Nov 102015
 

7kri

Ini adalah 7 kapal perang yang dikirim Indonesia ke Laut Natuna yang berbatasan langsung dengan wilayah sengketa, Laut China Selatan.  Kapal yang dikirim tampak beberapa jenis yang saling melengkapi. Ada kapal angkut Landing Dock Helikopter, Kapal anti-anti kapal selam di kiri dan kanan, serta kapal anti kapal permukaan. Tentu dalam formasi seperti ini, akan ada kapal selam yang berlayar di bawahnya. Mungkin warjager, bisa melengkapi cerita tentang jenis dan formasi kapal perang Indonesia ini.

Indonesia juga mengerahkan sejumlah jet tempur F-16 dan Hawk ke Laut Natuna. Hawk tampaknya diposisikan sebagai pesawat pengintai dan air covering untuk armada kapal perang ini, sementara F-16 akan bertugas sebagai elemen pemukul.

Adalah hal yang menarik mengapa TNI memilih F-16 di medan ini dan bukan Sukhoi 27/30. Tampaknya ancaman yang dianggap serius di  sini adalah armada China yang juga memiliki pesawat tempur Sukhoi dari Rusia, Untuk itu anti-dot nya, TNI memasang F-16, yang China tidak paham detil dari manuver pesawat ini.

Mungkin kalau yang dihadapi Australia, Indonesia akan memajukan Sukhoi SU27/30, yang Australia tidak paham detil dari kemampuan Sukhoi.  Jika asumsi ini benar, maka kemungkinan TNI AU ke depannya akan membeli juga F-16 Viper, atau dari blok barat lainnya, sebagai anti-dot dari pesawat tempur China alias Tiongkok. Jika tidak membeli Viper, kemungkinan TNI AU akan mengandalkan upgrade F-16 block 25ID, yang kini sedang proses pengiriman ke Indonesia. Sementara SU-35, akan bertugas jika berhadapan dengan armada pesawat tempur Australia, Singapura dan Malaysia. Untuk skenario di Laut China Selatan, SU 27/30 bisa menjadi back up bagi F-15 (reserve).

 

f-16 lcs

Hari senin kemarin Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu mengatakan akan meminta penambahan alutsista karena situasi di Laut China Selatan memanas. Pernyataan ini diperkuat oleh Komandan Korpaskhas, bahwa mereka akan konsentrasi membeli pertahanan udara berbasis rudal. Dengan demikian patut diduga, di pulau Natuna ke depannya, akan dipasang sistem pertahanan udara jarak menegah/ jauh, untuk supremasi udara di wilayah itu, sekaligus melindungi armada TNI AL yang nantinya akan berjaga di sana. Jika tidak ada pertahanan udara jarak menengah/ jauh, akan berbahaya sekali bagi armada TNI AL yang ada di sana, karena rata rata sistem pertahanan kapal perang Indonesia masih berjarak pendek.

TNI AL juga akan membeli 6 kapal selam Kilo dan Amur yang diduga akan dijadikan anti-akses bagi armada lawan yang mencoba-coba masuk ke laut Natuna.  Indonesia juga sedang membeli helikopter Apache dan Chinok.  Menteri Pertahanan yang lalu mengatakan, Apache akan ditempatkan di Natuna, sebagai tank-killer, jika ada lapis baja musuh yang coba mendarat. Sementara Chinook bisa mendeploy pasukan dengan cepat, untuk pergerakan pasukan.

Indonesia yang tadinya tampak pasif dan seperti gadis manis, kini mulai menunjukkan jati diri dan mulai  serius dalam menjaga wilayah di Laut China Selatan.

Bagikan Artikel :

  84 Responses to “Proyeksi Kekuatan Militer Indonesia di Laut China Selatan”

  1.  

    Mantaff

  2.  

    Ayo…ditambah – tambah….

    •  

      saya tidak merasa heran tentang ngototnya tiongkok wong itu nama laut china selatan (LCS) ya jelas punya mereka klo gak mau ribut ngapain tu laut dinamain LCS!! harus tu seluruh samudera hindia kepunyaan nya indonesia wong namanya di ambil dari indonesia

  3.  

    Semangat ..

  4.  

    Pantang mundur!!!

  5.  

    Berjalan Pelan tapi pasti

  6.  

