Nov 212016
 

d4s_6409-1
Pelaksanaan proyek Service Technical Centre (STC) untuk pemeliharaan pesawat tempur Su-30MKM Malaysia yang menghabiskan anggaran senilai RM73 juta dianggap ‘kurang memuaskan’, menurut temuan terbaru dalam Laporan Auditor General (AG).

Laporan audit federal yang dirilis hari ini mengkritik Kementerian Pertahanan Malaysia karena menunjuk kontraktor yang tidak memenuhi syarat dan memiliki kemampuan finansial yang tidak sehat sehingga mengakibatkan kemunduran terbesar untuk proyek pemeliharaan SU-30MKM.

“Selama 10 bulan pertama, kemajuan pembangunan berjalan lamban sehingga mengakibatkan pengambilalihan oleh sub-kontraktor lain pada 15 Januari 2015,” kata laporan itu, tanpa menyebut nama kontraktor pengganti.

Kontraktor Syarikat Pembenaan Setia Jaya Sdn Bhd, diangkat 10 Maret 2014 oleh Kementerian Pertahanan dan seharusnya menyelesaikan proyek pada 20 September 2015.

Audit federal yang dilakukan antara April dan Juni tahun 2016 juga menemukan bahwa perpanjangan waktu kedua untuk proyek tersebut tidak disetujui, meskipun sudah diterbitkan Sertifikat Non-Compliance.

Auditor General merekomendasikan Kementerian Pertahanan untuk memastikan bahwa kontraktor yang ditunjuk harus berpengalaman, berkualitas dan mampu melaksanakan kontrak proyek yang sudah disepakati, dan menambahkan bahwa pemantauan terus menerus diperlukan untuk memastikan proyek-proyek konstruksi tersebut memenuhi spesifikasi dan pedoman yang sudah ditetapkan.

DefenceWorld

Bagikan:

  57 Responses to “Project Pemeliharaan Su-30MKM ‘Kurang Memuaskan’”

  1.  

    Mesin nya di makan beruk

  2.  

    Tak de wang tande dah miskin bung

  3.  

    Paling malon g kuat ganti per shekernya..
    Mangkanya pesawatnya ngentut melulu..

  4.  

    Makanya milih bengkel serpis jangan abal abal…gini kan?bukan nya maju malah mundur…hahahahahaha
    Pilih yang ahlinya….
    Curiga cuman service kursi eject…tapi Di proposal serpis Dr su30 jadi su35….wkwkwkwk

  5.  

    yang katanya kuat dibikin lemas… yang katanya lemas dibikin kuat… masalah kepuasan… hanya di dolly tempatnya

  6.  

    SU30MKM jet rongsokan,cacat produksi hahaha

    •  

      Benar sekali, jgn sampai indonesia salah langkah dan akhirnya membeli jet tempur cacat produksi, dan yg paling handal dan terbukti sudah pasti adalah Gripen, jet rempur asal swedia ini mampu memberi TOT, beli tahun 2016,2018 sudah bisa dikirim ke RI.
      Apalagi jet ini bermesin tunggal, yg tentunya dpt membuat jet ini handal dan efisien, biaya opersional yg murah membuat jet ini sangat cocok dengan indonesia.Ayo kawan kawan,pilihlah gripen yg mampu membuat TNI disegani dan menjadi momok menakutkan untuk tetangga yg suka usil.
      “Pilihlah Gripen Untuk RI yg Mandiri”
      “Bersama Gripen TNI kuat”
      Ingat! Pilih Gripen, bukan yg lain

  7.  

    Pesawat angkut pisang

  8.  

    Perawatan Sukro bikin India dan MalingSial pusing ya dana juga ketersediaan suku cadang dari Rusu yg belum tentu tersedia.

  9.  

    Ini mirip indonesia, kontraktor utama di sub-kontraktor lagi dst….. habis lah uangnya…. mestinya langsung G to G menghindari hal2 seperti ini

  10.  

    akibat negara hedonis hambur-hamburkan uang utk proyek mercusuar dr mulai menara kembar, sirkuit sepang, globalisasi petronas, smart tunnel, portklang harbor, casino, eksibisionis dalam entertainment saluran tv global dll dgn memberikan keuntungan yg tdk sebanding. cuma truly… truly… ae tok isone…

  11.  

