Nov 162014
 

Tatiana Rusakova, RBTH – 1 September 2014

Komandan Utama Angkatan Udara Rusia Viktor Bondarev menyatakan sistem peluncur rudal generasi terbaru S-500 Prometheus akan memperkuat angkatan bersenjata Rusia mulai 2016. Senjata tersebut akan diuji coba pada 2015, kemudian selanjutnya akan diterima secara resmi dan masuk dalam tahap produksi massal.


image

S-500 adalah sistem peluncur rudal generasi terbaru yang dapat melumpuhkan rudal balistik dan sasaran bergerak di udara secara terpisah. Fungsi utama sistem ini ialah melumpuhkan rudal balistik jarak menengah di zona akhir lintasan rudal maupun di zona tengah. Sebelumnya, Komandan Utama Angkatan Udara Rusia Viktor Bondarev mengumumkan S-500 tidak hanya bisa melumpuhkan rudal balistik jarak menengah, tetapi juga sasaran yang berada di orbit bumi, yakni satelit dan rudal balistik.

Sistem peluncur ini mampu melumpuhkan semua “sasaran” di udara di ketinggian apapun, mulai dari rudal penjelajah berkecepatan 5.500 kilometer per jam atau lebih, hingga sasaran berukuran kecil seperti pesawat tanpa awak dan satelit musuh yang berada di orbit bumi. Kemampuan tersebut tidak dimiliki oleh sistem peluncur rudal generasi sebelumnya. Menurut Instansi Militer Rusia, S-500 bukanlah modifikasi dari seri terdahulunya, S-400. Senjata ini merupakan pengembangan baru yang dibuat dari teknologi dan perhitungan teknis yang jauh berbeda.

Senjata Antipesawat dan Antirudal Unggulan
Redaktur Utama Vestnik PVO Said Aminov memprediksi S-500 akan menggunakan teknologi dimiliki S-300 dan S-400, namun ditambah fitur dan komponen-komponen baru.

S-500 memiliki radius kerja, kecepatan mengenai sasaran, serta jarak deteksi musuh yang lebih baik dibanding generasi sebelumnya. Kecepatan mengenai sasaran dan jarak deteksi musuh pada S-500 lebih optimal berkat penggunaan pemindai elektronik aktif (Active Electronically Scanned Array) yang merupakan komponen utama sistem radar modern. Maka itu, radar S-500 dapat mendeteksi musuh yang berjarak hingga 800 kilometer.

Kementerian Pertahanan Rusia berencana, Prometheus S-500 akan masuk dalam satuan pertahanan ruang udara Rusia untuk perlindungan yang mencakup seluruh wilayah negara. S-500 akan menjadi senjata antipesawat dan antirudal utama Rusia. Program pengembangan militer pemerintah Rusia mencanangkan pembelian S-500 untuk sepuluh batalyon satuan pertahanan ruang udara Rusia dalam periode 2011-2020.

Saat ini, sistem pertahanan udara Rusia merupakan gabungan senjata milik Angkatan Darat dan Angkatan Udara Rusia. Sistem pertahanan udara tersebut terdiri dari S-300 dan modifikasinya yang beragam, S-400, Buk-M1, Top-M1, Osa-AKM, serta Tunguska-M1.

Illustration 1: S-500 adalah sistem peluncur rudal generasi terbaru yang dapat melumpuhkan rudal balistik dan sasaran bergerak di udara secara terpisah. Foto: ITAR-TASS

Illustration 1: S-500 adalah sistem peluncur rudal generasi terbaru yang dapat melumpuhkan rudal balistik dan sasaran bergerak di udara secara terpisah. Foto: ITAR-TASS

Komponen Gabungan
Sejak 2008 silam, Rusia terus bergerak dalam pembuatan sistem pertahanan antirudal dan antipesawat terintegrasi. Sistem ini akan menyatukan sistem pertahanan udara negara-negara bekas Uni Soviet lain. Rusia telah mencapai kesepakatan bersama Kazakshtan dan Belarusia. Konsep sistem itu sendiri merupakan penciptaan sistem senjata antipesawat dan antirudal berlapis. Perbedaan fungsi taktis dan strategis diratakan, sehingga sistem berlapis tersebut mampu mengenai sasaran apapun yang berada di udara. Jarak dan ketinggian deteksi lawan menjadi tidak berpengaruh berkat sistem terintegrasi antarnegara. Pembuatan sistem pertahanan udara berlapis tersebut akan dikelompokkan berdasarkan radius kerja senjata antipesawat dan antiroket.

