Prototipe Jet Tempur KF-X Ditargetkan Siap Terbang 2021

Desain jet tempur KFX. (@ wikimedia)

Jakartagreater.com – Produsen kursi lontar dan peralatan yang terkait dengan keselamatan penerbangan asal Inggris, Martin-Baker, mengatakan “Mk18 untuk jet tempur KF-X adalah kursi yang sama dengan yang saat ini dalam persaingan untuk Jet latih baru Angkatan Udara AS, T-X”, dirilis Nationalinterest.org, 31-7-2019.

Menurut Yonhap News, Korea Selatan telah menyelesaikan tinjauan desain pendahuluan (PDR) dari Jet tempur KF-X dan Administrasi Program Akuisisi Pertahanan (DAPA) Korea Selatan berencana untuk mencapai tinjauan desain kritis (CDR) pada bulan September 2019.

“PDR telah selesai dengan sukses untuk memutuskan apakah akan melanjutkan ke tinjauan desain kritis (CDR),” Jung Kwang-sun, kepala Kelompok Program KF-X DAPA, mengatakan. “Kami berencana untuk menyelesaikan proses desain terperinci pada September 2019 dan kemudian memulai produksi prototipe.”

Korea Aerospace Industries (KAI) berencana untuk meluncurkan prototipe KF-X pertama pada tahun 2021. Patut dicatat seperti yang telah kami laporkan pada bulan April 2019, kursi ejeksi Mk18 Martin-Baker telah dipilih oleh KAI untuk program pesawat tempur KF-X.

Martin-Baker mengatakan “Mk18 untuk KF-X adalah kursi yang sama dengan yang saat ini dalam persaingan untuk Jet latih baru Angkatan Udara baru AS, T-X.”

Korea Aerospace Industries KF-X / Aerospace Indonesia IF-X adalah program gabungan Korea Selatan dan Indonesia yang bertujuan untuk mengembangkan pesawat tempur multirole canggih untuk Angkatan Udara Republik Korea (ROKAF) dan Angkatan Udara Indonesia (TNI-AU).

Program ini dipelopori oleh Korea Selatan, memegang 80% saham, dan Indonesia, mitra utama, memegang minoritas tersisa 20% dari saham. KAI KF-X adalah program pengembangan Jet tempur domestik kedua Korea Selatan, setelah FA-50.

Tinggalkan komentar