Mar 132014
 

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono   –   KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO

SURABAYA – Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, saat membuka sidang pertama Komite Kebijakan Industri Pertahanan (KKIP), Rabu (12/3/2014), mengatakan, setiap negara memerlukan pertahanan yang cukup, termasuk Indonesia.

“Saya tidak percaya dan saya kurang setuju jika ada yang mengatakan dunia masa kini tidak lagi diperlukan kekuatan pertahanan karena katanya dunia akan lebih damai, demokrasi akan hadir dimana-mana, setiap konflik dapat diselesaikan secara damai,” kata Presiden selaku Ketua KKIP di Ruang Majapahit, Markas Komando Armada RI Kawasan Timur, di Surabaya seperti dikutip dari Antara.

Menurut Presiden, meskipun negeri ini tidak lagi menganut geo politik pasca-Perang Dunia II dan tidak lagi hidup dalam suasana perang dingin, tetapi sebagai negara yang berdaulat, Indonesia memerlukan kekuatan pertahanan yang tangguh.

Ia kemudian mengapresiasi sidang pertama KKIP yang bertujuan untuk merencanakan, mengembangkan kebijakan, dan kemudian mengimplementasi kebijakan itu untuk kepentingan industri pertahananan secara khusus dan untuk kepentingan pertahanan secara umum.

“Sebagaimana yang kita saksikan hari ini, kita melihat hasil modernisasi dan pembangunan kekuatan matra laut. Beberapa saat yang lalu kita juga menyaksikan hal yang sama di jajaran Angkatan Udara dan Insya Allah dalam waktu dekat kita akan melihat langsung apa yg dilakukan oleh TNI AD,” kata SBY merujuk pada acara gelar alutsista dan demo kekuatan alutsista TNI AL.

Presiden mengatakan, krisis keuangan yang dialami Indonesia 15 tahun lalu telah menyebabkan lambatnya modernisasi kekuatan pertahanan.

“Karena krisis ekonomi yang dalam, kita tidak memiliki resources(sumber daya), sumber finansial untuk melakukan modernisasi dan pembangunan kekuatan,” katanya.

Justru di saat ekonomi global mengalami gejolak dan krisis, kata Presiden, ekonomi Indonesia tumbuh positif, bahkan tergolong tinggi di antara negara-negara G-20. Dengan demikian, bisa dilakukan modernisasi kekuatan dan peningkatan serta penambahan alutsista, baik untuk darat, laut, udara, dan sekaligus pembangunan kekuatan dan peningkatan profesionalitas jajaran kepolisian.

Sementara itu, dalam kurun waktu 2010-2013, KKIP telah merumuskan berbagai kebijakan nasional yang bersifat strategis di bidang industri pertahanan. KKIP juga telah menetapkan beberapa program nasional, menerbitkan cetak biru riset Alpalhankam serta merumuskan cetak biru produk Alpalhankam.

Menurut Kementerian Pertahanan Purnomo Yusgiantoro, terkait strategi mewujudkan kemandirian pertahanan, telah disusun master plan pembangunan industri pertahanan tahun 2010-2029 yang mencakup dua target utama, yaitu alutsista dan industri pertahanan.

Target alutsista yang akan dicapai adalah alutsista yang memiliki mobilitas tinggi dan daya pukul. Sedangkan target industri pertahanan yang akan dicapai adalah terwujudnya kemampuan memenuhi permintaan pasar dalam negeri, kemampuan bersaing di pasar internasional serta kemampuan mendukung pertumbuhan ekonomi.

Untuk pengembangan produk alutsista masa depan, KKIP telah mencanangkan program produk-produk masa depan baru yang meliputi pesawat tempur (IF-X), pesawat angkut, kapal selam, kapal perang atas air, roket, peluru kendali, pesawat terbang tanpa awak, radar, sistem manajemen pertempuran, alat komunikasi, amunisi kaliber besar, bom udara, torpedo, propelan, kendaraan tempur dan kendaraan taktis.