Radius dekat mencakup 30-40 kilometer. Dalam radius ini, satuan sistem peluncur roket tersebut digunakan untuk melindungi obyek berukuran kecil. Tugas itu dijalankan oleh sistem peluncur rudal tipe Buk, Pantsir-S1, dan Morfey.

Radius menengah mencakup 40-200 kilometer. Pada cakupan ini, satuan sistem peluncur roket tersebut digunakan untuk melindungi obyek industri, administrasi, serta objek militer berukuran besar. Lapisan ini akan dilindungi oleh sistem peluncur rudal darat seperti S-300 dan turunannya, termasuk S-300V4 dan Bityaz.

Radius jauh ialah mencapai lebih dari 200 kilometer. Pada jarak tersebut, sistem ini mampu mengenai pesawat terbang pengintai dan strategis, serta mencegah ledakan rudal milik musuh dengan menggunakan rudal balistik supersonik. Sementara ini, tugas tersebut masih dijalankan oleh S-400, yang kelak akan digantikan oleh S-500. (RBTH Indonesia).

Kiriman: Bapak Besar

Bagikan Artikel :

  93 Responses to “Prometheus, Senjata ‘Pengawal’ di Angkasa”

  1. waow mantap

  2. tes

  3. mlorot gak

  4. Niceee…arhanud punya satu baterai aja uda gagah

  5. Mantap

  6. S400-S500 terlalu overkill buat kita 😆

    kita cukup S300,BUK,PANTSIR,TOR

    S300 dan BUK harus ditemani pantsir/tor dan oerlikon buat ngerontokin rudal yg terbang rendah atau datang cilukba

    cmewewew

  7. ngeri ngeri sedaap nih..

  8. Bung_kus….

  9. Ngeri suuu

  10. kga usah muluk” s-400 jg cukup bwat kita mah…hehe

  11. kita sudah punya…penjelasan Bung Nar di PG:Iskander, S300, S400, kita punya juga pesawat TU 95 Bear yang legendaris …FIR Natuna bakal balik cepat..Mudah2an Pak Jokowi galak sama si Upil…kalau ngga tiap F15/16 singapur kita lock aja tiap airborne di atas wilayah singapur, jangan di wilayah kita hehehehheheheheheh

  12. Nah Saya Yakin Bila China Dan Rusia Bergabung Akan membuat Amerika Kalang Kabut
    Menurut saya lebih baik Indonesia Menjalin Kerja sama Dengan China dan Rusia
    Ok lah Indonesia Menganut Politik Bebas Aktif, Tetapi sepertinya Akan lebih Strategis Bila Indonesia Bisa Bersahabat dengan China Dan Rusia Tanpa meninggalkan kerja sama dengan Blok Barat Persentase nya 65% Blok Timur 35% Blok Barat hehe 😀 Untuk Menghindari Ambisi Amerika yang ingin memecah Belah Indonesia menjadi 8 Bagian 😀 Maka Dari Itu Indonesia Kudu and Harus Dekat sama Rusia dan china “Jauhi Amerika” Tanpa meninggalkan Eropa Tentunya sebagai Mitra Militer 😀

  13. Perisai udara ini sgt penting bagi pertahanan kita krn setiap serangan skg selalu diawali dgn serangan udara. Bagaimana kita lihat rudal tomahwak dan pesawat militer NATO membombardir daratan irak dan libya, krn mereka tahu negara tsb tdk mempunyai pertahanan udara yg kuat shg pasukan daratnya bisa leluasa menguasai daratan krn semua fasilitas pentingnya sdh hancur.

