Des 052018
 

doc. Martial arts demonstration, Ukrainian military. commons wikipedia

Kiev, Ukraina, Jakartagreater.com  –   Presiden Ukraina pada hari Senin 3-12-2018 mengumumkan pemanggilan sebagian pasukan cadangan untuk pelatihan di tengah ketegangan dengan Rusia. Dia mengatakan negara perlu meningkatkan pertahanannya untuk melawan ancaman invasi Rusia, dirilis pada Senin 3-12-2018 oleh journal-times.com.

Kremlin menepis pernyataan pemimpin Ukraina itu sebagai upaya mustahil, untuk mengobarkan ketegangan. Hubungan antara kedua tetangganya semakin tegang menyusul insiden 25 November 2018 di mana penjaga pantai Rusia menembaki dan menyita tiga kapal angkatan laut Ukraina dan kru mereka dari Semenanjung Krimea yang dianeksasi Rusia dari Ukraina.

Presiden Ukraina Petro Poroshenko menanggapi dengan memperkenalkan undang-undang darurat militer selama 30 hari di sebagian besar Ukraina. Selama masa darurat militer, otoritas Ukraina melarang masuknya semua pria Rusia berusia 16 hingga 60 tahun yang menurut pemimpin Ukraina diperlukan untuk mencegah Rusia membuat ketidakstabilan lebih lanjut di negara tersebut.

doc.Combat training soldiers 25 Airborne Brigade of the Armed Forces of Ukraine, commons wikipedia

Petro Poroshenko mengatakan pada hari Senin bahwa beberapa pasukan cadangan akan dipanggil untuk pelatihan sebagai bagian dari darurat militer. Petro Poroshenko juga mengatakan bahwa beberapa unit militer akan dikerahkan untuk memperkuat pertahanan negara. “Ukraina mengambil langkahnya sendiri sebagai tanggapan terhadap ancaman invasi Rusia berskala besar,” kata pemimpin Ukraina itu.

Selama akhir pekan, Poroshenko mengatakan bahwa Rusia telah mengerahkan sejumlah besar pasukan di sepanjang perbatasannya dengan Ukraina dan menuduh bahwa Kremlin bermaksud untuk mendorong pedalaman ke Ukraina. Ukraina juga menuduh Rusia memblok pelabuhan di Laut Azov.

Juru bicara Presiden Rusia Vladimir Putin, Dmitry Peskov, menepis klaim Poroshenko sebagai “upaya mustahil untuk menimbulkan ketegangan.” “Tuduhan terhadap Rusia tidak memiliki dasar apa pun,” katanya.

Petro Poroshenko juga menolak klaim Kiev bahwa Rusia memblokir lalu lintas ke dan dari pelabuhan Ukraina di Laut Azov, mengatakan bahwa navigasi telah berlanjut normal kecuali untuk sesekali istirahat karena cuaca buruk.

doc. Combat training soldiers 25 Airborne Brigade of the Armed Forces of Ukraine, commons wikipedia

Konflik separatis di wilayah Timur yang membentuk jantung industri Ukraina telah berdampak pada ekonomi nasional, mengurangi aliran kargo melalui pelabuhan Ukraina Mariupol dan Berdyansk di Laut Azov. Insiden Angkatan Laut semakin memicu ketegangan.

Di tengah ketegangan, militer Rusia mengatakan pasukannya di Krimea melakukan latihan yang melibatkan sistem Rudal anti-kapal Bal dan Bastion jarak jauh. Selama akhir pekan, Poroshenko mendesak Jerman dan sekutu Barat lainnya untuk meningkatkan kehadiran angkatan laut mereka di Laut Hitam untuk membantu mencegah Rusia dari agresi lebih lanjut.

Wakil menteri pertahanan Ukraina, Anatoliy Petrenko, mengatakan negara itu berbicara dengan mitranya di Barat untuk menanggapi “tindakan eskalasi” Rusia.

AS dan sekutu NATO-nya sangat mendesak Rusia untuk membebaskan kapal-kapal Ukraina dan para awaknya. “Tidak ada pembenaran untuk penggunaan kekuatan ini,” kata Sekjen NATO Jens Stoltenberg

Bagikan:

  One Response to “Presiden Ukraina Panggil Pasukan Cadangan untuk Berlatih”

  1.  

    Makin panas nih!

 Leave a Reply