Nov 242014
 

image

Beberapa kalangan telah melihat adanya jenis perang di masa depan yang akan mengganggu keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Perang Proxy atau perang yang diwakilkan berlangsung tanpa disadari oleh warga negara Indonesia. Secara terminologi, Proxy War dilakukan tanpa bertemunya dua pasukan di medan laga. Dia dilakukan dari jarak jauh, dan melibatkan pihak ketiga.

Belum lama ini, Pangdam Jaya Mayjen TNI Agus Sutomo telah memperingatkan agar Indonesia mewaspadai proxy war. Dia mengemukakan hal tersebut dalam kuliah umum di hadapan Civitas Akademika Universitas Bung Karno, beberapa waktu lalu.

Menurutnya, salah satu alasan Indonesia menghadapi ancaman perang proxy ini, karena sumber daya alam di negara kita melimpah. Negara-negara asing yang memiliki super power rebutan untuk menguasainya.

Dikutip dari rakyat merdeka online, Agus pun membeberkan kekecewaannya soal PT Freeport di Papua yang 90 persen dikuasai asing, bahkan mau diperpanjang sampai tahun 2040. Tak hanya itu, di Bumi Cenderawasih juga banyak ditemukan bandara perintis yang dikuasai pihak asing.

“Kita sering menyamar ke sana menjadi Babinsa malah diusir, seperti orang asing di negeri sendiri. Biasanya bandara perintis itu buat para misionaris, ini tak boleh dibiarkan,”,” katanya.

Dia menambahkan, proxy war sudah melucuti satu persatu pulau terluar Indonesia. Menurut Agus, seharusnya kasus Timor Timur, dan Sipadan-Ligitian dapat menjadi pelajaran bagi pemerintah agar tidak terulang di kemudian hari.

“Sipadan dan Ligitan itu sekarang jadi pulau wisata termahal di dunia. Kalau mau ke sana harus booking enam bulan sebelumnya,” jelas Agus.

Reklamasi pantai Indonesia oleh negara tetangga, penolakan nama kapal Usman-Harun, penyadapan telepon pejabat oleh intelijen Australia adalah deretan panjang proxy war yang sedang dihadapi Indonesia.

“Negara-negara di sekitar khatulistiwa seperti Indonesia sekarang jadi rebutan. Tak hanya dari sumber daya alam, tapi dari bidang budaya, sosial, dan politik mau dikuasai,” katanya.

“Sekarang sudah lampu kuning, kita bisa tertawa bahagia sekarang, tapi nanti punya kita tidak ada lagi. Ini salah satu tantangan generasi muda yang makin berat,” demikian Agus. (RMOL).

  31 Responses to “Proxy War, Ancaman Indonesia di Masa Depan”

  1.  

    selamat pagi…ngopi dulu

    •  

      pagi bung @CN….yg menarik napa Pangdam Jaya bicara di civitas akademika UBK…? bukankah ahlinya “proxy war” Kasad…? menarik lg dikala adanya rencana pergantian pimpinan TNI….maaf klau tdk pas & salam kenal

      •  

        Sebenarnya itu hanya warning pangdam utk pengambil keputusan sehubungan dg akan adanya penggantian kasal & kasau.Menurut bliau,mainsetnya hrs diubah bukan hanya mikir matranya saja,tapi mikir secara keseluruhan.Apabila salah dlm memilih kasau or kasal,maka akan berimbas juga kematra darat.Dipapua,matra darat seperti layangan.Mau menindak sdh ada brimob yg ditugaskan utk opm,tdk menindak dianggap tdk kerja.Perusahaan & lsm baik lokal maupun internasional berlindung dibalik jubah perusahaan & misionaris.Sejatinya hal ini hrs ditertibkan.Perpanjangan bot freeport hingga 2041 merupakan bencana utk Indonesia khususnya PAPUA.Adakah pemerintah sdh berfikir seperti apayg tlh menjadi keresahan seorang pangdam.waAllahu a’lam.Lam kenal bg.

  2.  

    pagi bung

  3.  

    Harus disiapkan SegaLa sesuatunya untuk meng Hadapi Proxy War ini , jangan sampai kita jadi penonton di negara Sendiri???

  4.  

    lah koq bilang masa depan, sudah ada fakta proxy war sedang terus berlangsung dan semakin kuat.. pion disini tidak peduli nkri hancur yang penting untung

    coba lihat simpulnya sudah jelas, pemain politik memberikan keuntungan kepada media melalui pihak ketiga. pihak ketiga mendapatkan keuntungan dari dua hal:
    – kekuasaan bisnis tanpa gangguan berarti
    – perlindungan dari pihak berkuasa

    berbeda jauh dengan jaman dulu dimana media mainstream bertolak belakang sekerang malah terbalik karena sudah tahu ekosistemnya media adalah corong pemasaran penguasa dengan memberikan banyak keuntungan berlapis

    OK masih baca koran dan lihat siaran berita di TV?? looool

  5.  

