Des 222018
 

Pesawat angkut taktis ringan NC-212 © PTDI

JakartaGreater – Perusahaan kedirgantaraan milik negara PT Dirgantara Indonesia (PTDI), sedang dalam pembicaraan dengan Angkatan Udara Filipina (PAF) mengenai kemungkinan pesanan lanjutan untuk pesawat angkut turboprop utilitas ringan NC212i, menurut pejabat perusahaan seperti dilansir dari laman IHS Jane, pada hari Rabu.

Angkatan Udara Filipina membutuhkan setidaknya 4 (empat) hingga 6 (enam) airframe lagi dibawah persyaratan Light-Lift Fixed Wing Aircraft (LLFWA) dan PTDI telah memposisikan NC212i sebagai kandidat yang paling cocok untuk program tersebut dalam hal kesamaan dan skalabilitas dengan airframe sebelumnya, tutur Dadhik Kresnadi, Manajer Penetrasi Pasar dan Jaringan di PTDI.

“Jenis pesawat ini sangat cocok untuk persyaratan Angkatan Udara Filipina karena sangat fleksibel dan dapat dikonfigurasi dengan cepat untuk sejumlah misi, termasuk transportasi pasukan, penerjun payung, evakuasi medis, serta transportasi kargo dan pengawasan maritim”, kata Kresnadi.

Lebih penting lagi, pesawat juga bisa lepas landas dan mendarat dari landasan udara yang kasar, yang memungkinkan PAF untuk mencapai wilayah yang lebih terpencil di seluruh kepulauan Filipina, tambahnya.

Pesawat transportasi turboprop NC212i buatan PTDI © Tribun News

PTDI telah mengirimkan dua unit NC212i untuk PAF pada bulan Juni 2018. Kontrak sebesar 814 juta Peso atau sekitar $ 18,3 juta untuk pesawat tersebut ditandatangani oleh PTDI dan pemerintah Filipina pada tahun 2014. Sejauh ini, PAF merasa puas dengan kinerja pesawat dan PTDI yakin akan tindak lanjut pesanan, kata Kresnadi.

NC212i adalah versi seri C212-400 yang disempurnakan, ini memberikan kinerja tinggi dan versatilitas dengan pengalaman yang telah terbukti dalam lingkungan yang paling bervariasi untuk beroperasi dalam misi yang sangat menuntut.

Varian NC212i MSA (Maritime Surveillance Aircraft) dilengkapi dengan peralatan khusus seperti: Radar Pencarian, Forward Looking Infra Red (FLIR), Sistem Identifikasi Otomatis (AIS), Data Link, jendela gelembung dan kamera tangan.