    Kita jg tahu kegagalan NATO dlm perang diserbia krn NATO sgt takut melakukan serangan lewat udara ketika mereka mengetahui data lewat satelitnya serbia mpy perisai udara spt S300 walaupun ternyata katanya cuma kamuflase saja shg mereka tdk dpt menguasai daratan serbia.

    • Pertahanan serbia sebagian asli dan sebagian kamuflase. yg di kamuflase itu pertahanan S300. digembar-gemborkan serbia mrk punya, pdhl cm mainan. yg asli sih cuma rudal anti udara yg sdh tua2 bekas peninggalan federasi yugosloavia dimana sistem peluncur rel dengan satu unit peluncur rudal. klw S300 kan dlm satu baterei ada tiga tabung peluncur. tdk menggunakan launcher berbentuk rel yg mana sistem peluncur rel msh teknologi lama, sekarang kan rudal sdh dimasukan didalam tabung peluncur. tp biarpun alutsista jadul produk era soviet dulu, tp sdh membuat NATO berpikir ulang utk mengerahkan pesawat tempur menghancurkan militer jendral slobodan milosevic. pemimpin serbia. itu dibuktikan dgn berhasilnya pertahan serbia menembak jatuh sebuah pesawat tempur pembom stealth F117 nighthawk yg cm satu2nya pesawat stealth yg bs di tembak jatuh oleh rudal s-125 NEVA/pechora dalam kode NATO diberi nama SA-3 GOA. Dan sementara sebaliknya blm pernah ada terbukti, pesawat heavy fighter generasi tercanggih sekalipun yg pernah terbukti sanggup menembak jatuh sebuah pesawat stealth kecuali rudal anti udara yg sdh dibuktikan serbia? Selain membuat keder NATO dgn rudal pertahanan udaranya, serbia jg cukup menakutkan bagi angkatan darat NATO krn serbia cukup banyak menempatkan para sniper sbg strategi menghadapi invasi pasukan darat NATO. Salam..

  14. Apa ya reaksi si upil kalo tiap terbang di atas wilayahnya udah di lock pakai S 400 dari btam atau natuna..apakah terus terbang atau turun ya dan protes…tpi ketahuan ga ya yg ngelock siapa ?…biasanya bunyi ja kan kalau kena lock tpi ga ketahuan yg ngelock..kecuali kalau sudah di luncurkan s 400nya bru ketahuan..

    • Paling lapor ke PBB kayaknya Itu kemungkinan pertama…
      Yang ke dua
      Tidak dapat dipungkiri Bahwa Alutsista Singapura Walau negara Kecil Tetapi Tidak bisa dianggap remeh Kalo ndak salah Singapura Punya Tank Markava, F-15, dan sekarang Mesan F-35.. Bila Indonesia Hanya Punya sedikit S-400 Menurut saya Itu Bukan Ancaman Bagi Singapura Ada kemungkinan Bila pemimpin Singapura “Psikopat” BUKAN Hal Yang Tidak mungkin Kalau Singapura Dapat Invasi Indonesia.. Tetapi saya Yakin Langkah Ini Jauh dari MUNGKIN, Soalnya mereka tau kemampuan Man Power Indonesia Tidak dapat dianggap remeh walau mereka berhasil Invasi Indonesia Sehari Dijamin Akan langsung Tekor Hari Berikutnya, Soalnya Tidaklah Mungkin Berperang dengan Negara sebesar Indonesia hanya memakan waktu sehari hahaha
      Yang Ketiga
      Kalo saya pemimpin Singapura Saya akan Lakukan Pendekatan Lebih Objektif Pada Pemimpin Indonesia Untuk lakukan “Perlawanan dari Segi Ekonomi”

      Dari 3 kemungkinan Itu Yang paling Mungkin adalah kemungkinan Pertama dan ketiga, Namun Tidak menutup kemungkinan dengan kekuatan Alutsista Singapura. Singapura berani mengambil Langkah Yang lebih Extreem Lagi Salam 😀

      • kita di invasi singapur?
        mreka mati bung
        kapal2 niaga kita suruh lewab barat sumatra
        soalnya lg ada pertempuran jd di tutup 3th aja
        dah jd negara miskin mreka

        • memang benar Bung tapi kalau kita lihat Alutsista mereka.. Ngeri ngeri Loh… Tidak menutup kemungkinan Tapi Itu Jauh dari kata Mungkin

          • alutsista sinagpore yang ngeri1 itu apa sih…dari dulu banyak orang alutsista singapore ngeri2….tapi banyak yang gak tahu.

            apa ada persing2 atau minuteman disono? kasel kelas virginia disono?

            apa ada destroyer kleas arleigh burke disono?
            apa ada F22 disono?
            apa ada destroyer terbaru buatan british disana…?

