Nov 182014
 
Presiden Jokowi di Istana Merdeka (detik.com)

Presiden Jokowi di Istana Merdeka (detik.com)

Jakarta – Presiden Joko Widodo menyatakan negara kehilangan Rp 300 triliun dari sektor perikanan, karena illegal fishing. Jokowi pun meminta agar kapal-kapal maling ikan ditenggelamkan supaya para maling ikan kapok.

“Saya sampaikan kemarin, sudahlah enggak usah tangkep-tangkepan. Langsung tenggelamkan 10 atau 20 baru nanti mikir,” ujar Jokowi di hadapan peserta didik Lemhanas di Istana Merdeka, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta, Selasa (18/11/2014).

Jokowi menegaskan, hal seperti illegal fishing bila tidak ditindak tegas maka ini berulang-ulang negara akan kehilangan income-nya. Oleh karena itu Jokowi butuh langkah tegas.

“Tapi sebelum tenggelamkan orangnya selamatkan dulu. Tenggelamkan 100 kapal biar nanti yang lain mikir,” ujar Jokowi disambut tawa.

Jokowi mengatakan, TNI AL juga sudah maksimal dalam pengawasan perairan. Seharusnya TNI AL bisa tangkap ratusan bahkan ribuan kapal, tapi itu tidak bisa dilakukan karena kendala BBM.

“Ini (masalah BBM) yang akan saya bicarakan dengan Panglima dan KSAL,” ujarnya.(Detik.com).

Bagikan Artikel :

  86 Responses to “Presiden: Tenggelamkan Kapal Illegal Fishing”

  1. Indonesia harus bs tegas…

  2. setuju…

  3. Oke siap pak …

  4. Mantap Pak

  5. Dulu jaman menteri Freddy Numberi pernah menempuh cara ini, memang berkurang
    Terus ada komplain dari RRC
    Entah kenapa kebijakan kapal illegal fishing ditenggelamkan kok tidak terdengar lagi

  6. I like this..

  7. Sikat Pak!!!

  8. setuju, biarkan kapal asing jadi rumpon buat rumah ikan bertelur…

  9. Bu menteri minta di bakar, Pak Presiden minta ditenggelamkan
    enaknya dibakar apa ditenggelamkan ya sama sama tegasnya
    Sukses Indonesiaku

  10. setubuh pak,kalo bisa dikaya giniin ben modiarrrrrrr

  11. dari negara manapun asal nelayan itu..klo sdh bicara kedaulatan tidak pandang bulu..Sikat habis…kecuali Bulu Rah…hehehe

  12. Sipp…

  13. ngak ada yg gratisan di laut, sesuai UUD 45 untuk kesejahteraan rakyat banyak.jadi fihak yg komplain berarti melecehkan kedaulatan maritim NKRI,jawabanya sesuai konstitusi membela diri tapi bukan menyerang.demi harga diri bangsa apapun di lakukan baik di darat,laut dan udara.seharusnya dari dulu berfikirnya seperti itu klo mo di anggap sebagai bangsa yg besar

  14. Tegas dan Lugas (beda dengan Keras) itu bisa meningkatkan kewibawaan NKRI. Setuju.

    • tul bung @pitik…sesuai 4 pilar poros maritim dunia yg dipresentasikan pd KTT ASEAN di Myanmar klau nggak salah salah satunya “kekayaan laut Indonesia sebesar-besar untuk kemakmuran rakyat Indonesia”….salam kenal

  15. Sebuah perintah yang amat jelas dari Presiden RI, salut ……………….

  16. Setuju pak President, illegal Fishing sikat dan tenggelamkan

  17. Akur, bakar sampai habis nanti rak tenggelam sendiri. smakin di protes, semakin keras, jangan di bakar lagi, pasang TNT yang banyak biar langsung hancur berkeping-keping, BLAAAAAR!!!

  18. Korupsi nya lebih besar di tengah laut, korupsi aparat indon udah parah …berapa ramai kepala aparat Yang menjaga kelautan Yang Kaya raya lebih kaya dark ratu atut kakakaka…

    • Iya Termasuk KapaL bapak kau wahai MaLon dan tetangga kau kami Libas , nak macam2 tak da wang beLi kapaL prang , beraninye hanye suruh kaPaL neLayan kecik2 masuk merajuk , dasar bahLuL penyamun ikan , tak ade ke cara Lain yg Lebih bermartabat nak cube kapaL perang kami wahai MaLon kah kah kah :mrgreen:

    • Malon itu seperti belatung….

