PT Pindad Dapatkan Seritifikat Tank Harimau

Tank Harimau dengan meriam 105 mm © PT Pindad (Persero)

Jakarta- PT Pindad berhasil mengantongi Seritifikat Tipe Medium Tank Harimau kategori Kendaraan Tempur Nomor: IMLA/TC/RANPUR/010/2019 yang telah melalui serangkaian uji dengan baik. Sertifikat Tipe ditandatangani dan diserahkan oleh Kepala Pusat Kelaikan (Kapuslaik) Kementerian Pertahanan, Laksma TNI Teguh Sugiono dan diterima secara langsung oleh Direktur Teknik dan Pengembangan Ade Bagdja di Kantor Kementerian Pertahanan RI, Jakarta, 4-9-2019, dirilis situs Pindad.

Kapuslaik Kemhan, Laksma TNI Teguh Sugiono menyatakan bahwa rancang tipe kendaraan tempur ini dengan batasan operasi serta kondisi yang tercantum dalam lembaran data sertifikat tipe, telah memenuhi ketentuan/aturan kelaikan darat berdasarkan Petunjuk Pelaksanaan Kepala Badan Sarana Pertahanan Nomor: JUKLAK/544/XII/2014.

Kapuslaik Kemhan, Laksma TNI Teguh Sugiono juga mengatakan semoga Sertifikat Tipe yang telah dikeluarkan dapat dimanfaatkan dengan baik.

“Sertifikat Tipe Medium Tank Harimau telah dikeluarkan berdasarkan kontrak yang ada. Apa yang telah dikeluarkan agar dapat dimanfaatkan sesuai peruntukannya,” ujar Teguh Sugiono.

Medium Tank Harimau telah melalui mine blast test, firing test, uji statis, uji dinamis dan uji lainnya. Medium Tank hasil Pengembangan bersama antara PT Pindad dan FNSS Turki merupakan salah satu dari 7 program nasional pemerintah yang sudah terealisasi.

Kehadiran tank ini merupakan bukti kemampuan industri pertahanan dalam negeri menghasilkan produk inovatif berteknologi tinggi dalam mendukung kemandirian alutsista menjaga kedaulatan NKRI.

Satu pemikiran pada “PT Pindad Dapatkan Seritifikat Tank Harimau”

  1. Dr pada pembuatan tank harimau kenapa pemerintah kita tidak mengusahakan menguasai teknologi yg murah meriah dr PD tank mending RPG or kornet. Biaya 1 tank bisa dpt 10-20 RPG or kornet dr 20 biji anti tank tsb JD kaloa 400 rank bisa dpt 4000 anti tank.kenapa RPG or kornet biar bebas di emabrgo.

Tinggalkan komentar