Jul 112014
 
KFX  twin engine

KFX twin engine

Korea Selatan mempercepat upaya mereka dalam membangun pesawat tempur buatan dalam negeri dan berencana mempublikasikan sedikit konsep KFX project kepada masyarakat, pada awal bulan Agustus.

Pihak militer berencana mengkonfirmasi kemampuan operasional pesawat ini dalam pertemuan tingkat kepala staf pada pertengahan Juli dan melakukan finalisasi pemenang kontrak pada bulan Agustus.

Program KFX yang termasuk pengembangan dan produksi pesawat tempur dalam negeri, membutuhkan dana 20 triliun Won atau sekitar USD 19, 7 miliar. Dengan proyeksi ini Seoul akan membuat 120 pesawat tempur pada tahun 2023, untuk menggantikan F-4 dan F-5.

Sejak bulan Februari, tim khusus departmen pertahanan Korea Selatan, yang beranggotakan tim: Joint Chiefs of Staff, Defense Program Acquisition Administration dan Air Force, telah menyampaikan hasil riset terkait pembangunan KFX project.

Tim khusus ini terlibat keras dalam diskusi, apakah KFX akan menggunakan platform single engine atau twin / double. Sumber mengatakan, Tim memutuskan, untuk menggunakan platform double engine.

KFX Project

KFX Project

Alasanya, pesawat platform double engine mampu membawa lebih banyak senjata dan bahkan bakar dan meningkatkan kemampuan pesawat, karena ada tambahan gaya dorong. Kemampuan pilot untuk bertahan juga meningkat, ketika satu mesin mati, namun satu mesin lainnya masih berfungsi.

Namun dibandingkan yang single engine, pesawat double engine memiliki kelamahan di bidang harga, sehingga akan mengurangi minat dari pembeli luar negeri. Harga untuk membangun KFX single engine platform sebesar 6,4 triliun Won, sementara yang double engine lebih mahal lagi, 8,6 triliun Won.

Korea Selatan mempercepat pembangunan pesawat tempur baru, untuk menutup kevakuman pesawat tempur Angkatan Udara. Angkatan Udara diperkirakan mendapatkan pemangkasan sekitar 100 pesawat pada tahun 2019, ketika hampir semua pesawat tempur F-4 dan F-5 akan pensiun. (bySong Sang-ho (sshluck@heraldcorp.com).

  82 Responses to “Proyek Pesawat Tempur KFX Dipercepat”

  1. pertamaxxxx

  2. Amin

  3. 1

  4. Lanjutkan ndan….!!!

  5. pertamax

  6. pertama hehe kloo…

  7. Ndisiti

  8. Harus lebih superior dari sukhoi s 35

    • GAK MUNGKIN !!! RUSSIA sudah buat pesawat tempur hampir 100 thn Indonesia baru belajar buat tiba tiba lebih hebat dari SU-35?

      Bukanya menghina sendiri, tapi kita harus lebih rasional dan masuk akal lah… kalau mau laku harga gak boleh di atas 60jt.

  9. Nyimak

  10. Wah berlanjut. Dipercepat pulaa
    P

  11. mantap

  12. 2enggine

  13. alhamdulillah akhirnya

  14. meskipun berlanjut tetapi tetap saja meragukan, lebih banyak unsur politisnya..

    • Setuju bung DewaKembar. Yang jadi pertanyaan, apakah pemerintah hanya akan mengandalkan KFX saja? Padahal pemerintah-lah yang paling sadar benar situasi ini.

      Kalau saja ada proyek pespur tandingan, setidaknya kita bisa kasih pesan ke mereka, ” Kalau you tidak serius kerjasama dengan kami, you bakal rugi tujuh turunan! “

  15. sesepuh pdo ng ndi iki

  16. Amin mudah2an berhasil

  17. Apakah bisa indonesia menyertakan modal saham lbh dari 20% dlm program ini?
    maksudnya agar pihak indonesia jadi punya andil dan suara besar dlm program ini agar korea tidak semena-mena menjalanlan joint program ini.
    Mohon di jwb bagi agan2 yg paham.

  18. bagusan nyang IFX atawa LFX

    • bisa bocorin dikit spek nya bung Sanjaya..? hehehe…

      • kabarnya ada active cancelationnya bung ucav. ini menurut bung freax loh bung. meski desain gembar-gembor pakai kampanye desainasi model ini, kabarnya yang diserap rasa timur juga. prototipe sih sudah ada lama bung. pernah ditawarkan cina dan india pula. cuma tertolak. penawaran pada kita positif kelihatannya. bentuknya memang agak mirip desainasi di atas. kalau salah saya say no ya!?..
        .

