dataaang? Mosok gak diundang? Malu ya mengakui keberhasilan bekas bahan penganiayaan dan cuma bs jualan….? :mrgreen:

    •  

      si mbok sik repot ngemong putune

    •  

      Mbokde di undang, tapi seperti biasa tidak datang, tp tidak datang kali ini dengan alasan sedang mempersiapkan susunan kabinet dan jabatan penting di pemerintahan, hasil dari konsultasi kemarin di US.

    •  

      Jangan begitu bung wehr
      Jangan menilai buku dari sampulnya. Gitu2 dia ahli strategi hebat loh. Sangat jarang orang bisa mengkudeta tampa mengeluarkan darah. Apalagi cewek mungkin sun zhu kalah.
      Ironic sarkasm mode on

    •  

      kenapa gak datang ya..coba bung2 cek lagi sejarah kenapa mami segitunya ..,seingat aku dulu sby jadi bawahannya ,jabatannya klu gak salah = yg penting absen..hehehe
      jangan remehin mami bung ,apalagi jokowi kecuali bung2 semua lawan politik beliau..ingat bung saatnya bersatu ,,biar masalah sby dan mami jadi milik mereka karna suatu saat mungkin mereka bisa tertawa bersama lagi..
      nkri harus terus maju tanpa mami mega ataw papi beye.

      salam bung

      •  

        Hmmm…saat menjabat menkopolkam SBY adalah org pilihan gusdur,bkn mbok’e….saat mbok’e naik tahta dia tdk menganggap SBY ada entah knapa…mungkin karena dendam pribadi masa lalu partainya yg cukup kelam dgn TNI…sampai2 saat SBY menanyakannya apa ia msh dibutuhkan di jawab dgn dingin oleh mbok’e…akhirnya SBY tahu diri dan mengundurkan diri…jd bukan absen tanpa keterangan….ini pengakuan SBY di media…kalau Mbok’e dan pendukungnya punya cerita lain itu urusan mereka…sy pegang yg sdh menunjukkan fakta…

        Yang jelas mbok’e tidak mewariskan apapun selain tumpukan hutang dan berkas sisa penjualan aset negara yg harus dibereskan SBY…

        jadi sudah jelas siapa yg kebagian cuci piring…yg jelas kalau tim jokowi bilang mereka kebagian cuci piring,tumpukan piringnya nggak sebanyak zaman Mbok’e…jadi masih untung klan Mbok’e dong…

        •  

          hmmmm..juga
          eheheh
          salah anda bung,,anda sesepuh warjag ya..yg bijak dong klu sepuh

          1. saya bukan pendukung megawati dan saya tidak pernah memilih dan mencoblos megawati dulu dan sekarang,,
          2.hutang apa yg diwariskan megawati..yg jelas brp hutangnya dan dan kepada siapa dia berhutang,,
          3.berkas sisa penjualan aset yg mana lagi,,maksud anda
          4.ingat bung megawati menjabat 3 tahun jadi presiden..dan dgn pemilu milyar2an bisa menghasilkan pemilu yg baik dimana sby pengantinya.
          5. sby jadi menteri di angkat sama gusdur tahun 2000 jabatan menteri ( mentamben ) pertambangan dan energi dan pada tahun 2001 diganti sama gusdur menteri koordinasi sosial dan keamanan (kemenpolsoskam),,dan diangkat jadi menteri menkopolkam di jaman megawati dan di tahun 2001 agustus 10..,dan tgl 2004 maret 11 sby mengundurkan diri

          coba anda cek lagi sejarah jgn baca digoogle tapi liat di koran/media cetak di saat pasca reformasi bagaimana keadaaan indonesia
          fakta apa yg anda maksud versi anda ..,kalau versi anda gak akan dicatat sejarah,,
          saya ngak akan mejawab lagi klu anda kurang puas dan berkenan ,,karna biar waktu aja yg menjawab..karna semua ngak fana

          oi 1 lagi ,,saya bukanlah org gajian apalagi pns dan bukan org partai ,,tapi org yg ingin bangsa ini kuat dan jaya sebelum 2030
          bagi saya jabatan amanah dan harus diselesaikan seperti apapun keadaan tekanannya karna pengabdian lillahi ta`ala ,,bukan pengunduran diri disaat bangsa sedang goyah apalagi mencari momentum
          salam knl bung
          jgn marah karna kita perkataan saya..,kalau bung niatnya nkri jaya maka tidak ada yg top ,,semua ada masanya dan pemimpin ada eranya ,,datang dan pergi tapi jgnlah sampai korbankan kepentingan bangsa..dulu org memuja soekarno llalu soeharto,habibie,gusdur,megawati,sby dan sekarang jokowi ..dan besok siapa lagi siapa tahu anak bung sendiri..semua hanya untuk rakyat indonesia ,tni kuat dan indonesia raya

          salam bung

          •  

            @bung waduh “””bagi saya jabatan amanah dan harus diselesaikan seperti apapun keadaan tekanannya karna pengabdian lillahi ta`ala ,,bukan pengunduran diri disaat bangsa sedang goyah apalagi mencari momentum

