Agu 192015
 

presiden jokowi

Jakarta – Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Rizal Ramli akan mengevaluasi proyek listrik 35.000 megawatt yang ditargetkan oleh pemerintahan Joko Widodo -Jusuf Kalla. Dia pesimistis target itu bisa dicapai di 5 tahun pemerintahan Jokowi-JK.

Presiden Joko Widodo angkat bicara terkait keluhan Rizal Ramli atas target proyek listrik 35.000 megawatt itu. Menurut Presiden proyek listrik 35.000 megawatt telah ditargetkan untuk mengatasi kekurangan energi listrik di tanah air.

Apabila dalam pelaksanaanya ditemukan masalah mestinya dicari solusi, bukan dikoreksi atau dievaluasi targetnya. “Itu tugasnya menteri, menko untuk mencarikan solusi, mencari jalan keluar, setiap masalah yang dihadapi oleh investasi investor,” kata Jokowi di arena Indonesia EBTKE Conex 2015 di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, Rabu (19/8/2015).

Jokowi mengakui ada yang menilai bahwa proyek listrik 35.000 megawatt terlalu ambisius. Namun bukan berarti itu tak bisa dicapai dan dikerjakan. Apalagi kebutuhan listrik di Indonesia saat ini memang sangat banyak.

“Tapi memang itu kebutuhannya seperti itu. Oleh sebab itu angka 35.000 MW kalau ada masalah di lapangan, itu yang dicarikan solusi sehingga investasi investor betul-betul bisa melaksanakan investasinya,” kata Jokowi.

Pernyataan Rizal Ramli yang akan mengevaluasi proyek listrik 35.000 megawatt disampaikan saat belum genap sepekan dia dilantik menjadi Menko Kemaritiman. Saat itu dia menyebut pembangunan proyek pembangkit baru itu tidak mudah.

Apalagi, ada tambahan 7.000 megawatt proyek pembangkit lama yang belum terselesaikan atau terbangun pada periode pemerintahan sebelumnya.

“Kita evaluasi ulang. Tujuannya ialah jangan sampai kasih target tinggi tapi nggak bisa tercapai,” kata Rizal saat acara Sertijab Menko Maritim di Kantor Pusat BPPT, Thamrin, Jakarta, Kamis (13/8/2015) lalu.

Detik.com

  50 Responses to “Presiden : Tugas Menko Mencari Solusi”

  1.  

    imho

  2.  

    Pertamax

  3.  

    pertama

  4.  

    semoga sukses

  5.  

    selamat Anda sukses bung bp

  6.  

    Owww pa Rizal, baru diangkat jadi menko kog malah kritik program presiden, awas di reshuffle

  7.  

    Memang berat klo target segitu tp bener jg, bukan brrti tdk bs dicapai..
    Lebih baik di kabinet tambahin lg satu menteri..menteri urusan setrum.., mau disingkat menus jg gpp..

  8.  

    Baru saja dilantik, sudah membuat gaduh, …….. jadi beginikah kerja, kerja, kerja ???
    Dukung dong presiden, supaya apa yang ditargetkan bisa tercapai ………. !!!

  9.  

    Wadeh Belum lgi kerja udah bikin kisruh apalagi pihak Wapres nya juga malah ikut kepancing Emosi weleh2 apa merasa pada senior makanya merasa udah paling jago bukanya ngasih contoh gmna kerja yg benar malah sibuk adu argumen..harus yg tegas donk RI-1nya Jabatan anda bukan jabatan yg bisa gampang dilecehkan oleh bawahan anda walopun bawahan anda lebih senior dari RI-1nya tunjukan kewibawaan yg disadang oleh Jabatan RI-1 tsb krn salah urus negara taruhannya 250 jt Rakyat Indonesia yg ikut merasakan

    •  

      justru rizal itu kerja beneran membantu presiden..jgn sampai ada org yg sepertinya loyal ke negara( topengan), ttp sebenarnya dia adalah predator uang rakyat, namun rizal perlu sampaikan hal yg dianggap kurang benar / koreksi didlm sidang kabinet. jika gak manjur br buka ke umum..utk menjadi perhatian rakyat.selamat bekerja..smg rakyat semakin jeli dlm melihat kondisi sekeliling rmh kita indonesia..

