Jan 102016
 
Prototype Senjata SSX Pindad

Prototype Senjata SSX Pindad

Salah satu produk yang akan diluncurkan oleh PT Pindad pada tahun 2016, telah dijawab oleh berita Liputan6.com yang diluncurkan, Sabtu, 09/1/2016. Menurut Liputan6.com, PT Pindad telah berhasil membuat senjata yang melebihi kemampuan Senapan Serbu (SS) 2. Bahkan, kemampuan senjata baru Pindad ini mengalahkan senapan serbu legendaris AK-47.

SSX menjadi nama sementara yang diberikan Pindad. Rencananya, senjata ini akan diluncurkan tahun ini dan penamaannya akan diserahkan kepada Presiden Joko Widodo.

“Ada produk senjata, namanya masih SSX. Nama pastinya nanti kita sampaikan saat launching tahun ini,” ujar Direktur Utama PT Pindad Silmy Karim.

Prototype Senjata SSX Pindad

Prototype Senjata SSX Pindad

SSX menggunakan peluru kaliber 7,62×51 mm, sementara AK-47 memiliki kaliber 7,62×39 mm. Keunggulan SSX lainnya adalah jarak tembak. SSX memiliki jangkauan tembak hingga 700 meter, sementara AK47 hanya memiliki jarak tembak efektif 300 meter.

Senapan SSX ini dirancang menggunakan method reverse engineering, yang artinya senjata dibuat dari gabungan sejumlah produk persenjataan karya Pindad maupun non-Pindad. Misalnya saja rumah mekanik dan penutup diambil dari SS1.

Bagian laras mengambil milik senapan penembak runduk (sniper) SPR1. Picantinny rail menggunakan senapan FN SCAR. Namun begitu, SSX tidak sepenuhnya berasal dari gabungan sejumlah komponen senjata. Beberapa di antaranya merupakan rancangan baru, termasuk popor yang bisa dilipat.

Panjang popor bisa diatur sesuai dengan kondisi fisik penembak. Dalam pengoperasiannya setiap pucuk senapan SSX dilengkapi magasine 15 butir peluru.

ssx-pindad-2

Hingga kini Mabes TNI belum melansir rencana melengkapi satuan mereka dengan senapan SSX. Namun kemunculan senapan ini bisa dijadikan barometer semangat pemerintah dalam mewujudkan kemandirian alutsista.

Sumber : Liputan6.com

Bagikan :

  50 Responses to “Prototype Senjata SSX Pindad Diberinama Tahun 2016”

  1.  

    pertamax

    •  

      Kalo kita design dan buat sendiri berarti karya sendiri

      Kalo m alay cuma buat doang dan di license oleh rusky, berarti ente itu babu nya rusky

      Kah kah kah

      •  

        Berarti secara gk langsung,kamu bilang bangsa kita indonesia babu juga donk…

        Pea ni org… Sudah belagu,,kurang wawasan pula…

        Lupa kalau PT DI dari helly sampai pesawat,(kecuali buatan habibie..).itu cuma merakit doang dan di license..prancis.bukan desain anak bangsa(bukan karya anak bangsa).
        ss1 pindad juga gitu,,,dari belgia,BUKAN KARYA ANAK BANGSA,,,Anoa juga,,,itu desain dari prancis,,, LPD yg dipesan filipin di pt.paL pun itu dari korsel… PKR dari belanda,,,indonesia itu “hanya merakit” paham…dek…

        Lain kali jangan gitu,kan bikin malu…

      •  

        @pelawak, semua barang yang anda sebutkan itu telah dimodifikasi sesuai keinginan user (TNI) baik itu desain maupun teknologi nya lalu anda menganggap bahwa BUMN kita hanya merakit??? Anda yang seharusnya cari wawasan

      •  

        @pelawak, jangan punya pemikiran hanya anda yang maha mengetahui, pengetahuan bukan untuk melecehkan dan menjatuhkan martabat bangsa, dimana rasa bangga anda? Silahkan bandingkan dengan kemampuan negara asean lainnya seharusnya anda ini punya sedikit rasa syukur

      •  

        @Pelawak ,pertama memang lisense dulu . kemudian produk ke dua baru buat sendiri berdasarkan pengetahuan yang di dapat. Contoh senapan SS1 ,itu masih lisensi ,kemudian SS2 sudah desain sendiri berdasarkan pengalaman dalam pembuatan SS1. Buktinya kita bebas melisensikan lagi ke negara lain seperti SS2 yang lisensinya di beli UEA.

