Sep 102014
 
UAV EITAN

UAV EITAN

Jakarta – Bukan TNI saja yang masuk desa, tapi juga drone alias pesawat tanpa awak. Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) akan membuat ‘program drone masuk desa’. Saat ini program tersebut masih dalam proses kalkulasi.

“Itu kan baru mulai untuk pertanian, paling harganya Rp 25 juta per unit. Itu bisa 10 sampai 15 wilayah. Tapi belum tahu, memang yang paling penting itu manfaat yang konkret,” kata Jokowi di Balai Kota, Jakarta Pusat, Rabu (10/9/2014).

Jokowi mengatakan saat ini rencana membuat ‘program drone masuk desa’ masih dimatangkan. “Masih dalam proses kalkulasi,” katanya.

Dalam pertemuan dengan Jokowi membahas UU Desa pada Selasa 9 September, politikus PDIP Budiman Sudjatmiko sempat menyinggung soal drone tersebut. Menurutnya drone ini akan berguna untuk membantu memetakan lahan dan keadaan di desa.

“Satu drone heli harganya sekitar Rp 5 – Rp 25 juta. 10 Desa misal punya 1 drone. 1 Pesawat heli bisa 2 jam terbang menangkap pemetaan 100 hektar dengan inframerah. Pemetaan bisa selesai dalam 1 hari selesai,” kata Budiman usai bertemu dengan Jokowi di Balai Kota, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat. (detik.com).

  147 Responses to “Program Drone Masuk Desa”

  1. one
    keren

    • Drone masuk desa… HATI HATI..!! Data pemetaan wilayah yg punya potensi sumber daya alam, bisa di jual ke pihak asing..!!
      Done masuk desa…hanya KAMUFLASE kepanjangan tangan asing utk obok-obok wilyah Indonesia…
      Sekali lagi WASPADA dgn program DRONE..!! … maap ini hanya analisa orang awam

      • jangan berprasangka negative lah bung.

      • gak usah bikin drone untuk desa……….orang desa itu cukup dikasih irigasi yang bagus………mereka dah bisa kerja……gak usah neko neko….pak.nanti ditawain orang……….ESEMKA aja gagal……….

        • Betul bung sambelhohah441,mending irigasi di perbanyak,saya sebagai petani malah lebih seneng yg itu daripada di kasih drone,kalo untuk pemetaan mending pakai google earth aja,kan bisa,ato buat layangan sowangan 3m naikkan 500 m kasih kamera kan bisa,di kampung saya buanyaaak bung…..he..he….

          • e..ee….bener.pake google earth aja……murah ..meriah…………..liat sawah pake drone.macam .lebay aja…….

      • Di China : drone dipakai utk semprot hama…utk perkebunan pemantauan lokasi mana yg sdh matang buahnya…teknologi ini prospektif…jangan kita antipati seseorang kita ikut antipati teknologinya …itu sih loon…kalo Negeri Haram itu aja kita datangi demi teknologi…masak sih ide2 anak bangsa kita anti…hanya krn kita beda pilihan politik…kasus ini mirip dialami Habibie..hanya krn beliau anak emas Soeharto…semua ide2 besarnya ditolak pas kejatuhan Orba…skr kita yg rugi sendiri…imho..kita harus tiru..Iran..utk kemajuan mereka bisa aja beli…nyolong…semua teknologi yg ada…biar musuh yg mereka kutuk tiap hari tetap aja mereka jual beli ..pas butuh…

    • Drone utk pertahanan dan pemantauan wilayah negara saja belum kelar, sudah “angah-angah” bikin drone masuk desa.
      UU Desa jika dilaksanakan, maka “katanya” desa akan dapat alokasi 1 milyard, mungkin ini nanti akan dipotong utk pengadaan drone.

      • Domba Ngamuk Serang [Pesawat] Drone

        Reporter : Ismoko | Selasa, 9 September 2014 11:06

        539
        Share
        33
        Tweet
        2
        Google+
        KIRIM

        Dream – Pesawat tanpa awak “Drone” ini iseng mendekati domba yang sedang merumput. Terganggu dengan drone itu, domba menyerang hingga pesawat tersungkur. Kamera yang terpasang di drone merekam semua kejadian penyerangan itu.

        Namun Anda tidak akn menduga, saat pemilik drone mengambil bangkai pesawat, amarah si domba belum juga surut. Simak videonya sampai akhir…

        http://www.dream.co.id/video/domba-ngamuk-serang-pesawat-drone-1409090.html

    • wah hebat juga ya…

      kenapa gak sekalian aja Tank Banteng Masuk Desa… (Buat Bajak Sawah).

      jadinya Multi Fungsi Juga.

    • As info saja : 2-3 thn terakhir ini pemetaan wilayah di Indonesia sudah menggunakan pesawat aeromodel/drone yang dilengkapi dengan GPS. Hasilnya jauh lebih murah dari pada menerbangkan pesawat betulan.
      Seberapa masif dan seberapa yg sudah dipetakan dengan drone, saya ngak tahu. Yg jelas kehutanan sdh pake. Jadi program ini sudah bukan barang baru lagi!