Sebelumnya, Presiden Yudhoyono dan Ibu Ani Yudhoyono menyaksikan demo kekuatan alutsista TNI AL yang berupa demo penyebaran ranjau dari pesawat udara Patroli Maritim Umar 623 TNI Angkatan Laut, demo penembakan Roket RBU dari Kapal Republik Indonesia (KRI) dengan nomor lambung 385 dan 381, demo peperangan antikapal selam oleh KRI dengan menggunakan helikopter antikapal selam, demo pembebasan pembajakan kapal oleh Komando Pasukan Katak dan Intai Amfibi dengan metode Visit Board Search and Seizure (VBSS), ‘sailing pass’ Kapal TNI Angkatan Laut dan ‘flying pass’ pesawat udara dan helikopter TNI Angkatan Laut.

Turut mendampingi Presiden Yudhoyono, antara lain Panglima TNI Jenderal TNI Moeldoko, Kepala Staf AD Jenderal TNI Budiman, Kepala Staf AL Laksamana TNI Marsetio dan Kepala Staf AU Marsekal TNI IB Putu Dunia, Gubernur Jawa Timur Soekarwo. – (KOMPAS.com)

  94 Responses to “Presiden: Setiap Negara Perlu Pertahanan Cukup”

  1. dan tentunya 2 unit kapal selam jauh dari cukup untuk menjaga perairan negara maritim terbesar di dunia. think again 🙂

    • Dari perairan Gresik sini , gak keliatan lontong sekilonya, bung @nowy, Diego,Satrio, dkk! gak berani dekat, takut kecipratan rudal !

    • Dan tentunya helikopter AKS terkendala anggaran. Karena menurut pemerintah senjatanya lebih mahal dari pada harga helinya. Kasihan teman2 TNI.

      Berita baiknya, Kilo second gak jadi diakusisi tapi diganti dengan kilo baru. selamat tidur nyenyak

      • nice 🙂 thank bung Jalo buat bisikannya

        • masuk mef 2 (2014-2019) sekalian boyong sukro, klo masuk mef 1 anggaran on top udah habis .

          • jika tidak salah, pada tahun 2013 akhir dilaporkan masih tersisa dana MEF1 yg cukup besar. sy lupa angkanya, tapi 40-60%. Jika 40% saja dana MEF1 masih tersisa nilainya sekitar 5-6 milyar usd. alokasinya kemana bisa jadi tebak2an juga. persenjataan dari eropa seperti Starstreak menggunakan pembiayaan pinjaman perbankan, dan Russia masih tersisa kredit export (dan tambahan kredit?), sementara Su-35 1 squadron “hanya” di kisaran 1,3 – 2 milyar usd, Apache juga tidak menggunakan dana MEF1.

            saya belum dapat berita resmi yang kira2 menyerap anggaran sisa 5-6 milyar dollar. mengingat tahun ini adalah tahun terakhir MEF1 sya pikir banyak alutsista yg tidak diberitakan secara resmi dan hanya bisa diprediksi melalui clues para suhu 🙂

          • Bung nowy,
            Asumsi dari berita2 sebelumnya saya rangkum sbb:
            Total dana on top alutsista yang dianggarkan pemerintah dari 2010 hingga 2014 sebesar 57 triliun rupiah. Dana itu sebagai tambahan untuk memenuhi kekuatan pokok minimal (minimum essential forces) untuk periode lima tahun itu sebesar 156 triliun rupiah.
            Dana itu terdiri atas Rencana Pembangunan Jangka Menengah 2010-2014 sebesar 99 triliun rupiah dan dana on top sebesar 57 triliun rupiah.
            Jadi klo mef 1 terpakai 40% (klo nggak salah sekita 38%) mk terpakai sekitar 62 T dan sisa mef 2&3 tinggal 94 T
            Nah klo mef 2 dan 3 digabung kita masih punya 94 trilyun (sekitar 8-9 milyar dollars), silahkan di list sendiri dgn daftar2 yg beredar….

