Jan 212016
 
Desain Indonesian Fighter Xperiment (grafik : militerhankam.com)

Desain Indonesian Fighter Xperiment (grafik : militerhankam.com)

Bandung – Wakil Presiden RI Jusuf Kalla meminta PT Dirgantara Indonesia / PTDI, meningkatkan produksi pesawat komersial ketimbang pesawat militer, agar PTDI dapat berkembang secara bisnis.

“Kalau mengandalkan penjualan ke militer dan pemerintah ada batasnya. Yang paling besar keuntungannya adalah pesawat komersial,” ujar Wakil Presiden Jusuf Kalla di PTDI, Bandung, 20 Januari 2016.

Wakil presiden mengatakan PTDI akan lebih maju, apabila mampu memperbaiki sistem produksi dan lebih fokus pada bisnis. “Harus fokus dan perbaiki sistem. Lalu masuk kembali ke komersial,” ujar Jusuf Kalla.

Direktur Utama PTDI Budi Santoso mengatakan perusahaannya sudah memiliki rencana untuk fokus memproduksi pesawat komersial. “Dimulai dengan pesawat N219,”. PTDI akan lebih banyak memproduksi pesawat komersial pada 2020.

Budi mengatakan pesawat N219 merupakan langkah awal untuk masuk ke bisnis komersial. Setelah sukses di pesawat model perintis, PTDI akan mengembangkan dan memproduksi pesawat berpenumpang 50.

“Kami nanti cari duit dulu. Kalau ada duit, bisa langsung besok dibuat,” ujar Budi. Ia mengatakan saat ini PTDI sedang gencar mencari investor baik dari dalam maupun luar negeri.

N219 merupakan pesawat komersial yang telah diperlihatkan ke publik pada Desember 2015 dan telah dipesan sejumlah negara.

Budi mengatakan kendala memproduksi pesawat komersial adalah proses perawatan dan citra perusahaan. Memproduksi pesawat komersial harus diimbangi dengan sistem perawatan yang baik. Selain itu, citra perusahaan sangat penting untuk bersaing dengan perusahaan sejenis. “Fokus pertama kita N219. Setelah itu kami akan fokus di pesawat 50 penumpang,” kata ujar Dirut PTDI.

Tempo.co

Bagikan Artikel :

  52 Responses to “PTDI Jangan Hanya Fokus Pesawat Militer”

  1. Semangat DI

  2. Ok,lanjutkan PT DI,semoga sukses..

  3. Pesawat N 219 pesawat militer..??

    • komersil bung, emg ada penyebutan militer?
      Btw pak JK aktif banget

    • Neng @Amel…
      Tolong bantuin abang, di badan abang ada yg kram. Tolong dilemesin ya neng, ntar abang kasih hadiah.
      😆

      • Anggita aja deh bang yang ngelemesin badan abang.
        Xixixixi

      • di lemesin sama panser ANOA apa panser BADAK .. tinggal berebah aja bang pasti di jamin lemes sak tulang tulangnya

      • kalo saya aja

      • Otak kalo sudah terkontaminasi hal2 porno dan kotor makanya gak pernah bisa berpikiran jernih. Kalo gak pesimis, negarif tingking atau berpikiran kotor. Bahkan sampai ke dunia maya sekalipun. Bersihkan otak anda dulu bung @ Abang Sally

      • @bank ruskye….
        Itulah pemikiran anda yg terlalu mudah diarahkan, bahkan saya belum menjelaskan secara terperinci saja bayangan anda sudah kearah sana. Saya cuma mengetik kata ”kram” dan ”lemes”.

        Siapakah yg pesimis???
        Kalau terhadap pemerintah dan TNI sihh tidak, tapi terhadap gosip yg tak terbukti sihh iya.
        Penilaian anda sangat bersikap subjektif dan gelap mata. Begitu mudahnya jalan pemikiran anda diarahkan.
        Semoga cepat sadar dari genggaman propaganda.

        Katanya ahli dalam bidang ” Surat, tersirat ”, saya hanya mengetik ”kram dan lemas”.
        Begitu sempitnya makna 2 kata tersebut bagi anda.
        Perkataan anda justru membuktikan siapa anda sebenarnya.
        Yang sabar ya bang, ehh maaf fotonya kan cewek. Maaf ya neng…..

