Mar 092014
 
Model Pesawat N-219 PTDI,  saat Pameran HUT BPPT di Jakarta (photo:Antara/Dhoni Setiawan)

Model Pesawat N-219 PTDI, saat Pameran HUT BPPT di Jakarta (photo:Antara/Dhoni Setiawan)

PT Dirgantara Indonesia (PT DI) meneken Memorandum of Understanding (MoU) pesanan 100 pesawat perintis N219. Nantinya, pesawat berkapasitas 19 kursi ini disebut mampu melayani kebutuhan komersial, khususnya di daerah Indonesia timur.

“Tahun ini desain selesai, tahun depan selesai dirakit, akhir 2015 prototipe bisa terbang,” ujar Budi Santoso, Direktur Utama PT DI di sela kunjungan kerja Kementerian Perindustrian dan Kementerian Negara Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Bappenas, 7/03/2014.

Saat ini, PT DI tengah fokus untuk membuat 4 prototipe untuk flying dan starting test. Untuk membuat prototipe tersebut, Bappenas memberi dana Rp 310 miliar ke PT DI melalui Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN).

“Pemerintah fokus mengembangkan IPTEK dan mendukung pendalaman sektor industri penerbangan,” ujar Menteri Negara Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Bappenas Armida Alisjahbana.

PT DI menargetkan produksi minimum 100 pesawat, meski target penjualannya mencapai 300 pesawat. N219 disiapkan sebagai pesawat perintis untuk mengambil pangsa pasar Twin Otter dan Cessna Caravan.

“Kami mau buat pesawat yang cukup murah, sekitar 4,5-5 juta USD, tergantung konfigurasinya,” ujar VP Marketing PT DI, Arie Wibowo. Harga tersebut terbilang murah jika disandingkan dengan pesaingnya yang kini mematok harga 6-7 juta USD.

Menurut Menteri Perindustrian MS Hidayat, PT DI harus mempunyai visi jangka panjang untuk lebih melebarkan sayap ke dunia internasional. “Setelah domestik kuat, PT DI harus cari ekspansi lain misalnya ke Afrika atau Australia,” ujarnya.

N-219 PT DI (Photo: PT DI)

N-219 PT DI (Photo: PT DI)

Inalum Pasok Bahan Pesawat
Pemerintah membuat rencana besar terhadap PT Indonesia Asahan Alumunium (Inalum) yang telah diambil alih dari tangan Jepang. Mulai dari peningkatan produksi, pengembangan kawasan, hingga hilirisasi alumunium menjadi komponen pembuatan pesawat terbang.

Menteri Perindustrian MS Hidayat mengatakan, hilirisasi akan dilakukan secara bertahap. Mulai dari bahan mentah, produk setengah jadi, hingga kualitas paling tinggi yang biasa digunakan untuk teknologi canggih.

“Kita akan gerakan hilirisasi atau downstream di sana (Inalum), yang menggunakan produk alumunium dari Inalum. Kualitasnya akan kita tingkatkan. Salah satunya adalah alumunium alloy yang digunakan untuk bahan pembuatan pesawat terbang,” ungkap Hidayat, di kantor Kemenko Perekonomian, Lapangan Banteng, Jakarta, Kamis (6/3/2014)

Hidayat mengatakan, saat ini pemerintah tengah berkonsentrasi dalam pembuatan peraturan pemerintah (PP) untuk menjadikan Inalum sebagai BUMN. Kemudian adalah rancangan untuk penambahan modal terhadap Inalum.

Berlanjut Inalum akan ada penningkatan produksi menjadi 470 ribu ton per tahun. Saat ini produksi dari Inalum adalah 250.000 ton per tahun. Diharapkan pada tahun 2017 itu tercapai.

Untuk penambahan modalnya, dua opsi yang bisa dilakukan adalah Penyertaan Modal Negara (PMN) dan IPO. Namun Hidayat lebih optimistis untuk jangka panjang, Inalum dapat melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI). (tribunnews.com/ KONTAN – Syarifah Nur Aida) / (Arifg/Diego).