          • 🙂 62%

            itu dia bung @gatotkoco, banyak item yang pendanaannya tidak mengambil dana on top MEF. saya pikir alutsista yang dirahasiakan dari mainstream media kuantitas dan kualitasnya membuat SBY cukup percaya diri mengeluarkan statement diatas.

      • sabar yah mas jalo news nya…?
        pasti…!! pokoknya sebelum 2020…
        ‘Jalesveva Jayamahe’

        • iya neng angel …… bung jalo akan setia ko ma eneng,,,,

          @bung beye
          kalau bisa ralat “cukup” tapi lebih dari cukup…
          lah singaporn aja dah kelebihan alutista…
          austr malah project F….

          harusnya “nkri harus mempunyai pertahanan lebih dari cukup”

          cuma pendapat
          maaf cucu lancang

  2. Bwahahahaha… Masih kena sindrom “bataltukukilo”
    Ikhlasin aja daaaah

    • @humble bee… bukan “bataltukukilo” tapi “bataltukukilorefurbish” hehehe…. ngarep bener….

    • iya bung.. kayaknya banyak yg dissapoint dengan batalnya 2 biji itu. bahkan seluruh dunia pun tahu.. indonesia hanya punya 2 kilo 401 & 402. jadi forumer yg menjelek2kan yaah monggo silakan, seng penting laut aman and zero Kasel Lalu lalang..:D.

    • Yang batal 2 biji, yang diambil 8 biji dari total 10 hibah yg di publikasikan..

      Bagaimana dg kilo atau si punuk yg tak di beritakan??
      Ahiihihi

  3. gas lpg 3 kg terlambat masuk …abis maksi…

    • beginilah cirikhas keluhan emak-emak..
      saking bingungnya sampai komen di blog militer
      sing sabar yo mak..

      • ia..ia..ia….sing sabar
        apalagi ngurusin kelengkapan 3 anak untuk kelengkapan 5 thn kedepan…(nyontek )
        lah bapaknya tau rapi saja..apalagi uang bulanannya segitu2 aja cuman naik sedikit2
        padahal mak harus ke salon.,creambath,dan merawat kecantikan.
        tuhhhh kan kalkulator emak sampai ngak cukup…xixixi

      • bener bung…..si mbok ini udah uzur jadi wajar……aja

        cuma canda
        maaf cucu lancang

  4. Ditunggu lontong kilonya pak sby..!! Klo bisa 100 lontong sekalian biar lebih maknyus…salam kenal all.

  5. kilo ataupun ngga kilo yang penting CBG setronggg…!! 2 unit sudah cukup.

  6. Tawaran Mirage 2000 juga sempat diberitakan batal. Sampai sekarang tidak ada beritanya sampai kemudian muncul di Lanud Wonosari bersama Sukhoi.

      • yaah paling mirage cuman test terbang saja, habis itu dibalikin lagi.. jadi senjata kita yaah di list TNI itu ngak usah neko nambah2i. ntar puyeng sendiri cari tahunya. wkwk..:D

      • Mksud gbr nya apa nih bung?

        • Hanya teringat berita pembatalan menerima hibah Mirage 2000 dari Qatar. tau2 ada photo itu nempel di berita mengenai pembukaan Lanud Wonosari. Maksudnya kadang yang diberitakan secara resmi-pun bisa saja adalah pengalihan dan bukan apa yang benar2 berlangsung.

          Indonesia sudah bertekad menyeimbangkan diri dalam kekuatan militer kawasan, dengan perkembangan kekuatan KS kawasan saat ini, tidak mungkin modernisasi KS TNI AL akan terhenti hanya karena berita batalnya 2 unit KS hibah dari Russia. Artikel kompas diatas kembali menekankan kesadaran negara akan perlunya kemampuan pertahanan yang credible

          • Ooo i see
            Yg penting skrg kita fokuskan pada perkembangan industri pertahanan…kata SBY: jgn risau,soal keamanan laut kita udah ada yg handle koq…jd kita bisa belajar tot dg tenang n gak perlu khawatir…bukan begityu bung NYD? Hahahaaa… thks

          • iya bung now…seperti rencana akuisisi rudal crotoale..dari perancis bung?..