        Contoh ke dua .pesawat N219 ,adalah pengembangan dari C 212 Spanyol. Jadi N219 Adalah murni produksi DI ,tak ada sangkut pautnya lagi dengan Spanyol.

        banyak perusahaan bikin mobil ,bentuknya hampir sama ,apakah itu juga semua bukan kreasi mereka masing masing.Semua hampir sama rodanya 4, borenya juga sama , kemudinya bundar ,cc nya sama .
        Cara perfikir anda aneh ….

        Proton Malaysia ,beli lisensi mesin lotus ,inggris kembangkan sendiri jadi bermacam macam jenis apa tidak layak disebut buatan Malaysia ?

    •  

      untuk tembak tupai, vita berapi lagi best la,kah kah kah,

    •  

      terserah kamu lah ksl..yang penting produk militer buatan kami laku dijual..contohnya LPD,seragam militer sritex dll..sbntr lg anoa dan badak juga ada yg pesan..aq mo tanya produk militer malasia apa yg laku dijual dan dibeli negara mana

    •  

      Hahaha… Itu tentara kayak badut

  2.  

    Hadir

  3.  

    pertamax yes

  4.  

    Semangat teruss!!!!

  5.  

    Mantap ini produk,smoga diborong TNI.

  6.  

    akan jadi senjata terlaris thn ini….TNI beli untuk semua matra pstinya, mantap pindad neh…..salam.

  7.  

    bung andalas, koreksi jika keliru, senjata yang digunakan sersan bob lee swagger, yang diperkarakan kalau tidak salah as 550 kaliber 12,7 mm . sedang dalam tindakan sergapan di rumah atau bukit salju m 40 atau versi sipilnya remington m700 kaliber 7,62 mm. silakan dicek data dan penampakannya jika cocok.
    sedang ssx tidak tepat disetarakan ak, lebih tepat turunannya yaitu svd atau dikenal dragunov itu. melengkapi satuan regu versi rusia yang didampingi kendaraan bmp/btr (ingat film behind enemy lines, pilot f 18 yang jatuh) didalamnya beberapa orang memakai akm yang tidak dipentingkan akurasinya mengiringi seorang penembak runduk svd serta tembakan supresi bisa dari kpvt. justru penggelaran macam inilah yang sekarang jadi patron AS pada pertempuran jarak dekat (cqb). peran penembak runduk selain memandu juga melenyapkan unsur insurgensi (ingat film american sniper).
    kembali, bahwa ssx memiliki kesejajaran dengan m 110 (AS), dragunov svd (rusia), hk 417 (german-as) atau sig 552 ( austria) dalam filosofi serta mekanismenya. peruntukannya sudah jelas, bagi setiap regu pasukan dipastikan 1 orang menggunakan ini, plus 1 orang penembak supresi menggunakan m 249/minimi.
    imho, salam tabik bung ndalas.

    •  

      Berarti ssx ini bisa dikategoorikan senapan penembak runduk ya bung blaze,dari magazinnya kok cuman berisi 15 butir pelor,apa ngga trlalu sedikit untuk kategori senapan serbu..??

      •  

        salam bung jeepers, jika kita benar meniru rusia dalam penggelaran regu tempur ( sekian senapan serbu, 1 penembak supresi, 1penembak runduk dan 1 penembak demolisi misal dengan nlaw) memang ssx diperlukan.
        penembak runduk (mungkin lebih pas daripada penembak tepat/sniper bung) tidak perlu lagi direpotkan senapan sniper metoda sekali tembak dengan laras panjang yang mencolok dikenali musuh. lebih diperlukan senapan dengan kualitas tembak baik dengan laras lebih baik dari senapan serbu, dapat melumpuhkan insurgen dan bereaksi cepat dalam memberi bantuan tembak. sebelumnya tentara AS bagian sniper kerepotan membawa senapan m40 plus senapan m4. Maka timbullah keinginan menggunakan senapan semi otomatis (mode 3 tembakan atau rentet dihapuskan) berlaras lebih baik, menggunakan peluru biasa, dan beradius tembak efektif sampai 600 m. AS menghasilkan m 110 (ad) atau sr 25 mk11 (seal) yang sama saja turunan dari ar 10 (7,62 mm) kakak dari ar 15 (5,56 mm) yang kita kenal sebagai m 16. langkah ini sebenarnya didahului inggris dengan L 129 nya yang (juga) sama saja dengan m110 cuma varian dari knight arms. Tentara inggris sendiri menggunakan L 96 artic warfare sebagai senapan sniper regunya, juga menjadi standar senapan sniper TNI.
        AS bahkan melangkah lebih jauh, dengan turut menyederhanakan senapan supresi m249 untuk digantikan dari keluarga senapan serbu yang ada. menggandeng heckler & koch maka lahirlah m27, dengan laras khusus yang bisa menahan muntahan peluru lebih banyak serta mudah digantikan larasnya.
        jika yang bung jeepers anggap ssx akan digunakan sebagai senapan serbu rasanya tidak bung. senapan ini TIDAK menggantikan ss 2, perannya sudah jelas bagi penembak runduk. Saya juga yakin ssx ialah semiotomatik, terdedikasi dengan teropong ACOG (advance combat optical gunsight) lansiran trijicon, efektif di kisaran 600 m dengan laras lebih baik. magazinnya memang paling banyak 20 butir saja bung. ini cukup unik, jika sebenarnya ss 2 v 4 dari awal peruntukkannya sebagai senapan runduk, dimana turunannya ss 2 v1 jadi senapan serbu maka ss x hanyalah packaging baru saja bagi ss 2 v4 !!.
        imho, bung jeepers, salam tabik..