    Di majalah angkasa pernah diulas mengenai pembatalan penempatan skadron apache di natuna dg pertimbangan kesulitan dalam melakukan perawatan heli yang teknologinya masih baru dilingkungan tni-au, jadi skadron apache tetap akan berada di pulau jawa.

    •  

      apa g salah tempat y bung, apache d taruh d natuna kalau untuk anti-tank rasanya kecil kemungkinan d natuna, untuk AAW juga gak mungkin, masak AShM? lbh cocok panther dgn role ASW nya

  7.  

    Nyi roro kidul, ikut jalan2 ngalor. xixixi

  8.  

    pertamax

  9.  

    Mantap dah…

  10.  

    SEKARANG SAYA MAU TANYA SAMA SAUDARA SAYA YANG DARI NEGARA MALAYSIA YG SUKA MENGIKUTI BERITA2 DI JKGR INI…DAN SUKA MENGANGGAP INDONESIA MASIH LEMAH DI BANDING NEGARANYA…8NILAH KEKUATAN TNI DI NATUNA DALAM MASA 5 TAHUN KEDEPAN.6 KAPAL SELAM KILO.8 AH 64 E GUARDIAN.32 SU 35.16 SU 27.30.34 F 16…RUDAL ANTI UDARA JARAK SEDANG KLUB S…DAN MASIH BANYAK LAGI…. DI MANA PERKEMBANGAN NEGARA ANDA….SAYA RASA SEMAKIN LAMA SEMAKIN JAUH…INI MASIH 0.8%PDB KALO 1.5%……DAN BUKAN TIDAK MUNGKIN JIKA PERANG TERJADI 8%PDB AKAN DI GELONTARKAN UNTUK PERTAHANAN….BELUM LAGI BERJUTA RAKYAT NKRI YG PENUH DENGAN RASA NASIONALISME YG BESAR….JADI BRRCERMINLAH

    •  

      Bukan dari berita hoak…namun analisnya seperti itu.dan ini juga mengikuti apa kata dari petinggi tni.bahwa tni al tertarik pada ks kilo…tni au su 35 yg dilu 16 buah tapi karna pertimbangan tot di gandakan jadi 32..dan juga pernah ngebaca berita tentang ketertarikan dari pihak TNI untuk mendapatkan rudal darat ke udara dari leluaran s 300…apa berita ini josx.bila berita ini hoax…maka ada peraturan iud di negara kita yg perlu di benahi tentang agar para wartawan onlin di blok2 internet..agar menulis berita yg benar2 falid dan terpercaya.bukan begitu

    •  

      emang lo punya duit lon?? ya malon emang gak pernah ngomong kite nak beli ini, nak beli itu..lawong gak ada wang hahahaha….itu bedanya sama kita…di kita intuk pertahanan dan keamanan negara dan isinya,kita masih ada uang, misal masih kurang kita msh bisa usahakan,nah sekira keuangan kita mampu ya wajar dong sebagai negara demokratis kita selalu bertukar pikiran sama sama punya hak untuk mengeluarkan pendapat toh tujuan nya sama…jadi jangan lah kau lon iri kepada kami ketka kami berbincang akan beli ini..itu, baiknya ini..itu…ya kan kami ada uang lon ya wajar dong hehehe…makanye ngacaa tuuuh lon..

    •  

      jaman dulu apapun kita ngk punya cukup bermodalkn bambu kalau negara kita di serang hanya krn itung itungan ekonomi kita diam mau dibawa kemana bangsa ini

    •  

      MALOONTEEE Beruuk kereee yang sok kayaa…
      bangsaa budaak british…
      bangsaa maliing hahahahaaa MALIING…
      AWASS PISAANG PD DIJAGA BERUUKNYA LEPAS nig bung Collibri…

    •  

      @warga asean,,,:eh gw tau lo org indonesia,,gksh bikin keruh diforum inilah,,bikin ribut aja..ngapain juga lo pke nyamar jd org malay??sarap lo..tuk admin yg laen,,jgn ladenin nih org,,lagian kenapa ciiy setiap aktifitas militer baik senjata atau kemampuan slalu dilirik malon,slalu berita malon,slalu patokannya malon,,,,klo mw militer tanggung jangan jadikan malon sbgai patokan militer, ,patokan militer qta tuh yg besar,,kya china,india,korut,,itu yg hrs jd patokan,,malon mah bukan apa2,,gk pantes jd saingan kita….apa2 malon,apa2singapore…hadeehh,,gmn mw maju

  11.  

