JakartaGreater.com - Forum Militer
Jul 212018
 

dok. Uji Dinamik R-Han 122B. (photo: BUMN.go.id)

Jakarta, Balitbang Kementerian Pertahanan (Kemhan) bidang Puslitbang Alpalhan menyelenggarakan seminar tentang kendaraan peluncur Roket R-Han 122B dengan tema “Inovasi dan Optimalisasi Industri Pertahanan Dalam Negeri Guna Memenuhi Kebutuhan Alutsista TNI”, di Gedung Ir. H. Djuanda Balitbang Kemhan Jl. Jati No.1 Pondok Labu, Jakarta, dirilis situs Kemhan RI.

Acara dibuka oleh Kabalitbang Kemhan Ibu Dr. Anne Kusmayati, dan dihadiri Kapuslitbang Alpalhan Balitbang Kemhan Brigjen TNI Abdullah Sani, Kapuslitbang Iptekhan Balitbang Kemhan Marsma TNI Bambang Wijanarko, SE., ST. M.Si(Han)., Kabid Matra Darat Puslitbang Alpalhan Kolonel Setya Hari, S.H., para pejabat di lingkungan Kemhan dan TNI, staf Danpusenarmed Kodiklat TNI AD, staf Danpasmar 2, staf Kadislitbangad, staf Kadislitbangal, staf BPPT serta mahasiswa UPN dan Universitas Pakuan Bogor.

Sebagai narasumber adalah Bapak Untung Asmoro, S.T., M.T. dan Bapak Fauzi, S.Si. dari PT. Prafir Jaya Abadi, serta Peneliti Pertama Puslitbang Alpalhan Balitbang Kemhan PNS Uman Sukmada, S.T. Seminar diawali sambutan dari Kabalitbang Kemhan, beliau mengatakan bahwa pembuatan kendaraan peluncur roket R-Han 122B ini merupakan program lanjutan dari tahun anggaran 2017.

Program ini juga merupakan program Balitbang Kemhan bekerjasama dengan mitra PT. Prafir Jaya Abadi. Diharapkan dengan pelaksanaan seminar ini, kendaraan peluncur roket R-Han 122B dapat meningkatkan penguasaan teknologi yang nantinya dapat berfungsi sebagai alutsista TNI. Selain itu program ini juga dilaksanakan dalam rangka ikut mengurangi ketergantungan Alutsista pada produksi luar negeri.

Kemudian beliau menambahkan, upaya-upaya pelitbangan yang kita lakukan saat ini juga ditujukan untuk mengatasi keterbatasan pemenuhan kebutuhan alutsista TNI. Oleh karena itu kita harus mampu melahirkan gagasan kreatif, inovasi-inovasi yang tepat sasaran, membaca peluang, mengidentifikasi permasalahan dan mencari solusi yang tepat agar langkah kita ke depan lebih efektif dan efisien dalam mewujudkan kemandirian Alutsista TNI.

Di akhir sambutannya, beliau mengucapkan terima kasih dan penghargaan sedalam-dalamnya kepada pembicara, penanggap dan undangan yang telah meluangkan waktunya untuk mengikuti acara seminar ini serta kepada seluruh pendukung dan panitia pelaksana seminar ini, atas perhatian, bantuan dan kerjasamanya sehingga seminar ini dapat berjalan dengan hikmat.

Bagikan :

  5 Responses to “Program Kendaraan Peluncur Roket R-Han 122B”

  1.  

    kog roket nya ga di bahas tuh.

  2.  

    roket masuk angin itu kalleee

  3.  

    Sepintas kendaraan pengangkutnya mirip Anoa(congor depannya).

  4.  

    Bs jd truk pengangkutnya pake merk Jepang yg sdh jamak dimari atau TATA India yg ktnya ada kerjsama. He3

 Leave a Reply