        • Gak usah repot2 hdapi si upil bung. Hajar aja sm kabut asap dr sumatra. Tinggal bakar lahan gambut trus kipasin ke utara sbulan aja yg intensif bkal bikin mrk kejang2.. Sehebat appun alutsista mrk klo lingkungan kgak mndukung bakal sia2 aja. Dijamin pilot mrk bakal bingung mau terbang kmn krn jarak pandang yg trbatas..hehe salam

      • Kamu ngawur bang
        kamu kesurupan jin , 3 baterai roket rx122 di arahkan ke singapur apa yg terjadi ketika peluit di tiup.?

      • Kita di invasi oleh Singapura?? gmn nih bung?

      • Hehe..sipp analisanya.. Tapi ingat… Kita bisa overkill jika hanya melawan singapura. Caranya bagaimana..?? Rahasia.:D. Lagi pula aneh2 saja mau perang segala.

        • Jangan anggap remeh singapura bung. saya menganalisa kekuatan alutsisita mrk yg cukup banyak dan lengkap, baik di negara mrk mwpn dititipin di negara lain, sprt di thailand, US di israel dan byk lg yg blm terekspos olh media dan inteligen kita. Saya menyakini strategi dan taktik mrk dgn membeli dan membuat alutsista begitu banyak, punya maksud dan tujuan, jk salah satu negara yg paling dekat dan berbatasan lgsg dgn mrk (sing) yakni Indonesia dan malaysia terlibat konfrontasi sprt jaman dwikora dulu, mrk akan memakai taktik perang dan menduduki wilayah musuh, dgn segala daya dipertahankan yaitu, jk misalnya malaysia dan singapura dulu terlibat kontprontasi krn singapura keluar dr federasi malaysia dan membuat republik sendiri. disini sejarah sdh menulis bhw singapura dan malaysia msh ttp menyimpan api dlm sekam dendam masa lalu, begitu jg dgn Indonesia dimana pahlawan usman dan harun prajurit kko AL pernah mengacak2 dan membom gerai mcdonald dan lokasi pusat bisnis singapura yg akhirnya tertangkap dan dihukum mati. disini jg sejarah menulis kisah tidak akurnya tiga negara bertetangga tsb. kembali ke analisa yg saya sampaikan ttg taktik militer dan pemerintah mrk kelak jk suat saat kedepan misalnya bentrik dgn kita (Indo) maka kita rakyat dan relawan dan TNI wajib mempertahankan dgn segala upaya maksimal dalam pertempuran awal agar jgn pernah mundur dan melepaskan sejengkal tanahpun utk dipijak militer singapura, misalnya pulau terdekat dgn mrk, sprt batam mwpn barelang keseluruhannya. saya yakin barelang ini pasti sangat menggiurkan bagi pemerintah mrk utk disatukan dgn pulau singapura agar menambah luas teritorial mrk krn industri dan bisnis mrk sdh tdk mencukupi utk sebuah pulau singapura saja. Jd analisa saya intinya, jgn dianggap remeh kekuatan singapura, mrk akan pakai taktik jk terjadi perang dgn menyerang dgn gelombang serangan besar2an dgn target dpt memukul mundur lawan dan langsung menduduki tanpa memakai taktik serang duduki kemudian mundur. saya yakin tdk ada didalam kamus mrk. Saya yakin mrk akan serang dan duduki serta pertahankan dgn kekuatan senjata yg dimana alutsista yg byk dititipi di negara2 lain sebenarnya kajian saya menyiratkan gunanya kelak akan lgsg ditempatkan di tanah rampasan. itulah kenapa mrk byk menimbun alutsista dinegara mrk dan di negara2 lain. jg mrk akan mempertahankan tanah rampasan mrk dgn jalan melobi sesepuh FPDA mrk sprt Inggris dan US utk membuat resolusi PBB dan mem veto stp resolusi kebijakan yg menyangkut pengembalian tanah rampasan. dengan berbagai cara mrk akan menguasai tanah yg mrk duduki dari hasil peperangan tsb. Singapura sepertinya ingin mengulang ke suksesan israel yg menguasai dataran tinggi golan dan jalur gaja saat memenangkan perang yom kipur dgn aliansi arab. Jadi tetap waspada dan perkuat barisan jg persenjataan kita. jangn anggap remeh lawan, apalagi lwan tsb, sebenarnya sdh mempersiapkan rencana tsb dari awal dan terencana matang. dibanding kita yg sering bersikap acuh, remeh.. nanti setelah kejepit baru sadar.. tp kadung sdh terlambat.. blass. Salam..