    Terus isu konflik nya di panasin biar Indonesia beli alutsista yg handal dan mumpuni demi NKRI jayalah TNI.

    •  

      Sstttt….. jangan bocorin rahasia… klo sebagian laut natuna di claim cina cuma sekedar isu…
      Biar yg duduk di parlemen terbakar rasa nasionalisnya. Dan Mau menggelontorkan Dana lebih dari anggaran yg disediakan untuk jajan Alutsista..

      ( hehehe… mabok pisang kayaknya NIH… jadi ngaco…)

  12.  

    tambah seruuuu…..,
    tp semoga tetap damai

  13.  

    Klo bisa jangan sampe pecah perang, mendingan damai tidur makan nyaman!

  14.  

    ,,,Bila Perang terjadi antara AS dan China lalu Indonesia terseret kedalam Konflik. Akan kemana Rusia berpihak?? Bukankah mereka pernah berkata akan membantu Indonesia walau tdk diminta bantuannya bila melihat sahabatnya terancam?? Bukankah China juga sahabat Rusia?? @Mohon pencerahan dan analisa dari para Sepuh,,, sebuah dilema yg akan bisa terjadi. Piss

    •  

      klo sana teman, sini teman, cukup diem aja udah membantu….alias membantu gk nambah masalah, hhheee

    •  

      Bang ST…menurut hemat saya, apabila terjadi konplik di LCS, china tidak akan membuka front dengan indonesia, hal ini dikarenakan banyaknya warga indinesia keturunan china. ingat kejadian jaman soekarno.

    •  

      Bung WA tak usahlah kau pikir tentang indonesia, cukup anda ketahui katanya malay tu hebat, kaya, canggih entah apalah lainnya, saya hanya ingin mengigatkan MH 370 kagak ketemu jua. mana kehebatan malay, mana canggihnya malay padahal sepupumu ausi dan pamanmu si sam sdh setengah mati tu…nyarinya.

  15.  

    ..seperti kata presiden”..indonesia bukan bagian dari konflik LCS..”sebuah pesan yang ingin disampaikan lewat dunia namun ditujukan pada negeri panda…???
    ..bilamana- negeri panda- tetap memaksakan kehendak untuk mengklaim sebagaian perairan natuna sebagai kawasan LCS-nya…maka indonesia akan datang sebagai-tamu ta diundang -untuk terlibat langsung didalam konflik LCS…!! !! !!!
    ..lalu apakah-negeri panda-sudah menyiapkan diri untuk mengantisipasi jika mana akan hadir dan adanya indonesia dikonflik LCS…?? ??
    ..namun nyatanya meski -peta terbarukan-milik negeri panda sudah tercetak.tetapi pemerintahan panda sampai sekarang masih-malu22 diri-untuk mengakui perairan natuna sebagai bagaian miliknya…xxixixiiiiiii
    ..atau mungkinkah -indonesia-ku akan dijadikan -lawan akhir -bagi negeri panda…????
    …biarlah roda waktu berjalan membawa pedati jaman-nya….xixixiiiiiiiiiiiiiii

  16.  

    Kami dukung untuk setiap pembelian alutsista yang memajukan bangsa indonesia, dan kami jg berharap untuk pembelian tersebut agar di rahasiakan dan tidak di publikasikan. Supaya apa..? Supaya indonesia tidak bisa di deteksi dalam hal kekuatan militernya oleh negara manapun .

  17.  

    Hehehehehhehe… Makin gahar dan sangar Natuna.. Cari info getaran di dkt natuna yg tempo hari diberitain colek kumendan@ Bakul Panci ama bung @Ts ahhh…wkwkwkwkwkwk kali aj keceplosan..hahahahhahayyy..

  18.  

    Tuh kan saya bilang, indonesia itu emang harus di colek dulu….baru uratnya pada keluar…makanya jangan coba coba deh, ntu baru spermilinya kekuatan bla..bla…bla…duh jangan sampai indonesia di sodok, klo sampe di sodok…sejarah surabaya dan bandung akan terulang….

  19.  

