Sep 222014
 
C 295 AEW

C 295 AEW

Ketertarikan TNI AU untuk memiliki pesawat peringatan dini, Airborne Early Warning (AEW), sempat mengemuka pada tahun 2012.ย Bahkan saking ngebetnya, Airbus Military, produsen pesawat C 295 mengecat varian C295AEW dengan kamuflase pesawat TNI AU.

KSAU Marsekal Imam Sufaat saat itu, memang pernah menyampaikan ketertarikan TNI AU untuk memiliki pesawat platform AEW. Namun Menurut KSAL, Indonesia membutuhkan platform yang lebih besar untuk memperluas daya tahan misi pesawat tersebut.

Airbus Military pun “move on”, mencoba memenuhi persyaratan TNI AU dengan membuat C 295 model winglet.

Modifikasi C 295 itu, tampaknya tidak hanya untuk meningkatkan jarak jangkau dan ketahanan terbang, dan memperirit konsumsi bahan bakar. Modifikasi dilakukan kemungkinan untuk memenuhi kebutuhan TNI AU akan pesawat AEW.

Apakah pesawat ini yang akan diambil ?. Tidak tahu. Yang jelasย TNI AU telah memasukkan satu pesawat AEW pada pembelian alutsista 2015 – 2019, seperti tabel berikut:

5

Airbus Military memiliki kerjasama yang kuat dengan PT DI. Sejumlah pesawat rotary TNI kini menggunakan produk kerjasama Airbus Helicopters dan PT DI, seperti: Cougar, Fennec dan Panther.

Dengan pesanan helikopter serentak dari TNI AU, AL dan AD ke PT DI, sesungguhnya pemerintah sedang melakukan penguatan terhadap PT DI, lewat Airbus Helicopters. Hal ini sekaligus untuk mempermudah perawatan dari alutsista tersebut.

Kini, dengan adanya tawaran dari Airbus Military terhadap C295 AEW, pemerintah bisa memainkan perannya lagi. Airbus Military bisa diminta membantu PT DI, untuk terus memodernisasi fasilitas manufaktur yang memungkinkan perakitan pesawat C 295 AEW di PT DI. Hal ini seiring dengan Indonesia yang juga memesan 9 pesawat C 295. Patut diduga, salah satu pesawat C 295 nanti akan muncul varian C 295 AEW.

Pesawat AEW sendiri adalah pesawat yang dilengkapi dengan radar yang mampu menampilkan pencitraan, dan medeteksi benda jarak jauh, juga memiliki kemampuan mengintai musuh atau wilayah musuh dari udara. (JKGR).

Bagikan:

  95 Responses to “Proyeksi Pesawat AEW TNI AU”

  1.  

    Selamat pagi…!!!

  2.  

    Pertamax gan…

  3.  

    selamat pagi,mohon izin nyimak

  4.  

    Slmt pgi warjager… Nyimak smbil nggu sesepuh hadir lg dsni ..

  5.  

    mungkin ada yang bisa membantu untuk menjelaskan “SIGINT & COMMINT (signal & communication inteligent”) ?

    •  

      Kalo di jelaskan rinci bisa panjang X lebar lapangan bola senayan bung.. hehehe

      Jobdesk mrk adalah menyerap semua informasi yg berterbangan/bertaburan di permukaan sampai udara ( sinyal radar,alkom,gerakan) kira2 simplenya seperti itu bung.

      •  

        jadi punya kapabilitas jamming dan anti jamming juga ya bung PR???
        termasuk intercept alkom musuh???
        intinya semua jenis pernika bisa di handle ni pesawat???

        salam dari juru parkir bung PR ๐Ÿ™‚

      •  

        ada sedikit pertanyaan bung PR. tolong dibabar khusus untuk teknik penyadapan informasi lewat gelombang radio dalam misi sigint dan commint ya….terima kasih

        •  

          Simplenya seperti mendengar siaran radio bung. Klo utk freq kita biasa main di UHF,VLHF,VHFdan micro.

          Tentunya anti dan bisa jamming dg multiple band, biasanya anak2 switch ke multiple band dg bandwidth ny beragam skaligus activ locator beam bahkan ada yg sdh di instal voice recognition multiple scanner.. hehehe. Yah makanya anak2 Camar di julukin Cleaning Service..xixixi

        •  

          @pemburu rajawali

          Memang pesawat patmar tni sudah dilengkapi peralatan EW/ESM?

          Bukannya baru2 ini saja dipasang pd cn-235 mpa…

          Setaunya tni belum punya pesawat yang didedikasikan u/ sigint (thailand dan aussy dikawasan ini yang sdh punya)

  6.  

    Kangen opini dari Bung Yayan…

  7.  

    Jarak jangkau dan ketahanan terbang berapa lama?…..

    Semoga DI bisa bekerja sama dalam pengadaan pesawat AEW untuk TNI

  8.  