          • Kalo manusia masih makan nasi dan minum air,,,,dan pake bensin..dan semua tergantung impor 100%…Singapur…sangatlah lemah…bikin kacau saja Selat Malaka..mereka sdh sengsara…dimana2 negara dagang butuh damai…bukan perang…g pandang enteng..yg rasional2 saja..

        • Ya ga akan menang Kalo memang hanya singapura Lawannya
          Ataupun Hanya malaysia Saja Indonesia FIX menang
          Tapi apakah Saudara pernah berfikir Bila Singapura Bergabung dengan malaysia Untuk melawan Indonesia seperti Halnya kita bekerja sama dengan Brunei?

  15. Kalo “Battle proven” jelas patriot lebih “battle proven” sebab sampai saat ini belum ada negara barat yg berani mencoba tuh S-500 jadi belum “battle Proven” 😀

  16. Produk dlm negeri lebih gahar kok…tinggal kucurin, lagi dananye poles sedikit wih maantaab tuh..!! Semoga pemerintah ga setengah hati ngasih dana buat pengembangan alutsista dalam negeri..INDONESIA STROOONG…!!!

    …..NKRI HARGA MATI….

  17. negeri inspektur vijay dan tuan nguyen emoh pake barang beginian. bikinan mr. harom israel seperti iron dome, arrow3 lebih maknyus dan ada ToTnya

    • Sok tau lo. Nguyen kan kelasnya baru yakhont yg di tanam di darat. Kl di tawari yg beginian jangankan negeri nguyen/vijay seluruh negara di dunia ini nafsu lah. Tak perlu T’Oot

    • realistis, kenyataannya vietnam dan india memang sdh menjauhi tusia dan memilih israel dalam hal pertahanan udara. bhk india membeli 8000 rudal spike all variant sebagai senjata utama anti tank dan vietnam membeli 24 pespur kfir bkock 60

      untuk pertahanan udara kapal perang india lebih ekstrim menyingkirikan semua rudal buk, osa dan mengggantinya dengan barak 1 & barak 8. bahkan intuk sukhoi india memilij kombinasi phyton dan meteor pengembangan isrel aircraft industries.

      untuk pertahanan udara india & vietnam memilih iron dome mrngalhkan varian rudal rusia bahkanindia sudah mengetes & targetnya brahmos

      • Iron Dome produk gagal dan mahal sekali jd tdk ada yg beli.. buktinya masih kecolongan jg oleh roket Hamas yg home produksi, kalo roket buatan rumahan tdk mampu di cegat apa lagi roket buatan pabrikan..!!!

        KAGAK MONCER NIH BARANG

  18. Lama2 jkgr malah kayak web promosi senjata rusia

    • maaf bung @Reaper Hunter, masalahnya hanya Russia dan China yang mau menjual senjata2 berkualitas mereka ke negara2 yang dianggap sahabat. sedangkan rival mereka belum tentu mau menjual senjata2 berkualitas, walaupun ke negara2 sahabat mereka sendiri.

