Jan 202016
 
Turret CMI-Defence-Cockerill-XC-8-105mm yang kemungkinan digunakan Tank Medium Pindad

Turret CMI-Defence-Cockerill-XC-8-105mm yang kemungkinan digunakan Tank Medium Pindad

Bandung – Direktur Utama PT Pindad, Silmy Karim mengatakan, Pindad sedang menyelesaikan prototype / purwarupa tank kelas menengah kerja sama dengan (FNSS) negara Turki. Tank kelas menengah ini sekelas dengan tank AMX-13 yang dimiliki TNI Angkatan Darat. Bobotnya sekitar 25 ton.

desain tank pindad 2

“Kerja samanya sejak tahun 2015. Kami akan selesaikan prototype pada tahun 2017. Nanti dipasang turret kaliber 105 milimeter. Sistemnya sesuai dengan tank modern,” kata Silmy saat menerima Wakil Presiden Jusuf Kalla dalam kunjungan kerja ke Bandung, Rabu (20/1/2016).

Desain Tank Pindad

Desain Tank Pindad

Turret CMI-Defence-Cockerill-XC-8-105mm yang kemungkinan digunakan Tank Medium Pindad

Turret CMI-Defence-Cockerill-XC-8-105mm yang kemungkinan digunakan Tank Medium Pindad

“Kalau bisa diproduksi di dalam negeri, harus dibuat di dalam negeri. Sejauh ini untuk Anoa (panser) hanya mesin yang masih menggunakan produksi luar negeri. Untuk tank, rantai sudah bisa dalam negeri, kontrol sistem memang masih dari luar negeri tapi bisa dikerjasamakan dengan industri dalam negeri seperti LEN,” tutur Wakil Presiden, Jusuf Kalla.

Model Tank Medium Pindad

Model Tank Medium Pindad

Menyoal pesanan luar negeri, Dirut PT Pindad mengungkapkan, pihaknya memiliki potensi bisnis senilai 300 juta USD untuk kawasan Timur Tengah. “Potensi untuk dua tahun ke depan itu termasuk munisi dan kendaraan. Kami juga akan kirim satu unit Anoa untuk ujicoba di sana,” ujar Silmy Karim.

Beritasatu.com

  46 Responses to “Prototype Tank Medium Pindad Meluncur 2017”

  1. Wow hebat pindand ^^

    • desainny mantab. revolution… sya l3bih suka gambar yg pertama. turetnya mirip amx. tpi hul nya datar.. bagus untuk menghindar benturan dri tank mucuh. tpi ane kurang yakin jika kena benturan hellfire air to ground.. pasti hangus langsung. soalnya kelihatan hul ny bg2 tipis. ..

    • Turret-nya sudah lumayanlah untuk sekelas tank medium, cuma beratnya masih kurang sepertinya, jika beratnya diantara 35-40 ton lebih pas agaknya,,,

      • @Antasena
        Bobot standar palingan itu bung, armor platenya standar. Klo bener2 buat pertempuran beneran hadepin rudal anti-tank/ATGM dan sesama tank canon pasti nambah armor platenya. Paling setelah upgrade armor jd 35 ton.

    • Akhirnya pertamax juga, setelah 6 bulan jadi SL.
      salam kenal bung!

    • saya kira desainnya juga mesti diperhatikan……

      saya khawatir desain tank medium pindad mengecewakan,harapannya sich mirip gambar pertama tapi klo gambar paling bawah……sudah nyiplak marder kuno pula,seperti kasus logo seagame 2018 yg didesain ulang karena gambarnya abad-19 😀

  2. Mantap,lanjutkan..

  3. Cepat juga ya dari 2015 – 2017 sudah selesai prototype.

  4. Masa depan masih zaman kah turret 105 mm ? Kenapa gak 125 mm kan sdh punya badak…lagian perang ke depan kayaknya bukan di hutan2 lg tp lebih condong daerah pinggiran perkotaan kalau di darat….kembangkan segera kelas MBT dan pembuatan turret 125 mm …jd kita gak perlu import MBT dr luar kecuali mesin kwkwkwk…mesin oh mesin…pabrik mesin kapan sih roadmapnya di bangun di negeri ini ????