  92 Responses to “PT DI Teken Mou 100 Pesawat N219”

  1. hore,,,,,,,cepek…asikkkk

  2. Casa sudah mengembangkan CN 235 menjadi C295…lho ko PT. DI malah mengembangkan N 219…mengapa hasil produk CN 235 tidak dikembangkan lebih lanjut untuk komersiil..

    • tanya knapa??.:D. pesawat CN khan reinkarnasi jadilah CN295.. trus yg N219 dengan kapsitas pnumpang 19 orang ini sangat cocok skali klw mau buka bisnis penerbangan di Indonesia timur, dimana landasannya pendek2. klw pakai pesawat dengan kapasitas >40 kadang sering banyak kursi kosong.(awas hantu kursi kosong..:D). kmungkinan begini stelah riset jumlah pnumpang di wilayah indonesia timur rata <20 per flying. dari segi BBA untuk pesawat jenis N219 sangat hemat dan harga ekonomis

    • Kalau kita cuma ngembangin CN235, kita gak akan pernah bisa mendesign pesawat. Kenyataannya mendesign pesawat dengan mendesign rumah sangat jauh berbeda, gak cukup hanya dengan cara bongkar pasang. Selain itu juga mungkin Lapan gak pengen jika kita selamanya harus bayar royalti ke pihak Casa. Dengan potensi pasar yang besar, kan lumayan artinya Lapan sudah bisa memberikan andil besar bagi perekonomian naaional. Terlepas dari semua itu, N219 adalah murni proyek Lapan. Sedangkan produk Casa, licensinya cuma dipegang PT DI.

      • Basic N219 adlh C212 bauatan cassa, PTDI ingin mengembangkannya seperti airbus mengembangkan CN235, sayang PTDI nggak punya modal, karena setatusnya sebgai perusahaan tidak mudah Pemerintah menyuntikkan dana riset, jadi dipakailah LAPAN, lewat kantong LAPAN mengalir duit ke team riset PTDI yang sudah setengah jalan, dana ini denger denger utamanya buat sertifikasi kelayakn terbang biar bisa dijual ke luar negeri. begitu ceritanya om

    • Bung candra, selain N-219 PT DI dan lapangan juga mengembangkan Cn-235 untuk komersial namanya N-245, perubahannya dilakukan pada bagian ekor CN-235 dan akhirnya bisa menambah 10 kursi jadi N-245 kedepan bisa menampung 45 penumpang. Rencana pengembangan selesai pada tahun 2020.

      Salam

      • Lapangan maksudnya lapan

      • Pelan-pelan ngikutin sejarah senapan SS sampai 100% jadi desain milik sendiri. Jadi deh nggak perlu bayar royalti lagi 🙂

        • Bener bung kian, mosok jadi tukang jahit terus sekali2 kita buka toko dong… Kita kan sudah punya sample (CN-250) yg sangat fenomenal (dulu)…

          Meski terlambat, setidaknya sudah dilakukan. Pelan2, insyallah kemajuan akan didepan mata.

          • N250 mas gak pake C hehe.itu dah jd hewan endemik kita makanya di jegal karena ngancem pabrik luar.btw ini pesawat sesuai dgn.cita2 om habibie yg ingin membangun air bridge antar pulau indonesia yg terserak lebih dari 3000 pulau.

            Ntar kalau dah mapan baru kita naik ke next capacity.emang kalau sdh bersinggungan dengan kantong kreditur kita agak susah untuk menciptakan produk mandiri.di goyang trs.apalagi kalo ada muatan politik ya.

            Maju indonesia!

          • Oohh iya, terima kasih koreksinya bung wehr…

            Alhamdulillah PT DI sudah belajar dari pengalaman. Tidak cukup hanya belajar membuat, belajar memasarkan juga penting… Maskapai penerbangan lokal juga banyak yg melirik pesawat N-219 beserta kakak2nya untuk menjadi armada mereka. timur Leste yg rencana membangun maskapai penerbangan juga tertarik. Semoga 2016 sudah produksi massal biar kakak2nya juga ikut mengitari nusantara kita… Amiien

  3. Sebuah kebanggaan ketika nantinya dilangit indonesia mengudara pesawat2 ciptaan bangsa sendiri… 🙂 tidak lagi bergantung pada pesawat2 buatan asing sebagai pemersatu daerah perintis antar pulau, antar daerah, antar negara.

