Jun 222017
 

Desain pesawat tempur KFX/IFX (istimewa)

(Bappenas.go.id)

Dalam Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah (RKP) 2018 sektor Pertahanan,  pengembangan pesawat tempur KFX/IFX menjadi prioritas nasional di bidang pengembangan teknologi industri pertahanan. Dana yang diajukan untuk Pengembangan pesawat tempur KFX/IFX sebesar Rp 1,6 triliun. Pembayaran dana dari kerjasama pesawat tempur dengan Korea Selatan ini, akan terus dilakukan secara Multi Years. Jika tidak salah total Indonesia akan mengucurkan dana Rp 17 triliun untuk  komposisi 20 persen saham Indonesia dalam pembangunan jet tempur KFX/IFX dengan Korea Selatan.

Lundin X18 Tank Boat (northseaboats.com)

Dana yang disiapkan untuk pengembangan propelan juga besar, yakni Rp 500 miliar. Ini selaras untuk mendukung pengembangan rudal dan pengembangan roket Indonesia.

Satu yang perlu digaris bawahi dalam RKP bidang pertahanan 2018 ini adalah, pengembangan rudal dan roket. Propelan, Rudal dan Roket, merupakan 3 serangkai yang masuk dalam proyek prioritas nasional.  Pada tahun 2015 Kemhan dan SASTIND China telah membahas kerjasama pengembangan rudal C-705, namun ada ganjalan dengan jumlah pembelian rudal yang disyaratkan China untuk transfer terknologi. Belum tahu apakah pengembangan rudal ini berlanjut dengan industri pertahanan China atau beralih ke yang lain.

Jika dilihat alokasi anggaran yang disiapkan, memang terlihat timpang dimana pengembangan propelan dianggarkan Rp 500 miliar, sementara pengembangan rudal hanya dijatah Rp 36,5 miliar dan pengembangan Roket Rp 5 miliar.  Dana itu tampaknya dialokasikan untuk riset dan penelitian.

(Bappenas.go.id)

Pemberdayaan Industri Pertahanan lainnya adalah pengembangan Tank Boat dengan anggaran Rp 164 miliar, serta pengembangan kapal selam, di mana kapal selam ke-3 Changbogo akan dirakit/diintegrasikan di PT PAL Surabaya Indonesia.

RKP 2018 pemerintah bidang pertahanan adalah penguatan pertahanan di wilayah perbatasan, dengan membangun Apron, Dermaga, jalur perintis dan sejumlah pos perbatasan.

 Posted by on Juni 22, 2017