Jul 092017
 

Karadeniz Powership Zeynep Sultan (karpowership.com)

Ankara – PT PAL Indonesia dan perusahaan Turki, Karpoweship, sepakat membangun empat kapal pembangkit listrik berkapasitas 36-80 MW untuk pengadaan listrik di berbagai pulau sepanjang kepulauan Indonesia.

“Kedua perusahaan telah menandatangani kesepakatan kerja sama strategis membangun empat kapal pembangkit listrik Indonesia pertama di galangan kapal Indonesia,” kata Direktur Utama PAL Indonesia, Budiman Saleh, yang diterima Antara, di Jakarta, 7/7/2017.

Penandatanganan kerja sama dilakukan antara Budiman Saleh dan Direktur Utama Karpowership Orhan Remzi Karadeniz, disaksikan Menteri Luar Negeri Turki Nihat Zeybekci dan Menteri Perdagangan Indonesia Enggartiasto Lukita, dalam kunjungan Presiden Joko Widodo ke Ankara, Turki, (6/7/2017).

Karpowership merupakan pemilik tunggal dan juga operator dari kapal pembangkit listrik terbesar di dunia, dan PT PAL, perusahaan negara terkemuka di bidang perkapalan di Indonesia.

Pada Oktober 2016 nota kesepahaman telah ditandatangani PT PAL sebagai bentuk kerja sama awal dalam mengidentifikasi dan memonitor peluang peluang terkait akan kebutuhan listrik di Indonesia dan wilayah sekitarnya.

MoU ini menjadi pembuka jalan bagi kedua pihak untuk bersama membangun dan berkolaborasi dalam transfer teknologi, sambil turut serta menambahkan nilai lokal Indonesia dalam pembangunan armadanya.

“Kerja sama strategis ini bagian dari rencana armada tambahan hingga sebesar 5.000 MW,” ujarnya.

PT PAL akan membangun 4 unit kapal pembangkit listrik Indonesia dengan kelas Mermaid dengan instalasi berkapasitas antara 36 sampai 80 MW untuk pengadaan listrik di berbagai pulau sepanjang kepulauan Indonesia.

Melalui kerja sama strategis ini, Karpowership dapat memperluas operasinya di Indonesia, yang hingga kini telah berhasil menginstal listrik sebesar 845 MW di Indonesia.

Karpowership merupakan satu-satunya pemilik, operator dan pembangun kapal pembangkit listrik Powership di dunia dan berperan aktif dalam investasi jangka menengah sampai panjang dengan jumlah karyawan sebesar 2.200 orang.

Karpowership memiliki dan mengoperasikan 13 Powerships dengan total kapasitas sebesar 2.700 MW dan tambahan 4.500 MW yang sedang dalam proses pembangunan. Karpoweship kini beroperasi di Ghana, Indonesia, Lebanon dan Zambia (via Mozambique).

Karpowership telah beroperasi di Indonesia sejak tahun 2015 dengan 4 Powerships dan total kapasitas sebesar 845 MW.

Bagikan:

  17 Responses to “PT PAL – Karpoweship Turki, Bangun 4 Kapal”

  1.  

    Kapal listrik… Tugasnya nyetruuuum

  2.  

    yg jelas bukan untuk nyetrum ikan kang, hheeee..

    •  

      yg jelas bukan untuk nyetrum “ikan” kang, hheeee..

      ———————————————

      Brarti Buat Nyetrum Kodok Dan Kecebong Ya Bang?… 😆

      #Just Kidding Loh

  3.  

    Ckckckck pt pal semakin pandai,apa pun bisa di buat.

    •  

      PT. PAL sebenarnya sudah bisa memproduksi mandiri kapal induk helikopter tapi untuk saat ini pemerintah Indonesia belum terfokus ke kapal induk helikopter melainkan sedang terfokus ke kapal selam dan kapal freegat rasa destroyer 😀

  4.  

    Bisa menjadi pasokan Listrik kalau perang.

  5.  

    Kerja sama dengan negeri yang tak mungkin mempengaruhi ediologi pancasila seperti turki memiliki masa depan yang lebih baik.insyaAlloh

  6.  

    Ini sgt bermanfaat dan benar2 di butuhkan oleh rakyat indonesia,mantap.

  7.  

    Lebih baik turki dari pada komunis.

  8.  

    Mantap, yg penting ketersediaan BBM terjamin demi kelangsungan operasional ini kapal!

  9.  

    preisden Joko Widodo memang selalu memperhatikan seluruh rakyatnya…bangga bgt punya presiden pintar, cerdas dan berani….brillian!,!, sehat selalu Pak Jokowi!!!

  10.  

    Lha mbok instalasi listrik nya saja diturunkan…

  11.  

    Alhamdulillah indonesia semakin maju

  12.  

    belum lengkap rasanya jika mengulas rudal anti tank yang dibeli satu paket beserta helikopter tapi tanpa mengulas ini, yaitu rudal anti tank yang hadir bersama dengan helikopter MIL MI 35 HIND P , helikopter mempunyai reputasi melegenda dengan kedigdayaan yang ditorehkannya, Rudal tersebut diberi kode AT-9 SPIRAL-2 ( nama asli 9M120 ATAKA ) yang dibuat oleh KBP INSTRUMENT DESIGN BUREAU ( RUSIA ), AT-9 termasuk rudal yang belum terlalu tua produksinya, Rusia sendiri baru mengoperasi
    kan pada tahun 1990 an, Desain AT9 merupakan pengembangan dari rudal AT6 Spiral pada sisi akurasi, kecepatan dan jangkauan, Rudal menggunakan sistem pemandu SACLOS ( Semi Automatic Command to Line of Sight ) dimana operator harus membidik target sampai rudal mengenai sasaran dan pilot mengarahkan helikopter ke target sampai rudal kena sasaran, karena jalur kendali menggunakan radio, saat ini Ada 3 jenis Rudal guna spesifik target, pertama AT-9 dengan tandem HEAT, kedua 9M120F dengan Thermobaric Explosif serta ketiga 9A220O dengan hulu ledak Ekspanding Rod, Rudal yang memiliki jangkauan 400-6000 meter dan berkecepatan 550 meter /detik serta berat 49 kg ini sangat diandalkan Rusia hingga digunakan pada helikopter tempur macam MI 28 Havoc, salah satu kelebihan dari rudal SPIRAL berupa Anti Jamming infrared dan Elektronik lawan, membuat tetap dipertahankan juga diperhitungkan keberadaannya dalam Angkatan bersenjata suatu negara, termasuk Indonesia.

  13.  

    eh, beneran bikin ternyata.
    Mantap dah :*

  14.  

    biar ,,,teraaaaaaaaaang,,,,

 Leave a Reply