      • salam…itu berita katanya tiap sepuluh desa mau ada 1 drone buat pemetaan. lha itu bisa ada berapa ribu drone ya buat desa seluruh indonesia? trs, kalo abis dibuat pemetaan, dronenya mau dipake apa ya? maaf, ndak paham karena cuma musafir numpang lewat πŸ™‚

      • kemaren katanya buat beli ribuan ks, lah ini mau beli jutaan drone emang mau pake duwite mbahmu, sebelum ngomong itu ya dipikir dulu biar gk di kira badut warjag kaya si bowo.

    • ada ada saja. ngapain drone masuk desa, apa perlunya, apa pentingnya, apa manfaatnya. apa pak Lurahnya gak ngerti potret wilayahnya. terlalu.. sodrone under estimate.

    • Hidup Sodron, pak-lek ku…..cihuy..huy..huy..

  2. drone is number one !

    • merk dronnya zhotong…kaya merk busway..klo perlu setiap kelurahan di kasih 2 dron…mantabb bung danu

      • bikin foto udaranya mungkin gampang, tapi ngeprint petanya dimana ya, printer/plotter ukuran A1 / A0 jauh di kota besar…

        • eh, sebelumnya yang ngedit dari mosaik foto siapa juga…

          • buat apa drone masuk desa.. lha wong pupuk saja masih langka.. irigasi tidak tertata..
            g usah jadikan petani terperana akan teknologi yang kurang bermanfaat bagi mereka..

            berilah ilmu bagi masyarakat desa yang umumya berprofesi sebagai petani..
            temukan teknologi untuk kebutuhan pertanian..

            ingat: bahasa TANI berasal dari bahasa jawa TANI atau MERATANI yaitu memenuhi hajat hidup pangan seluruh lapisan masyarakat, gak peduli ia sebagai guru, TNI/Polri, sopir, PNS, buruh, politikus, pengusaha, insinyur dan seabrek masyarakat indonesia membutuhkan hasil keringat para Petani.

            kalo petani kolaps negara pun akan kolaps

    • klo menurut saya pribadi, kita fokus dulu pada program dana 1 milyar per desa dari kira kira setiap desa yang saat ini jumlahnya mencapai 72 ribu di seluruh Indonesia perlu mendapatkan pengawasan , bimbingan dan pembinaan yg jelas.
      Agar dana sebesar itu bisa benar2 buat kesejahteraan masyarakat / pembangunan desa.
      Klo bagus tinggal ke depan diajukan dinaikkan, dan pemerintah yg kedepan bisa mengajukan ke DPR RI untuk meningkatkan dana per desa tsb.
      Krn klo tidak dilakkukan pengawasan yg bagus , saya kuwatir maka banyak aparat desa beserta seluruh jajarannya bisa bermasalah secara hukum.

      salam

      • Apalagi klo yg 1milyar diberikan kepada ilmuwan2 kita untuk penelitian yg menyentuh lgsg hajat orang bnyk pasti lbh bermanfaat ya bung gue,semacam air bersih,pupuk,enegi dan lain2

        • Program tersebut bagus bung Urakan, karena klo setiap desa tersebut kreatif dan inovatif serta transparan terhadap pemakaian dana desa tsb mengajak semua masyarakat desa turut berpartisipasi maka setiap desa, akan bisa menaikkan taraf hidup masyarakat. Desa maju , maka secara umum ketahanan nasional akan tercapai.

          Tapi coba teman2 langsung terjun ke masyarakat pedesaan di mana2, kadang byk masyarakat desa tidak tau penggunaan dana ADD desa untuk apa krn kadang tertutup
          Pdhl skrg dicairakan dana 1 milyar per desa. Jadi desa hrs membuat program pembangunan yg jelas, ajukan proposal melibatkan semua masyarakat desa, adakan swakelola , buat laporan terperinci penggunaan dana tsb. Untuk mengajukan proposal pembangunan pedesaan harus tau atauran main juklak dan juknisnya. Buat rincian anggaran biaya, gambar kerja , tujuaan dan manfaat dari pembangunan tsb. Dan setiap desa saya liat banyak yg belum mampu membuat proposal dan cara pelaksanaannya. Nah itulah celah yg digunakan oleh aparat hukum apabila ada desa yg salah cara memanfaatkan anggaran pedesaan tsb.

          Dana untuk setiap desa akan mendapatkan alokasi dana yang berasal dari dua sumber. Dana transfer (dari APBN) jumlahnya Rp 59,2 triliun. Kemudian yg lain untuk pendampingan dari APBN diambil dari alokasi dana desa dari kabupaten masing2.

          Ini adalah riel yg langsung ke masyarakat pedesaan. Seperti pembangunan jaringan irigrasi tersier, pembangunan jalan desa, pembangunan jaringan air bersih dan lain sebagainya.

          Klo untuk ilmuwan / penelitian litbang, itu masuk bagian anggaran lain dari APBN kita.

          Negara ini besar, banyak yg harus dipikirkan dan dibenahi.