  5. kirain tahun ini . . .
    btw kmrn ama aselsan kerjasama apa yak?

  6. Doosan medium tank K21 105 mm for Indonesia and export markets.

    https://m.youtube.com/watch?v=8E9IjOMk8l0

    Mirip ama mock up nya…Model Tank Medium Pindad

    • Loe liat aja ntar bro….Turki memang cocoknya di php doang..

      Loe liat juga emang ada link mengenai badak itu kerjasama dgn korsel? Gk ada khan..tapi terjadi bro..dan sukses…badak ntu turunan dari black fox, tarantula

      salam

  7. Wah anoa akan dikirim ketimur tengah guna test drive, semoga bisa lincah dimedan gurun dan akhirnya bisa jualan juga

  8. samping masih rawan kena rudal

  9. DPR 7 jam rapat bahas FreePort, ada apa ya.?

  10. Apakah engine PROTON buatan tempatan….
    Apakah engine PERODUA buatan tempatan…
    Kalau cakap biar betol sikit….

    • tak bisa jawab lah malon sebab pacik boduh..kahkahkah

    • apaan bung,proton dan peroduo semua gak ada yg bikin sendiri, desain body pun juga ada yg niru, mesinnya dari dulu ampe sekarang dibikinin mitsubishi, citroen, toyota dan nissan…..gitu ngakunya binaan tempatan.

      mending kitalah kerjasama atau TOT, meskingak bisa bikin mesin sendiri..

  11. Maaf bung,,,korang punya gempita buatan tempatan kah?APC adnan buatan tempatan kah?lagi banyak buatan tempatan malaysia?haibat sangat pun negara 1 Ni.apa nak kami cuba bina,tak payah lah korang masuk kepala.pasal ini sememangnya lah buatan tempatan,kami design,kami pulak yang bangun prototype.saye tak nak panggil korang dengan Malay,maling atau malondog.cukuplah saya nilai korang Dari korang punya komen…salam

  12. stupid

  13. tempatan malon cuma bilik termwnung ???媅 ???媅=)) ???�??媅
    ???媅=)) ???åª

  14. yaelahh protol aj make mesin avanza….. belajar ngerakit ma ngedisain mobil aj pke acara pkl ke anak astra cibitung n sunter dah bawa nya kertas hvs,pensil,meteran ma jangka buat ngukur yaelahh mending sekolah sm d sini pakcik klo ngomong asal mangap

    • Waow….memalukan

      Kondisi seperti itu masih bisa2nya membanggakan Protol di depan kita??
      Sungguh bangsa yg aneh…

      Mngkin Mitsubishi sudah males kasih mesin ke mereka, mesin bagus2 jadi turun nilainya karena dpasang di Protol…

  15. Ketika tank medium ud jadi n udah promass… pasti banyak negara tetangga mesen… kaya SSV,kapal patroli 40m, Anoa, ss1 n ss2… trus malon pengen…. tapi maluuu… malu gak ad duit… akhirnya beli lagi twardy lg trus diganti bina tempatan n kasih nama pendekar… wkwkwkwkwkk

  16. mana penguasa sipadanligitan ? ko ga komen ?….lagi pikir2 kali buat ganti nama jadi malingnya sipadanligitan hehehhe apa lagi panen pisang kali yah…

  17. malon itu banyak omong senjata Senjata buatan mrk g laku liat aja senjata vb modal ya aneh2 indonesia bnyk d ekspor mulai pindad pal ptdi dll

  18. Bravo PT.pindad

  19. Bagus….kalau ada teknologi baru install saja ke tank ini seterusnya bisa upgrade ke MBT

  20. Ahhh.. mungkin kau nak banggakan vita berapi senjata pemusnah alien kalian? Kami punye panangkalnya… vitacharm.

  21. Yang ini baru cocok untuk “MANGKONG” kepala tentara maling yg suka nggeser patok di perbatasan…

  22. Perangkat elektroniknya masih memungkinkan untuk mulai dikembangkan didalam negri

  23. Apa ada yang tau perkembangan light tank dan sbs buatan pindad soal nya yang keluar kebanyakan berita tentang perkembangan medium tank terus..

 Leave a Reply