    Natuna akan jadi base armada terlengkap seperti Armatim dan dan Armabar, karna wilayah ini sangat penting bagi kedaulatan NKRI, Dan tentu saja Natuna juga membelah wilayah Malaysia, dan head counter LCS jika TERPAKSA perundingan tak berlaku. Meskipun terjadi perang di LCS Indonesia tidak akan menarik pelatuk dan hanya sebagai guard wilayah, kecuali ada peluru nyasar ke Natuna. Hehe.. Akan ada lautan Api di LCS. Ngebanyangin kapal induk disabotase gimana yaah caranya..??:D

  20.  

    utk melawan pespur sukhoi SU-27 & SU-30 china ialah doktrin pespur blok barat, apa bisa dg mengandalkan F-16 bekas dgn rudal jarak pendek, lain cerita jk kita punya rafale & typhoon dg rudal jarak panjang dan juga sistem pertahanan udara jarak menengah/ jauh dr blok barat, semua bisa jk ada inisiatif dr pihak Brunei, hal yg terpenting Indonesia tdk mungkin kuat selamax berpijak dua kaki (barat & timur), utk itu sy meminta para petinggi secepatx di kebut program kemandirian alutsista 3 matra made in Indonesia

  21.  

    walaupun malon punya pesawat yang katenye lebih canggih dari indonesia, tapi kalo mental dan skill pilotnya memblee mah percuma. tidak di pungkiri, kecanggihan teknologi faktor penting dalam sebuah pertempuran. maka dari itu sedikit demi sedikit TNI membenahi alutista 3 matra. flash back picth black 2014 di ausiee, sukhoi AU menggetarkan para penerbang super hornet. jayalah TNI sang pelindung Nusantara, bersama rakyat kita kuat.

  22.  

    pak Poer (12 Agustus 2012) :

    “there will be additional F-16s donated (on top of the first batch of 24 fighter planes) which is still underway. Once it is complete, our (F-16) strength will increase three fold”

    ———-

    artinya jumlah F-16 sampai 2029 adalah 3 skadron, ditambah 2 skadron Viper menjadi 5 skadron … sisanya mungkin Gripen 2 skadron …

    silakan tidak suka F-16, namun ingat musuh kita bukan cuma pakai pesawat blok barat tetapi ada juga yang pakai pesawat dari blok timur … jadi pesawat kita juga harus dari 2 blok supaya mudah berlatihnya … malah kalau boleh saya pengen Indonesia membeli 1 unit F-35 dan 1 unit J-XX buat jadi penjahatnya dalam latihan … kikikikih …

  23.  

    @warga asean”satu2 nya kebdohan orang2 malingsial ya ini,,,terlalu menyombongkan diri,,,berlagak sok pintar sok hebat sok kaya,,negara plagiat kebudayaan kamu banggain??negara pencuri budaya kamu sombongin??paling2 kalo bner2 perang jg ente bakalan kabur,,,baru kena asap aja udah kayak banci ilang kolor nya apalgi klo sampe perang,,,sana gih bobok aja ntr sakit loo,,,,

  24.  

    task force nya keren, biasanya battlegroup dinamain sama dgn induk yg dikawal, bakal lengkap kalo ada PKR yang emang cocok buat ngawal si Banjarmasin-class. itu kcr juga ikut?

  25.  

    @warga asean,

    http://bernama.com/bernama/v8/ge/newsgeneral.php?id=1188241

    strengthen defence ties? bilang aja takut gitu, menceeee

    banyak omong luh

  26.  

    Hati hati saja, kemungkinan jika terjadi apa apa yg ambil untung si asu dan kroninya

  27.  

    Kalau menurut saya sih, Dominasi kapal selam,rudal dan pesawat yang akan bermain di LCS .mumpung drago lagi sibuk sama yang lain harusnya kita mengupgrade kemampuan dibidang rudal,kapal selam dan pesawat

  28.  

    F-16 Indonesia dgn mercon sidewinder nya menantang SU-30 china, …… jangan konyol !!!

  29.  