    • yups betul mister. ini cocok sekali klw buat bisnis penerbangan wilayah indonesia timur dengan jarak landasan yg pendek2. ayo2 pesan sekarang, ntar daripada indent klaman..:)

      • Bung; rasanya yg punya ide INI sangat cerdas membaca trend market; Dan menurut saya para user customernya bukan saja para airliner Indonesia Timur saja namun type INI kan dipakai oleh para airliner penerbangan jarak pendek di Kalimantan sulwesi jawa Bali Lombok dan Flores; silahkan Dan hebatnya lagi platform ini bida dipakai juga sbg private flight atau private executive jet u rental oleh perush2 swasta; dimana demand marketnya makin tinggi saja belakangan ini seiring membaiknya perrkonomian nasional Dan pariwisata nasional;itulah mengapa belum jadi sudah byk yg pesen 🙂 just opini

        • Setuju Bung. Kalau soal ide, dari dulu kita selalu terdepan. Yang selalu bermasalah adalah dalam hal penerapan idenya saja. Dulu kita bangun N250, para pemain besar ketakutan, akhirnya kita dijegal di tengah jalan. Sekarang yang pegang di kelas itu ATR dan MA60. Dulu kitalah yang merintisnya. Dunia luar hanya menginginkan kita sebagai pasar mereka. Gak tahu sekarang nih dengan proyek N219, yang secara nyata akan menggilas pasar twin otternya Casa. Melihat specs dan harga yang ada, sudah jelas N219 ini leading di depan mereka. Sewaktu masih tinggal di Timika, saya sering menikmati penerbangan twin otter dari dan ke Jayapura, Manokwari atau Merauke. Dengan kapasitas 12 penumpang, twin otter di Papua ini selalu full book. Seingat saya gak pernah tuh naik twin otter yang kurang penumpang. Bahkan terkadang saya pernah mengalami terbang dengan twin otter dari Merauke ke Timika, waktu duduk, kaki saya berada di atas tumpukan semen, beras, gula atau tepung terigu. Pernah juga saya terbang dengan 5 penumpang, tapi di belakang saya penuh dengan telur. Apabila ada telur rusak yang pecah, maka bau menyengat akan menyertai perjalanan kita. Semoga kenangan saya pada masa kecil dulu, sudah tidak terjadi lagi disaat sekarang. Amien..!

          • Menurut saya, Indonesia(tepatnya IPTN waktu itu) dijegal bukan karena proyek N-250 tetapi karena setelah N-250 mengudara Indonesia berencana meneruskannya proyek N-2130. Pesawat bermesin jet berkapasitas 130-150 penumpang yang saat itu juga sedang dikembangkan Boeing dan Airbus. Pesawat jenis merupakan market yang sangat gemuk ditunjukkan dengan seri B737 dan A320. Bayangkan jika N-2130 berhasil mengudara dan mendapat sertifikasi.
            Maka dari itu IPTN harus dilemahkan

  4. Bung tadi pagi saya lagi jalan2 di grup 1 kopassus, pada saat itu juga ada heli lagi terbang setelah di cermati kok bentuknya seperti mil mi 17, sepertinya ada kerjasama rahasia antara indonesia dan rusia
    No hoax, saya menyampaikan ini dengan jujur

  5. #### SUDAH DIINGATKAN JANGAN KAMPANYE, TAPI ANDA BEBAL ###
    ### BANNED 2 BULAN ### ADMIN ###

    • Beras murah, petani yang rugi..! Saya bukan mengunginkan beras jadi murah. Yang saya inginkan adalah adanya peningkatan daya beli. Dengan memiliki daya beli yang kuat, berapapun harga sebuah komoditi gak jadi masalah. Daya beli hanya bisa diciptakan melalui pemerataan lapangan kerja, peningkatan produktifitas dan peningkatan infrastruktur serta peningkatan pembangunan sektor riil. Tanpa melalui semua proses itu, janji manis hanya akan bisa terwujud melalui subsidi. Dan subsidi berarti peningkatan hutang LN kita, yang hanya berujung pada penderitaan pada anak cucu kita. Sampai saat ini belum ada satupun calon presiden yang berani menjanjikan perbaikan sektor riil ini. Itu berarti belum ada satupun calon yang layak untuk dipilih. Kalau soal blusukan, itu hanya soal gaya kepemimpinan, bukan sebuah jaminan.

