Aug 202017
 

Presiden Joko Widodo di Lapangan Park & Ride, Jl. MH Thamrin Jakarta, 20/8/2017. (Sekretariat Negara)

Jakarta – Presiden Joko Widodo menyatakan tidak ingin membesar-besarkan soal pencetakan bendera Indonesia yang terbalik dalam buku panduan SEA Games 2017 di Malaysia.

“Saya kira kita menunggu permintaan maaf resmi dari Pemerintah Malaysia, enggak usah dibesar-besarkan,” ujar Presiden Joko Widodo, sesudah menyerahkan sertifikat tanah untuk masyarakat Jabodetabek, pada Minggu 20-8-2017 di Park & Ride Jalan MH Thamrin Nomor 10 Jakarta Pusat.

Tetapi Presiden Jokowi menegaskan sangat menyesalkan kejadian tersebut, walaupun menurut beliau tidak perlu dibesar-besarkan.

Hal itu, ujar Presiden Joko Widodo, sebab menyangkut satu kebanggaan dan nasionalisme bangsa Indonesia “Kita sangat menyesalkan kejadian seperti itu, tapi tidak usah dibesar-besarkan, kita menunggu permintaan maaf dari Pemerintah Malaysia dalam hal ini sebab ini menyangkut sebuah kebanggaan nasionalisme dari bangsa kita Indonesia,” ujar Presiden Joko Widodo.

Pemerintah Malaysia tidak lama sesudah mengetahui bendera Indonesia tercetak terbalik dalam buku panduan pelaksanaan SEA Games 2017 pada halaman 80, kemudian melayangkan permohonan maaf secara resmi.

Pengerusi Jawatan kuasa Pengelola Malaysia (MASOC) dan Menteri Belia dan Sukan YB Brig Jen Khairy Jamaluddin bahkan akan melaksanakan kunjungan kehormatan kepada Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi sekaligus memohon maaf secara langsung.

Sebelumnya, bendera Indonesia yang dicetak terbalik ada di bagian daftar negara peserta yang pernah menjadi tuan rumah SEA Games. Buku panduan tersebut dibagikan kepada pejabat yang hadir dalam pembukaan SEA Games 2017 di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Malaysia. (Antara).

  32 Responses to “Presiden Tidak Ingin Besar-Besarkan Soal Bendera Terbalik”

  1. sengaja kali…

  2. Ini bukti bahwa profinsi ini harus di bumi hanguskan

  3. Menpora beruk Semenanjung musti ditabokin terus di gantung !!… šŸ˜†

  4. Tanpa mengurangi rasa hormat saya pada Bapak Presiden, Bapak Jokowi, tapi utk kali ini saya tdk sependapat dengan reaksi Bapak. Benar Bapak, kita tdk usah berlebihan menanggapi perilaku Malaysia ini. Utk yg ini saya setuju Bapak. Dalam arti terukur, jangan lah sampai sentimen berlebihan apalagi sampai perang, itu mgkn terlalu jauh. Tapi tdk juga se simple hanya sekedar menunggu permintaan maaf Bapak. Apapun motif Malaysia melakukan ini, entah itu disengaja atau tidak, tdk cukup rasanya hanya permintaan maaf, disamping itu harus ada tindakan nyata juga sebagai bentuk penyesalan, misalkan menarik buku panduan SEAGAMES itu, atau, kalau sdh tdk memungkinkan krn sdh di bagikan ke penonton SEAGAMES, terbitkan buku panduan baru lagi yg isinya sdh benar menyangkut bendera RI. Trus juga perlu rasanya diumumkan permintaan maaf itu di bbrp pertandingan penting, atau mgkn di media lokal disana satu halaman penuh… Masalah ini tdk sesepele yg keliatan Pak, krn ini menyangkut identitas dan kebanggaan Bangsa Indonesia, apalagi ini dilakukan di event multinasional spt SEAGAMES yg nota bene negara2 lain melihat tindakan malaysia ini. Dan di masa ketika kita sedang berbangga memperingati HUT Kemerdekaan kita.
    Krn sdh terlalu terbiasa Malaysia ini mengumbar kata2 maaf, tapi tindakan nol, bahkan cenderung diulang2 kesalahan itu…

    NKRI Harga Mati!!!

    • Ide anda bagus bung…sy suka., semoga dibaca oleh salah satu pejabat terkait indonesia….

    • sayang nya negara jadi2 an satu ini mamang nyatanya kelawat maaf ya..(bodoh) suruh nyebutkan siapa saja anggata asean mereka tdk tau.. entah bagaimana pendidikan di sekolah mereka.. sampai hal yg se simple itu pun tdk tau.. nyatanya memang spt itu.. jangankan bendera asean.. bendera kerajaan dlm negeri saja banyak yg tidak tau.. memang pendidikan di sana ada yg salah spt nya. kelewatan sekali..

  5. sbg tuan rumah malon memang disengaja biar mental atlet kita terpegaruh,,,,targetnya khan juara umum,,apa saja dilakuin….ya begitulah mental beruk

  6. Tim takraw putri indonesia walk out vs malaysia

  7. Ayo atlet putra dan putri Indonesia, tunjukan pada Malon kita lebih hebat dari mereka !

  8. Harap maklum,sejak dulu si beruk tuh emang dari sononya punya otak kebalik. Diajarin cara merdeka malah jadi jongos britis,diajari cara menghormati sekitarnya malah rakus.

    • Tapi sayangnya, walaupun mrk ga merdeka dari daeah pejuang, indonesia ttp ga akan berani menegur atau bertindak tegas kpd malaysia…sdh banyak kasus dr dl…mana pernah ditegur keras? tp gpp lah, damai lbh baik!!!

  9. Dalam Event Sea Games kali ini. Banyak sekali kesalahan, kecurangan, kekeliruan, dll dri pihak penyelengara Malingshiit yg bahkan korbanya bukan Indonesia saja.
    Dan lucunya mereka buat kesalahan yang kayak natang kita di Bulan Agustus yang notaben nya bulan sakral bagi NKRI dan bulan penuh nuansa nasionalisme tinggi. wajar lah reaksi seluruh rakyat marah. selamat berjuang di Bully aja buat MalingShiit… šŸ˜€

  10. jangan sampai kepancing umpan malon. dampaknya gak baik buat negara kita. biarin aja itu sifat iri mereka melihat pesatnya kemajuan negara kita. presiden sudah pas kluarin statemen gitu. biar gak gaduh dan rakyat kita tetep produktif.

  11. Kartu kuning kedua Evan Dimas terancam tidak ikut bertanding vs Vietnam … akibat kepemimpinan wasit dari Malaysia …

  12. Betul Pak tidak usah di besar2kan, kita ganti saja gambar bulan bintang di bendera malon dgn gambar kepala beruk, ………… !!!

  13. siapa yg tau…??
    mereka (malaysia) itu bodoh apa pura2 bodoh..??
    a. bodoh
    b. pura pura bodoh
    c. sangat bodoh sekali
    d. pura pura pintar
    e. tidak pintar

  14. Pisangnya pisangnya beli 1 bonus 1 yuk diborong ada pisang barat pisang asia monggo

 Leave a Reply