    Hehe nangkring disini ah di atas lagi rame yg bawah sepi.. hemmm LCS itu kompornya, kue tarnya baru di masak. Siapa sih yg gak mau kebagian kue tart gratis di siang bolong, seperti kata bung Rajek Wesi “utara dan selatan sedang “kobongan(kebakaran)”, beberapa hari yg lalu armada perang US sudah mengitari LCS , apakah mereka sendirian?? Tentu tidak ketika semua mata tertuju padanya maka yg selatan mulai intip-mengintip mau lewat mana nih PNG atau jln pintas? Tentu saja lewat jalan pintas, lalu apa yg di bawa, ada siluman, ada lontong balap, namun apakah jln pintas ini rela diinjak” hehe silahkan asumsi sendiri
    Ketika siluman masuk banyak yg ngunci, ketika lontong mau masuk balik kanan, ketika otok-otok masuk liat otok-otok yg jauh lebih gahar menghadang
    Lalu di lau utara ahh jangan tanya yg di sini banyak bertebaran paku biar pada kempes, paku yg bisa meluncur dr bawah laut dgn jangkauan jauh, belumlagi layangannya ELBOT??TUKINO?? hehe mereka hanya pelengkap saja,, yg bisa mutar muter , pensilnya cukup buat gigi meringis lalu nangis, panca indranya wa ini ibarat mata memandang mungkin dr Jakarta bisa lihat Cirebon,,, daya jelajahnya 2,5x pulau jawa, belum lagi yg membantu dengan radar wihhh bisa tambah ribuan jengkal memandangnya. Secara umum kita sudah siap semua, baik SDA dan SDM jgn tanya BBMnya mana, anggaranya duite sopo, yg jelas ada dan siap

    •  

      Ah bung bp kemana aj bung hahaha, salam Sehat selalu tuk anda dan semua,beberapa hari ini rame yg lewat tengah malam bung,lagi ronda apa lagi ngejar target yh,hehehe apa lagi pindahan ya bung thx u infonya yh

      •  

        Hehe sepertinya begitu bung, akhir” ini memang ada siluman petir sama kompatriotnya sedang main petak umpet, dan saling intip, yg di utara main-main, yg diselatan ciluk ba hehe, tp tenang burung besi kita siap siaga 24jam penuh dengan dukungan yg tak akan diketahui . Salam juga bung buat anda dan keluarga

        •  

          Wah mbah bp,apa kabar?semoga sehat selalu di usia yg sdh kenyang asam garam kehidupan,ya mereka memang bersiap mengiris kue tart,tapi kita tidak akan membiarkan kue itu dimakan srigala dan ular berkepala dua.kita hanya mau kue itu utk anak keturunan kita,silakan coba coba maka yg songong akan binasa,

        •  

          Tenang bung peter xi xi xi,ad jin ifrit,sukro telolimo,bebek goreng,dan satu lagi layangan terbaru yg bisa melayang2 dan muter2 xi xi xi petir gak jadi bergemuruh xi xi xi

    •  

      Wah bung BP tumben turun gunung. Dah bosen ape di pojokan mulu. Di atas rame krn lg ada kucing kawin bung hehehe..

    •  

      bung bp…disini jangn dtinggal lama lama bung, po o sering2 dtengok yaa…

    •  

      Hehheehehehehe… Numpang nimbrung ndan…btw sonora sama sonotan dah pake pampres semua dong ndan.. Pada terkencing2..wkwkwkwk… Apalagi negara wakwaw yg jaguh kayaknya mulai cepirit keluar ampas dicelana juga ditongkrongin PLA dilautnya ..bukan angkat tangan lagi tp sampe buka celana…hahahhahaha…. Salam sehat selalu bung BP…

  30.  

    Fotonya mantap…,

    Kapal Induk Versi Indonesia, dikawal 6 kapal + 1 kapal selam dibawahnya…

  31.  

    waktu semenanjung dijajah portugis,kerajaan mataram dr pulau jawa membantu dgn mengerahkan ratusan kapal perang meskipun tdk berhasil membebaskan ker melayu malasia,ingatlah sejarah,bila terjadi peperangan di lcs yg akan membantu adalah bangsa serumpun ini,karna warga malasia keturunan cina dan india diragukan mau ikut perang,ingatlah org melayu dimalasia cuma 55% sudah termasuk pendatang dr indonesia,inilah fakta dan pakailah logikamu

  32.  

    Kadang heran baca berita militer…apalagi buat org awam.

    Selama ini sepertinya kita tdk pernah bersitegang dengan China, justru kita selalu bermasalah dengan tetangga2 kita yg usil dan selalu melecehkan kita, apalagi disaat kita lemah.
    Ada yg sempet perang kecil2an ada juga yg cuma tarik2kan krah baju.