      • Subsidi dalam beberapa hal ada juga yg diperlukan oleh industri atau pertanian di dalam negeri kita utk menghadapi persaingan global. Subsidi ini diperlukan untuk mengantisipasi negara lain dalam memberlakukan subsidi juga. Jika harga produk kita lebih mahal dibandingkan luar negeri krn di luar negeri mendapatkan subsidi, maka kemungkinan industri atau pertanian kita banyak yang kolaps. Misalnya subsidi pupuk atau benih tanaman. Saya rasa subsidi yang sifatnya memberikan output dan kenaikan produktifitas kita bukan subsidi utk konsumtif masih tetap diperlukan, contonya di negara maju seperti amerika masih mensubsidi sektor pertaniannya.

        Subsidi tidak selalu menaikkan jumlah utang kita. Kalau pemerintah kita pintar dalam mencari penerimaan negara dari dalam negeri, maka hutang tsb tidak diperlukan seperti penerimaan dari pajak. Ratio tax kita masih sangat kecil dibandingkan dengan negara lain makanya orang kaya makin bertambah kaya disini karena kurangnya daya jangkau intensifikasi dan ekstensifikasi tax ratio kita.

    • realita di REPUBLIK MIMPI ya mbah

    • mau tanya mbah…
      mbah dimana saat ibukota banyak air,ko malah partey org lain yang bantuin sanah sinih..
      mbah kantornya di tb simatupang kan,sayah tau kok.
      yang nyokong dana siapa.
      berapa trilyun juga tau lah buat apaan.
      mbah udah ga eksis lagi celotehan nya di media lain.
      jadi pilih warjag buat bikin opini publik.
      di warjag mbah ga bisa sumpah serapah kayak di medsos lain.
      tau ga mbah … dah setaun tapi banjir belum kelar,monorel mandeg,trans betawi karatan,jangan lupa macet nya juga. mau di bawa kemana nih negara kalo masalah se emprit kagak kelar.(hidup liem syuliong dan lippo group.. di aherat maksudnya)

      • #### SUDAH DIINGATKAN JANGAN KAMPANYE, TAPI ANDA BEBAL ###
        ### BANNED 2 BULAN ### ADMIN ###

        • Anak buah gwa mbah yang banyak keliaran bantu warga dari banjir mah..
          coba deh tanya dari gunung kelud jakarta mpe sinabung,cuma anak buah gwa tuh mbah yang blusukan.
          coba mana warga jabodetabek…
          ada kagak seragam kotak kotak bersihin lumpur komplek..

          • Dek Lutfi jangan berkampanye disini, Ngak Baek, Hormati admin dari Web ini.

            Kalau mau bantu warga diem-diem saja, amal jangan dilihatkan, kesannya malah jadi ngak baek.

          • yee si bowo dodol ngelarang kampanye padahal dia duluan yang kampanye, dasar bowo dodol

    • gubrakkkk…..sudah serius..di suruh nurut sama amric seperti sapi..
      eehhhh si mbah buntut2nya kampanye…….xixixixi
      wani piro mbah….

      • si mbah ajah yang jadi anak buahnya udah. bau negara ASU.
        APALAGI KALO BOSNYA JADI PRESIDEN..
        BISA BISA PAPUA JADI SODARAAN AMA HAWAI.
        mbah kalo bikin strategi yang pinter dong,ini warjag ga suka barat,malah mbah cinta barat.otomatis bos mbah yang di promoin di curigai jadi boneka barat ahirnya…

        • jangan suka menghujat dek, Ngak baek, bikin hati adek keras.