            Mundur dari menteri untuk menjadi presiden
            Mundur dari Gubernur untuk jadi presiden

            Apa yang salah ,,,? dengan pengunduran diri menuju pengabdian yang lebih besar???

            Kalau anda gak memilih bu megawati sangat disayangkan melihat track record anda yang selalau militan berkomentar diwarjag membela beliau,,,
            dan patut dicurigai statement anda ?? apa hanya lips service 😀

    •  

      wkwkwkwk…. mega tron wat wat gawoh :mrgreen:

  29.  

    terima kasihku ku ucapkan atas jasa-jasa anda bapak presiden,dan akan selalu ku kenang, semoga Allah membalas kebaikan anda pada bangsa indonesia,amin.

  30.  

    Hhmmmm , Mbokdhe kamu kemana malu ya krn cm bisa ngritik dan jual aset negara ?

    •  

      Muka buruk cermin DIJUal!!!!!!!! Hahaha

    •  

      sebenarnya aset yg mana yg dijualll…kampanye udah usaiiii..oii
      semua pertanyaan udah jelas dijawab di media dan di acara debat capres..klu masih ngeyell,,artinya itu tanda ketidak mampuan anda dalam menjalani hidup..,dalam pertandingan ada kalah dan menang dan di akhir pertandingan pasti ada pelukan dan jabat tangan hanya pecundang yg koarr2 minta pertandingan di ulang ,,mana mungkin
      stop !! saatnya bersatu ,,jgan bercerai,dan terpecah//nkri butuh itu semua untuk maju mengejar dan melesat ..
      saat bersatu putra2 indonesia

      salam

      •  

        Apakah anda mengatakan Bawaslu adalah pecundang?? Karena Bawaslu lah yg merekomendasikan kepada KPU bahwa pemilu harus diulang di 58.000 TPS tetapi di acuhkan, tdk usah paranoid lah toh hingga detik ini situasi aman terkendali… hehehe

    •  

      Kehabisan ide dan kreatifitas sampai tanker pertamina aja dijual :p

  31.  

    Salut atas segals kepemimpinan beliau, smg setelah lengser pun akan menjadi bp bangsa spt Lie atau mahatir, tempat para yunior bertanya. Tak ada yg sempurna minus tingkah polah anggota partai yg tak terpuji, we are proud mr president!

  32.  

    maaf ni warjager OOT :

    [World News] Korut Sampaikan Usul
    Selesaikan Konflik

    Korea Utara datang dengan sebuah “tawaran
    konkrit“ yang bisa mengurangi ketegangan di kawasan, demikian pernyataan Menteri Luar Negeri Indonesia setelah bertemu mitranya dari Korea Utara.
    ” Selama diskusi, saya menerima sesuatu yang sangat spesifik, usulan konkrit dari pihak (Korea Utara) bagi kami untuk mengkomunikasikannya kepada pihak lain,“ kata Menlu Marty Natalegawa kepada para wartawan.
    Ia menolak menjelaskan namun menambahkan: “Saya pikir itu akan sangat berguna untuk ditindaklanjuti untuk mencoba menciptakan momentum baru untuk mengurangi kategangan di kawasan.“
    Natalagawa tidak bersedia mengungkapkan apa yang ia maksud dengan “pihak lain“, namun ia kemudian merujuk kepada pembicaraan enam pihak yang sudah lama macet terkait perundingan senjata nuklir Korea Utara. Proses itu melibatkan dua Korea, Cina, Amerika Serikat, Jepang dan Rusia. Perundingan yang mencoba menawarkan konsesi ekonomi dan keamanan bagi Korea Utara sebagai imbalan atas pelucutan senjata nuklir, terakhir kali digelar pada Desember 2008.
    Pihak Utara mengumumkan pada April berikutnya bahwa mereka menarik diri dari perundingan dan melanjutkan program pengayaan nuklirnya.
    Menlu Natalegawa meyakini bahwa proposal yang diajukan oleh Ri Su-Yong, yang mengambil peran sebagai Menlu Korea Utara pada April lalu, terkait dengan isu “yang selama ini telah menyibukkan kita“.
    “Masalah proliferasi senjata nuklir, isu peluncuran rudal balistik, isu latihan
    militer,“ kata Marty. “Usulan itu sangat bagus, sangat konstruktif.“
    Natalegawa tidak mengatakan kapan usulan itu kemungkinan akan disampaikan kepada ”pihak lain”. Indonesia coba jadi penengah Hubungan antara Korea Utara dan Selatan menegang beberapa bulan terakhir, dengan Pyongyang mengungkapkan kemarahan atas latihan militer bersama yang dilakukan Seoul dengan Amerika Serikat.
    Pyongyang bermain “elang dan merpati”, akhir-akhir ini, lewat aksi uji coba rudal sejak Juni lalu dan pada saat bersamaan, sesekali menyampaikan tawaran perdamaian.
    Indonesia secara umum mempunyai hubungan erat dengan Korea Utara sejak 1960an, ketika kedua pendiri negara, Sukarno dari Indonesia dan Kim Il-Sung
    dari Korea Utara, membangun hubungan baik diantara kedua negara. Jakarta sering memainkan peran penengah dalam sengketa internasional, dan mendasarkan kebijakan luar negerinya
    dengan prinsip puny “sejuta teman dan nol
    musuh“.ab/rn (afp,ap,rtr)

