Sep 242016
 

Direktur Utama PT PAL Indonesia (Persero), M Firmansyah Arifin, mengatakan bahwa pihaknya telah menyelesaikan kapal perang pesanan kedua Kementerian Pertahanan Filipina. Rencananya, kapal tersebut akan diluncurkan di galangan kapal PT PAL Indonesia wilayah Tanjung Perak, Surabaya, Jawa Timur, pada tanggal 29 September mendatang.

Arifin menjelaskan bahwa penyelesaian kapal perang jenis Strategic Sealift Vessel (SSV) kedua ini lebih cepat sekitar empat bulan dibanding proses pesanan pertama yang membutuhkan waktu sekitar dua tahun.

Sementara itu, Direktur Perencanaan dan Pengembangan Usaha PT PAL Indonesia sekaligus pimpinan proyek pengerjaan kapal perang pesanan Filipina, Turitan Indaryo, mengatakan bahwa cepatnya proses pengerjaan kapal pesanan kedua ini adalah karena karena pihaknya menggunakan prinsip one day one blok.

“Artinya setiap hari harus ada blok-blok kapal yang diselesaikan, sehingga bisa lebih cepat dari waktu yang ditentukan,” ujar Turitan seperti dilansir antaranews.com pada Sabtu (24/9).

Turitan menegaskan bahwa PT PAL Indonesia berhasil menyelesaikan kapal perang dengan kualitas dan harga yang bersaing, sehingga menjadi keunggulan bahwa produk bangsa Indonesia dapat bersaing di dunia internasional.

Pemerintah Filipina memberikan nama BRP Davao Del Sur-602 bagi kapal pesanan kedua yang dikerjakan oleh PT PAL. Kapal SSV ini dilengkapi dengan pendaratan tiga helikopter dan hangar, serta memiliki kemampuan mengangkut dua unit kapal landing craft utility (LCU) ditambah berbagai macam kendaraan tempur dari truk militer hingga Amphibious Assault Vehicle (AAV).

Sumber: antaranews.com

 Posted by on September 24, 2016