      •  

        penjelasan bung blaze cukup baik… dan memberikan gambaran yang pas,… meskipun dari sudut pandangan bung blaze sendiri, tapi tampaknya anda faham bener hal ini.

        Terimakasih bung blaze,.. cukup mencerahkan.

      •  

        Makasih bung blaze atas pencerahannya..bisa dibilang ini senapan multirole ya..pake teropong acog lagi..jelas trayeknya bisa lebih jauh dari snapan serbu biasa hehehehe
        Kualifikasi sniper tapi lebih ringkas..ini yg ane demen,kira2 kapan ya masuk di game call of duty..sy demen bgt pake snapan sniper bung,apalagi yg kelas berat..
        Tabik..

      •  

        @ Bung Blaze…perfect explanation. many Thanks.

      •  

        Mungkin tepatnya ssx ini masuk kategori dmr karena memakai kaliber 7,62 yang dalam standar nato diperuntukkan untuk engagment jarak sedang hingga jauh

      •  

        @ bung jeepers, muncul di call of duty ya bung, asal jangan war of conflict nanti kontak dengan opm dong. salam bung ..
        @ bung bhineka, ini suatu langkah maju bung untuk kelengkapan suatu regu, untuk memperkaya lihat artikel bung tukang hitung mengenai struktur baru ad kita.
        @ bung iwoy, kluenya user ingin lebih, bisa jadi ini peruntukan para komando bung, beach head cleaner dan raiders.
        @ bung kobu bisa cermati artikel bung tukang hitung mengenai struktur tni ad dalam satuan regu bung, penggelaran seperti bung sampaikan dimungkinkan setidaknya raiders dulu yang aplikasi.
        @ bung eka wastu, salam tabik
        @ bung aboed, sama dengan keluarga ss 2 bung mekanismenya ada pengaruh ar 18, bisa anda cermati.

    •  

      nantinya 1 tim pasukan terdiri dari
      1 orang bawa senapan mesin ringan M249/minimi untuk tembakan supresi
      1 orang bawa ssx 7,62 untuk sharpshooter
      1 orang bawa ss2+pelontar granat
      1-2 orang bawa ss2
      Jadi 1 regu pasukan terdiri dari 2 tim (@5 orang) atau 3 tim (@4 orang)

    •  

      Terimakasih wawasan nya bung.

    •  

      ane demen komen kaya gini tambah wawasan dari pada senggol malon yang oon …

    •  

      terima kasih bung blaze atas pencerahannya. saya baru tahu posisi ssx dalam suatu regu, tadinya saya bingung posisi senjata ini, karena saya pikir ini senjata serbu.hehe

  8.  

    Klo yg kecil klo ga salah remington 700 klo yg besar n bs nmbak jarak jauh itu barret family
    Klo salah ya maaf loh bung
    Salam

  9.  

    wow mantap … buatan setempat !!!

  10.  

    Kenapa harus nunggu diberi nama segala…kalo senapan sih pake saja kode SS- malah bisa menjual daripada harus di beri nama segala..lain klo Panser,tank, ato Rudal ditambahkan nama dibelakang inisial/kode baranh silahkan seperti Anoa,Badak,Leopard dsb ada2 saja nih pindad..tapi ya mau gmna sepertinya lagi trend pemberian nama pada barang2 liat saja Bor utk MRT saja dikasih nama tokoh wayang, emang bisa saja bahasa medianya

  11.  

    Senjata keren ^_°, cm TNI pasti lebih naksir buatan luar, palingan ini yg dibeli 500 pucuk

  12.  

    yg kecil remington, yg besar cheitac bung

  13.  

    keren…..like it, semoga nanti digunakan TNI

  14.  

