Feb 262018
 

Jet tempur F/A-18E Super Hornet Angkatan Laut AS. © U.S. Navy via Wikimedia Commons

JakartaGreater.com – Kementerian Pertahanan Bulgaria sudah berencana mengajukan proposal untuk memperoleh jet tempur dan kendaraan lapis baja baru kepada Dewan Menteri pada bulan Maret ini.

Seperti dilansir dari laman Sofia News Agency, Menteri Pertahanan Bulgaria, Krasimir Karakachanov mengatakan kepada BNT bahwa Bulgaria akan mencari “pesawat baru dan bekas” untuk menemukan harga dan pilihan terbaik.

Pada bulan November 2017, Karakachanov mengatakan bahwa kementerian tersebut bermaksud meminta penawaran dari sejumlah produsen pesawat terbang. Jet tempur yang dipertimbangkan adalah Lockheed Martin F-16, Saab JAS 39 Gripen, Eurofighter Typhoon dan Boeing F/A-18 Super Hornet.

Pesawat tersebut akan menggantikan pesawat tempur Mikoyan MiG-29 Bulgaria yang dirancang Uni Soviet dengan jet tempur buatan Barat.  Nilai kesepakatan diperkirakan sekitar BGN 1,5 miliar atau sekitar US $ 943 juta.

Kendaran pengangkut personel lapis baja BTR-60 Angkatan Darat Bulgaria. © KGG1951 via Wikimedia Commons

Karakachanov mengatakan bahwa Kementerian Pertahanan Bulgaria bermaksud untuk menghabiskan 20 persen dari anggaran militer negara tersebut untuk membeli senjata dan peralatan baru bagi Angkatan Bersenjata Bulgaria.

Pada tahun 2024, Sofia akan meningkatkan pengeluaran pertahanan tahunan menjadi dua persen dari produk domestik bruto (PDB) negara tersebut, menurut sang menteri.

Di bawah rencana tersebut, kendaraan tempur infanteri yang baru direncanakan akan menggantikan armada kendaraan lapis baja tua BTR-60 Bulgaria buatan Uni Soviet.

Bagikan: