Produksi “CIWS Phalanx” versi Iran Berjalan Baik

Komandan Angkatan Laut Iran, Laksamana Gholam Reza Biqam mengatakan bahwa CIWS versi Iran yang telah diproduksi, menggambarkan akan kemajuan Iran dalam proses manufaktur yang lebih baik.

Dia menambahkan bahwa sistem CIWS Phalanx dalam negeri sedang dikembangkan oleh Departemen Pertahanan negara itu, dan berencana untuk mengungkap semua itu dan akan diumumkan oleh Kementerian Pertahanan pada waktunya.

Kembali pada bulan Mei 2016, Laksamana Biqam telah mengatakan kepada kantor berita Tasnim bahwa Kementerian Pertahanan telah mendapat hasil yang baik dalam meningkatkan sistem penembakan Phalanx.

Angkatan Laut akan menerima sistem senjata tersebut setelah tes akhir dilakukan. Tahun lalu, Komandan Angkatan Laut, Laksamana Habibollah Sayyari berencana meluncurkan versi CIWS Phalanx buatan dalam negeri.

Phalanx adalah sistem pertahan jarak pendek untuk menghancurkan rudal atau pesawat yang berhasil menembus pertahanan terluar. Keberadaan senjata Gatling dipandu radar yang dipasang pada dasar yang dapat berputar telah digunakan oleh beberapa Angkatan Laut di seluruh dunia, terutama oleh Angkatan Laut AS pada setiap kapal tempur permukaannya.

Muharram kaliber 50, gatling gun buatan Iran

Para ahli Iran telah mampu menghasilkan senjata Gatling kuat, dijuluki dengan “Muharram”. Muharram dilengkapi dengan enam-barel 12,7 mm, memiliki kemampuan menambakkan peluru hingga 2.500 putaran per menit. Sama seperti senjata kaliber 50 lainnya, Muharram memiliki jangkauan optimum antara 1.600 – 2.000 meter dengan jarak maksimum adalah 5.000 meter.

Senapan mesin cepat ini juga dapat dipasang pada berbagai kendaraan militer, seperti helikopter, pesawat nirawak, kapal perang dan kapal perusak.

Sumber: Tasnim

Leave a Reply