    Para Raider nex generation

  15.  

    masak diadu ama AK47 sih, ama HK dong

  16.  

    selain senjata ssx ada prototype pesawat KFX indonesia ini videonya https://m.youtube.com/watch?v=JDUKxlSLZqU&client=mv-google&hl=en-GB&gl=ID

  17.  

    makin oke aja pt pindad.

  18.  

    Kalo dilihat dari spesifikasinya ini termasuk gabungan senjata assault riffle ditambah fitur sniper untuk melihat lebih jelas target. Jika dilihat pelurunya 7,62 × 51 lebih panjang sedikit dari AK 47 jd jarak tembak lebih unggul dari AK 47. Dinilai dari kapasitas 15 peluru berarti senjata ini menganut “1 shot 1 kill “. Apalagi senjata ini sudah di modifikasi , tingkat akurasi juga ditingkatkan, dan popor yg bisa dilipat disesuaikan pegangngan si pengguna. Jadi jika disimpulkan senjata SSX terbaru pindad lebih unggul dari AK 47 dari segi jarak tembak , dan akurasinya.

  19.  

    Bagaimana ketahanan laras ,berapa kali tembakan baru di ganti ?
    Atau pertanyaannya di robah ,bisa nggak ganti laras atau berapa tembakan beruntun yang bisa di lepaskan sebelum laras panas dan bengkok ?Mengingat larasnya dari alloy ? Di sini ilmu metalurgi sangat berperan ,Indonesia masih kurang di sini .Bahkan dunia sudah masuk tehnologi nano dalam merancang bahan .

  20.  

    tahniah pt.pindad…goodluck

  21.  

    bung 762, yang saya sampaikan bukan tentang keluhan kinerja m40 yang juga digunakan seal dan ranger. namun mengenai bagaimana mereka jadi target sasaran insurgensi karena mudah dikenali bila membawa senapan m40 yang bolt action itu.
    begitu juga, tidak efektif jika peran bantuan pandu tembak atas spoter, manpads, atau anti tank panggul musuh bila dengan senapan bolt action itu. meski bagi sniper tulen untuk menyasar jarak jauh tetap mereka membawa 2 senjata (ingat kasus american sniper, tentang sniper as chris kyle) m40 dan sr 25. saya sendiri tidak mengerti bila benar pada kasus sniper as marcus luttrell (ingat film lone survivor baik kyle maupun luttrell ialah seal team) ke empat anggota tim buru seluruhnya menggunakan sr 25, tanpa senapan supresor atau senapan sniper m40.
    Setuju bung, senapan kaliber 12,7 mm sebagai senapan anti material sebenarnya ditujukan melumpuhkan personel dan/atau kendaraan lawan. bahwa akhirnya digunakan sebagai senapan kontra sniper merupakan kegunaan selanjutnya.
    mengenai paparan anda, forum ini berterima kasih.
    salam tabik imho..cmiiw..

  22.  

    PT.PINDAD BUAT RUDAL ANTI TANK LBIH D UTMKAN

  23.  

    bravo buat pindad, ssx ini seperti kombinasi sniper dan asault,
    menurutku untuk sniper pindad sudah punya SPR-2 produk yg terbaik didunia, spr-2 dengan jangkauan tembak 2 km dan rancangan pelurunya dibuktikan bisa menembus tank.

  24.  

    klo menurut saya sih biarlah jangan diperuncing klo menurut org malaysia produk mereka lebih baik iya kan saja lah. toh gada untung nya buat kita. yang penting kita bisa bersaing dengan prestasi TNI kita. contoh: TNI kita juara tembak antar negara. negara lain mengakui nya kok. pesawat angkut militer kita di beli sama malaysia. brunei. dll. trus panser anoa. peluru kita. kapal perang kita. nah kita mah ga usah pamer juga negara lain dah mengakui nya kok. saya pernah ke jerman. ngobrol sama propesor teknologi di sana. dia bilang klo org indonesia itu pintar2 hanya knp mereka ga dipakai di negeri sendiri. lebih senang diambil oleh negara banyak uang. setelah beasiswa di eropa mereka tak mau kembali

  25.  

    Sebenarnya mau cuma ngerakit doang, toh memang jaman sekarang rata2 emang gak murni 100% produksi 1 pabrik, memang banyak kabar miring produk kita banyak yang hanya merakit ambil license.. anoa pesawat dll, yaelah kalo mau nyinyir mobil2 mewah juga gak 100% produksi brand mereka, yang gitu gak di pusingin

    memang betul setidaknya sekarang kita mulai belajar alih teknologi mungkin 10 thn kedepan kita bisa benar2 mandiri eaaa….

    Btw ini udah lama ada di ruang pameran di pindad, lebih berat dari ss2-variant

    Ssstt… ini adalah calon ss3 coy

 Leave a Reply