    Semoga cepat salam kenal semua

  9.  

    itu jangkauan radarnya sampai berapa kilo ya…?

  10.  

    Semangat

  11.  

    ijin nyimak dulu…

  12.  

    Jadi inget N250 rasa Hawkeye dan sentry ya..

    •  

      apa N250 dulu pernah mau di buat AEW???
      cerita dikit bung PR????
      btw AEW bisa mandu yakhont kan bung PR???
      maaf pertanyaan ecek2 dari juru parkir ๐Ÿ˜‰

      •  

        Duluu N250 adalah proyek Mercusuarnya Dirgantara Indonesia. Dari N250 nanti akan lahir versi angkut ringan,berat,MPA,AEWbbegitubegitu jg dg Jet Fighter Program pd tahun 95an bersamaan saat peluncurannya N250. IPTN sdh sempat buat Plant Engine Enginerring kerjasama dg Jerman,tapi krn Krismon yg dipaksakan pd kita.. yah hancur lebur semua. Jika saat itu kita tdk dihantam invasi ekonomi dg “Krismon”nya bkn tdk mungkin pd hari ini para Ksatria Udara akan terbang Gagah Perkasa dg PesPur made in indonesia.

  13.  

    ping..!!

  14.  

    CN 295 AEW + Su-27/30 + Radar + Rudal Jarak Menengah = mantap..indonesia semakin di segani dikawasan..ini minus yg gaib loh..hihihi

    •  

      Semoga segera terwujud bung. Yang jelas pesawat AEW yang ada musti bisa menjadi dirigen bagi semua jenis pesawat AU, dimana ada dari block barat dan timur.
      Keterbatasan jarak jangkau dan radar dari F-16 C/D, Golden Eagle, Hawk 209 dan Super Tucano semoga bisa dimaksimalkan dengan mencontoh ala network centric Gripen dari SAAB. lanjut-KAN. AEW kita musti bisa ngomong ke semua matra baik darat, laut dan udara.

      Semoga.

  15.  

    semoga menhan baru melanjutkan pengadaan AEW tsb.

  16.  

    ini yang di tunggu tunggu,,,,,,,,,……….

  17.  

    nyimak, sambil njemur kopi di halaman…

  18.  

    numpang ngopi

  19.  

    Pesawat MPA, ASW uda. Amin mudah2an belinya lebih dari satu, TOT dan di percepat yg mulia DPR, jgn ngurusin RUU Pilkada terus bosen ah. Buat bung admint & para sesepuh mudah2 sehat selalu.

  20.  

    wahh mantab…

  21.  

    met pagi semua warjager, kok cuma 1 unit pesawat CN 295 AEW yg dipesan, apa ada kemungkinan ada pesanan AEW versi pesawat lain yg dipesan TNI ???
    mohon pencerahan buat tukang nasi.

  22.  

    mantab bin mantab….

  23.  

    hari minggu pukul 12.15 wib di langit probolinggo terlihat 4 heli apache ah-64 e longbow guardian dengan formasi v menuju arah situbondo, diikuti satu blackhawk dengan kecepatan tinggi, perkiraan sekitar 80 knot, 15 menit kemudian disusul heli NBO tni ad dengan kecepatan kira2 50 knot, jauh banget beda kecepatannya

  24.  

    Wingletnya nyontoh dari modifnya PT DI, tp yang jadi pikiran apakah sistem baling2. Tdk menggangu sinyal ya, pasti ada noise.

  25.  

    Hanya sebagai pelengkap mungkin bung gerakan pertama saya kira,,,tapi tetap perannya cukup vital irit tapi jangkauan luas,,,namanya juga early warning!!yg pasti penglihatannya harus jauh bung,,

  26.  

    Alhamduliilah klo jadi diambil dan semoga memperkuat industri pertahanan dalam negeri dan semoga anak negeri bisa membuat protocol koneksi dari berbagai jenis alutsista sehingga dapat saling tukar informasi. Semoga sehat2 semua dan salam NKRI….., kangen juga ama artikel2 bung yayan, bung nara, bung PS dll….

  27.  

    nanya nih sama warjager itu pesawat boeing yang seri 500 (kalo ngga salah) punya kita kan elint. nah terus bedanya ama commint sigint apa

    •  

      Bung freax,sori nyimpang,nih masalah “bingkai emas” f16 kita,apakah kasus A4 skyhawk kita akan terulang…???