          Contohlah saya, meski dihujat tapi tetap konsisten dan tidak marah sedikitpun pada warga warjag, karena mbah yakin memang yang mbah katakan adalah kebenaran.

          #### SUDAH DIINGATKAN JANGAN KAMPANYE, TAPI ANDA BEBAL ###
          ### BANNED 2 BULAN ### ADMIN ###

          • Mkn mbah ini udah putus urat malu dan marahnya, jadi tidak punya malu dan marah lagi.

            Coba dech cari referensi sebagai pembanding untuk Jokowi dari awal sampai sekarang, mkn baru bisa menilai.
            jokowi dimunculkan dari berita mobil smk, sekarang dimana keberadaannya sekarang????

            Gaya blusukan mkn bagi sebagian orang memang luar biasa, tapi sebagian orang hanya biasa saja. bukan blusukan yg diperlukan, tapi hasil kerja dan kinerja selama dia menjabat suatu jabatan.

            Banyak orang yg mencoba mekritisi kinerja beliau di beberapa socmed, forum bebas, dll. Tapi hasilnya, memang banyak pendukung yg membabi buta. Membela bukan berdasarkan fakta, tapi hanya dari pemikiran mereka sendiri saja.

            Disini saya hanya menilai netral untuk masalah politik dan apalah namanya, karena memang bukan forum politik.

            Terima kasih….

    • setuju…………….
      tim sukses mulai lagi……………………..
      sekarang rakyat pd pinter ga oon strategi blusuan/ngalah uda ga mempan
      kayak ibu2 pkk

      • bener Kartu Jakarta Sehat Aja tangungannya udah dialihkan ke BPJS berarti rakyat juga yang nanggung( Hasil dari iuaran yg disubsidi silang)…bisa aja akal-akalannya..

      • Dan parah nya justru banyak orang termakan pencitraan nya. Sampai sampai sepertinya sudah mendewakan nya seakan akan sdh tdk ada lagi capres yg lebih baik . Menurut saya pribadi tak ada salah nya kalau kita bersama sama memberikan pencerahan politik di media2 sosial setidak tidak nya kita sdh berbuat sesuatu bagi negri ini demi masa depan negara kita tak ada salah nya kalau kita membagi sedikit waktu luang kita untuk memberi pencerahan politik di mesos ma’af kalau salah hanya pendapat orang awam

    • kedabrus panjenengan mbahhh

    • Lihai juga si bowo maju dapet mundur pun dapet, seakan-akan mendukung gub dki, jadi predikat dia segagai agen asing sedikit terkikis, atau karena dia sudah dicap agen asing, jadi dia seolah-olah mendukung gub dki, jadi kesannya gub dki pionnya amrik

    • tambah tua tambah bebal

  6. Kampanye ni mbah……bener sprti analisa bung satrio.

  7. Alhamdulillah buatan bangsa sendiri sudah di akui, mudah2an kedepanya akan banyak lagi teknologi yg lebih canggih hadir di negara ini. Saya yakin 2 tahun lagi indonesia akan makmur & teknologi canggih buatan bangsa ini hadir satu persatu.karena INDONESIA telah ditakdirkan sebagai bangsa yg besar serta pemimpin di dunia ini(super power) ..amiiin..!!!

  8. Iklan pr***wo …….
    Mau dihormati cam mana kao mbah,tak payah lah,buang masa je,
    Banyak pula yg merakyat deng janji berjibun tapi setelah sukses dapatkan kerusi lupakan kami raiyat jelata..

    Reneo mbah tak kewok po smakdown,po milih upper cut.

    WARJAGERR
    TENGOKLAH MBAH BOWO manusia yg tak patut kita segani apalagi hormati wajib dimusnahkan sama halnya okelah,bgai duri dalamm pantat,
    Tak lena kami tengok ber*k cam bowo ta*k palat,laso

  9. @mbah bowo: maksudnya disuruh nyoblos obama mbah? ato si abott nih? wkwkwkwk..!!