    saya sadur dari garuda militer.com
    adakah hubungannya antara pak jokowi yg di undang presiden korea utara? gimana menurut temen” warjag

  33.  

    maaf ni warjager OOT :

    [World News] Korut Sampaikan Usul
    Selesaikan Konflik

    Korea Utara datang dengan sebuah “tawaran
    konkrit“ yang bisa mengurangi ketegangan di kawasan, demikian pernyataan Menteri Luar Negeri Indonesia setelah bertemu mitranya dari Korea Utara.
    ” Selama diskusi, saya menerima sesuatu yang sangat spesifik, usulan konkrit dari pihak (Korea Utara) bagi kami untuk mengkomunikasikannya kepada pihak lain,“ kata Menlu Marty Natalegawa kepada para wartawan.
    Ia menolak menjelaskan namun menambahkan: “Saya pikir itu akan sangat berguna untuk ditindaklanjuti untuk mencoba menciptakan momentum baru untuk mengurangi kategangan di kawasan.“
    Natalagawa tidak bersedia mengungkapkan apa yang ia maksud dengan “pihak lain“, namun ia kemudian merujuk kepada pembicaraan enam pihak yang sudah lama macet terkait perundingan senjata nuklir Korea Utara. Proses itu melibatkan dua Korea, Cina, Amerika Serikat, Jepang dan Rusia. Perundingan yang mencoba menawarkan konsesi ekonomi dan keamanan bagi Korea Utara sebagai imbalan atas pelucutan senjata nuklir, terakhir kali digelar pada Desember 2008.
    Pihak Utara mengumumkan pada April berikutnya bahwa mereka menarik diri dari perundingan dan melanjutkan program pengayaan nuklirnya.
    Menlu Natalegawa meyakini bahwa proposal yang diajukan oleh Ri Su-Yong, yang mengambil peran sebagai Menlu Korea Utara pada April lalu, terkait dengan isu “yang selama ini telah menyibukkan kita“.
    “Masalah proliferasi senjata nuklir, isu peluncuran rudal balistik, isu latihan
    militer,“ kata Marty. “Usulan itu sangat bagus, sangat konstruktif.“
    Natalegawa tidak mengatakan kapan usulan itu kemungkinan akan disampaikan kepada ”pihak lain”. Indonesia coba jadi penengah Hubungan antara Korea Utara dan Selatan menegang beberapa bulan terakhir, dengan Pyongyang mengungkapkan kemarahan atas latihan militer bersama yang dilakukan Seoul dengan Amerika Serikat.
    Pyongyang bermain “elang dan merpati”, akhir-akhir ini, lewat aksi uji coba rudal sejak Juni lalu dan pada saat bersamaan, sesekali menyampaikan tawaran perdamaian.
    Indonesia secara umum mempunyai hubungan erat dengan Korea Utara sejak 1960an, ketika kedua pendiri negara, Sukarno dari Indonesia dan Kim Il-Sung
    dari Korea Utara, membangun hubungan baik diantara kedua negara. Jakarta sering memainkan peran penengah dalam sengketa internasional, dan mendasarkan kebijakan luar negerinya
    dengan prinsip puny “sejuta teman dan nol
    musuh“.ab/rn (afp,ap,rtr)

    saya sadur dari garuda militer.com
    adakah hubungannya antara pak jokowi yg di undang presiden korea utara? gimana menurut temen” warjag?

  34.  