          • betul bung @gue… dan pemerintah sudah melatih masyarakat desa dan pemerintah desa lewat program ADD dan PNPM mandiri sebelum anggaran 1 milyar perdesa digulirkan…

            untuk mengetahui Juklak/ Juknis, perencanaan, penatausahaan, pelaporan pertanggungjawabannya maka para petugas baik dari masyarakat maupun dari pemerintah desa bisa diikutkan Bimbingan Teknis..

  3. 2..3..4..

  4. dronn..dro

  5. Absenn

  6. Kira2 robot2 tsb akan ditempatkan di ratusan titik strategis yah? atau puluhan titik di seluruh Nusantara..

    Sekali terbang ongkosnya berapa yah?

  7. hmmm..drone ya

  8. itu drone harganya 10 – 25jt, kayaknya model RC modelling di tambahin camera atau gimana yak ? berarti nanti akan ada hobby baru drone modelling. Kemudian pemetaan desa maksudnya apa nih ? nanti bisa perang antar desa karena drone desa sebelah menganggap pemetaannya masuk ke desa lainnya. Tapi hebat juga nih untuk harga segitu udah dapet inframerah (FLIR/DLIR) macam skyhvalnya blackshark. Jadi bingung ngerangkai data pemetaanya pakai apa yak kalo cuma model camera di tempel di drone modelling ?, wah saya lebih berharap dana drone desa dikumpulin untuk beli UAV EITAN yang kayak digambar.

  9. diselpet bocah kampung jatuh tuh drone :mrgreen:

  10. nyangkut benang layangan gujer celeng tuh drone :mrgreen:

  11. Bahayaa..akan bnyk drone saling nubruk..krn jarak antar desa yg nggak trlalu jauh..

  12. saya recomend drone kek predator dan global hawk buat menjaga desa :mrgreen:

  13. Petani butuh pupuk dan obat hama murah…dan bibit padi yang unggul lokal…dan bagaimana harga gabah gak di mainin ama cukong…drone boleh..tapi nasib kami petani didesa ngeneess pak ee…maap tukang cangkul disawahh…

  14. Halah ono meneh bagusan ABRI masuk desa. Kalo pemetaan, drone nya pak joshapat lebih canggih, tapi paling ngga mau kadung pesen perbiji 1,5tril sampe orangnya buat sendiri dan ngasihin sama negri ini. Ngenes paaaaaak . Sing penak yo opo sih lek ngga cap RATUKU.

  15. Drone mode on

  16. jangan lupa pak,tuh drone yg hrgnya kisaran 5-25 juta sangkutin AGM 114 hellfire missile,enteng kok pak cuma 45kg,biar tuh drone setara predator :mrgreen:

  17. jangan lupa pak presiden suruh main CnC Generals Zero Hours,USA air force banyak tuh pilihan dronenya :mrgreen:

  18. πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ Hidup Drone……!!!

  19. jangan lupa pak,beli dronenya dari china,bagus lohh pak ke busway,ada fitur KEBELAH,KEBAKAR dan MELEDAK :mrgreen:

  20. efektif bgt buat ngusir hama…..

  21. Kalau tujuanya baik dan dan dikelola ditangan orang yg tepat saya rasa ide drone masuk desa juga baik, tapi akan lebih baik lagi kalau merencanakan sgala sesuatu baik itu pembelian drone maupun alat pemetaan lahan pertanian sebaiknya dipikir masak2 agar tidak terjadi hanya untuk kepentingan kekuasaan 5th tetatpi kepentingan jangka panjang

    Sebaiknya pak jkw melihat dan map spirasi langsung para petani, apa yg mereka butuhkan, pupuk sudah mencukupi belum, pengairan gimana sudah baik belum, pembibitan unggul gmna sudah menggunakan bibit unggulan belum, pasca panen gmna sudah dibeli dengan harga yg layak untuk petani dan tidak merugikan ketika dijual pasca panen belum?,,,,,, dll……

    Kalau aspirasi petani sudah diserap dan diwujudkan, pengadaan drone masuk desa akan lebih baik lagi dikelola oleh badan pertanahana tingkat kabupaten/wilayah setempat itu jga lebih baik

  22. β€œSatu drone heli harganya sekitar Rp 5 – Rp 25
    juta. 10 Desa misal punya 1 drone. 1 Pesawat
    heli bisa 2 jam terbang menangkap pemetaan 100
    hektar dengan inframerah. Pemetaan bisa selesai
    dalam 1 hari selesai,”
    IMHO : Pemborosan uang negara, katanya negara sdg krisis dan mau berhemat….
    1.Menurut data bps, Indonesia memiliki +/- 80.000 desa, berarti drone yg dibutuhkan 8.000 unit x 5-25jt….= 40-200M utk pemetaan 1hari. Setelah itu dronenya buat apa? apa buat mainan anak2 dikampung?
    2. Kenapa tdk dilakukan oleh tenaga profesional sekaligus? Pasti datanyapun lebih kredibel, jadi lebih murah dan efisien…tanpa hrs melaksanakan pelatihan2 thd 8.000 kades/operator dsb
    3. Belum lagi akses udara menjadi kacau, penanggungjawab inventaris bgm dst.. dst

    • Bung Raymond

      Selain pengeluaran beli drone:

      1. Akan ada biaya operator, pelatihan, dan peralatan lain yang terkait dengan kegiatan pemetaan, akan lebih dari jumlah tersebut.