  10.  

    hehehe…bung Rizal kejebak tuh…kritik2 pemerintah trus dikasih iming2 jabatan dgn target yg sangat menantang…buru buru dah bangun opini sulit dll supaya ntar gak diwedhos irengkan klo gagal tercapai..hehehe salah sendiri mau terima jabatan panas itu..Om Joko ketawa ketawa tuh sambil ngebatin (rasain loh..jgn mau jabatannya aja dong ..ayo kerjaa..kerjaaa..kerjaa..!!!)

  11.  

    soal listrik bikin PLTN maka persoalan selesai sudah………

  12.  

    Oleh karena itu…..Cepetan bangun PLTN biar segera tercapai targetnya…. Gitu sj kok repot.

  13.  

    Nah mungkin strategi pemerintah RI adalah menunggu sampai habis sumber energi non nuklir baru kemudian berencana membangun PLTN, kelamaan mikir …………………………………………………

  14.  

    Ngapain juga dy ngurusin listrik,apa yg disampaikan pak JK ada benarnya..jadi menteri itu pelajari dulu pahami baru komentar..tugas menteri ya berfikir supaya yg gak masuk logika itu bs jalan bs tercapai..

    Bawaan orok bisanya nyinyir sij jd giliran dikasij tugas bisanya ngeless tok

    Rasak no

  15.  

    sangat disesalkan ada mentri yg memiliki mental seperti ini, alasan takut tidak tercapai? benar2 tidak mencerminkan semangat rakyat Indonesia yg memiliki daya juang tinggi

  16.  

    “ada tambahan 7.000 megawatt proyek pembangkit lama yang belum terselesaikan atau terbangun pada periode pemerintahan sebelumnya”

    benar juga sih seharusnya jangan terlalu di kebut perlahan” ya kalau target 35.000mw gpp jg tapi di cicil

  17.  

    wkwkwk…
    memang tindakan tidak semudah ucapan…no time for talk..just action..time is counted down..

  18.  

    Pak menko jangan mencari cari alasan, kalo tidak mampu ya bilang, kemaren kritik hebat, sekaranglah anda tunjukan bahwa anda bukan sekedar bicara saja, malu atu pak

  19.  

    sebenarnya sudah ditemukan teknologi terapan karya asli anak bangsa …. hanya butuh keseriusan dan komitmen pemerintah dengan segala elemen yang ada …,,,,,, jika saja …???? ……

  20.  

    PLTN donk solusinya………………….

  21.  

    Huahaha,, udah ane duga ini mentri kagak moncer kalo kata yonhap.. dulu kalo mngkritik jg ga jelas datanya.. ini udah dikasih kerjaan malah ngurus kerjaan orang.. gmna mau capai target pakk!! Belom seminggu kerja udah Gagal fokus..xixixixi!! Maritim pak yg dibahas, bukan BUMN.. Ini kabinet kerja pak, bukan kabinet gaduhh!! Kisruh!!! Gaduhhh!! Kisruh!! Sukses ya say..

  22.  

    Yang pada komen nyiyir … tau gak tuh 35.000 megawatt segede apa ???

    Memang realistis klo itu susah dicapai ! Ngomong cari solusi mah gampang…tp yah yg realistis lah .. 5th bro… ! Itu waktu singkat bgt ..

  23.  

    banyak bicara sedikit bekerja adalah tukang obat pinggir jalan..
    di rangkulnya rizal ramli adalah untuk membantu pemerintah dgn melakukan kontribusi yg positif bukanya membuat kegaduhan.

  24.  

    betul bung PKB.. saya pernah ikut bangun PLTU di baru yg kapasitas nya 50 x 2 mega watt aja udah gede bgt… apa lagi ini 35.000 mega watt..

    dan lagi ujung2 nya ngutang ma china.. trus tenaga kerja nya jg dari china.. org kita cm utk kerja yg ecek2 nya aja… mulai dari main power building.. boiler.. tower .. semua di embat ma kontraktor china..

  25.  

    gk cocok jd mentri.. cocoknya jd analis yg sring di undang koar2 di tv pulangnya dapat amplop

  26.  

    yg bikin pak JK kbakaran jenggot, Rijal R nyangkutin dengan perusahaan pak JK (Kalla group) (wawancara di metro),
    hadeeh politik2. habis sdh energi para pemimpin buat ngurusin yg bgituan, sadar wooi rakyat gak bodo2 amat, tau arahnya kmana, jgn harap ada persatuan kalo pemimpinnya pada gontok2an, kita tau biaya kampanye mahal, tp bukan alasan buat kejar setoran supaya cepet balik modal.

