Feb 132019
 

JakartaGreater.com – Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Kabalitbang) Kementerian Pertahanan Dr. Anne Kusmayati, menyaksikan peresmian Sarana dan Prasarana Prototipe Spherical Powder Propelan PT Dahana (Persero) pada hari Rabu, akhir Januari 2019 lalu, seperti dilansir dalam rilis pers Balitbang Kemhan RI.

Acara tersebut turut dihadiri oleh Sekjen Kemhan Marsekal Madya TNI Hadiyan Sumintaatmadja, termasuk Deputi Bidang Pertambangan, Industri Strategis dan Media BUMN Fajar Harry Sampurno, Direktur Utama PT Dahana Budi Antono dan Gubernur Jawa Barat yang diwakili oleh Sekda Iwa Karniwa, juga Ses Balitbang Kemhan Laksma TNI Ir. A. Budiharja Raden, Kapuslitbang Strahan Balitbang Kemhan Laksma TNI Ir. Agus Rustandi, M.Eng.Sc., MMDS.

Selain itu hadir Kapuslitbang Sumdahan Balitbang Kemhan Brigjen TNI Ahmad Saefudin, SE., MM. Kapuslitbang Alpalhan Kemhan Brigjen TNI Abdullah Sani, Kapuslitbang Iptekhan Kemhan Marsma TNI Bambang Wijanarko, SE., ST., M.SI (Han), para pejabat di lingkungan Kemhan, Pemda dan juga dari unsur Muspida Kabupaten Subang serta undangan.

Peresmian sarana dan prasarana Prototipe Spherical Powder Propelan PT Dahana (Persero) © Balitbang Kemhan

Dalam kesempatan pertama Kabalitbang Kemhan telah menyampaikan laporan kesiapan peresmian fasilitas Sarana dan Prasarana untuk Spherical Powder dan dilanjutkan sambutan Sekjen Kemhan.

Dalam sambutannya Sekjen Kemhan menyampaikan Spherical Powder Propelan merupakan “bahan energetic” yang akan digunakan sebagai bahan pendorong, khususnya untuk munisi kaliber kecil (MKK).

Kebutuhan untuk spherical powder propelan rata-rata per tahun adalah sebesar 600 ton dan pemenuhan kebutuhan tersebut diharapkan dapat di supply dari pembangunan pabrik spherical powder propelan ini.

Roket R-Han 122B yang diproduksi oleh PT Dahana (Persero) © PT Dahana

Dalam mewujudkan kemandirian di bidang propelan sebagai salah satu program industri pertahanan nasional, maka diperlukan adanya komitmen yang kuat dari seluruh pemangku kepentingan dan perlu kita pikirkan bersama untuk langkah selanjutnya dengan tetap melaksanakan kerjasama antar instansi terkait.

“Seluruh stakeholders yang terdiri dari industri bidang pertahanan, dan lembaga litbang, perguruan tinggi termasuk pengguna, harus bisa bekerjasama dengan dukungan dana baik secara mandiri maupun dari pemerintah”, menurut Sekjen Kemhan RI.

Setelah memberikan sambutannya Sekjen Kemhan Marsekal Madya TNI Hadiyan Sumintaatmadja meresmikan Sarana dan Prasarana Prototipe Spherical Powder Propelan yang diawali dengan pemotongan pita, dilanjutkan penandatanganan batu prasasti yang disaksikan oleh seluruh tamu undangan.

Bomb P-100L merupakan jenis bom High Drags General Purpose (HDGP) yang diproduksi oleh PT Dahana (Persero) © PT Dahana

Perlu diketahui bahwa prototipe Spherical Powder Propelan tersebut merupakan hasil penelitian dan pengembangan di Balitbang Kemhan dalam hal ini Puslitbang Sumdahan.

jakartagreater.com

  One Response to “PT Dahana Resmikan Sarana dan Prasarana Purwarupa Spherical Powder Propelan”

  1.  

    oket oket….kpn be ngembangin udal nya .