      2. Kalau peralatan-peralatan itu kemudian tidak bagus pemeliharaan dan penyimpanannya, berarti biaya.

      3. Per 3 bulan misalnya drone dipakai. Berarti ada biaya kegiatan, cetak, dan kegiatan lain terkait.

      Dengan semua biaya itu, apakah informasi yang dihimpun akan maksimal digunakan oleh SKPD atau instansi untuk kepentingan pembangunan atau mengatasi masalah di lapangan, karena kenyataannya yang sering dihadapi petani adalah:

      1. sisi produksi: harga saprodi dan bibit yang kerap mahal atau tak tersedia.
      2. sisi pasar: harga jual produk pertanian lazim lebih ditentukan kekuatan tengkulak

  23. Ane setuju dgn pendapat anda bung @edo… . Klo emank serius dgn program drone, mending ngambil dr prof.josh aja.. Bs buat sipir maupun militer jd Lbh bnyk manfaat nya…
    tkut ny ada udang di balik rempeyek bung, klo drone msuk desa tu nti dipakae ngintipin anak gadis orang yg lg asyik nyuci ma mandi d sungai… Heheee

  24. He..he..he….hebat ya pembisiknya
    Bakal ada cabor baru di sea games/asian games yaitu balap drone
    Nanti pilkada juga pengawasan cukup pake drone utk jagain TPS
    Haduh biyung…..

  25. Nanti tujuh belasan ada lomba baru di desa2…lomba tangkep drone

  26. Hehee… Tp klo yg buat jagain TPS mgkin nggk lh bung. Cz pilkada lgsung kdepan ny mgkin gk ada lg ..
    yg balapan drone tu yg mantaff bung @SGI.

  27. Jamane drone..ora ngedrone..ra keduman..

  28. drone buat ngintip org mandi,drone buat ngintip ibu2 nyuci,drone buat ngintip yg boker di jamban :mrgreen:

  29. Langkah bagus untuk mencerdaskan masyarakat. Dippelosok desa sekaligus menjaga keamanan dark tindak terorisme.
    Jadi susahkan teroris mau ngumpet Wong difoto selfie tiap saat.
    Saran aja buat mas joko pake kamera android 360 ya pak..biar keyen hasilnya…BRAVO!.

    • Ntar tongsis gak laku bung, kalo semua foto selfie pake drone, wkwkwkwk πŸ™‚

      • Sebuah gagasan revolusioner akan banyak mendapa kritikan Dan hujatan yg bertubi-tubi.
        Tapi…jika suatu waktu berbuah keberhasilan orasng yg dulu pernah menghujat,mencemooh akan menyembahnya bagai dewa….itulah salah dua ciri2 orang munafik…hehe.
        Selamat siang bung ekki.y

        • Tapi kalo gagal siap2 aja dihujat 7 turunan 8 tanjakan Dan 8 tikungan.
          Tidak banyak pemimpin yg berani mengambil resiko ini.
          Giliran negara kita ketinggalan dark tetangga pada kebakaran jenggot…salah loe sendiri!.

  30. wah…cocoook buat ngintip cewek desa lagi mandi di sendang ni sodrone atw buat ngintip cewek lagi beol di kali….

  31. Gagal paham saya yang ini maksud dan tujuannya apa,..

    • sama saya jg gagal paham bung stmj apaan nih maksudnya tp fans dr presiden terpilih selalu antusias komen dimari klo ada segala hal tentang idolnya apalagi tentang drone dran drone lama la sodron beneran

  32. Wes aq tukang pacul ga ngerti meneh, aduh biyung, opo2 dron, mumet sirahq nek opo2 dron, anggep nek duwe dron ki njuk modern. Gal ngerti iki, mah marai mumet tambah dipiker, tak neruske le ngarit suket. Suk nek neng sawah weruh dron tak celukne, sopo ngerti arep ngekeki duwit aq. Keno dinggo tuku katul ro kleci dinggo pakan sapi.
    Pikiren dewe yo, aq meh ngarit sikek.

  33. Wah bagus ini, jika setiap desa dipetakan. Paling tidak bisa berguna untuk pengambilan kebijakan oleh berbagai macam pengambil keputusan. Misalnya, untuk penataan ruang. Sukses buat presiden dan wapres terpilih.

  34. gak usah beli dronee p jokowi… mending Petani di beri bantuan pupuk.dan bibit yg unggul biar tiap tahun hasil panenya naik… aku sakno karo pae.. tandur padi 1 hektar mudunn…sampek gegere bengkong

  35. ..alam pertemuan dengan Jokowi membahas UU Desa pada Selasa 9 September, politikus PDIP Budiman Sudjatmiko sempat menyinggung soal drone tersebut. Menurutnya drone ini akan berguna untuk membantu memetakan lahan dan keadaan di desa….gak setujuuuuuuuuuuuuu ma klu gini,,

    buat apa drone melihat keadaan desa,, ada2 saja ?? klu ini gak setuju 100%,buat apa pak budiman ,mau liat cewek mandi ya ? ingat pak jokowi ..teknologi digunakan untuk mempermudah kehidupan manusia tapi klu untuk mematai2 warga desa untuk apa?? itu melanggar ham ,
    pak budiman klu punya ide itu yg brilian ,cerdas gitu..,jgn kayaak pemikiran preman hex3 ..acemmm
    lebih baik matangkan dulu 1 by 1 ..,aku emg dukung drone tapi matangkan dulu satu satu pak !! jadi pusinggggg..