      •  

        Ya tergantung sama pemegang rahasia bung. Kalo kita hanya terima laporan. Di keluarin ya dapet laporannya kalo ngga juga hoaxnya dapet. Ngga tau juga kalo kpk ngusut ya bisa maksa di keluarin laporannya. Cuman ya untuk apa juga. Lha wong udah lama ada di sini. Kalo mau di cek sekalian jamannya kanjeng mamih. Itu flanker yang seri SKM itu punya kita lho, lha wong aslinya punya rusia ya su 30 itu kalo yang 27 nya cuman single seater, tapi bentuknya sama jauh beda sama seri SKM. Hoaxnya memang pesenan kita se ngerubah bentuknya jadi lebih cantik juga orang kita se biayanya (lupa baca dimana) dan rusia nanya dulu sebelum di jual ke PLA. Tapi ini hanya hasil baca2, bukan saya tahu sendiri jadi yah hoax hoex gitu tergantung yang mencerna dan apa yang di cari. Kan rusia hoaxnya malah ngikutin kita cara pikirnya. Kita minta yang sama dengan rusia barangnya bukan monkey model

        •  

          Ok tx atas babarannya bung freax,memang jika mau ngusut ya harus semuanya dong,gak adil kalo cma tebang pilih,tp jika f16 kita apakah yg 24 itu semuanya ber”bingkai emas”,atau cma beberapa saja…???sori bung freax nanya terus,pas googling liat kepunyaan pakistan,berbingkai emas juga,jadi inget bung freaxout…he..he.

  28.  

    Mantab….nyruput teh dulu ah……

  29.  

    paling demen dah kalo ada berita pengadaan,apalagi udah deal,tapi yang ngeselin nunggu datengnya doank ๐Ÿ˜†

  30.  

    Rencananya pswt ini akan dilengkapi dengan AEW Aesa Radar dari IAI (Israel)/ Elta Systems. Kalau dibeli/dirakit dsini secara politik dimungkinkan nggak ya? Juga dalam operasinya nanti, teknisi kita akan secara erat berhubungan dengan pihak Israel, baik di Indonesia maupun di luar. Kira2 bagaimana solusinya?

    Lain soal dengan 4 biji UAV yg sdh kebeli lewat Pilipina, teknologinya sudah dapat ditangani sendiri.

  31.  

    Bismillah…

  32.  

    Kok gak ada A400M ya katanya mau beli mana janji menhan..

  33.  

    situasi kawasan semakin centar membahana indonesia bangsa yang besar ini memiliki dan sudah mengoperasikan
    C 295 AEW dan S-400
    makin cinta indonesia

  34.  

    Malaysia & Indonesia patut ada benda macam ni ๐Ÿ˜€

  35.  

    negara indonesia luasnya sama dengan negara eropa,………..pesawat yg kaya gini yg perlu di perbayak….sukur2 1 atau 2 skardon………..

  36.  

    Bila pesawat AEW(C-295) nya dri blok barat dan yg sebagai satuan pemukulnya pesawat tempur dri blok timur(SU-Family) apakah nanti radar /komunikasi masing2 antar kru/pilot 2 jenis pesawat tsb akan bisa sinkron?

  37.  

    semoga anggaran militer di tambah

  38.  

    semoga di beli.. di kirim peke kontainer aja gak apa2..
    he..3x

  39.  

    Kalau AEWC/MPA/CommInt/SigInt alias banyak fungsi, apakah cukup di dalam platform CN295? Atau perlu platform seperti Boeing 737 ke atas?

  40.  

    Iseng buka naskah kuno warjag berjudul
    ” AS Tawarkan Pesawat F-35 Stealth untuk RI ”
    Tertanggal 6 maret 2012
    Terukir komen – komen bung diego, bung satrio, bung WH, bung Melektech dll, sangat mencerdaskan dan berbobot bagi yang bener dahaga akan diskusi pengetahuan militer.
    Sangan berbeda dengan sekarang, bisa juga karena perkembangan teknologi informasi yg lebih maju dan popularitas yg naik dari warjag ini jadi semua orang bebas koment, “yang penting komen”,, hehe maaf kalau ada yg gak berkenan,, maklum haus ilmu

  41.  

    Di List proyeksi pesanan 2015-2019 : 1. Pengganti Pesawat F 5 Tiger –> SU 35 & Rudal jarak sedang S400..@ ngarep.com

  42.  

    Jangan pake radar model DOME karena kurang aerodinamis yang bisa menurunkan manuver ability pesawat itu sendiri. Pake yang model seperti ERIEYE lebih baik, seperti yang dipasang di SAAB

  43.  

    Mudah mudah yg ditawari nanti pake radar terbangnya ELBIT israel. Sangat canggih radar ini.

  44.  

    MANTAP…!!! Asal tahu aja ya, itu radar doom dan dalemannya teknologi Israel loh. Israel memang setara dengan USA dalam soal alutsista. Semoga ini j tonggak hubungan baik kita dgn Israel, selain UAV Heron TP tentunya. Menorah.

  45.  

    Sehebat hebatnya punya israel lb hebat milik kita sebab speknya tdk dapat dibaca dan dicari antidotnya.

  46.  

    mantabbb, tp kayaknya itu pesawat sudah di indonesia ya skg

 Leave a Reply