Oct 122014
 
Cantelan senjata eksternal KFX-C103-iA.

Cantelan senjata eksternal KFX-C103-iA.

Surabaya – Indonesia dan Korea Selatan segera memulai produksi jet tempur generasi 4,5 KF-X / IF-X, yang diperkirakan akan memiliki kemampuan manuver yang lebih baik daripada F-16 Eagle dan Sukhoi Su-27, ujar Menteri Pertahanan Indonesia Purnomo Yusgiantoro.

“Kami telah melakukan Tahap Pengembangan Teknologi (TDP) yang terdiri dari transfer teknologi dan proses merancang prototipe. Saat ini, kami memasuki fase rekayasa dan pengembangan manufaktur (EMD),” ujar Menteri Purnomo Yusgiantoro di Jakarta, 6/10/2014.

Saat upacara penandatanganan Tahap EMD, menteri mencatat bahwa enam prototipe pesawat akan dihasilkan selama proses TDP, dan salah satunya akan diserahkan ke Indonesia, untuk diproduksi di dalam negeri.

Acara penandatanganan disaksikan oleh Duta Besar Korea untuk Indonesia Cho Tae-young. “Kami ingin bekerja sama dengan Korea Selatan karena mereka bersedia untuk melakukan transfer teknologi kepada Indonesia untuk KF-X / IF-X proyek yang diyakini setara dengan F-22 Raptor,” ujar Menteri Pertahanan menekankan.

Dia mengatakan meskipun ada negara maju yang telah mengembangkan jet tempur F-35 Lightning, namun negara itu tidak siap untuk mentransfer teknologi ke Indonesia. Purnomo menekankan bahwa KF-X / IF-X memiliki kemampuan untuk menjaga wilayah udara Indonesia.

“Jet tempur KF-X / IF-X cukup untuk menjaga kedaulatan dan wilayah Indonesia. Yang paling penting adalah bahwa kita secara independen dapat menghasilkan peralatan sistem pertahanan utama,”.

Menteri Purnomo Yusgiantoro memuji kerjasama dengan Korea Selatan yang memfasilitasi transfer teknologi untuk mengembangkan dua kapal selam di Korea Selatan dan dua lainnya di Indonesia.

Selain itu, Direktur Jenderal Potensi Pertahanan Kemenham Timbul Siahaan dan Direktur Jenderal Lembaga Program Akusisi Pesawat Pertahanan (DAPA) Brigadir Jenderal Jung Kwan Sun telah menandatangani perjanjian proyek untuk Tahap EMD.

“Perjanjian tersebut meliputi penunjukan industri di Korea sebagai kontraktor utama yang akan bekerja sama dengan Dirgantara Indonesia Corporation Limited. Ini juga mencakup pembentukan Kantor Joint Program Manajemen antara pemerintah Indonesia dan Korea Selatan, yang akan membahas pendanaan, monitoring, dan pemisahan setiap deskripsi pekerjaan, “jelas Purnomo.

Dia menjelaskan perjanjian proyek yang memproduksi 50 jet tempur KF-X / IF-X akan diselesaikan pada bulan November 2015. Menurut Purnomo Yusgiantoro bahwa fase EMD akan memasuki tahap pengembangan produksi di tahun 2023.

“Mungkin, pertamanya, kami akan merancang 20 jet tempur KF-X / IF-X, karena anggaran untuk tahap pengembangan produksi adalah yang terbesar. Total anggaran tahap pengembangan produksi sebesar Rp 85 triliun di mana Indonesia akan memberikan kontribusi 20 persen dan Korea 80 persen,” ujar Menteri.

Kerjasama pendanaan akan dibentuk antara pemerintah kedua negara. Menteri Purnomo Yusgiantoro menegaskan bahwa pemilihan umum di Indonesia,tidak akan mempengaruhi perjanjian jangka panjang yang mana DPR dan pemerintah telah menyepakati proyek ini.

“Saya berharap kerja sama ini akan terus berlanjut. Saya tidak sabar untuk jet tempur Indonesia / Korea untuk terbang di langit. Selamat ulang tahun Tentara Nasional Indonesia,” tambah Menteri Pertahanan. (ANTARA News).

  127 Responses to “Proyek KFX / IFX Semakin Jelas”

  1.  

    Pasti fitur ifx ini udh diketahui as karena kan yang bantuin bikin kan korsel temennya amrik

  2.  

    Sebagian rakyat hidup sambil berfantasi.., sebagian lg tdk pny wkt untuk berfantasi..,

  3.  