          • ada crotoale juga? 😀 ga tau saya bung @blaze

        • maksudnya mungkin bandingin gambar mirage jepretan yg terbang dengan yg di gambar seutuhnya.. beda ngak?

        • Nyonya angel eyes udah pindah jadi sales jf sulfur keh.??
          Kok skrg nawarin yak 130???

        • oopsss sorry….sy di delta lagi sibuk dengan kalkulator.
          jadi up to you saja deh…karena kamu sudah jahatin saya…weeeeeee

        • klo yg nawari barang rusia itu harusnya bung wie bukan mbak angel……

        • oohhh gitu yah mas game nya…? maaf belum tau.

          jadi kalau nawarin yak 130 harus ke mas wie..terlebih dahulu.
          oohh pantesan ” TUNGUSKA” ngak ada kabarnya.

        • Tadinya mau support j 10..but..miss angel rilis jf 17…well..memang ini mungkin fragrancenya lebih oke mungkin ya?..

    • kata lainnya “Tak ada yang tak mungkin” dan “tak ada yg bisa di percaya” jika barang belum keliatan..

    • Banyak Hibah yg ditolak di pemberitaan..
      tapi diterima secara pisik
      Kelakuannya qo begitu ya…
      ga nyenengin anak2 formil 😀

      • kalo bocor ga bisa jadi pejabat petinggi militer bung 😀 ada yang berbeda antara Indonesia dengan negara2 disekelilingnya. mereka mengumumkan rencana jauh hari sebelumnya hingga barang belum datang kita sudah khawatir, namun juga memberikan kita waktu untuk memikirkan reaksi.

        tapi seperti kata bung Satrio ngeteng pun ada hikmahnya, lebih susah terbaca, dan kita lebih flexible menghadapi ancaman dalam keterbatasan dana. menghindari situasi ironis seperti yg dialami jiran yang menghabiskan anggaran untuk AV8, tapi kemudian muncul situasi yang sangat membutuhkan tambahan kapal permukaan

    • Saya setuju mbah moel, brasil bisa mjd contoh utk kemandirian alutsista. Dlm semua pembelian alutsista kita tdk boleh melanggar UU yg mewajibkan TOT, selain itu produksi bersama, mewajibkan beberapa komponennya dibuat di dlm negeri juga skema pembayaran diharapkan tdk memberatkan kita lbh bagus kalau pembayarannya dlm rupiah spt kerjasama swap kita dgn korea.

  7. Yang penting rakyat aman

  8. Tapi saya yakin ada rahasia dlm persenjataan INDONESIA..biarkan negara lain yg pada bingung nyari2 tau.yg terpenting negara ini harus siap jika memang harus perang..saya sbg warga negara siap untuk perang.demi NKRI. Lanjutkan pak SBY..!!!

  9. Beliau sudah 2 kali, tidak bisa lanjutkan 😀

  10. NATUNA DI KLAIM CHINA!!!?

    Katanya info kemarin2 natuna g ikut di klaim..
    Maksudnya apa nich china??

  11. Menurut Presiden, meskipun negeri ini tidak lagi menganut geo politik pasca-Perang Dunia II dan tidak lagi hidup dalam suasana perang dingin, tetapi sebagai negara yang berdaulat, Indonesia memerlukan kekuatan pertahanan yang tangguh.

    Mskipun bukan lagi hidup dalambsuasana perang dingin…
    Tapi indonesia masih diselimuti oleh perang dingin dari genk FPDA, yg slalu syirik dg kemajuan nusantara..

  12. Maaf bung2 warjag semua… Kilo yg second emang batal tapi yg baru masih dalam proses…

    Biar gak salah tafsir, nanti saya coba tulis…

    • bung jalo nggak usah di tulis, biar jadi kejutan akhir tahun nanti…..