    Apakah ini satu cara utk punya alasan memperkuat Nusantara, utamanya dihalaman depan ?
    Apakah pasti bahwa yg kita perkirakan akan berpotensi sbg musuh adalah Panda ?
    Atau sebenarnya utk mengantisipasi negara lain yg lebih berpotensi sbg musuh kita ?

    Tapi apapun itu & siapapun calon musuhnya, TNI dan Rakyat siap bahu membahu mengusirnya.

    Ibarat kata pepatah, musuh jangan dicari tapi klo ketemu jangan lari.

    NKRI negara besar, klo diibaratkan orang…mustahil ada orang besar, berotot & bernyali tapi tdk punya tenaga karena salah satu sumber tenaga selain NASI adalah NYALI.

    Jayalah Indonesia-ku
    Jayalah TNI-ku

  33.  

    Taruh pespur dinatuna.kaprang jga..apa ada hubunganya pesawat kitir yg masuk di NKRI dan kasel yg segede gaban di subic bay…apa ada yg slonong boy di natuna???? Sepertinya lagi ada kontra intelijen di lcs…

  34.  

    warga asean…jika terjadi konflik cina malasia,keturunan cina malasia akan menghindari berpartisipasi,pemerintahmu sudah menyadarinya,makanya pemerintah malasia tdk terlalu keras bahkan menghindari konflik lcs,warga negara indonesia tanpa diminta pasti tetap membantu,dg alasan jihad

  35.  

    militer Indonesia harus jd yg terkuat untuk memantapkan posisi Indonesia sbg negara non blok,sekaligus sbg penjaga perdamaian dunia,,, berharap agar Indonesia punya senjata yg paling ampuh,yg mampu memantulkan tiap serangan untuk menyerang balik pengirim serangan walau sekelas bom nuklir sekalipun,,, biar jadi senjata makan tuan bagi negara yg menyerang Indonesia,,,

    mungkin gk ya,,??? hehehe

  36.  

    Bung IB….Melihat formasi tempur armada RI diatas ….keren abiss deh….yg jadi pertanyaan ane nich kira kira apa lontongnya sikembar Cokro & Nonggolo. apa iya tu lontong sakti banget lawan lontong china ??. nah klau 2 lontong ikut formasi tempur di natuna trus di wilayah lainya kagak ada lontongnya dong..??? kepiye ni cak. artinya ALKI dengan Senora dan Sonotan ndak ada yg jaga ?
    ane ragu ni lihat formasi Natuna jangan jangan yg dibawah Lontong hebat.

  37.  

    MALAYSIA MENAWARKAN KOTA KINABALU UNTUK PERSINGGAHAN ANGKATAN LAUT CHINA…

    KUALA LUMPUR, Nov 9 (Bernama) — The Royal Malaysian Navy (RMN) has offered China the port of Kota Kinabalu as a stopover location to strengthen defence ties between the two countries.

    RMN Chief Admiral Tan Sri Abdul Aziz Jaafar said the matter was mentioned during a courtesy call by a top Chinese Navy delegation on him today.

    “Prior to this, the port of Kota Kinabalu had also received the visits of the United States and French naval ships.

    “The enhanced defence relations between RMN and the Chinese Navy is a move to overcome problems and issues relating to overlapping border claims.”

    He told reporters after receiving the courtesy call by the Commander of People’s Liberation Army Navy (PLAN) Admiral Wu Shengli and 11 senior officials, who are on a three-day visit to Malaysia.

    Abdul Aziz said the move was in line with the government’s aspiration to adopt the best solution to secure peace and security in South China Sea.

    “This is an opportunity for us to learn from their methods of operation and getting to know more of their submarines which will be docking here.

    “We could learn more about foreign submarine operation from them,” he said.

    After the courtesy call, a special guard of honour parade was held at Dataran Wisma Pertahanan in conjunction with the retirement of Abdul Aziz on November 18.

  38.  

    MALAYSIA MENAWARKAN KOTA KINABALU UNTUK PERSINGGAHAN ANGKATAN LAUT CHINA…

    KUALA LUMPUR, Nov 9 (Bernama) — The Royal Malaysian Navy (RMN) has offered China the port of Kota Kinabalu as a stopover location to strengthen defence ties between the two countries.