    Melalui mimbar itu pula, SBY mengucapkan selamat kepada Presiden terpilih yang nanti akan disahkan oleh Mahkamah Konstitusi.

    “Tahun depan, Presiden kita yang baru akan memberikan pidato kenegaraannya di mimbar ini. Saya mengajak segenap bangsa Indonesia, marilah kita bersama-sama mendengarkannya, dan mendukung beliau untuk kebaikan dan kemajuan negeri ini,” seru Kepala Negara.

    sudah dapat dipastikan perjuangan Calon president yang berjuang Di MK akan sia-sia…. yang terpenting,tetaplah kita bersatu sebagai warga Negara yang cinta akan bangsanya yang besar ini untuk membawa Sang Garuda terbang setinggi-tingginya dan melepaskan diri dari lilitan Para Ular.. Terima kasih atas Jasa-jasa Mu Pak “Jendral Besar” Susilo Bambang Yudhoyono.semoga Allah membalas semua kerja keras yang telah Bapak Lakukan untuk Bangsa ini.. salam hormat dari Kami yang cinta negeri ini. NKRI JAYA !!!!!!

  35.  

    Mbok’e lg ngemong cucune

  36.  

    tes….pemula.

  37.  

    Terima kasih atas kerja keras dan jasa2 Bapak SBY selama dua periode ini dan kami akan selalu mengenang dan meneruskan legacy yg bapak tinggalkan bt kami…dan maaf bila kami sebagai rakyat pernah mengkritik secara keras trhadap kebijakaan yg pernah bapak buat…salam hormat kami juga kpd ibu Negara kita Ibu Ani yg telah setia menemani pagi, siang dan malam Bapak SBY dalam menjalankan amanah rakyat selama 2 periode ini

  38.  

    Teeima kasih atas kerja kerasnya yang cerdas. Manusia tidak luput dari kesalahan dan kekurangan maka perlu keeja sama dengan untuk memberikan hasil terbaik dan SBY berhasil dalam memimpin.

    Setiap manusia memiliki batasan dan anda SBY sadari hal tsb good

    Tapi yg heran kandidat penganti anda si tukang kayu tidak tahu batasan dan kapasitas dirinya. Ajaib! Negeri ajaib dipimpin oleh idol

    Banyangkan anda bekerja dan tiba2 terpilih odfice boy menduduki posisi direktur karena sopN, sederhana dan ndeso. Masuk akal diterapkan di nkri?

  39.  

    Terima kasih pak Presiden Susilo Bambang Yudoyono atas segala yang engkau persembahkan untuk ibu pertiwi….semoga presiden mendatang mau bertanya dan belajar padamu.

  40.  

    Affirmative 😈

  41.  

    terima kasih sby udah mengakhiri ini dengan manis dan bermartabat…salam papi beye

  42.  

    izin kom..
    kenapa usa blusukan ke asehan ?? maaf bung yayan saya gak sependapat…dgn artikel anda di atas.

    menurut aku ,,ini berhubungan dengan jokowi karna slogan poros MARITIM ,menurut aku ini bukan sesumbar atau koar22 kayak org babar tapi ini emg udah dimimpikan beliau punya kekuatan armada militer maritim yg kuat dan ekonomi maritim yg kuat..dan saat pemenangan jokowi di bacakan kpu ,aku rasa udah terbangun jaringan dan komunkasi dibawah dengan negara2 ??
    ini yg ditakutkan usa ,,kekuatan baru seperti china susah di tundukan muncul lagi kekuatan maritim baru yaitu indonesia
    usa ingin memetakan langsung peta kekuatan politiknya dan militernya di asia ,,
    segini aja dulu ..mau kerja lagiii..salammm

  43.  

    SELAMAT JALAN PERSIDENKU pikiran dan idemu masih dibutuhkan untuk bangsa ini…anda telah mebawa bangsa ini menjadi berarti…

  44.  

    terima kasih pak sby…semoga kelak anak2 dan cucu2 seperti pak sby

    selamat jalan…

    maaf cucu lancang

  45.  

    semoga presiden berikutnya melekukan janjinya…. dan cerdas….

  46.  

    Presiden SBY: Tidak Semenitpun Saya Tergoda Langgar Sumpah Jabatan

    Judul yang bagus …

    dari judulnya berarti pak jokowi yg kena sentil nih

    •  

      Mbae..nggak perlu disentil mah. Kubu sono emang lebay :p. Bilangnya ada yang mau bikin rusuh terbukti tidak terjadi apa2. Rakyat kita sudah cerdas kok gencar bener menghembuskan isu bakal rusuh 🙂

 Leave a Reply