May 182018
 

Prototype of the Jaguar EBRC 6×6 armored vehicle. (photo: @ThalesDefence)

Jakartagreater.com – Pada tanggal 16 Mei 2018, perusahaan Prancis Nexter Systems secara resmi meluncurkan prototipe pertama dari kendaraan lapis baja EBRC Jaguar dengan susunan roda 6×6, yang dibuat sebagai model “unggulan” dari perspektif Angkatan Darat Prancis kendaraan lapis baja beroda dalam program SCORPION.

Prototipe EBRC Jaguar ini akan didemonstrasikan secara publik pada bulan Juni di Eurosatory 2018 di Paris, dirilis bmpd.livejournal.com. Jaguar ini dimaksudkan untuk menggantikan AMX-10RC dan ERC-90S tentara Perancis, serta VCAC Mehhisto self-propelled ATGMs (pada chassis kendaraan lapis baja VAB)).

Pengembangan Jaguar, serta mesin utama lainnya dari program SCORPION (Synergie du kontak renforcée par la polyvalence et l’infovalorisation), pembawa personel lapis baja VBMR Griffon dengan formula roda 6×6), yang dirancang untuk menggantikan VAB VAB) – Dilakukan oleh konsorsium Nexter, Thales dan Renault Trucks Defence (RTD). Pengiriman mobil EBRC Jaguar dan VBMR Griffon dijadwalkan akan dimulai pada 2020, meskipun tidak jelas apakah periode ini akan dipertahankan.

Prototype of the Jaguar EBRC 6×6 armored vehicle. (photo: @ThalesDefence)

Sebelumnya, tentara Prancis berencana untuk membeli 248 mobil Jaguar EBRC dan 1668 kendaraan Griffon VBMR, tetapi dalam program senjata yang disetujui baru-baru ini untuk tahun 2019-2025 disetujui peningkatan rencana pengadaan hingga 300 mobil Jaguar EBRC dan 1.892 mobil Griffon VBMR pada tahun 2030.

Termasuk 110 mobil EBRC Jaguar seharusnya dikirim pada 2025. Pada April 2017, konsorsium yang dipimpin oleh Nexter dianugerahi kontrak untuk pengiriman 20 mobil Jaguar EBRC pertama dan 319 kendaraan Griffon VBMR.

Pada Juni 2017, pemerintah Belgia juga memutuskan untuk membeli untuk 67 mobil tentara Belgia EBRC Jaguar dan 417 mobil VBMR Griffon pada periode tahun 2025-2030.

EBRC Jaguar dengan konfigurasi 6×6 roda akan memiliki masa tempur penuh hingga 25 ton dan dilengkapi dengan T40 turret ganda dengan CT40 meriam otomatis yang menembakkan amunisi teleskopik. Juga di turret ada  peluncur pengisian ganda untuk MBDA MMP baru. Para kru adalah 3 orang. Perlindungan balistik mesin dinyatakan pada tingkat STANAG 4569 Level 4 dan perlindungan anti ranjau yang diperkuat.

  35 Responses to “Prototype Pertama EBRC Jaguar Diluncurkan”

  1.  

    Bungkus T.o.Tx

  2.  

    yang di tot apanya bung

  3.  

    visi masa depan yang cerdas…..keungulan dari sista lebih dikedepankan ketimbang mempertahan tradisi semata….
    senjata yang lebih ringan punya keungulan baik dari mobilisasi disegala medan dan juga lebih ungul dari segi ketangkasan dan kelincahan…karna pergerakan yang cepat akan sulit ditangkal lawan….
    seharusnya kita pokus dalam pengembangan panser dan terus ditingkatkan baik kemampuan serta pungsi yang lebih banyak lagi(multi platform)bisa juga dilengkapi dengan persi roda rantainya…yang bisa digunakan marinir….karna keungulan tank baja. hanya terletak pada bobot dan ketebalan pelapis pelindung…dan mengorbankan banyak keungulan lainya….!!!

    •  

      Hahaha. Nah Makannya Beli Armata Yg Sudah Jelas Multi Platformnya. 😉

      •  

        katanya panser jimmi, bukan tank mbt, tapi btr, kurgenats, bmp, bmd, zil karatel, pilih mau yg mana

        hahhaahaaaa

        •  

          Lah Emang Salahnya Diamana Rin?. Lha wong Gw Bilangnya Armata (Cuma Sasisnya) Bukan T-14. 😆 Lu habis Mabok Aibon Kali Rin.

          •  

            itu apa maksudnya multi platform

            hahhahaaaa

          •  

            lagian kita kalah jauh kalou mau saingan tank baik jumlah maupun tehnologi pengembanganya…..jadi itu perlu visi kedepan,,,baik seorang pemimpin maupun negarawan….jangan hanya mau ikut ikutan tanpa ada pertimbangan lebih dalam….kalo salah dalam buat putusan bukan hanya mubajir dalam sumberdaya keuangan tapi juga waktu yang terbuang….!!!