    RMN Chief Admiral Tan Sri Abdul Aziz Jaafar said the matter was mentioned during a courtesy call by a top Chinese Navy delegation on him today.

    “Prior to this, the port of Kota Kinabalu had also received the visits of the United States and French naval ships.

    “The enhanced defence relations between RMN and the Chinese Navy is a move to overcome problems and issues relating to overlapping border claims.”

    He told reporters after receiving the courtesy call by the Commander of People’s Liberation Army Navy (PLAN) Admiral Wu Shengli and 11 senior officials, who are on a three-day visit to Malaysia.

    Abdul Aziz said the move was in line with the government’s aspiration to adopt the best solution to secure peace and security in South China Sea.

    “This is an opportunity for us to learn from their methods of operation and getting to know more of their submarines which will be docking here.

    “We could learn more about foreign submarine operation from them,” he said.

    After the courtesy call, a special guard of honour parade was held at Dataran Wisma Pertahanan in conjunction with the retirement of Abdul Aziz on November 18.

    •  

      Kesian … kesian …. kesian. Karena merase tidak lagi di dukung tuanku british, terpakse menjual diri ke china. Benar2 negare yg telah kehilangan kehormatannye (kehilangan marwah).

      Memang beda kelas, tuk merespon china di lcs,
      Indonesia kirim kapal perang ke natuna,
      Jiran nawarin pelabuhan buat nyemirin kapal2 Al china!?!?!?!

  39.  

    kira2 beda ga ya antara masyarakat menjadi pemulung dg veteran perang jadi pemulung ,KATANYA bangsa besar bangsa yg selalu mengingat jasa pahlawan, berarti ?????????

    •  

      sangat beda dengan tdk punya pahlawan spt negara mu (malasia)
      karena sejatinya negaramu belum merdeka sampai detik ini..
      bahkan tdk akan pernah merdeka selamanya..
      meski kami banyak kekurangan tp inilah kami dg segala kebebasan dan kemerdekaan. bukan spt negaramu yg penuh ke pura2 an dan bayang2 britis..
      merdekakan diri mu dan negara mu dulu baru bicara lg dengan kami …
      semoga km masih menemui waktu itu..

      •  

        cah cilik @ apakahah anda tipe anak alay yg tidak punya akal, langsung memvonis org lain macam2, aku yakin anda tidak mendapatkan pendidikan yg benar dari org tuamu hahaha…

      •  

        cah cilik @ apakah anda tipe anak alay yg tidak punya akal, langsung memvonis org lain macam2, aku yakin anda tidak mendapatkan pendidikan yg benar dari org tuamu hahaha…
        kalau ente bilang daerah saya termasuk malaysia, silahkan ajukan ke presiden suruh lepas aja pulau sumatra ke malaysia…

  40.  

    tipe anak alay yg tidak punya akal, langsung memvonis org lain macam2, aku yakin anda tidak mendapatkan pendidikan yg benar dari org tuamu hahaha…

  41.  

    cah cilik @ apakahah anda tipe anak alay yg tidak punya akal, langsung memvonis org lain macam2, aku yakin anda tidak mendapatkan pendidikan yg benar dari org tuamu hahaha…

  42.  

    Namanya jg konflik LCS… Laut Cina Selatan gto lho , artinya konsentrasi utama perang nantinya banyak dilautan , jadi AU dan AL itu yg utama diperhitungkan selain rudal jarak jauh antar negara . dan AD belakangan .

    Realistis sja , dg minimnya dan modernitas alutsita AL AU kita bisa kebayang apa yg bs dilakukan TNI di LCS nanti jika terjadi perang???

    bukan maksud meremehkan kemampuan TNI jika perang darat.. AD kita masih yg terbaik , namun untuk AL AU msh belum cukup kuat baik scr kuantitas maupun kualitas utk menghadapi armada tempur cina .

  43.  

    no drop@ ngomong naon sia !!! nih ngomong sama kaki gue

  44.  

    lah Jokowi baru dari Entikong.

  45.  

    ketauan anda malah ga pernah keluar p.jawa. Di luar jawa, sepanjang jalan jokowi jalan kaki dikerumuni rakyat. Manusia seutuhnya. Ga ada rakyat yg belum selfie ama jokowi.

 Leave a Reply