    • Gmn nih Reaper Hunter kog sewut melulu……..apa gak capek??

    • tidak mayoriyas disini adalah penganut aliran rusiaiyah wal putiniyah, segala hal yang brbau rusia bakal heboh.

      realistis aja rusia kemarin membatalkan penjualan rudal s300 ke iran, syria dan mesir. kenapa eh kenapa!!

    • Bung raper faktanya yg bergaul dengan niat lebih tulus qo perasaan sy ya Rusia bung selain kepentingan rusia atas negara2 lsin di dunia ini tidak sebesar dan sekompleks asu. Tp kl asu sprti kapitalis murni yg jauh dr kata tulus hanya u kepentingan nasional mrka sj.

  19. tau G20 gak lon? Belajar dulu sono masak maunya terus2an jadi korban cuci otak UMNO

  20. Apa yg rusia punya indonesia pun pasti punya, list a1 mantabbbbbbbbbbbbb rusia stroooong, maju terus indonesia ku

  21. Pesanan S-300/S-400 untuk TNI kapan tiba yaaa ??????

  22. List 1 ?
    Antara ada dan tiada ,,

  23. Ha, ha, ha , ha…..lha yg mau ngasih data pembanding itu siapa?? bung Ka Va hidup ini sudah sulit…..jadi kita tidak perlu mempersulit diri sendiri……OKE?? santai aja bung ! Gak usah dipikirin……

  24. List a1 ?
    Antara ada dan tiada ,,

  25. ada, tiada, ada, tiada, ada, tiada, ada………….gmn nih bung arif ??

  26. smoga rumor tentang ToT S-400 benar adanya, sehingga di tahun 2025 IFX menjadi squadron utama tni au, RHAN hasil ToT S-400 menjadi arsenal utama arhanud, tank medium pindad di kembangkan menjadi MBT dan menjadi MBT tni ad, dan Destroyer hasil pengembangan PKR Sigma mulai melaut bersama tni al

    amiiinnn…. amiiinnn… yaa robbal alamin.

    • s400 tdk akan dijual sebelum s500 sdh operasional artinya harus menunggu hingga 2017. wong s500 masih prototipe. s400, destoyer slava, cruiser kirov adalah alutsista yang rusia emoh jual sebelum muncul penggantinya