    • betullll sekali mas jalo

    • bung jalo, gara2 kilo berita heli panther jadi tenggelam, pdhl fungsi panther juga juga untuk menenggelamkam musuh he he he

    • kyknya bung jalo udh ada hasil terawangan semalam suntuk, di tunggu bung jalo, biar gk kram otak nih…hehehehe

      matur nuwun

    • Bung jalo tambah suasana semangkin sebel!!…mbok ya diterangkan..buat apa galangan baru pal kalau yang disepakati logistik kasel rushie??..buat apa cina kok ngaret tot c802..kalau sudah curiga akan dioprek ke keperluan armament yang lain-lain. juga apa perlu kasel sial yang bikin kasus kriminal di rt mr.bean tahu-tahu muncul di bavaria. ayo bung digeber ajjahh….

      • Galanya PAL biar kita bisa mandiri, bikin kapal selam sendiri. Kalau sudah bisa bikin sendiri, kita kembangkan desain2 yg sudah ada. nah ToT china lama karena terkendala masalah royalti, tapi tim konsonan PT DI dan Pindad sudah disana sejak awal tahun ini.

        • Galanya-> galangan
          Konsonan-> konsorat

          Maaf autotextnya suka mengganggu

          • Yup galangan kapal yang penting PUNYA dulu
            Ibarat dapur yang penting ada dulu
            mau bukin rawon atau soto atau gulay
            yang penting dapurnya ada dan kokinya sanggup

            Kalau perlu bikin bukan rawon setan lagi,,
            tetapi Rawon janda biar maknyus 😀

          • Yup bener bung. Apalagi teori rawon jandanya.. Hahahaha

          • a..itu termasuk derifatifnya rawon” tesi” bung..?.. apa rawonnya janda yang kejam sama menantu?..tolong diperjelas terminologinya bung?..sebelum jadi sinetron striping..

  13. Berita yang tak kalah hebatnya..dalam waktu dekat,pemerintah akan meresmikan 5 bandara utama 14 bandara kecil dan pelabuhan2 utama…bangkit ekonomi = tambah gahar militer indonesia..mantap..!!

    • Yup bener bung, program ground breaking…

      Saya pernah ikut sewaktu peresmian pelabuhan kargo di Kariangau, Balikpapan. Ini program kemenkoperek.

      Semoga terealisasi, ekonomi kita mantab, pertahanan negara pun disegani.

      Salam bung elang

  14. Saat ini helikopter anti kapal selam masih jadi perdebatan… Kalau dilihat apalagi pada acara simulasi kemarin penerbal kayaknya jagoin AS-565 panther dan AW 159 Lynx Wilayah kayaknya masuk kedalam kotak.

    Cuman masalahnya sekarang pemilihan peralatan dan persenjataannya ternyata harganya lebih mahal dari harga helikopter. (kalau mahal senjatanya pasti setrooong)

    Sampai skrg belum ada kata sepakat antara usernya dengan barahan kemenhan.

    Sewaktu ketemu dengan pejabat PT DI bapak ini ngomong: “Untuk Helikopter TNI AL kami baru dapat informasi dalam tahap pembicaraan kontrak pembelian,”

    Tapi menurut pejabat di TNI AL, kontrak sudah bulat sekarang lagi kata sepakat. TNI AL akan mengikuti sesuai skala prioritas, dan menyesuaikan dengan anggaran yg ada.

    Bapak ini mengatakan, kalau sudah tercapai kesepakatan untuk kontraknya waktunya tidak akan lama.

    Saat nanya kemarin simulasikan perang anti kapal selam untuk apa? Apakah ada tujuan biar cepat diproses heli AKS-nya?

    “silahkan disimpulkan sendiri,” sambil tersenyum.

    • Maksudnya AW 159 Lynx Wildcat

    • betul bung jalo, sebenarnya anggaran 11 heli aks khan sudah gol ….
      pilihan jatuh ke AS-565 panther, cuman demontrasi kemarin cuman melihatkan contoh kehandalan heli tsb dihapan RI 1 bahwa tni al tdk salah pilih.
      Klo untuk persenjataan biar menyusul dulu, tapi klo radar dan sonar yg harus dong, minimal bisa OTHT lah, persenjataan nunggu dibuatkan terpedo dan rudal dari dalam negeri gitu…
      Saya yakin oktober 2014, akan tampil……….
      IMHO

      • Nah ini yg jadi masalah, Heli-nya sudah dalam pengerjaan spesifikasi dan Teknologi yg ada di helikopter ini yg masih dibicarakan. Mudah2an cepat terealisasi, biar jadi efek penggentar bagi kapal selam tetangga yg suka provokasi.