    Masih sebatas analisis….actionnya mana? Kalo memang freeport diperpanjang kontrak kok saya belum dengar ya? Selanjutnya kok gak ada yang berani demo yah, secara palestina diserang banyak yang demo tapi masalh freeport kok malah adem ayem ya…kemana para mahasiswa? Atau jangan jangan mahasiswapun sudah pro asu juga…

    •  

      Kuatir nie mahasiswa udah pro asing atau tidak sadar udah diperalat asing

    •  

      teman-teman mahasiswa masih banyak kok yg merhatiin masalah freeport hanya tidak di ekspose media saja, seperti yg bung senopati katakan diatas keberpihakan media sekarang sudah benar-benar luar biasa memalukan. masalah yang dialami kaum muda kita sekarang adalah serbuan besar-besaran budaya dari luar sehingga menghilangkan identitas kita belum lagi penegakan hukum yg amburadul sehingga melahirkan pemuda mental payah

      •  

        gak ada mahasiswa yg demo menekan pemerintah soal freeport bung, kpn di mn bung kalau memang ada, saya justru sangat prihatin dg mahasiswa sekarang mereka demo mati2an mempertanyakan kebijakan pengalihan subsidi bbm yg jejas peruntukanya bwt pembangunan infrastruktur agar roda ekonomi berjalan lbh lancar, tp soal rencana perpanjangan kontrak freeport mana mahasiiswa???????? mn keberpihakan mahasiswa terhadap kepentingan bangsa ini???? kenapa tdk bergerak melawan rencana perpanjangan kontrak freeport??????

    •  

      Banyak yg g sadar beasiswa dr asu n bolo2nya banyak di gelontorkan ke kampus2 itulah yg hrs d waspadai..opini wong ndeso..he..

  6.  

    Assalamualaikum wr.wb.
    sepertinya harus mengambil alutsista dari russia lagi.

  7.  

    Jangan bicara masalah anggaran, jangan tunggu sampai ada klaim untuk pulau terluar, jangan tunggu jadi Msalah yg lebih rumit utk papua dan perbatasan… kedaulatan nkri tidak bisa diukur dgn anggaran…. optimalkan semua kekuatan demi kedaulatan NKRI

  8.  

    Tembak tembakan lebih dari 6 jam antara tuah sakti vs brimob batam , proxy war juga tuh..

  9.  

    dana yg diberikan pemerintah ke papua tidak terlihat oleh masyarakatnya, sebaiknya dibuat seperti BLT biar masyarakatnya langsung merasakan kehadiran pemerintah.

  10.  

    Ternyata memang utk duel secara jantan dgn indonesia mikir 3x, mereka lebih senang menggunakan pihak ke tiga,

    Indonesia tidak akan hancur oleh negara lain, tp indonesia bs hancur oleh org indonesia sendiri,,,

    Klo indonesia di serang negara lain , ada sekitar 200 jt jiwa yg siap berperang meski pun tanpa senjata seperti TNI,
    Dari pada hidup di jajah, lebih baik berjuang sampai mati meski bersimbah darah

  11.  

    Assalamualaikum wr.wb.
    kelihatannya di tentara masih menjaga senioritas
    belakangan ini kabar tentang pak moeldoko jarang muncul lagi
    apa mungkin gara-gara menhannya pak ryamizard ya :mrgreen:

    kalau salah ya maaf 😀
    maaf oot 😀

  12.  

    ini wilayah kita, bila di temukan ada masalah, harus di tangani dengan terbuka. ada saat nya kita harus menyamar, dan kini saatnya kita harus tunjukkan secara fisik bahwa papua adalah sah milik kita.

  13.  

    hadeh nanti dia yang kaya, kita ini dapat apa?…… skrag mau siapa yang jajah asal makmur ngak masalh..

  14.  

    Maaf dari dulu sampai sekarang para misionaris adalah ujung tombak kolonialisme hanya caranya yang berbeda… dibelakang misionaris ada pemodal

  15.  

    ada apa dengan proxy war???
    jam 3 nanti saya akan mengikuti bela negara di arhanudse 14 cirebon.. salahsatunya ada materi tentang proxy war..

  16.  

    Klu kt cermati artikel tsb,mk kt dpti ada kgalauan pd diri kt.
    Bg sy sbtlnya cr mnangkis proxy war yg dlakukn si gugug cs tdk trlalu sulit. Asal kt mau brsatu.
    Mslhnya kan sdh jelas. Tinggal tindakan kitanya sj yg hrs sgr dlakukan.
    Tiru tuh rusia yg mnggolongkan lsm yg ddanai asing dgn lsm asing,shgg apapun yg dsuarakannya dianggap intervensi asing.
    Utk mslh freeport,kt jgn mau cm diberi saham 10%.Rakyat ingin 51%+.
    Klu kt sulit ngadepin si gugug cs sndirian,ya hrs cari teman yg kuat.
    Jantan dong!

  17.  

    mantap

  18.  

    Test

  19.  

    ‘regin’ adalah virus dunia maya paling canggih sejauh ini.

    karena sedemikian canggih, symantec menduga pembuatnya adalah negara tertentu dengan tujuan untuk mematai2 komputer / cyber-espionage di seluruh dunia (hmm ingat snowden)…

    http://gizmodo.com/meet-regin-super-spyware-thats-been-attacking-computer-1662399325

 Leave a Reply