          •  

            dahulu kala pertama orang menciptakan tank bertujuan untuk membuat senjata yang punya superioritas baik bertahan maupun menyerang…jadi dibuat tank dengan ketebalan pelindung yang luar biasa,jadi memang sengaja tank berbobot berat dan pergerakan yang lambat….tapi perang modern sudah tidak cocok dengan doktrin tersebut,karna senjata pertahahan bukan lagi pada kuban perlindungan letebalan dan kekerasan bahan tapi lebih cendrung anti kontra sista,,,karna saat ini tidak ada bahan yang tidak tertembus peluru dan ledakan….!!!
            mengenai armata mungkin konsep tersebut tetap berlanjut dengan menghilangkan pungsi tank dan lebih cendrung dikurangi bobotnya. …ini mungkin kedepanya…tergantung kebutuhan dan visi kedepanya…!!!

      •  

        Paling armata nanti yg beli china 10 biji india 100 biji sama arab saudi cs…

        Ha ha ha

      •  

        abot

    •  

      Nah kan…
      Seharusnya indo lebih fokus ke anoa nexter dan altross..

      Byk faktor knp indo tak seharusnya memeriotaskan tank dlm strategi jangka pendek dan panjang…
      Tp nyatanya dg turki dan pengadaan leopard..
      Di jelesin sampek bunyek jg masih diluar nalar..

      Ha ha ha

  4.  

    Jangan samakan china korsel rusia usa..
    Indo was was dg mbt malay makanya beli leopard ya..

    Ha ha ha

  5.  

    negara tetangga punya MBT masak mau diimbangi dgn panser, semu punya kegunaan masing masing

    •  

      Kalao malay di hibahin kapal induk dr sekutunya lalu indo besuknya beli kapal induk tp lusanya gaji punggawa potong separuh gtu ya..

      Ha ha ha

      •  

        kalo itu sih rada masuk akal bung deva….kalo malay beli kapal selam apung…terus kita imbangi dengan pembelian kapal selam serupa….itu lebih tepatnya….!!!
        laju kayak anak anak ngak mau kalah harus barang serupa…walau ngak guna(ngak moncer)…
        .mau dipake dikalimantan jelas ilang semua tu tank…jelas rawa hutan bakau dan sungai jadi musuh utamanya…!!!
        mengalahkan lawan bukan berarti harus pakai senjata yang serupa dengan lawan ….!!!

        •  

          ini doktrin huha…adu jangkrik…xixixi….tank lawan tank,,,,,,helpur lawan helpur….kalo engak diangap sekilit dan didiskualifikasi….xaxaxa…..

    •  

      kru panser kan bawa rudal perusak tank mbt, kan gak mungkin juga cuma bawa senjata api.

      lain pula klu alexa utk mlwn mbt, gak mau pakai adu jangkrik tapi pakai serangan udara dr helpur & pesawat

      hahhaahaaaa

      •  

        maksud D tot…itu adu banteng kak huha….kalou amunisi kedua sista habis jadi penentuanya tumburan…dan panser jelas bukan lswan tank mbt….

        ngapain repot kata pak RR tingal pencet tombol sekitar radius kiloan meter bumi hangus….yang jadi repotkan kita engak punya tombolnya…xaxaxax…..

        •  

          kok adu banteng pula, strategi konyol punya loe itu alexa, klu menggunakan panser spert btr & sebagainya? kru panser juga mmbawa rudal perusak tank & helpur trmasuk juga pesawat.
          klu peluru habis yaa dihubungi bantuan udara utk menghancurkan sisa sisa tank mbt lawan, bukan adu banteng, ini namanya konyol.
          lain pula klu loe punya puting bisa dipencet pencet, apa loe punya puting?

          hahhaahaaaa

  6.  

    Anti Dotx ATGM NLAW & Javelin

  7.  

    konsep medium brigade klo oleh prancis dinamakan “Au Contact!” terdiri dari gabungan ranpur infantri beroda dgn kemampuan antitank dan ranpur angkut infantri beroda sngat cocok di terapkan di negara berwilayah luas
    coba dianalisis kenapa prancis mendowgrade meriam dari 105 mm di Amx-10rc ke 40mm di ebrc jaguar

  8.  

    Anoa saja di permodern.. Kalau perlu bikin Anoa beroda rantai atau versi 8×8

  9.  

    bagusan bikinan PINDAD , bentuk2 nya …

  10.  

    “”bagusan bikinan PINDAD , bentuk2 nya …””

  11.  

    PT.PINDAD hrs bs membuatnya jd dgn teknologi terkini dan TKDN maksimal agar bs mandiri.

  12.  

    Menang gaya aja sasaran empuk prajurit

  13.  

    Wkkkk… Ane kok berasa Dejavu yah liat2 komeng2 di atas… Tentu sj Tracked Vehicle masih di perlukan karena satu kata Terrain… Karena blom ada tank berkaki yg bisa bergerak lincah seperti gundam (nyinggung yg berasa) xixixi…. Kalau pusing pilih Wheeled sm tracked pilih Halftrack aja wkkkk…

 Leave a Reply