Jul 112017
 

Presiden Joko Widodo dalam Peringatan HUT ke-71 Bhayangkara, 10//2017 (Biro Pers Setpres)

Jakarta – Presiden Joko Widodo telah menandatangani Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) pembubaran organisasi kemasyarakatan (ormas).

“Barusan saya tanya ke Presiden tentang perppu ormas itu dan jawaban Presiden, kemungkinan besok (Rabu) akan disampaikan Pak Menkopolhukam (Wiranto),” ujar Staf Khusus Presiden bidang Komunikasi Johan Budi, di lingkungan Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa, 11/7/2017.

Pada 8 Mei 2017, pemerintah mengumumkan mendukung pembubaran organisasi kemasyarakatan yang dianggap tidak melaksanakan peran positif untuk mengambil bagian, dalam proses pembangunan guna mencapai tujuan nasional. Yakni ormas yang terindikasi kuat telah bertentangan dengan tujuan, azas, dan ciri yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2013 tentang Organisasi Kemasyarakatan.

Langkah itu ditempuh untuk mencegah berbagai embrio yang dapat mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat dan mengganggu eksistensi Indonesia sebagai bangsa yang sedang membangun dan berjuang mencapai tujuan nasional.

“Perppu sudah ada di tangan Presiden dan ditugaskan ke Menkopolhukam untuk mengumumkan besok. Menkopolhukam yang lebih tahu detailnya,” tambah Johan.

Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Said Aqil Siroj seusai bertemu dengan Presiden Joko Widodo juga menyatakan hal yang serupa.

“Perppu pembubaran ormas radikal Insya Allah besok akan diumumkan, sudah ditandatangani Presiden,” kata Said di lingkungan Istana Kepresidenan Jakarta. Namun ia mengaku tidak mengetahui isi perppu tersebut, dilansir ANTARA, Selasa, 11/7/2017.

Bagikan:

  21 Responses to “Presiden Teken Perppu Pembubaran Ormas”

  1.  

    Mau bubarin kok kebanyakan tetek bengeknya, bubarin, melanggar lagi buang ke pulau kosong di tengah laut, biarin mereka mau ngapain di pulau itu

    •  

      Setuju, bubarin saja yg sudah jelas-jelas bawa parang sampai ke landasan pacu bandara di kalimantan, yg bawa parang ke dalam bandara di sulawesi, yg bawa balok dan parang saat demo di jawabarat. Yang pawai bendera Israel di Papua, Ayo bubarin ormas radikal.

  2.  

    say no to khilafah
    pancasila yes

  3.  

    kita pingin hidup dengan tenang dan aman
    spy bisa menjalankan Islam dengan khusuk

  4.  

    kira2 yg mana aja yg udah waiting list mau dibubarkan?? kyk nya ane tau nya 2 ormas aja yg rusuh…biae ada efek jera, jd ga sembarangan mau bikin rusuh dan jakarta ga macet hanya krn hobi demo dijalan….

  5.  

    Ormas yg terindikasi berhubungan dengan Israel seperti GIDI akan dibubarkan juga ga pak presiden??

    •  

      Harus nya…

      •  

        NKRI . Pancasila …..Bhinneka Tunggal Ika ….. Harga mati …… Guyup rukun, sayek saeko proyo …. Gemah ripah lohing jenawi….totp tentrem kerto raharjo ……

      •  

        Iya seharus nya ya.. Grup radikal terlalu banyak di Indonesia dan bukan monopoli Islam saja. Grup2 kristen radikal itu klu mau riset sedikit saja bakal ketemu nama2 nya.. bahkan di Bali grup Hindu radikal juga ada seperti itu si senator Arya Wedakarna yg mengaku2 sebagai raja majapahit dan kerap mengancam dengan perang puputan yg ternyata juga punya visi besar menjadikan Bali sebagai Zionis Israel nya Indonesia.

        Tapi kalau dari grup Islam saja yg dibersihkan ya tidak akan bisa, karna hukum alam nya kalau ada aksi pasti ada reaksi, jadi kalau pun hari ini ormas2 Islam radikal berhasil dibubarkan tetapi tidak akan menjamin mereka akan hilang karna aksi2 radikal dari kubu2 yg bersebrangan yg tidak ikut dibubarkan itu akan memantik radikalisme baru ditubuh Islam. Bisa itu ormas2 Islam radikal baru atau tumbuh dan menjalar nya radikalisme didalam tubuh 2 ormas terbesar Islam di Indonesia, yakni NU dan Muhammadiyah.. Radikalisme pun bisa menjalar ke tubuh TNI dan ke tubuh Kepolisian jika perlakuan tidak adil terhadap grup2 Islam terus berlangsung..

        •  

          kita serahkan saja ke pemangku nengara. yakin NKRI tetep utuh selama bumi masih bulat. setuju ??