    • Jangan-jangan mas Budiman mau bikin test case biar eksis masuk banyak Media dan TV. kayak Maruarar yg bikin ide jual RI-1.
      Itu Skuadron Drone di Pontianak selesaikan dulu. kombinasi Heron ama Wulung NG.
      baru tambahin lagi di perbatasan2 darat dan laut kenegara lain di sumatera, jawa, sulawesi, papua dll.
      Drone masuk desa nanti untuk nyebar pamflet berita, untuk nyebar pupuk dan menyemprot hama di sawah. Kasihan kan petani nyemprot hama wereng pakai tanki di punggung. Drone is the best lah..

    • Saya masih sulit membayangkan dampak nyata penggunaan drone itu. Katakanlah untuk membantu petugas di lapangan Tapi kalau sebatas memfoto, saya kira lebih baik biaya-biaya untuk drone dipakai untuk meningkatkan kemampuan petugas di lapangan dan meningkatkan kesejahteraannya.

      Kalau misalnya hasil foto dikumpulkan di SKPD terkait di kabupaten/kota untuk membuat kebijakan, apa cukup waktu pengambilan kebijakan dengan situasi lapangan. Bisa-bisa saat kebijakan diambil, di lapangan keadaan sudah berubah.

  36. diindonesia banyak desa bhkan nympai ribuan desa..btuh brpa drone yg dbutuhn utk bs msuk desa desa..khususy desa yg trpncil..truss trang menurut pndapat ane wanana drone msuk desa akn sulit trealisasikn,brpa anggarn yg trpakai nantiy,sudah pasti besar truss ap gunay,tujuany ap klu skedar pemetaan..truss tugas dr kpla desa dn prngkty ap..ap gk mubajir,mnding dana bt drone msuk desa dalihkn buat yg lain yg lbh tpat guna..

  37. Aq mau weruh dron kelip2 abang biru neng langit arahe ngalor, opo yo mau, ana suarane, koyo montor mabur ngono, opo yo jane?

  38. hura mudeng inyonge

  39. Gantine jokowi blusukan ya ini … drone blusukan… nanti parade militer serba drone… hemat wes. Ada F-18 masuk cegat sama drone saya yakin pasti keder … pendekar masuk hajar pakai drone… kolin lewat drone yg nyilem… pasti hemat dan menggetarkan πŸ˜€ setuju dah pokoknya… ini kan presiden kita.

  40. gak masuk akal idenya……..cari ide yg kreatiflah, efisien, bermanfaat, hasilnya positif buat rakyat miskin.

  41. nge drone mlulu ntar mabok ..

  42. Utk ngawasin lalin, bisa pake drone, sekalian melakukan tindakan tilang,khan drone dilengkapi kamera yg real time, jd yg melanggar rambu dll tdk bs mengelak, tinggal dikirimin surat tilang kerumah pemilik ranmor tsb. Jd tdk bs ada pungli, suap dlll, hehehehe.

  43. desa kasih drone buat ngapain krg kerjaan aja, yg penting tu buat pengawasan perbatasan sama perairan dari pencurian nelayan asing, katanya kerugiannya trilyunan dr ilegal fishing, makin konyol

  44. What the hell…. Sebegitu pentingnya apa drone sampai masuk desa segala katanya lagi penghematan
    mending mikirin caranya nutupin anggaran bbm yg jebol tanpa jual2an

    • Untuk penghematan gampang bung meremteck. Anggaran DPRRI, DPD Dan MPR RI dikurangi. Subsidi BBM selectif hanya untuk angkot, kendaraan Dinas mewah jual ganti dengan yang produk dalam negeri seperti Esemka. Aturan jangan berubah ubah agar biaya pelatihan bisa diminimalkan. Termasuk pemilihan kepala daerah dikembalikan ke DPRD. Kalau persoalannya anggota DPRD tidak kredibel, pertanyaan ya gampang. Yang milih DPRD siapa? Rakyatkan. Kental politik uang? Apa pemilihan kepala daerah tak politik uang? Artinya Rakyat yang tak konsisten Dan dimanfaatkan politikus. Demikian pendapat. He he he he he.

    • Iya bung, tuh parte kebo emang paling bisa soal kayak gitu
      ngakunya partenya wong cilik tapi malah mau mateni wong cilik
      mau sehebat apapun pemimpinnya kalo anggotanya pada ngak bener ya bakalan repot juga

  45. sekalian hadiah bg pimpinan kpk yg lg bargain posisi jabatan strategis pejabat pemerintahan baru…4 bln lg kpk masa tugasnya expired….bgm bung ambleg

  46. wah skarang lgi musim nya drone yh?…
    mau petakan pertanian aj pke drone…
    mnding ungnya di blkan pupuk aj buat prtani….