  19. Kalo lihat artikel diatas … itu sih cuma utk KFX artinya cuma buat Korea Selatan
    Tidak disebut IFX punya Indonesia …
    Harga satuan nya jadi mahalll amat … lebih dari USD150jt ???

  20. bung jalo, saya mau tanya, benarkah berita ini?
    saya kira ini adalah langkah nyata dari korsel atas kegagalan f35 yg mengalami masalah akhir2 ini, ternyata tidak sempurnanya proyek prestisius mamarika membabawa berkah secara tidak langsung untuk NKRI.
    harapan saya proyek ini bisa lancar dan tidak dipaksakan untuk menjadi sangat “canggih”, sehingga bernasib sama seperti f35. atas jawabannya saya ucapkan terima kasih bung jalo. salam,,

    • Bung Dianeko, harapan saya juga demikian bung, berita diatas lebih banyak muatan politisnya tidak diseebutkan tentang proyeksi apa yg akan dijalankan ke depan… Keputusan penggunaan single atau double engine aja belum fix, terlihat ragu2. Lalu mereka juga masih galau, karena tetap berharap dibantu LM, sedangkan LM sedang bermasalah karena F-35 lagi dihentikan sementara proyeknya.

      • bener juga ya bung, tetep aj berhubungan ma LM, hmm,, pasti jg msh dtarik ulur ma LM,

      • Maka itu bung JALO saya tidak terlalu berharap sama Program IFX ini. Mending kita beli dulu SU35 dan Pak FA sedangkan biar program ini tetap jalan. IPTN sejak jaman habibie saja sampai skrg buat pesawat kebanyakan masih lisensi boeing atau airbus. paling hanya 1-2 jenis buat sendiri itu pun parts sebagian masih built up. sudah hampir 30 thn saya ingat itu.

  21. Jgn berharap lebih, sesuatu yg terburu-buru tidak maksimal hasilnya, atau langsung seperti jf 17 thundernya pakistan yg desain bersama tiongkok tp mesin dan avioniknya beli sama barat

  22. numpang pertamax bung hehehe

  23. bung diego artikel ini bener apa engga sih :

    AMERIKA & INGGRIS TAKUT DENGAN PASUKAN ELIT INDONESIA
    BERIKUT WAWANCARA DI MEDIA AMERIKA

    Pukul 04.00 WIB atau jam 05.00 waktu Texas, USA, ada suatu yang istimewa dalam acara Talk Show di TV ABC 13 Texas.
    Acara tersebut bekerjasama dengan Universitas Dallas Texas.
    Karena dalam wawancara tersebut dihadirkan narasumber yang cukup kompeten.
    Tapi yang menarik acara tersebut justru menyangkut militer Indonesia.
    Talk Show di TV ABC 13 Texas menghadirkan para Jenderal purnawirawan USA dan Inggris. Tapi ada seorang mahasiswa Universitas Dallas bertanya tentang penempatan Marinir USA di Australia.
    Maka jawaban dari Jenderal tersebut cukup mencengangkan buat pemirsa semua.

    Talk Show di TV ABC 13 Texas dihadiri oleh :
    Jenderal (purn) Mike Jackson (pemimpin pasukan Inggris saat menyerbu Irak)
    Jenderal (purn) Tommy Franks (pemimpin Delta Forces saat Operasi Badai Gurun)
    Jenderal (purn) Peter Pace (mantan Jenderal US Marine dan Kepala Staf Gabungan US)

    Mahasiswa dari Universitas Dallas bertanya :
    Apa penempatan US Marine berindikasi akan serangan USA ke Indonesia suatu saat nanti ?

    Jenderal Peter Pace : “Saat ini ada 3 besar kekuatan Marinir dunia dan Indonesia berada pada posisi ke-2 dunia. Penempatan US Marine hanya untuk Stabilitas kawasan di Asia Tenggara”
    Jangan bermimpi USA berencana menyerang Indonesia meski USA pimpinan NATO. Tidak pernah terpikir oleh pemimpin USA untuk menyerang Indonesia.

    Presenter TV ABC 13 Texas, Hannah, menambahkan pertanyaan :

    USA pernah terlibat konflik di kawasan Asia Timur dan Timur Tengah, kenapa Indonesia begitu diperhitungkan ?