    Maklum TKI yg ngerawat pesawat pada pulang…

  12.  

    Lho… Ini kan pesawat yg klo gk salah mesinny d jual Venezuela ya.

  13.  

    Indonesia tetap harus dan wajib borong pespur ber kenalpot ganda. Jadi gripen minggir dulu, itu agenda 2022 baru you boleh folowup lg kemenhan nya.

  14.  

    Itu adalah teguran jabatan audit negara untuk projek pembinaan STC dan tiada kena mengena dengan tahap siap siaga pesawat SU 30MKM…sebenarnya audit tegur kerana kontraktor yang dilantik lambat menyiapkan bangunan STC. Mungkin warga indonesia tak faham maksudnya

  15.  

    Emang beruk sok jaguh itu memang tak sehaibat yang mereka cakap. Cakapnya muluk muluk realitinya tak ada yang berkesan.

  16.  

    Emang beruk sok jaguh itu memang tak sehaibat yang mereka cakap. Cakapnya muluk muluk realitinya tak ada yang berkesan.

  17.  

    saran saya sih.. gpp lama2 service dan manintenancenya.. toh ngga ada perang dan pesawat canggih nanti kalo kebanyakan terbang umurnya jadi berkurang… jadi ya ditaruh di hanggar saja biar mulus….pake prinsip alon alon asal kelakon.. pelan tapi pasti.. resiko dana membengkak kan tanggungan si pemenang tender…beda kalo sering dipake patroli dan menjaga kedaulatan negara ya wajib dijadwal sesuai aturan perjanjian….

  18.  

    Mkm pesawat pajangan, bagai patung dlm hanggarnya. Hanya dimandiin, dilap, disemir, diangin2in sebentar

  19.  

    malas,ya lebih pandai sangat tanam pohon pisang je lah……kah kah kah kah..hi hi hi hi hi hi ….

  20.  

    RASUAH RASUAH !!

  21.  

    Kebanyakan pamer Dan sumbar ….
    Payah …

  22.  

    sukhoi boros tpi dsegani lawan

  23.  

    janganlah….

    MARI KITA DUKUNG NADJIB SEUMUR HIDUP

    😆 😆

  24.  

    Macam mana malon lebih maju dari indonesia,nak buat uniform askarpun malon tak mampu mesti beli dari indonesia hahaha,ngaca lon

  25.  

    Malingsial bilang “mahal bukan masalah”……. maklum malingsial bangun tidur belum cuci muka sama cuci mulut, komen jadi ngawur ga karuan….. mirip orak mabuk ..

    kwaaakkk…kwaaakk…kwaaaakk…

  26.  

    Saya malas komen sama beruk komennya penuh sampah,tak de quality hahaha…sama dgn negaranya tak berquality dan tak ada yg bisa dibanggakan hahaha

  27.  

    Lawan sepadan itu kalo diatas kertas, tapi realita lapangan khan berbeda….

    Contoh lain adalah Scorpene, yg diklaim DCNS sebagai submarine diesel terbaik dikelasnya, dan sama malingsial pon diklaim tercanggih sekolong langit….. ternyata realita dilapangan “tak boleh selam”…. akhirnya Scorpene jadi Scorpung….. xixi….

  28.  

    awas engine-nya hilang lagi, buat menutupi biaya perawatan,,,,

  29.  

    Test

  30.  

    Enjin lesap ga berbekas hahahahahahaahahaha bung @colibri bikin sakit perut aja hahahahaha sabar ya lon

  31.  

    Sukhoi malon lembik,hidup segan mati tak mau Wkwkwk…mau ganti jet baru malon tak de wang…kasian sangat malon ini teruk sudah Wkwkwk

  32.  

    Tes

  33.  

    hadoooohhh… ini komen2nya bkin perutku pusing… bhuahahaaaaaaa…

  34.  

    tes

  35.  

    tes…
    komennya seger2…bhuaahaahaahahahahaaaaaa
    salamkenal

 Leave a Reply