  47. Untuk membeli memang bisa. Karena tidak mahal. Yang jadi masalahkan apakah biaya perawatannya tersedia. Apakah biaya operasionalnya tersedia. Karena biaya perawatannya Dan operasionalnya adalah biaya tetap yang harus tersedia setiap tahun. Berapa pertahun dikalikan berapa desa. Apa tidak mubazir kalau penggunaannya hanya untuk memetakan Lahan desa? Belum lagi tiap tiap daerah punya karakteristik yg berbeda. Adat yng berbeda? Yang terjadi malah itu drone terongok tak terpakai. Ontoh sudah banyak program pemerintah yang tidak jalan. Ingat yang ganti itu hanya presiden Dan para menteri. Sekjen dan Dirjen kebawah tidak diganti. Padahal tiap2 daerah sudah memetakan wilayahnya memalui pola RTRW dan turunannya. Sy tak yakin terpakai ini drone.

  48. Hadehhh..jd kasian sma calon pemimpin mndatang..blm memimpin tp sdh membuat ide yg ga msk akal.yg katanya pro rakyat.tp bakalan mnjadi blunder n bahan olok2an..bener apa yg d katakan bang Kumis..smua masalah hanya akan selesai klo d serahkan kpd Ahlinya..bkn sama tim transisinya.

  49. Hadehhh..jd kasian sma calon pemimpin mndatang..blm memimpin tp sdh membuat ide yg ga msk akal.yg katanya pro rakyat.tp bakalan mnjadi blunder n bahan olok2an..bener apa yg d katakan bang Kumis..smua masalah hanya akan selesai klo d serahkan kpd Ahlinya..ktauan tim transisinya hanya bicara AJS ( asal jkw senaang ).

  50. Hal yg biasa jika ada keputusan atau gagasan pasti ada pro dan kontra!!saya setuju dgn pak jokowi tentang pengadaan drone tiap desa.justru hal tersebut membantu para petani di desa..karena drone tersebut bisa memetakan sawah2 yg ada di desa,ini sawah siapa,trs biasanya di pedesaan orang2 mandi di sumur bkn dkamar mandi jd bisa di petakan jg….yang paling penting drone tersebut bisa memetakan dimana lobang2 persembunyian TIKUS2…….menakut2i tikus…dan bisa di jadikan pengusir burung disaat padi sedang tumbuh…..maaf ini opini tukang cangkul

  51. Dulu waktu wowo jadi ketua HKTI pupuk langka, mahal obat hama langka , mahal, gak ada yang protes, la ini wacana presiden terpilih belum dilaksanakn malah protes, dan ngomong maslah pupuk, dasar gemblung, hubungannya apa?? lagian apa iya nanti pupuk mahal dan langka setelah beliau( JKW-JK) di lantik dan bekerja, lagian kan sekarang masih pak beye protes sana ke pak beye kalo mahal, bukan kepresiden terpilih dan belum bekerja, otak di dengkul kale ya

    • Sepertinya sebelum jadi presiden beliau sudah bekerja bung. Untuk mengatasi banjir dan kemacetan Jakarta. Serta membuat proyek 1000 bus Transjakarta yg jos gandos.
      hasilnya mana? boleh dong saya protes kenapa kok ndak selesai juga? atau musti ke SBY juga? sedikit-sedikit kok ke Presiden. ndak iyes lah mas
      terus apa kerja Menteri, Gubernur, Bupati, Walikota. Camat, Lurah.

    • ganti pang ngarannya jangan waja sampai kaputing… semboyannya terlalu suci gasan ikam pakai

  52. ada mainan baru nih
    drone jd target ketapel batu
    hehe

  53. DRONE..kyk judul film.., mungkin film Indonesia jg bs kasih judul pake DRONE..,
    Tukang bubur naik drone..
    Beranak dlm drone..
    Suster ngedron..

  54. Klo hansip baca berita ini pasti was2…..
    Akan ada yg merebut lapak nya ronda malam ha..ha..ha…
    Emak emak mau mandi di bath tub open bar ikutan was was takut body aduhay nya ke selfie sama tuh drone wkwkwkwkwk……..

  55. heheheheh, ngakak baca postingan para sesepuh, cuma mau menambahkan saja ditengah carut marut pendapat, google sebuah perusahaan besar dan luar biasa besarnya yang dikenal dengan inovasi dan risetnya, merencanakan akan membuat dan memiliki ribuan drone, apa maksud dan tujuannya silahkan tanya sendiri sama om google…

  56. Wah ini drone bakalan nyangkut sama layangan nggak ya? secara klo lg musim layangan, aplagi dikampung pasti banyak yang maen.

  57. hambur2 uang saja. jangan kaya bus trans jakarta gagal. di desa bukan drone yg dibutuhkan: BBM tidak langka. Gas LPG muahal dan langka, klo ke RRC dijual murah.