    • Revisi Tapi menurut pejabat di TNI AL, kontrak sudah bulat sekarang lagi dicari kata sepakat.
      (maap ada yg kurang)

    • harus dibikin tulisan khusus bung @Jalo, termasuk juga bnew kilo class

      • lho bung nowy,,,,,, he he he bung nowy lihat tulisan bung jalo diatas, saya bilang : “bung jalo nggak usah di tulis, biar jadi kejutan akhir tahun nanti…..”

        eh jawaban bung jalo : “Saya mau nulis…Kilooo setrooooooonnng……Hahahahahahaha, biar gak onani otak

        eh si angel malah tanya : “onani otak …apa itu mas…?”
        ha ha ha ha ha dasar cewek , gitu ditanyain ha ha ha ..

        akhirnya sama angel dijawab sendiri krn malu : “ooppssss.di kasih tau sama teman di sebelah ……jangan..jangan…di jelasin mas jalo……wesss…kaburrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrr”
        ha ha ha ha……

        Intermezo

        • he he he.. saya sudah agak biasa dengan gaya angel eyes..

          btw, ini artinya kilo hibah tidak diambil karena biaya retrofitnya tentu tinggi jika kondisi unit kurang fit, dan ada harapan pemerintah melirik keluarga Kilo sekelas Amur

          • Yup bener sekali, dan tim peninjau lagi geser ke Amur..
            masih tinjau sih, hehehehehe….

          • analisa saya bung jalo dan bung nowy, sesuai analisa sy dulu, ada 2 cakra class (upgrade dan overhull), 3 changbogo, 2 kilo 877 second, 2 U 214 setengah baru dan 3 amur 1650 new ( MEF 1 dan MEF 2)
            yg produk dlm negeri nantinya 12 ks ( 2020-2030 )

            nah kemungkinan yg 877 sudah berenang he he he
            klo yg U 214 sy blm yakin , klo prediksi nunggu upgrade dan overhull ks cakra di PT Pal kerjasama dgn german, baru setelah itu nongol deh he he he

            sorry nglantur…..
            IMHO

          • ‘pasukan bodrek’ 😀
            Ketegasan politik memang berbanding lurus dengan kekuatan ekonomi/militer. Indonesia dasarnya galak, kita ada gen expansive warisan nenek moyang.

      • pilihan Eurocopter keinginan user juga bung? bagus jika diikuti. strategis secara luas mengingat PT.DI adalah rekanan Eurocopter

  15. Revisi Tapi menurut pejabat di TNI AL, kontrak sudah bulat sekarang lagi dicari kata sepakat.
    (maap ada yg kurang)

  16. selalu di bikin remang2…

  17. apa bener indonesia beli MBT merkava asal israel??

  18. harus tepat memilih alutsista dengan memperhatikan tetangga. yg penting kita baikan sm produsen alat perang china, jerman, dll terutama rusia. jadi saat dibutuhkan bs segera dapat. jadi ada anggaran untuk kebutuhan mendesak untuk beli alat tempur. seperti jaman soekarno ketika perlu mengusir belanda dari papua kita dapat berbagai alat tempur.

  19. ijin nyimak gan…

  20. udahlah realistis aja, indonesia gak punya uang buat beli alutsista, uangnya udah dialokasikan ke dana bansos persiapan pemilu

  21. Arti cukup yang relatif .
    Cukup membuat tetangga tidak ikut perlombaan senjata.
    Cukup membuat tetangga tidak macam-macam
    Tapi yang penting cukup membuat rakyat merasa aman karena mempunyai alutsista yang pantas di hadapkan pada ancaman yang ada di sekeliling .

 Leave a Reply