    Jenderal Tommy Franks : “Kita pernah punya pengalaman pahit di Vietnam dan Korea, dan semua pemimpin USA sadar siapa dibalik ke 2 negara Asia yang pernah terlibat konflik dengan kita. Indonesia adalah guru bagi Vietnam dan Korea Utara saat berperang melawan USA”

    Jenderal Peter Pace : “Kita sering berlatih dengan Indonesia, kita sadar bagaimana kemampuan pasukan khusus Indonesia, pasukan kita sering kewalahan dalam setiap latihan perang dengan Indonesia”

    Jenderal Tommy Franks : “Saat operasi pembebasan sandera di pesawat yang dibajak di Bangkok Thailand, Delta Force memantau operasi tersebut, tapi yang tidak dimiliki oleh pasukan negara lain dalam pendidikan pasukan khusus adalah. Anda akan terkejut bila mendapati satu mata pelajaran yang takkan didapat di pendidikan elite militer manapun, yakni pendidikan menaklukkan makhluk halus”

    Jenderal Mike Jackson : “Doktrin militer Indonesia sudah dipakai di beberapa negara Asia bahkan Afrika karena Indonesia memang diminta melatih beberapa negara Asia dan Afrika. Meski Indonesia kekurangan senjata tidak mungkin mudah menaklukkan Indonesia karena jika perang terjadi bukan hanya militernya yang maju perang tapi rakyatnya juga pasti turut membantu untuk menghabisi lawan.
    SAS sudah pernah merasakan saat berhadapan dengan aliansi tentara Indonesia dan rakyat indonesia. Jadi jangan pernah anggap ringan dengan Indonesia”. Ungkap Jenderal Mike Jackson.

    Seorang mahasiswi juga bertanya tentang kekuatan Asia dimata Militer Internasional ?

    Jenderal Mike Jackson : “Indonesia dalam waktu dekat akan jadi sebuah negara yang militernya sangat besar dan sulit tertandingi”

    Jenderal Peter Pace : “Indonesia memiliki semuanya dan kalau itu diopersionalkan maka Indonesia akan melampaui India dan Cina dalam perkembangan militer”

    Jenderal Tommy Franks : “Sebagai orang yang pernah memimpin pasukan khusus, saya tau banyak rahasia teknik militer yang tidak ditunjukkan dalam latihan perang bersama. Kalau saat ini banyak negara terutama yang tergabung dalam NATO mengadakan hubungan dagang militer dengan Indonesia, itu sebuah kebijakan yang tepat, karena kalau tidak akan sangat membahayakan posisi NATO di Asia, karena Indonesia memiliki konsep Non Blok. Kedepan saya harapkan tidak ada sanksi atau embargo yang dijatuhkan kepada Indonesia, karena itu dapat menimbulkan kerawanan dikawasan Asia terutama Lut Cina Selatan. Untuk urusan LCS, Indonesia adalah kunci kita. Kalau USA tidak berhati-hati memegang kunci tersebut maka dampak besar akan dirasakan oleh sekutu kita dikawasn itu”

    Dalam akhir acara Jenderal Tommy Franks mengungkapkan “Ada 1 pasukan khusus Indonesia yang jarang mengadakan latihan bersama yaitu AU. Pasukan khusus AU Indonesia adalah satu-satunya pasukan dengan kualifikasi Korps Pasukan Khas TNI-AU di Asia dan terlengkap di dunia. Meski USA juga memiliki pasukan serupa dalam beberapa satuan tapi kelengkapannya tidak mampu mengalahkan pasukan khusus AU Indonesia”. Ujar Jenderal Tommy Franks.

    ” sebegitu gaharnya kah kekuatan tni kita ”

    om request dunk penjabaran kekuatan tni kita darat laut dan udara

    unutk infantri, artileri, armed, zeni, kes, chb, dll

    tentunya dengan kekuatan alusista terbaru yah

    pleaseeeeeee ……

  24. ponsel eror

  25. kalau wawancara itu bener benr nyata . . . hmmm betapa tersanjungnya bangsa ini….tp takutnya hoak aja……

  26. nyimak aja..