  58. siiiip mumpung musim tawuran antar kampung bisa dimanfaatin tu dron……. GIILA LU DOOON …………..#warkop

  59. 25juta dikali 10ribu desa,lbh baik duitnya buat riset bidang yg terkait dgn petani,nelayan,peternak dan lain2
    Ada 5ribu orang lbh yg mau membaktikan ilmunya demi bangsa dan negara
    Gagasan drone masuk desa ga banyak manfaatnya

  60. mending uangnya dipakai untuk pembangunan jalan2 ke kecamatan atau pedesaan, yang bagus tapi mutunya jangan kayak yg sekrang, baru dibangun 3 tahun udah rusak bolong sana sini, atau tumpas tuh mafia penimbun pupuk, penimbun bbm, payaaah dari tahun ke tahun nggak ada yang mau selesaikan masalah ke inti masalah di indonesia yaitu mafiaa apapun ada mafianya di indonesia,

  61. hhmmmm……..

  62. Lebih bagus dananya untuk pengembangan satelit nasional. IMHO

  63. Pro kontra biasa just do it kesalahan besar Indonesia terlalu banyak wacana terlalu banyak omong terlalu banyak polemik

  64. P.jok dan tim transisi kayakya segaja bikin isu2 yg di masukin ke warjag untuk data pembanding .komentarnya .hebat hebat cerdas jga teryata…

  65. Drone nya cukup 10 saja untuk seluruh indonesia dan makainya gantian, dan yang pegang orang badan pertahanan, kalau 10 desa 1 drone, untuk seindonesia kira2 butuh berapa ratus atau ribu drone dan setelah selesai pemetaan drone nya dikemanakan?

  66. Pak Presiden Joko yang saya hormati, kebetulan sawah saya kekeringan, terancam gagal panen, pupuk susah dan mahal, harga jual hasil panen pun terancam anjlok. Senang tak terperi dan berdebar hati saya pak presdiden mau dengan tulus membikinkan drone buat kami di desa. Semoga dengan adanya drone yang muter muter diatas sawah dan ladang kami tak lagi kekeringan,panen raya sukses, dan harga pupuk jadi murah. Semoga kantor pak lurah kami bisa jadi pusat control operasi drone, jadi kami bisa lihat komputer dan alat alat canggih di kelurahan, karena sebelumnya hanya ada mesin tik dan kalkulator di kantor pak lurah. #hiduppakjoko

    • nah kalo kekeringan nanti dron yang mengairi sawah sekaligus membuat irigasi, pupuk mahal drone yang akan menurunkan harga pupuk, harga jual penen anjlok drone yang akan menaikan harga jualnya jadi mas alibaba bisa tenang dan damai #pokoedroneseterooong#

  67. Iya,apalagi pupuk murah gampang didapat lbh senang lg
    Hentikan pupuk kimia,cuma bikin tanah jadi impoten aja
    Ganti pupuk alami,banyak ahli kita yg mampu

  68. dulu ada AMD ,, sekarang ada DMD .. pesen drone dipasar gembronk ah buat anak :mrgreen:

  69. pertanyaan saya…apa manfaat buat petani secara langsung? siapa yang jadi operator dronenya? melihat SDM di desa? mbok ya yang lebih nyata programnya bagi kami wong ndeso? satu lagi pertanyaan..apa ini hasil dari masa kampanye dulu yang turun langsung ke sawah??? embohlah…………….

  70. gogle mau buka rentalan drone.nah siapa tuh yang bakal nyewa?.l

    • Saya mau buka pusat servis drone aja..,layanan bwt drone abis survey desa2 mau ganti oli..onderdil..ganti kamera..ganti ban dlm..ban luar..atau cuci drone..

  71. maaf numpang urun rempug,

    menurut saya yang gak makan sekolahan, saling mendikte, menjelekkan satu dengan lainnya mbo yo disudahi, kan sudah terpilih…monggo dimulai…wacana dan strategi nya…warga negara indonesia selain pejabat, aparatur negara, dpr, mpr adalah rakyat indonesia, jangan konotasikan rakyat itu orang sangat susah dan kurang faham. pa prabowo , pa jokowi sama-sama rakyat…dari rakyat dipilih rakyat ya untuk rakyat….klo ga lupa…hehehe…dan pengawalnya TNI….

    sok mari mulai pada kerja….dpr, mpr, presiden, pns…semua abdi rakyat…sama seperti TNI yang sudah kontrak jiwa raga untuk ibu pertiwi.

    imho, klo salah maaf maklum ga makan sekolahan…

  72. suka atau tidak suka, Drone adalah perang masa depan,

  73. rezim orba aja gak pake drone bisa swasembada pangan….. mbok dananya dibelikan sapi aja untuk petani kita aga kita bisa swasembada daging sendiri apa gak takut d embargo ama astrali..
    berpikir simple aja tapi target tercapai… itu yang sulit dimiliki pemimpin kita saat ini.

  74. Sependapat bung gue, saya malah menanti bgaimana kelanjutan dari dana 1 Milyar itu. Progam2 pa saja yg bisa direalisasikan k desa dri dana itu…

  75. Baru lihat ada artikel ini…. Ok kita lihat berita lama, semoga bisa membantu…

    PESAWAT NIRAWAK LAPAN DUKUNG PROGRAM KETAHANAN PANGAN

    Subang, Lapan.go.id – Pesawat terbang nirawak atau UAV Lapan melakukan survey awal untuk pemantauan objek pertanian di daerah Subang, Jawa Barat, secara pararel. Kegiatan yang berlangsung pada 29 hingga 30 Juni ini bertujuan untuk melaksanakan estimasi produksi padi dengan menggunakan berbagai metode dan sudut pandang.