  27.  

    pak presiden salah pilih menteri ni org sejak jaman dulu mmg pinternya jual bacot sj. bukannya fokus dibidangnya malah campur tangan di bidang lain. pak presiden sekali” gampar mulut ni menteri pake akik biar nyonyor mulutnya..

    •  

      Maaf kilurah, omongan pak Mentri itu ada benernya juga. hati hati dalam penggunaan utang negara. jangan sampe kita nanti malah ditelen rente. ingat tahun 1999 bagaimana IMF dengan santainya merampas asset kita sebagai syarat mendapatkan pinjaman guna melunasi rente negara barat.

  28.  

    Dobrak terus yang lagi kejar setoran dengan memiskinkan negara via jeratan rentenir. Semua balik kembali keurusan perut, “Biarkan negara bangkrut dengan hutang segunung beserta rentenya asal lapak dan jatah gue jangan diganggu”. Kapan NKRI kita bisa maju klo begini? Miris dengan belum ada tampilnya pemimpin yang berjiwa negarawan.

  29.  

    Betul bung raymond,saya juga sedang menunggu negarawan sejati tapi sayang belum muncul,apakah akan datang ditahun 2019?kita lihat saja.

  30.  

    35rb MW emg gede siapa bilang kecil ?tapi itulah kebutuhan listrik nasional yg tersebar diseluruh provinsi.. Klo sudah masuk lingkaran pemerintah harus berikan solusi misalnya pembangunan listrik di titik” yg paling membutuhkan 35rb itu bertahap dan menyebar.klo cm nyiyir doang 5rb MW pun gak bakal tercapai

    Ini target diatas kertas klo gak tercapai minimal sudah ada penambahan maksimal kinerja yg penting usaha maksimal mungkin..usaha dulu dong

  31.  

    kalo cuma ngeluh protes gk kasi solusi mending jadi rakyat tak jelas saja….

  32.  

    saya lebih suka panas bumi,gelombang laut dan angin(karena indonesia adalah sumbernya)malah disurvey oleh negara luar kita memiliki tenaga panas bumi didunia terbesar(salah satu negara skandinavia adalah pemakai panas bumi cr aja source)

    cm investasinya mahal,kalo pltn sebelum sdm kita siap mending itu jadi altenatif kedua,tiga sumber bisa ditambah solar(matahari) dan gas,kekayaan sebutkan itu cm gas bisa habis,nah lain itu karunia pemilik alam semesta

    salam:)

  33.  

    BATAN sangat siap untuk mengoperasikan PLTN ……….

    •  

      dan kenyataannya sampai hari ini Jepang termasuk negara yang masih mengoperasikan PLTN ya toh ………….

      •  

        sda alamnya terbatas bro,dengan terpaksa kalo diembargo energi emang mau pakai apa,dia sudah pakai altenatif lain(gas,solar,panas bumi)nah kalo melihat harus dengan jernih,itu reacktor ada masih tutup sampai sekarang(bukan fukushima saja)
        itu radiasi ditutup2 oleh pemerintah pusat japan,padahal kita tahu japan dr sisi sdm dan ekom lebih patuh dr org kita

        sedangkan kita sumber banyak,napa ngk dinvestasikan?????

        kalo ngk ngerti mending disource saja berita aja cr perbandingan

        salam selalu

      •  

        Japan’s Sendai 1 Could Restart Aug. 10

        July 30, 2015—Kyushu Electric Power Co. could restart the Sendai 1 reactor as early as Aug. 10. The company plans to apply to Japan’s Nuclear Regulatory Authority for a weeklong final “applied safety inspection” on Aug. 3.

        Sendai 1 is expected to be the first Japanese reactor to generate power since 2013. The fuel at the plant is already loaded, and technical operational plans and procedures have been approved by the NRA. The regulator is currently overseeing functional and safety checks of the plant’s main systems as they are readied for startup.