  27. 20M USD, Indonesia kan modalin 5M USD
    Korea = 15M USD : 120pesawat = 125jt USD/pesawat
    hmm… sangat layak ditunggu spec dari KFX/IFX tersebut dengan harga yg “wah” per pesawatnya

    gw yakin sih ini pesawat ok punya, secara korea pasti menandingi pesawat di kawasan (china, jepang dan korut)

    can’t wait august for details of this fighter… semoga bener gen 4++ plus pinsil-pinsil gaharnya

  28. wah brita bagus ni semoga tetap lancar proyek KFX/IFX nya…btw apa ada sistem stealth utk KFX/IFX

  29. klo dobel engine berarti tipe C103i atau C103 aja,, padahal klo dikembangkan lagi dgn weapon in bay, kemampuan nya meningkat menjadi benar2 stealth,, \

    mudah2an PT,DI & LAPAN bisa mengembangkan nya dgn tipe C103iA

  30. yakin kita kerjasama itu kok KFX aja mana IFX

  31. ayo kerja…..kerja……..kerja……. jngan asik melihat disebelah

  32. jgn kuatir…di pt di juga sedang di kembangkan rancang bangun pespur asli indonesia.cuma bth dukungan dr para elit aja…enjiner enjiner kita sdh terbukti mempuni…fasilitas di PT DI jg sudahmendukung.

  33. Yupz..semoga..dobel engine ini kan yang dipilih kemaren2 oleh pt.di…mereka malah pilih down grade…kalau bener jadi ifx c103 : CETAR MEMBAHANA BADAI…

  34. proyek gagal dari tahun2 lalu bahasan hanya single engine dan double engine.

    • design n kualifikasi awal sangat penting. kalau sdh spt F35 sudah perbaikan major sudah ga bisa dilakukan. perbaikan minor pun akan sangat mahal.

      • desain dan kualifkasi itu mengikuti engine.. ini hanya menentukan engine saja waktu yang dipakai harus bertahun2 studinya. bikin ketawa. ibarat orang sudah berangkat ke mekkah, dia masih diam ditempat sambil ngayal. bikin ketawa..

        Sepertinya insinyur indo membutuhkan penataran nalar. biar pikirannya cepat dan tanggap mengambil keputusan.

        • kebalik bung. sejak awal pembahasan mesin insinyur kita sudah sudah memutuskan double engine. supaya bisa menjangkau area yang lebih luas. insinyur korea aja yang masih bingung. negara sekecil korea pakai single engine sdh cukup mengkover luas wilayahnya.

          • Assalamualaikum wr.wb
            menurut saya negara korea cuma pikirannya bisnis doang keknya :v
            korea memilih mesin tunggal karena biaya perawatannya yang lebih murah serta di anggap kompetitif di pasaran pespur.
            sedangkan para insiyur kita memilih 2 mesin karena dianggap dapat meningkatkan performa pespur serta mudah untuk di kembangkan ke generasi selanjutnya.
            yang jadi masalah sebatas mana kita dapat mengintervensi dalam perancangan serta produksi KFX/IFX.
            belum lagi amirika juga ikut mengintervensi dengan iming” pespur f35, tapi terakhir yang saya baca f35 terkena masalah mesin saat mau lepas landas, la kalau kejadiannya di udara apa tidak jatuh itu pesawat?

            kalau salah ya maaf 😀
            maaf oot 😀

        • kita yang hanya tahu bagian luar dari seluk beluk proyek ini janganlah berkata sinis seperti itu. dulu nalar insinyur Indonesia (Habibie) juga dipertanyakan banyak orang saat merintis industri strategis di negara berkembang yang baru berada di kategori agraris

  35. Kalo nih KFX dijual dgn harga 125 usd perbiji apa ga kemahalan ya, katanya dulu waktu awal perencanaan hanya akan dijual dgn harga dibawah sukhoi, lha kok akhirnya harga jd sebanding ama pespur eropa. Apa kira” bs bersaing dgn pespur eropa dipasaran global? Kecuali harga segitu pespurnya sdh gen 5 stealth.
    Tp utk niat percepatannya patut dihargai, mudah”an aja terbukti …

  36. Saya mau tanya nih dengan bung Nara, jika KFX dipercepat proses pengembangannya lalu bagaimana dengan IFX, apakah dipercepat juga

  37. Assalamualaikum, ijin nyimak , setuju banget Banget ulasan Bung Jalo , keliatanya kental unsur politis , dari dulu kok bingung mau single engine or double engine , mau senjatanya yang di kantong kaya kanguru or senjatanya yang di gendong , klo emang menurut mereka urgent saya pikir urusan export ga sepenting urusan mereka di kawasan, sory pendapat orang ngawur…..

  38. bener juga ya bung, tetep aj berhubungan ma LM, hmm,, pasti jg msh dtarik ulur ma LM,

 Leave a Reply