          •  

            Tapi mereka itu nggak percaya bahwa bumi itu bulat bung.
            Hehihee…

          •  

            SOKONG 100 PROSEN !!..

          •  

            Pragota@ Teori bumi datar itu bukan ide nya umat Islam apalagi yg radikal tidak akan perduli dengan hal2 seperti itu, melainkan dari barat. Silahkan mulai riset anda dari sini: https://id.wikipedia.org/wiki/Flat_Earth_Society

            Didoy47@ Menyerahkan segala sesuatu nya hanya kepada pemangku negara adalah perbuatan yg tidak mencerminkan Sila ke-4 dari Pancasila. Stake Holder Republik Indonesia bukan hanya pemerintah, lembaga legislatif dan yudikatif saja tetapi seluruh komponen bangsa dimana kaum radikal itu termasuk diantara nya. Dialog atau musyawarah adalah kunci untuk menyelesaikan segala permasalahan bangsa ini, seperti hal nya Musyawarah pula yg mempersatukan dan memerdekakan bangsa ini, tetapi kalau mau kembali ke jaman Nasakom atau jaman Suharto ya mari kita serahkan semua nya kepada pemerintahan Jokowi, Jokowis dan Soekarnois..

          •  

            @Jiwa Radga
            Komen saya “..mereka itu nggak percaya bahwa bumi itu bulat” tidak saya maksudkan ke penganut agama mana pun. Mereka yang parcaya bumi datar, itu terdiri dari barbagai penganut agama.

            Saya muslim. Saya percaya bahwa bumi itu bulat.

          •  

            Saya sering kok melihat sindiran/hujatan seperti itu (penganut bumi datar ) di internet yg ditujukan kepada kelompok Islam yg radikal, padahal kelompok2 yg dianggap radikal itu tidak pernah berbicara tentang bentuk bumi, jadi saya suka tersenyum saja setiap membaca yg begitu..

          •  

            @Jiwa Radga, itu bukan sindiran/hujatan, itu akibat fatwa mereka sendiri kaum WAHABI yang dikeluarkan oleh Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz, ketua komisi fatwa Kerajaan Arab Saudi bahwa “Bumi itu datar”. maka istilah “bumi datar” itu melekat kepada mereka kaum WAHABI tersebut.

  6.  

    Kalau debat bumi itu bulat atau datar. Tanya aja ke astronot yg udah pernah terbang ke luar angkasa. Tanya yg mereka liat datar atau bulat. Kok ada yg repot mikirin bumi bulat atau datar ya. Xixixi. IQ nya ditaro dimana ya. Hari gini gitu loh..
    Kl yg bilang bumi datar. Mau bikin bodoh orang atau dianya sendiri yang bodoh. Xixixi…

    •  

      Hahahaaaa…
      Nggak bakalan tanya ke astronot bung. Lah yang yakin bumi datar itu nggak percaya adanya astronot kok. Nggak percaya adanya satelit. Dan nggak percaya NASA.
      Okelah saya ngerti nggak semua temuan NASA itu diungkap. Tentunya ada yang dirahasiakan dengan berbagai alasan. Tapi sebagian temuan pengetahuan antariksa yang dicapai NASA dan diungkap ke khalayak umum itu saya percayai.
      Tapi sebenarnya silakan saja sih, mau mempercayai bentuk bumi yang seperti apa. Yang penting jangan sampai ngotot-ngototan, gontok-gontokan. Jangan saling hina antara penganut bumi bulat, bumi datar, atau bumi donat.
      Anda setuju kan, Bung Donat?

  7.  

    Yau kalau bumi ini datar lava di dalam tanah pada bochorrr kemana2. Xixixi.. terus air laut akan tumpah. Tumpah kemana ya? Xixixi..mungkin ada yg bikin bendungan kali di pinggiran bumi biar air laut gak tumpah kl bumi ini datar. Xixixi. Kl pesawat terbangnya terlalu jauh awas kelewatan bumi nya. Ntar lepas kemana2. Terus Kl kutub utara selatan adanya bi bagian mananya ya kl bumi datar.
    Gimana mereka bisa berfikir tentang alam semesta yg lebih dahsyat ciptaan dari yg maha kuasa. Kl berfikir tentang bumi aja njelimet.
    Terus ntar ada cerita sebuah rudal balistik ICBM ditembakan terlalu jauh hingga melewati pinggiran bumi dan nyungsep entah kemana jatohnya. Xixxi…

  8.  

    Maaf pelajari dulu teori Bumi Datar baru menilai. Jangan biasakan jadi orang suka mengumpat, menghina, bully dan caci-maki.
    Saya bekerja di Engineer dan saya baru percaya kalau Bumi ini Datar marena banyak Rumus yg mustahil diterapkan dan terma-fisik manapun.

 Leave a Reply