Oct 252014
 

Panser Anoa Pindad

Jakarta – PT Pindad berhasil melahirkan prototype panser generasi terbaru dari hasil pengembangan ANOA 6X6. Pindad berencana meluncurkan panser amphibi untuk pasukan kavaleri dan infanteri pada awal November 2014 di Indo Defence 2014 di JIExpo Kemayoran, Jakarta.

Ujicoba propeler panser amphibi Pindad (photo: ARC.Web.id)

Ujicoba propeler panser amphibi Pindad (photo: ARC.Web.id)

Kelebihan panser ini, selain bisa beroperasi di darat juga bisa berjalan di atas air. Produk ini sebagai panser apmhibi pertama buatan dalam negeri, khususnya di pabrik PT Pindad, di Bandung, Jawa Barat.

“Amphibi jelas kemampuan masih speed 1-2 gelombang laut. Artinya baru cocok untuk kavaleri dan infanteri di daerah perbatasan yang ada sungainya,” kata Direktur Produk Manufaktur PT Pindad Tri Hardjono kepada detikFinance Jumat (24/10/2014).

Tri menjelaskan panser Anoa versi amphibi dikembangkan melalui kerjasama dengan pihak Italia. Panser varian baru ini mampu membawa 10 personel dan 2 pengemudi.

image

Ilustrasi: Panser VAB yang dilengkapi 2 propeler di belakang

Selain versi amphibi, Pindad juga akan meluncurkan panser Anoa versi canon, yaitu panser Anoa dilengkapi oleh senjata canon 90 mm. Teknologi Anoa canon ini mengadopsi teknologi panser Tarantula buatan Korea Selatan (Korsel) sedangkan teknologi persenjataan atau canon menggandeng Belgia.

“Ini kita dengan punya kemampuan teknologi Anoa. kita sudah bisa buat kerjasama dengan pemilik teknologi canon-nya (Belgia). Ini juga kelanjutan program Tarantula kerjasama dengan Korea Selatan,” jelasnya.

Anoa versi canon mampu membawa 3 orang personil. Kemampuan manuver atau gerakan Anoa versi terbaru lebih gesit daripada versi lama.

Rencananya Anoa versi canon dan amphibi dipamerkan ke publik pada tanggal 5-9 November 2014 saat pagelaran Indo Defence 2014 di JIExpo Kemayoran, Jakarta. “Mau diluncurkan Indo Defence,” ujarnya. (finance.detik.com).

  43 Responses to “Prototype Panser Amphibi Pindad”

  1. kok sepi ya…?

  2. 🙂

  3. solaaaaarrr….. gpp dehh

  4. kelimax

  5. canonnya cuma buat panser apa sekalian dg pengembangan tank pindad…

  6. Lanjutkan

  7. SR sambil nunggu bung Jalo

  8. mantap… lanjutkan

  9. Selangkah demi selangkah mendekati kemandirian alutsista,Lanjutkan……

  10. Kangen sesepuh neh….pada kemana ya….

  11. ModeL Gambar di No.3 itu prototipe Lama yah , yang Tipe baru Anoa amfibi no.2 yah , kok panser canonnya hanya muat 3 personiL , ada yg punya foto tipe anoa canon yang di buka pintu belakangnya ga’ supaya bisa di lihat isi dalam ruangannya , mohon bantuannya rekan2 warjager 🙂

    • langsung ke indodefense aj bung.. tar fotonya dibagi dimari

      • Terima kasih bung kunyit

      • Bung kunyit kok berapa kaLi sy buka indodefense malahan tempat jualan alat keamanan aja , tidak satupu artikel terkait di situ??

        • Terima kasih bung wehrmact , tapi yang itu untuk amfibi , yang sy mau lihat yang tipe canon , masak si yah hanya 3 personiL aja , apakah karna penempatan canonnya menjadi makan tempat kira2 ya bung wehr , jadi kayak tank mbt leopard aja hanya 3 personil yang bisa dimuat

          • bung PCM,

            kelebihan panser canon adalah pada cannon-nya, jika banyak bawa personil, gak ada ruang untuk amunisi, sehingga cannon-nya mubazir…

        • Terima kasih bung Danu atas pencerahannya , iya bung kayaknya seperti itu , terlihat dari perubahan body atau hullnya ada perubahan dikecilkan sedikit , begitu juga dengan bannya velg dan bannya jadi keciL , yah tapi itu semua ada tujuaannya untuk keLicahan dan kegesitan daLam Manuver , PT.PINDAD jauh hari sudah memikirkan itu , sayang yah tidak ada gambar daLam HULL nya gimana situasi di daLam huLLnya 🙁

  12. Bukan nya panser VAB prancis itu roda nya cuma 4 buah (4×4)

  13. Panser sudah, medium tank/mbt tinggal tunggu waktu
    kcr 40/60 sudah, fregat/destroyer tinggal tunggu waktu
    tapi sayangnya mesinnya masih dari luar alias impor……
    semoga kita jg bsa buat mesin sendiri dalam waktu dekat….

  14. terus berinovasi jayalah NKRI….

  15. Salut dan bangga buat PINDAD, walau mesin dan canon masih impor, kan bs dipelajari teknologinya, perluas dan perbanyak TOT, walau masih ada kekurangan tp kl bisa BIKIN mah lebih Maknyoss, BELI itu biasa, tp kalo bisa BIKIN sendiri, siapa ga JIPER??

  16. desainnya kereeennn

  17. Siap berlari kencang indonesiaku….saatnye negeri ini bangkit..jadilah pemain utama di dunia ini…kepakan trs sayapmu garudaku,terbanglah yg tinggi..!!! Wujudkan cita” para pahlawan negeri ini,untuk menjadikan bangsa yg makmur,sejahtera & maju..sebagai MERCUSUAR DUNIA..!!

    ….NKRI HARGA MATI…

  18. mantap dah udah mulai berkembang ke arah lebih baik nih pruduksix klo bisa gandeng yg produksi mesinx buat pabrik d indonesia biar bisa jadi 100% local but its okk…pertamax dah

  19. Kayaknya ini dipersiapkan di belantara kalimantan..salut buat pindad truslah berkarya biarpun belum sempurna

  20. Senengnya kemandirian alutsista Indonesia has in progress 🙂

  21. ini vab 6x6Renault VAB APC: http://youtu.be/PUlt-sTMBCQ

  22. Kembangkang juga panser yang bisa menyelam dan terbang.

  23. mngkin krna baru prototype bung, sy yakin jka nanti akan diproduksi massal maka propelerx pasti akan lbh disempurnakan. untuk tahap awal bolehlah

  24. Up

  25. “Amphibi jelas kemampuan masih speed 1-2 gelombang laut.”

    itu maksudnyaapa ya, ada yang bisa kasih penjelasan?

  26. Maju terus Industri ALUTSISTA INDONESIA…

 Leave a Reply