      Dari jauh baunya saja tak kepalang tanggung…

    • tidak perlu bawa-bawa nama orang bung Alit, kebetulan dia itu sahabat Habibie, Kalla, bahkan juga temen akrab salah satu Pangti TNI dulu…dan dia adalah musuh UMNO penguasa maling puluhan tahun ini…makanya karena dianggap musuh negaranya sendiri, dibuat tuduhan hebat seperti juga mantan ketua KPK Antasari…

  19. SeLamat sore rekan2 Warjag , Seharusnya SebeLum di bakar dan ditenggeLamkan , Sita DuLu tangkapannya terus beri Denda , kaLau tidak mau diberi denda , Manfaatkan kaPaL pencuri ikan itu kepada NeLayan indonesia , tapi kita Lihat duLu kapaL neLayan pencuri ikan itu masih layak pakai atau bagaimana , andaikata jeLek dan kurang bagus kapal pencuri “BARULAH DI TENGGELAMKAN ATAU DiBAKAR”. Manfaatkan yang Ada .Terima Kasih 🙂

  20. Siap laksanakan pak !

  21. Kecil kecil cabe rawit dia..

  22. Masih ingin menguji ketegasan jokowi???.

  23. bikin rame…rame…kaya di konser slank wkwkwkwk…

  24. saya suka PRESIDEN PETARUNG INI….kurus tapi NAYLINYA GEDEEEE…

  25. bikin rame….

  26. Jangan ditenggelamkan….
    Menurut saya Rampas kapalnya, Terus kasih kapalnya ke Nelayan Yang Miskin Biar bisa dapat pendapatan Nelayan miskinnya… hehe Maaf OOT 😀 😀 😀

  27. asal bukan cuma pencitraan…

  28. maaf kalo saya dak ngeh soal kerugian kita 300 triliun,hitungan kasarnya gimana?monggo bung2 sekalian jelasin biar orang awam kaya saya biar tahu.biasa bung danu ni yg tahu

  29. Salut!
    Klu ingin disegani oleh negara lain memang hrs tegas.
    Semoga ini pertanda bahwa ri akan menjadi negara maju.
    Semoga. Amin!

  30. Buktikan sj pak. Kami rakyat pasti dukung.

  31. Pernyataan KSAL Bikin Loyo. Ambil solusi pak Jokowi. Sikat aparat yang trlibat jadi becking

  32. diginiin aja kalau brani

  33. Orang sipil pun bisa tegas tergantung karakternya, walaupun militer tpi klo mmg wataknya lembek ya Susah, salut utk bpk president teruskan utk Indonesia jaya

  34. daripada d tenggelamkan mending d sita negara trus d berikan pada nelayan Indonesia khan lumayan.

  35. klo pak presodent sdh berikan amanat seperti itu semua pasti setuju kasian nelayan kita masih d bawa garis kemiskinan,saran: mending kapalx kasih nelayan lokal,oh y soal operasi laut jgn lupa pak itu yg pake tenagax khan mesin pasti butuh bahan bakar klo d laksanakan kontinyu d mana ambil dana bbm yg sy tau tdk mungkin sedikit mohon pencerahan sesepuh warjeker…

  36. Tiada negeri asing Yang hairan dengan omongan indon Kerna aparat indon Yang menjaga kelautan amat mudah di beli dengan Wang kerana sentiasa korupsi….indon bisa mengadai negaranya dengan Wang korupsi …..emang gue fikirin kakakakaaa

  37. udah nggak usah terprovokatif, biarin aja orang kayak gini…

  38. Begitu baru tegas salut bt bpk
    presiden…..

  39. Sampa malingsial,,lw berani ayo,,jangan komen ae ,,,qta selesaikan secara jantan

  40. pak presiden melalui KASAU TNI AU tlong tindak tegas juga pesawat asing yg nakal.. denda ny bikin 1 M. biar sesuai dngan biaya patroli udara yg mncapai 800jt untuk sekali operasional 1 pesawat sukhoi. biar g ada lgi pesawat asing bebas keliaran d wilayah udara NKRI. bbm naik kami tidak kebetatan asal hasil petani di perhatkan.. harga beras klo pas panen jgn murah klo pas panen beras cuma 5rb.. pas paceklik beras mncapai 8500, harga getah karet jgn lgi dbwah 10rb. upah buruh jga mohon d perhatikan. biar semua bisa sejahtera mnuju indonesia yg lebih baik. NKRI Harga mati..!!!

    • Biaya operasi 1 sukhoi Rp. 400jt perjam. Kalo scramble butuh 2 pesawat. Itu belum biaya operasional satuan radar yang tracking, biaya satuan pengaman yang menangkap di bandara, biaya parkir dan pengamanan di bandara dan biaya trafik udara yang terganggu, minimal 10 milyar baru balik modal bang 🙂

  41. malon bentar lagi miskin..

  42. presiden JOKOWI emang mantap.. bluaaarrrrr bakar tuh kapal ledakan!!!

  43. salut pak presiden kami mendukung.mudahan semua pemimpin baik militer n sipil di indonesia bisa tegas n bersih

  44. Salut untuk Presiden RI, tapi sebaiknya kapalnya dirampas saja pak, kemudian di hibahkan ke koperasi nelayan, untuk anggota nelayan atau untuk dikelola sama koperasi nelayan tsb; daripada ditenggelamkan jadi mubazir, sedangkan nelayan kita banyak yg membutuhkan !!!

  45. Yang wajib dan harus ditenggelamkan itu kapal2 malon yang sengaja melanggar batas wilayah RI, seperti yang selama ini terjadi, ditenggelamkan sama orangnya juga ra po po !!!

  46. mantap p jokowi

 Leave a Reply