  10. Waaaahhh Kirain wajahnya kaya sales girl yg dipameran2 mobil..ternyata…

  11. BANGGA, PT RAI Produksi R80 sekelas Airbus/Boeing/Shukoi 100 juga Pesawat Tempur TNI AU. PT DI Produksi Pesawat Sipil/Militer Turunan N250, TOT Joint Job. MONOTON

  12. Klo rakyatnya berpikran sprti anda smua saling mnjatuhkan gimana negara ini maju

    Cba lht Dari jaman Suharto pe skrang apa ada gubernur yg berhasil memimpin Jakarta
    Bnyak fktor yg bikin Jakarta bnjir,bnyak pnduduk yg brmukim di pnggr bntran Kali otomatis buang smpah kekali bikin saluran air tersumbat,jgn lh terlalu menuntut baru setaun minta berez,orang Indonesia bnyakn bacot ,pngnnya serba instance smuanya but uh waktu,

    • Teman2, warjag ini sudah cukup lama eksis dan seharusnya semakin matang. Saya selalu menyimak artikel, analisa, dan diskusi teman2, termasuk komen yang terkesan konyol tapi lucu. Lumayan menghibur. Tapi menyebarkan hoax dan tanpa dasar, sungguh tak bisa dimengerti tujuannya apa? Pendirian politik boleh berbeda, dan itu wajar saja. Dan tidak harus saling fitnah. Kita yang beruntung bersentuhan dengan sedikit kemajuan teknologi, masa tidak berbeda dengan orang2 yang sering membuat anarki karena sedikitnya pengetahuan tentang toleransi? Mari kita ikut membangun Indonesia yang bermartabat. Ibarat kata kalau kita berkendara kemudian ketemu dengan lampu lalu lintas pas nyala merah, kita harus berhenti. Kalau ada diantara rekan2 yang tidak mau berhenti, itu urusan masing2 dalam berkontribusi thd budaya disiplin masyarakat kita. Tapi janganlah kemudian menyebarkan berita bahwa berhenti pas lampu merah bisa membahayakan karena bisa ditabrak dari belakang. Kalau ini dilakukan, mungkin akan banyak orang yang akhirnya memilih tidak berhenti pada saat lampu merah, dan kalau ini malah dianggap keberhasilan, sungguh tidak bisa dimengerti ukuran moralnya. selebihnya, salam dari silent reader…mudah2an tetap semangat berdiskusi yang produktif.

    • hati hati rekan mbah…bewok.
      bos anda disadap tuh.
      di ruang tamu,di kamar tidur dan diwece.
      (apa ga salah tuh,teknologi masih lama,,kagak pake cara NSA apah???,,, di sadap ko lapor media.Lapor pak polisi ajah biar di selidiki,,saya kira sbagai yang suka nonton flm james riadi bon bakal tau sapa yamg nyadap,kalo lapor ma aparat,, trus mana saya sebagai warga minta lihat gadget sadapnyah)
      MAU GANTI NAMA APA AJAH KALIAN TETAP SAMA,SEALIRAN SATU TUJUAN .. JASMEV.

  13. Lha guna’y pemimpin itu apa klo ngeluh mas… Jgn karna takut di hujat rakyat trs gk mau nerbitin peraturan yg keras…
    Liat sby berani di hujat untuk mengurangi subsidi bbm tp banyak media yg selalu menyindir langkah dia sbg pencitraan…
    Liat jokowi masuk2 selokan, buat apa itu klo bkn pencitraan.. lha dr atas aja bs keliatan kq…
    Trs mari pantau setiap hr pemberitaan tentang jokowi, mungkin klo cuman jokowi buang air ma kentut aja yg gk d siarin…. Ada apa ini…???
    Yg sy tau,, setiap amerika mau melakukan sesuatu pst media mengikuti sbg penggiring opini… maka jgn salah jika sy yakin jokowi adalah calon amerika buat menguasai RI 1…

  14. sudah2 debatnya.. semua orang punya pandangan mengenai pipinan masing2.. anggap brainstroming.:D.. sekarang kembali ke tang top.. upss salah ke laptop…wkwkwk..:D

  15. * Untuk Admin, mohon di perhatikan *

    Nickname2 yg menjadi trigger KAMPANYE harap di banned z (mau sementara apa permanen),
    masa iya Warjag ini jadi ajang kampanye yg hanya sesaat..??
    terlalu sayang Bung Diego/Nowyou jika penyakit dibiarkan, kredibilitas warung jenengan yg jadi pertaruhannya. Ultimatum and finish him/her.!!

    akan berbeda effect jika udah ada rilis resmi siapa capres-cawapres, menganalisa profile tanpa memihak, mungkin lebih berguna, daripada koment2 seperti sponsor diatas.

