PT PAL Indonesia Jajaki Desain Kapal Frigate Babcock Inggris

JakartaGreater    – Rapat Pembahasan Perkembangan Pengadaan Sewaco KCR 60 M, KCR 60 M (Platform & Sewaco) dan Pengadaan Kapal Frigate yang dibangun di galangan PT. PAL Indonesia (Persero) Surabaya, dilakukan Baranahan Kementerian Pertahanan RI, pada Rabu, 31 Maret 2021, di Ruang Rapat Pus Alpalhan Baranahan Kemhan Lantai XI Gd. Jenderal A.H. Nasution, Kantor Kemhan RI, Jakarta.

Rapat dipimpin oleh Kapus Alpalhan Baranahan Kemhan dan dihadiri oleh Perwakilan Pejabat Kemhan, Perwakilan Satgas serta Perwakilan PT. PAL Indonesia (Persero), dirilis situs Kemhan RI.

Perwakilan PT. PAL Indonesia (Persero) menyampaikan bahwa pembangunan kapal KCR 60 M juga terimbas dari dampak pandemi Covid 19, sehingga terdapat beberapa kegiatan yang belum dapat dilaksanakan tepat waktu tetapi akan dipacu untuk tetap dapat memenuhi waktu delivery sesuai dalam kesepakatan.

Rapat Pembahasan Perkembangan Pengadaan Sewaco KCR 60 M, KCR 60 M (Platform & Sewaco) dan Pengadaan Kapal Frigate yang dibangun di galangan PT. PAL Indonesia (Persero) Surabaya. (@Baranahan Kemhan RI)

Untuk perkembangan pengadaan kapal Frigate, Direktur Pembangunan Kapal PT. PAL Indonesia (Persero) menyampaikan bahwa PT. PAL Indonesia (Persero) masih melakukan penjajakan terhadap design kapal Frigate Babcock Inggris dan menyiapkan langkah alternatif dengan membuat design sendiri yang akan diasistensi oleh MTG (marinetechnik) dari Jerman dan FIGES dari Turki.

Desain Fregat Type 31 Inggris (@ Babcock)

Dalam kesempatan itu, Kapus Alpalhan Baranahan Kemhan menyampaikan beberapa arahan antara lain perlu adanya koordinasi yang baik antara Kemhan, Satgas dan PT. PAL Indonesia (Persero) sehingga kegiatan pembangunan kapal bisa berjalan sesuai yang diharapkan.

Selain itu keberhasilan dalam pembangunan kapal diperlukan tersedianya budget/finance yang cukup, tersedianya SDM yang mumpuni secara kualitas dan kuantitas, tersedianya materiil yang cukup sesuai kebutuhan dan adanya manajemen yang baik.

*Foto: Desain Fregat Type 31 Inggris. (@ savetheroyalnavy.org – @ Babcock)

3 pemikiran pada “PT PAL Indonesia Jajaki Desain Kapal Frigate Babcock Inggris”