        Another 20 reactors are in various stages of the restart process, which requires NRA certification that they meet upgraded safety standards put in place after the 2011 Fukushima Daiichi accident. Japan’s government plans to bring the share of nuclear generation to 20-22 percent by 2030.

        http://www.nei.org/News-Media/News/Japan-Nuclear-Update

        kesimpulannya Jepang tetap mengoperasikan PLTN ya toh ……

      •  

        Tokyo Electric Power Co harus mempertimbangkan pemakaian air yang terkontaminasi oleh kebocoran reaktor Fukushima Daiichi ke Samudera Pasifik, kata Badan Energi Atom Internasional.

        Lebih dari empat tahun setelah bencana power-pabrik nuklir di Jepang, lembaga PBB tekanan baru alternatif untuk memegang air tercemar dalam tangki dan menawarkan untuk membantu memantau radiasi lepas pantai.

        “Tim IAEA percaya perlu untuk menemukan solusi yang berkelanjutan untuk masalah pengelolaan air yang terkontaminasi,” kata lembaga berbasis di Wina dalam sebuah laporan. “Ini akan membutuhkan mempertimbangkan semua pilihan, termasuk kemungkinan dimulainya kembali pembuangan terkontrol ke laut.”

        Pejabat Tepco masih menggunakan air untuk mendinginkan bahan bakar nuklir cair dari reaktor dan sementara di tempat tangki dipasang untuk menahan 800.000 meter kubik limbah, insinyur telah berjuang kebocoran dan pencemaran air tanah. The penilaian, diterbitkan Kamis, didasarkan pada kunjungan oleh tim IAEA pada bulan Februari dan April.

        IAEA juga mengatakan akan mengirim ilmuwan mengumpulkan sampel air dan sedimen di lepas pantai Fukushima untuk meningkatkan keandalan data.

        ” TEPCO disarankan untuk melakukan penilaian terhadap dampak radiologi potensi untuk populasi dan lingkungan yang timbul dari pelepasan air yang mengandung tritium dan setiap radionuklida sisa lainnya ke laut untuk mengevaluasi signifikansi radiologi, ” kata lembaga itu. ” Tim IAEA mengakui kebutuhan untuk juga mempertimbangkan kondisi sosial ekonomi. ”

        Nelayan Protes
        Rilis sebelumnya dari Fukushima kontaminasi ke Pasifik telah menarik protes oleh nelayan Jepang dan kelompok-kelompok lingkungan. Ikan yang ditangkap di lepas pantai Fukushima telah dikenakan pengujian untuk radiasi sebelum dijual.

        Kontaminasi dari Fukushima telah diukur lepas pantai barat Amerika Serikat dan Kanada, menandakan kebutuhan untuk lebih pemantauan, sesuai dengan Woods Hole Oceanographic Institution, kelompok penelitian nirlaba swasta terbesar melihat lautan di dunia.

        Meskipun tingkat pencemaran di lepas pantai Amerika Utara ” sangat rendah, ” lautan perlu dipantau ” setelah apa tentu rilis disengaja terbesar kontaminan radioaktif ke laut dalam sejarah, ” Ken Buesseler, seorang ahli kimia kelautan di Woods lubang, kata bulan lalu.

        bloomberg dipaste lwt bahasa indonesia

        Para pengunjuk rasa berkumpul di luar pabrik nuklir Sendai Jepang dan kantor pusat perusahaan-nya untuk menunjukkan terhadap restart direncanakan operasi, selama empat tahun setelah bencana Fukushima yang meninggalkan seluruh dunia ngeri.

        Salah satu perhatian utama tentang dimulainya kembali adalah bahwa tidak ada rencana evakuasi – dalam kasus bencana Fukushima gaya – telah diungkapkan kepada penduduk setempat.

        “Ada sekolah dan rumah sakit di dekat pabrik, tapi tidak ada yang telah mengatakan kepada kami bagaimana anak-anak dan orang tua akan dievakuasi,” Yoshitaka Mukohara, seorang aktivis anti-nuklir Jepang terkemuka terkemuka protes, mengatakan kepada Guardian sebagai demonstrasi berkumpul di depan markas Kyushu Electric Power Co.

        “Tentu akan ada kemacetan yang disebabkan oleh banyaknya kendaraan, tanah longsor, dan jalan dan jembatan yang rusak.”

        Keprihatinan yang bergema oleh banyak orang, termasuk Naoto Kan, Perdana Menteri selama krisis Fukushima dan peserta dalam protes.