    Sebagai warga malay keturunan indo saya sangat peduli dengan perkembangan militer Indo dengan adanya jkgr membuka minda pemikiran kami, percaya banyak warga malaysia keturunan indo yang ingin hubungan antar bangsa yang masih mempunyai garis keturunan nusantara saling bersatu bahu membahu , kalaupun ada riak2 kecil anggap saja itu perbuatan segilintir orang yang tidak tahu, kami lebih senang membuka blog militer indo karena pemberitaannya jauh lebih obyektif tanpa ada kalimat yang merendahkan, beda dengan blog militer kami yang menurut saya tidak komprehensif dan obyektif, pencapaian2 oleh tni saat ini kami melihatnya sangat luar biasa terutama semangat kemandirian yang telah berhasil membina peralatan perang sendiri walaupun belum secanggih industry militer usa, jepun, europe, russia, china, tapi tidak menjadi suatu masalah kerana itu hanya soal waktu, kami harap di malay pun bisa seperti itu industri militer tempatan boleh berkembang sebagaimana di indo, mohon dimaafkan bila ada saudara malay kami yang memberikan komentar merendahkan dan menghina mungkin mereka lupa bahwa 80% bumiputra masih keturunan indo, semua ini ulah penjajah sehingga rumpun nusantara terpecah pecah oleh batasan negara dan ideologi, dengan semangat nusantara semua permasalahan mari kita rundingkan dengan damai, perang adalah jalan terakhir

    •  

      Terima kasih bung IM, saya juga selalu berharap demikian. Politiklah yang membuat kita jadi begini, saya juga berteman dengan warga2 Malaysia, tidak ada kata2 bermusuhan antara saya dengan mereka. Sebenarnya yg bikin permusuhan karena kurangnya pemahaman masyarakat dengan konflik politik akhirnya timbul permusuhan.

      Ada kata bijak yang mengatakan begini : “Alasan untuk berperang akan selalu ada. Tapi tidak cukup kuat untuk mengalahkan alasan untuk berdamai. Saat masa damai telah tiba, kita akan menyesali alasan kita berperang,”

      Salam untuk warga kita disana maupun untuk warga Malaysia.

    •  

      @indomalay, saya kutip komen anda “kalaupun ada riak2 kecil anggap saja itu perbuatan segilintir orang yang tidak tahu,”

      Sekarang masalah tanjung datu, ambalat, sipadan-ligitan itu ulah segilintir orang/oknum atau kebijakan kerajaan malaysia.
      Kami bisa membedakan mana yang spontanitas dari perorangan mana yang bukan.

      •  

        Bung @Anak Deli, saya tidak benci kepada orang malaysia saya hanya tidak suka dengan pemerintahannya yg sekarang yg selalu memprovokasi indonesia baik itu dalam masalah tapal batas, klaim kebudayaan dll.
        Optimis perlu tapi dari sisi mereka harus bisa melakukan perubahan dari dalam, jangan hanya mengharapkan bangsa lain memaklumi kelakuan mereka yang minus.
        Kalau perlu lakukan perubahan besar2an seperti yang kita lakukan tahun ’98.
        Tuhan tidak akan merubah nasib suatu kaum jika mereka sendiri tdk mau merubahnya.
        Salam.

    •  

      bilang serumpun klo TNI dh kuat..coba kmarin2 bilang gtu

  4.  

    Adem…@Bung Jalo setuju pendapat ane…

  5.  

    @tukang_sapu ….
    setuju dgn pendapat anda dan mungkin mereka ” pura2 Ndak Tahu” ..

  6.  

    “Menurut Purnomo Yusgiantoro bahwa fase EMD akan memasuki tahap pengembangan produksi di tahun 2023.” masih lama banget IFX hadir dan kalo jadwal tsb lancar tanpa ada kendala baik di Korea ataupun di Indonesia sendiri. kita sudah ada pengalaman bahwa proyek ini terhenti hampir 2 tahun krn pergantian pemerintahan di Korsel apa pihak Kemenhan sudah punya Plan B bila terjadi permasalahan di masa mendatang. padahal 3-4 tahun mendatang negara2 tetangga sudah akan mengepung kita dng pesawat yg diatas kertas kemampuannya diatas pesawat2 milik TNI-AU sekarang Lantas bagaimana menutup stopgap ini kalo syarat TOTnya tidak Fleksibel maka kita akan selalu tertinggal dgn negara lain krn utk TNI-AU Gapnya sudah jauh tertinggal dengan Airforce negara lain baik kualitas maupun kuantitas Alutsistanya

  7.  

    Maksud saya komentar yang mengaku dari malay yang menghina dan merendahkan indo mohon diabaikan mereka hanya ingin memprovoke agar hubungan indo malay tidak harmonis

  8.  

    indomalay..
    mungkin ente berjuang di forum buatan anak negri malay dolo..lihat komengnya temen2 ente..

    •  

      Itu sudah saya lakukan saudara lara sarkem…dan terus berusaha termasuk memberikan nasihat untuk anak kami indonesia dan malaysia bersaudara karena datuknya berasal dari west java janganlah saling membenci dan menghina… setidaknya saya sudah memulai dari hal yang paling kecil dari keluarga dan kerabat istri dalam memberikan pemahaman tentang indonesia …btw sangat menyenangkan begitu tahu ada blog jakartagreater yang obyektif dan komperhensif

  9.  

    Mungkin aja udh dateng tapi ga dipublikasiin alias rahasia negara

  10.  

    ugg slippers neiman prada

 Leave a Reply