Prioritas Pembangunan MEF II, RKP 2018

Rantis Komodo dipasang rudal RBS-70 NG Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah Tahun 2018, Bappenas

Sejumlah program Prioritas untuk Minimum Essential Force TNI Tahap 2 (2015-2019) /M EF II, telah disiapkan dalam Rancangan Awal Rencana Kerja (RKP) Pemerintah tahun 2018, yang disusun di Bappenas.

Proyek Prioritas nasional Kementerian Pertahanan/TNI ini, termasuk usulan pengadaan 100 kendaraan taktis dengan anggaran Rp 100 miliar. Pembelian Senjata, Amunisi kaliber kecil dan besar, pemeliharaan dan perawatan Alutsista integratif dan pengadaan sarana -prasarana, dengan usulan rincian anggaran seperti yang terlampir dalam grafik di atas.

MRAP Sanca PT Pindad (Pindad)

Selain mengembangkan kendaraan taktis Komodo, dalam Indo Defence 2016 di Jakarta, PT Pindad juga bekerja sama dengan Thales Australia, mengembangkan kendaraan taktis (rantis) anti ranjau (Mine Resistant Ambush Protected / MRAP) 4×4 lapis baja, Sanca, yang berbasis rantis Bushmaster, Thales Australia.

Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah Tahun 2018, Bappenas

RKP 2018, untuk Proyek Prioritas Nasional Pertahanan Teritorial Strategis, termasuk, pengadaan Senjata Anti-Tank /Senjata Lawan Tank dengan anggaran yang diajukan Rp 607 miliar, Remote Control Weapon System (RCWS) dengan anggaran Rp 405 miliar. RCWS ini tampaknya akan dipasang di kendaraan taktis, seperti Komodo, Anoa atau sejenisnya yang telah dan akan dibangun.

Untuk Proyek Prioritas Nasional Pertahanan Teritorial Strategis ini, Matra Darat diajukan mendapatkan anggaran pemeliharaan dan perawatan Alutsista senilai Rp 1,8 triliun dan pembangunan Sarana dan Prasarana Alutsista sebesar Rp 795 miliar. Satuan Zeni mendapatkan anggaran pengadaan material senilai Rp 600 miliar.

Proyek Prioritas Nasional Pertahanan Teritorial Strategis di RKP 2018, juga bertujuan mempekuat fire power batalyon artileri, dengan pengadaan meriam 105 mm, menggantikan meriam 76mm, untuk dua batalyon, dengan anggaran yang diajukan sebesar Rp 729 miliar.

Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah Tahun 2018, Bappenas

Ulasan tentang Pembangunan Kapal OPV 80-90m telah dibahas dalam artikel : MEF 2 dan Pembangunan Kapal OPV 80-90 Indonesia.

Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah Tahun 2018, Bappenas Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah Tahun 2018, Bappenas

Ulasan tentang Peluncur Rudal Jarak Sedang Multi Fungsi, dibahas dalam : MEF 2, Peluncur Rudal Jarak Sedang TNI.

Tinggalkan komentar