    Kegiatan tersebut merupakan kerja sama Lapan dengan BPPT, lembaga antariksa Jepang Jaxa dan Restec, BPS, IPB, dan Kementerian Pertanian. IPB menggunakan data Radarsat untuk melakukan estimasi produksi padi. BPPT menggunakanan alisis hyperspektral, sementara Kementerian Pertanian menggunakan Pi SAR L2 Airborne hasil kerja sama penelitian dengan Jaxa dan Restec yang didukung oleh AIT (Asian Institute Teknologi) yang berpusat di Thailand.Dalam kegiatan ini, pesawat nirawak Lapan bertugas untuk melakukan validitas obyek yang dimonitor oleh berbagai metode tersebut.

    Bagi Lapan, ini adalah pertama kalinya UAV terlibat dalam kegiatan MRV (Monitoring, Reporting, dan Validation) terutama untuk pemantauan yang melibatkan komunitas penginderaan jauh. Kegiatan ini juga merupakan pengembangan lanjut dari sub program optimalisasi dan aplikasi UAV untuk kepentingan nyata. Program UAV ini merupakan pengembangan Airborne UAV dengan kapasitas payload hingga 25 kg untuk memuat payload CP SAR yang merupakan payload dari Chiba University.

    Dalam kegiatan ini, lahan pertanian yang membentang dari Subang hingga Indramayu, Jawa Barat, menjadi objek penelitian. Bentangan lahan mencapai 20 kilometer dengan luas 300 hingga 500 hektar. Objek yang divalidasi dan dipantau tersebut merupakan daerah pertanian deng fase tanaman padi saat tumbuh.

    Untuk pemantauan dan validasi tersebut, UAV Lapan memotret titik-titik koordinat yang sama dengan yang direkam satelit penginderaan jauh. Hasil potret UAV Lapan tersebut kemudian akan menjadi alat validasi bagi data Radarsat, Hyperspektral, dan data Pisar L2.

    Pemantauan ini memberikan tantangan bagi Lapan untuk menunjukkan bahwa pesawat nirawak ini cukup untuk memberikan kontribusi dalam program ketahanan pangan. Hal ini merupakan bukti bahwa teknologi UAV memiliki manfaat yang luas dan bervariasi. Sebelumnya, pesawat nirawak Lapan juga telah berhasil memantau puncak Gunung Merapi beberapa bulan silam.

    UAV yang digunakan dalam kegiatan ini terbuat dari bahan Styrofoam. Pesawat memiliki panjang sayap 1,6 meter dan panjang badan 1,2 meter. Pesawat dilengkapi dengan autonomous flying system (sistem terbang otomatis) sehingga dapat terbang secara otomatis dengan program dan jalur yang telah ditentukan.

    Dalam kegiatan ini Lapan juga mencoba menggunakan pesawat Zen-LAPAN01 yang mempunyai daya terbang cukup lama. Pesawat ini telah berhasil diproduksi sendiri oleh Pusat Teknologi Penerbangan Lapan tahun lalu. Kecepatan jelajah pesawat tersebut mencapai sekitar 90 km/jam dengan lama terbang optimal hingga 2 Jam.

    • ok bung jalo intinya drone ini sebagai surveyor untuk kegiatan pertanian ane setuju, tapi yang dipermasalahkan kawan2 ini terlalu membuang2 uang jika satu desa satu drone, karena tidak semua desa berazas pertanian misal kalo digunakan di karawang atau tempat2 yang bergantung pada pertanian itu gk masalah, contohnya ditempat ane yang namanya pertanian itu sudah kecil prosentasinya, lalu drone hanya untuk pemetaan wilayah, kalo hanya itu mendingan drone di taroh di tiap kabupaten kasih 5 unit saja saya rasa sudh cukup dan data yang diperoleh juga akan terpusat serta biaya perawatanya lebih hemat

      salam dari orang desa

  76. mimpi ya kok kejauhan ya…. drone masuk desa.pupuk saja yg di subsidi masih mahal.irigasi dan pengairan sulit.petani pemilik lahat kecekik pa lagi buruh tani ya…. lahan pertanian tiap tahun menyusut apa yg mau di petakan . biar wah gitu…. petani paling yo ngomong gawe opo pswt riber ra ono untung’e.lek riber ngeke’e duwe seketan ra popo… iso gawe mangan anak putu…..
    jd inget kakak saya yg sawah ya lg kekeringan dan gagal panen

  77. jempol bgt buat ente…ajiip drone

  78. 2015 Afta dimulai,akan bnyak masuk produk2 luar yg murah dan berkualitas
    Teknologi masa depan akan bertumpu pada nanoteknologi.
    Indonesia kaya akan bahan penunjang nanoteknologi,terhampar dipermukaan tanah,dibanyak negara harus menggali puluhan bahkan ratusan meter.
    Bbm masa depan adalah hidrogen

  79. Tak dron baru tau rasa loe,Jodron.xi..xi..xi..

 Leave a Reply