  27. Ngomong2 ttg singapura, byk teman2 warjager yg menganggap remeh dan enteng dgn negeri si Upil. trs terang sebenarnya kita jangan anggap remeh singapura bung. saya menganalisa kekuatan alutsista mrk yg cukup banyak dan lengkap serta modern, baik yg ada di negara mrk mwpn dititipin di negara lain, sprt di thailand, di US di israel dan byk lg yg blm terekspos olh media dan inteligen kita. Saya menyakini strategi dan taktik mrk dgn membeli dan membuat alutsista begitu banyak, punya maksud dan tujuan, jk salah satu negara yg paling dekat dan berbatasan lgsg dgn mrk (sing) yakni Indonesia dan malaysia terlibat konfrontasi sprt jaman dwikora dulu, mrk akan memakai taktik perang dan menduduki wilayah musuh, dgn segala daya dipertahankan yaitu, jk misalnya malaysia dan singapura dulu terlibat kontprontasi krn singapura keluar dr federasi malaysia dan membuat republik sendiri. disini sejarah sdh menulis bhw singapura dan malaysia msh ttp menyimpan api dlm sekam dendam masa lalu, begitu jg dgn Indonesia dimana pahlawan usman dan harun prajurit kko AL pernah mengacak2 dan membom gerai mcdonald dan lokasi pusat bisnis singapura yg akhirnya tertangkap dan dihukum mati. disini jg sejarah menulis kisah tidak akurnya tiga negara bertetangga tsb. kembali ke analisa yg saya sampaikan ttg taktik militer dan pemerintah mrk kelak jk suat saat kedepan misalnya bentrik dgn kita (Indo) maka kita rakyat dan relawan dan TNI wajib mempertahankan dgn segala upaya maksimal dalam pertempuran awal agar jgn pernah mundur dan melepaskan sejengkal tanahpun utk dipijak militer singapura, misalnya pulau terdekat dgn mrk, sprt batam mwpn barelang keseluruhannya. saya yakin barelang ini pasti sangat menggiurkan bagi pemerintah mrk utk disatukan dgn pulau singapura agar menambah luas teritorial mrk krn industri dan bisnis mrk sdh tdk mencukupi utk sebuah pulau singapura saja. Jd analisa saya intinya, jgn dianggap remeh kekuatan singapura, mrk akan pakai taktik jk terjadi perang dgn menyerang dgn gelombang serangan besar2an dgn target dpt memukul mundur lawan dan langsung menduduki tanpa memakai taktik serang duduki kemudian mundur. saya yakin tdk ada didalam kamus mrk. Saya yakin mrk akan serang dan duduki serta pertahankan dgn kekuatan senjata yg dimana alutsista yg byk dititipi di negara2 lain sebenarnya kajian saya menyiratkan gunanya kelak akan lgsg ditempatkan di tanah rampasan. itulah kenapa mrk byk menimbun alutsista dinegara mrk dan di negara2 lain. jg mrk akan mempertahankan tanah rampasan mrk dgn jalan melobi sesepuh FPDA mrk sprt Inggris dan US utk membuat resolusi PBB dan mem veto stp resolusi kebijakan yg menyangkut pengembalian tanah rampasan. dengan berbagai cara mrk akan menguasai tanah yg mrk duduki dari hasil peperangan tsb. Singapura sepertinya ingin mengulang ke suksesan israel yg menguasai dataran tinggi golan dan jalur gaja saat memenangkan perang yom kipur dgn aliansi arab. Jadi tetap waspada dan perkuat barisan jg persenjataan kita. jangn anggap remeh lawan, apalagi lwan tsb, sebenarnya sdh mempersiapkan rencana tsb dari awal dan terencana matang. dibanding kita yg sering bersikap acuh, remeh.. nanti setelah kejepit baru sadar.. tp kadung sdh terlambat.. blass. Salam..

    • cuma singapura dan vietnam dua negara asean yg doktrinnya missile pertahanan udara lbh baik drpd kanon. dan keduanya kompak memilih tron dome bikinan israel

      • Lha.. ya iyalah.. gahar2an sdh pasti lbh gahar rudal dong dibanding canon. kalau canon kan masih sebatas pandangan atw optik utk menangkis serangan. beda jauh dong dgn rudal? rudal gak perlu dipelototin dgn pandangan mwpn optik utk menangkis sasaran. cukup serahkan ke radar lalu masukan data2 target kecepatan dan ketinggian dan lintasannya target yg akan dihancurkan. setelah itu biarkan seeker rudal bekerja sesuai data masukan radar dan sensor seeker bekerja. habis itu awak rudal bisa bikin kopi sambil melihat radar dimana sasaran akan menjadi titik kelap kelip di layar monitor setelah itu layar bersih dan clear. Salam.. 😛

      • ra nganggo laser sekalian tek ?

    • he7x…setuju…inget pasukan Irak yg lari kocar-kacir pulang ke Irak…diserbu milisi pengawal Revolusi Iran..yg menyerbu dgn gaya ISIS sekarang…mirip juga serbuan pasukan Red China di Korea…serbuan masif…padahal Irak menang supremasi udara…tank , rudal dll…kelebihan orang Indonesia ada dan terbukti ‘NEKAD’…apalagi sudah didoktrin jihad…lagipula dimana2 ..ada rumus Orang Kaya takut mati…Lihatlah Kuwait..senjata kuat..tapi memilih menyerah..tentaranya kabur sewaktu invasi Irak…g pandang enteng,,tapi yg logika saja..

  28. S500…kan kan mau di uji coba tahun 2015. lah…jelas belum batle proven ya.
    S300 yang malah batle proven. kabarnya malah semapat nembak jatuh F22 di suriah.

    waktu simulasi peperangan oleh NATO hampir semua pesawat NATO pasti habis di tembak jatuh oleh S300.

    lah ini kan malah lebih canggih daripada S300 atau patriot.

 Leave a Reply