        “Kita tidak perlu pembangkit nuklir,” katanya kepada pengunjuk rasa saat ia berbicara selama reli.

        Fukushima bencana telah “terpapar mitos tenaga nuklir yang aman dan murah, yang ternyata berbahaya dan mahal,” tambah mantan pemimpin.

        Aktivis anti-nuklir juga menyatakan frustrasi mereka pada langkah.

        “Saya tidak mengerti mengapa operasi melanjutkan,” kata Tatsuya Yoshioka, Direktur Perdamaian Boat, salah satu penyelenggara reli, seperti dikutip oleh surat kabar Asahi.

        Sehari sebelumnya, 2.000 orang berbaris di dekat pabrik nuklir Sendai untuk memprotes peluncuran ulang.

        Ia datang sebagai reaktor pertama adalah untuk restart sejak gempa Maret 2011 dan tsunami menghancurkan pembangkit listrik tenaga nuklir Fukushima.

        Kyushu Electric Power Co mengatakan No 1 reaktor di fasilitas Sendai yang akan dimulai pembangkit listrik pada tanggal 14 Agustus dan akan mulai bekerja pada kapasitas penuh pada bulan September. Reaktor lain dijadwalkan akan dimulai kembali pada bulan Oktober.

        “Kami akan terus serius dan hati-hati bekerja sama dengan inspeksi negara, membuat keselamatan prioritas utama kami, hati-hati memajukan proses restart,” kata Kyushu Electric Power Co dalam pernyataan resminya.

        Perdana Menteri Abe mengatakan pada hari Senin bahwa reaktor telah berlalu “screening keamanan terberat di dunia.”

        Pemerintah Jepang telah menetapkan tujuan untuk tenaga nuklir untuk menutupi lebih dari 20 persen dari kebutuhan energi pada 2030.

        Bencana nuklir Fukushima adalah kedua (Chernobyl menjadi yang pertama) untuk mengukur tingkat 7 pada Skala Peristiwa Nuklir Internasional.

        Ini disebabkan shutdown lengkap fasilitas nuklir Jepang pada tahun 2013, meskipun 30 persen listrik yang sebelumnya berasal dari tenaga nuklir.

        Pihak berwenang masih menghadapi krisis Fukushima, mencoba untuk mengandung kontaminasi setelah krisis tersebut.

        nah diterjemahkan versi indonesia drpd inggris

        hehehehehe masalah listrik dijapan beda diindonesia bro,saya jamin kalo terjadi kebocoran radiasi itu lapan juga tidak bisa menanganin,bukan japan sudah kirim military dan sdm trampil untuk menanggungin napa sampai 4tahun belum kelar??????

        met siang juga hehehehehe:)

  34.  

    Rizal Ramli… Besok jadi iklan Snicke* aja Boss, muka lu dah sama……
    Tambahan lagi, lu rese kalo lagi laper.!!

  35.  

    vietnam terbatas reource sda alamnya,nah dibanding kita sumber saya sebutkan diatas boleh diinvestasi dimasa depan(kalo masih ada masa depan)

    japan sudah hampir 50tahun operasi itu reaktor pltn,batan belum menjalanin reacktor kecuali yg kecil+penelitian(kalo ini dibabar ama kepentingan lah)

    salam selalu met siang:)

    •  

      Semua sumber daya energi memang harus dikembangkan, tetapi PLTN juga wajib dibangun karena mampu memenuhi kebutuhan energi yang meningkat dengan pesat dalam waktu relatif singkat….. Vietnam adalah contoh negara yang para pemimpinnya berpikir jauh kedepan dan berkeinginan kuat untuk maju, maka energi nuklir pun mereka bangun

      •  

        “terpapar mitos tenaga nuklir yang aman dan murah, yang ternyata berbahaya dan mahal,” tambah mantan pemimpin.

        nuke merupakaan altenatif selain sda saya sebutkan tadi,cuma kalo untuk bikin nuke no coment

        salam bung janto:)

  36.  

    pemimpin kita seharusnya berpikir untuk rakyat dan kerjanya berkesinambungan. berkelanjutan. diharapkan pemerintah saat ini memberikan pondasi untuk pemerintahan selanjutnya. syukur2 targetnya tercapai dan rakyat puas maka dipilih lagi.

  37.  

    ayo ngapusi ngapusi ngapusi