Proyek Baru JLTV, Pensiunkan Kendaraan Legendaris Humvee

Hampir satu dekade yang panjang militer AS memilih pengganti kendaraan Humvee yang kondang. Banyak jenis kendaraan yang ditawarkan. Pada tahap akhir kompetisi, Lockheed Martin, AM General dan Oshkosh Defense mengajukan 22 prototipe yang masing-masing akan diuji secara ketat. Setelah lebih dari satu tahun, Oshkosh terpilih sebagai pemenang kontrak kendaraan Joint Light Tactical Vehicle (JLTV).

JLTV_Spotlight_Hero3

Sebagai pemenang Oshkosh akan dialiri puluhan miliar dolar dari perintah selama beberapa dekade. Oshkosh Defense akan mulai produksi (LRIP) berjumlah 17.000 kendaraan di 2016. Harga produksi awal akan berjumlah $ 6,7 miliar dolar, tapi itu hanya awal. Program JLTV diperkirakan akan bernilai $ 30 miliar dolar melalui waktu beberapa dekade mendatang, dengan perkiraan 54.600 kendaraan akan diproduksi secara total. Sampai sekarang jumlah tentatif ini dipecah ke 5500 unit untuk USMC dan 49.100 untuk Angkatan Darat, meskipun banyak lagi yang bisa mengikuti, dengan produksi kemungkinan diperluas ke pertengahan abad ini.

Light Combat Tactical All-Terrain Vehicles / L-ATV ini akan mampu menyerap dan menahan ledakan menjadi kendaraan Mine Resistant Ambush Protected (MRAP), memiliki kelincahan sebagai truk tempur dengan kinerja tinggi di medan off-road yang dapat dengan mudah disesuaikan dengan misi yang berbeda. Kendaraan JLTV dapat diangkut ke depan medan perang melalui kargo C-130, CH-47 atau CH-53. Kendaraan ini juga harus mudah diservis.

Joint Light Tactical Vehicle  1

Presiden Oshkosh Defense, John Urias, mengatakan kepada Washington Post:

“JLTV telah diuji secara luas dan terbukti memberikan perlindungan balistik dari tank ringan, perlindungan bawah bawah kendaraan MRAP-kelas, dan mobilitas tinggi di medan off-road sebagai pebalap.”

Joint Light Tactical Vehicle 2

Keputusan pemilihan kendaraan JLTV Angkatan Darat AS ini, hampir pasti secara resmi akan diprotes oleh Lockheed Martin dan AM General yang bisa menyeret timeline program produksi terlambat. Namun, keputusan ini menandai keberangkatan akhir dari Humvee, yang sebanyak 280.000 unit telah dibangun sejak masuk produksi pada tahun 1984.

Sumber : Foxtrotalpha.jalopnik.com

Tinggalkan komentar