    # kampanye itu nyerdasin kaga, jadi biang kisruh iya.

    • kalo masalah banned itu terserah aturan yang punya warung, saya cuma ada akses tapi sebagai tamu saya ga berani ban sesama pengunjung, ga tau juga sih jika keterlaluan 😀

  16. Mbah bowo perlu di banned sementara sampai pemilu legislatif sbg peringatan pertama , demi krediabilitas bung diego dan warjag.
    Terima kasih

  17. anak baru mw nanya….
    kabar air force one indonesia gimana ya….?

  18. iki opo tooh..?? Curi start kampanye terselubung..

  19. blh minta email bung diego atau bung now g.?

  20. Saluuuttt
    Semoga kedepan semakin banyak menghasilkan produk2 teknologi diberbagai disiplin ilmu
    Aamiin

  21. bener nih kata sesepuh warjagers…kayaknya mbah emang sengaja menjatuhkan kredibilitas warjag.kalau kepancing pasti doi semakin ketawa-ketiwi bruur.kayak percuma nanggepin si mbah pake nafsu
    pertama ngaku guru.terus mamatian suruh gabung ke oz dan us,sekarang berbau campaign.udh ini kira2 bikin hot isseu apalagi ya…?

  22. Mbah Bowo yang BEBAL sudah di-banned
    Thanks rekan-rekan atas masukannya. Maaf saya terlambat karena ada kesibukan
    Salam

    • terima kasih bung diego krna udah di banned,sejujurnya sy merasa kurang nyaman dengan komentar bowo hnya krna sy mnghargai bung diego sebagai pemilik warung yg menghargai kebebasan berpendapat hingga sy menahan diri untuk tidk meladeni si bowo

    • 😀 , maaf bung @Diego, tadi saya sendiri gak berani banned walau tadi banyak yang request, sebelumnya cuma saya edit biar ga vulgar banget kampanye-nya, jadi nunggu anda saja bereaksi. Kl sudah jelas parameter batasnya mungkin bisa mengikuti jejak :mrgreen:

  23. sudah ada yang di banned efek dari kampanye terselubung 🙂
    selanjutnya lets back to the topic…

    N219 ini sudah banyak yang pesan,tetapi tidak dipungkiri kemungkinan ada yang menjegal ditengah jalan pasti ada, seperti yang terjadi dengan N250..

  24. begitupun harapan kita semua bung..semoga meskipun banyak tantangan tetapi karya anak bangsa ini tetap bisa terbang tinggi di langit nusantara..amin

  25. lama ngga mampir jadi ajang kampanye. Pesan buat parpol yg ikut pemilu, mending jelasin aja di media masa (jangan disini, ini bukan media masa tapi forum diskusi n admin-nya MELARANG kampanye) secara detail apa masalah2 di Indonesia dan gimana cara mengatasinya secara datail, bukan secara umum, nanti biar rakyat yang menilai. atau bikin blog sendiri tentang kebijakan anda secara detail dan anda harus bersedia di hujani n dicerca pertanyaan dari pengunjung. gimana adil khan? n adminnya jangan kaya mbah bowo dijamin kalah pemilu ntar.

    Back to topic, @ om Ahmad, beneran om itu gara2 PT DI ngga ada dana riset truss dibantu pendanaan sm LAPAN, lha LAPAN aja kayaknya juga kurang dana buat kembangin roket kok bantu PT DI segala ya. gimana dunk nasib roket n rudal RX-nya kl dana riset LAPAN dibagi ama PT DI? ada yang bisa kasi pencerahan, apa memang LAPAN jg riset bikin pesawat ?

 Leave a Reply