Mar 252019
 

Konsep rudal jelajah anti-kapal masa depan yang disebut Perseus kerjasama Inggris-Prancis © MBDA Systems

JakartaGreater.com – MBDA pada hari Selasa, 19 Maret telah mengumumkan program rudal Anglo-Perancis Future Cruise/Anti-Ship Weapon (FC/ASW) kini telah berhasil, melewati “Tinjauan Kunci” atau “Key Review” dua tahun ke dalam fase konsep, sebut MBDA Systems dalam rilis persnya.

Peninjauan bersama dilakukan oleh agen pengadaan persenjataan Inggris lewat Defence Equipment and Support (DE&S) dan Prancis lewat Direction Générale de l’Armement (DGA).

Kesimpulan dari Key Review  memungkinkan untuk memilih konsep rudal yang paling menjanjikan dan memenuhi persyaratan yang diungkapkan oleh Angkatan Bersenjata di kedua negara. Studi yang lebih mendalam sekarang akan dilakukan pada konsep-konsep ini dengan tujuan mengidentifikasi solusi yang akan dipilih pada akhir fase konsep pada tahun 2020 untuk menjawab persyaratan kedua negara untuk misi anti-kapal jarak jauh, penindasan pertahanan udara musuh dan serangan mendalam.

Kesimpulan dari penelitian juga akan memungkinkan untuk membuat peta jalan untuk mematangkan teknologi yang dibutuhkan dan meluncurkan tindakan lanjut pada tahap penilaian. Fase baru ini akan menunjukkan kematangan yang diperlukan dari sistem senjata dan komponen kuncinya yang harus diikuti fase pengembangan dan produksi pada tahun 2024, sehingga sistem senjata saat ini dapat diganti sesuai dengan rentang waktu yang diperlukan.

Rudal jelajah Storm Shadow yang dikenal juga sebagai SCALP EG buatan MBDA. © David Monniaux via Wikimedia Commons

Program FC/ASW lahir dari persyaratan konvergen yang dinyatakan oleh Perancis dan Inggris untuk kemampuan anti-kapal jarak jauh yakni untuk menghadapi kemungkinan konfrontasi di laut lepas, kemampuan untuk menetralisir pertahanan udara paling maju, dan kemampuan serangan yang mendalam yang dapat menembus pertahanan termasuk target yang dipertahankan dari jarak jauh.

FC/ASW bertujuan untuk menggantikan rudal jelajah yang diluncurkan dari udara atau ALCM seperti Storm Shadow/SCALP dalam layanan operasional di Inggris dan Prancis serta rudal anti-kapal (AShM) Exocet di Prancis dan Harpoon di Inggris.

Sama-sama didanai oleh Prancis dan Inggris, Fase Konsep FC/ASW adalah produk dari hubungan pertahanan yang sangat dekat yang telah ditetapkan antar kedua negara oleh perjanjian Lancaster House.

Konsep rudal anti kapal (AShM) Sea Venom/ANL buatan MBDA. © Tiraden via Wikimedia Commons

Dengan nilai € 100 juta, Fase Konsep saat ini diluncurkan tahun 2017 untuk durasi tiga tahun dan dibagi rata dalam hal kuantitas dan kualitas konten antara Inggris-Prancis. Upaya ini akan melihat sistem dan teknologi matang MBDA yang akan meningkatkan kemampuan bertahan, jangkauan dan mematikan dari rudal anti-kapal dan serangan mendalam yang diluncurkan oleh platform tempur udara dan laut.

Fase Konsep FC/ASW adalah langkah baru dalam kerjasama kedua negara yang sangat sukses dalam hal teknologi rudal melalui MBDA. Kerjasama telah memungkinkan kedua negara untuk mengembangkan berbagai rudal kelas dunia, seperti Sea Venom/ANL dan Meteor, Storm Shadow/SCALP, untuk merasionalisasi pengembangan, produksi rudal melalui organisasi ‘One MBDA’ dan menyelaraskan upaya penelitian dan juga teknologi kedua negara di seluruh sektor industri rudal melalui program Missile Components and Materials – Innovation and Technology Partnership (MCM-ITP).