        Maen futsal aja dehh, daripada kram pemanasan dulu buat nge-lemesin otot. Wuuuuussshhh

      • Nda usah ngeles deh. Emang dari sononya udah keturunan otak ngeres.
        Emang ente tau klo itu gosip dan tdk terbukti.? Lisan anda emang menyatakan demikian tp hati anda kepengen liat buktinya. Kalo pingin liat bukti ya cari sendiri sono tong..tong.
        Gak dikasih bukti kok bilang Hoax ..tong..tong.
        Yg tersurat emang spt yg ente bilang tp yg tersirat dlm pikiran ente jauh lebih ngeres lg Sally.
        Sadar ya tong.Cepat insyaf ga baek kelamaan pesimis. Kagak bakalan maju ente nanti tong selain yg ngeres2 doank yg ente pikirkan…insyaf ya tong.

      • @ruskye….
        Iya neng cantik, maaf ya neng saya kurang sopan terhadap eneng. Maaf ya neng kalau eneng benar-benar sudah keliling ke setiap kogabwilhan hingga pelosok, mungkin anda tidak akan pernah berkata seperti itu. Saya cuma berharap, jeritan hati patriot perbatasan semoga didengar pemerintah dan panglima. Yang sabar ya pahlawanku….mimpi orang-orang yg kau lindungi sangat mulia, semoga terwujud….amiin

        ohh iya, satu lagi sifat eneng yg saya kenal…yaitu mudah terprovokasi.

      • @Amel….
        Telat neng, dari tadi udah lemes….keburu diomelin sama mbak-mbak diatas.
        Apa dia sodara kamu? Cuma bercanda sama neng @Amel, dia nya malah sewot tuhh….abang dimarahin abis-abisan. Tapi maklumi sihh, setiap bulan cewek selalu begitu…neng Amel tau sendiri lahh. Atau mungkin dianya kurang refreshing…hihihi
        udahlah ntar kata-kata pamungkasnya keluar lagi.
        Bye neng @Amel, good night….

  4. semangat PT DI …. nanti semoga bisa bikin pesawat jenis CAS (Close Air Support)kaya A130 SPECTRE…

  5. ane daftar neh … jadi investor N219 ???

  6. Soalnya JUDULnya ..PT. DI jangan hanya fokus di PESAWAT MILITER..kata ‘jangan hanya’ terkesan tidak ada produk sipil..sedangkan statment pak JK sebaiknya PT. DI MENINGKATKAN produk Sipil..kata ‘meningkatkan’ artinya sudah ada tapi perlu ditambah..harusnya judulnya diganti..PT. DI DIHARAPKAN MENINGKATKAN PRODUK PESAWAT SIPILNYA..@biar ga rancu..karna produksi NC 212 & CN 235 ada jg yg di ekspor untuk sipil dan terakhir jg ada produk N 219 untuk sipil..

  7. Cuma satu harapan saya untuk PT.DI yaitu kalahkan dominasi Airbus dan Boeing dalam pemasaran pesawat komersil untuk maskapai penerbangan di Indonesia.
    Kuasai rumah sendiri, setelah itu kuasai rumah tetangga….. 😀

    • harapan nt tinggi amat bung 😛

    • PT. DI sendiri yg bilang..tidak akan bermain di pesawat komersial krn ada RAKSASA yg bernama Airbus & Boing..PT. DI hanya akan bermain di pesawat2 kecil mentok2 di pesawat sedang..ambil contoh pesanan Lion untuk pesawat berbadan besar ke Airbus sebanyak 245 pesawat belom ke Boing yg jumlahnya ratusan..itu baru 1 maskapai dala negeri..:)

      • Maksudnya pesawat komersial berbadan besar..

        • Benar sekali bung@ Naufal, lebih tepatnya PT. DI fokus pada pengembangan pesawat komersial baling-baling. Sehingga timbul ambisi membuat pesawat baling-baling komersial terbesar didunia dalam tahapan pengembangannya.
          Tidak ingin berkompetisi di pesawat komersial bermesin jet, karena biar bagaimanapun Airbus dan Boing selalu melibatkan PT. DI sebagai rekanan produksi. Dan tidak ingin terulang kembali dibuat mati suri oleh gabungan konsorsium eropa dan amerika.
          Pangsa pasar pesawat komersial baling-baling di tanah air dan dunia juga cukup besar dan menguntungkan buat PT. DI. Semoga PT. DI semakin maju.

        • @bank ruskye….
          Iya dehh neng iyaaa…maaf ya neng abang udah pesimis. Okelah harapan saya rubah, semoga PT.DI tetap melestarikan mesin baling-baling (mudah-mudahan bukan dari bambu, karena sudah dipatenkan Doraemon) dan meninggalkan mesin jet untuk pesawat komersil. Mesin jet hanya untuk pespur IFX tersayang jangan yg lain…….
          Bye bye neng ruskye…..

        • Kalau mau bermain aman ,ya main aja di 100 pax maksimal .Kan ada Korea tuh yang dekat Amrik . Aman pastinya. Bombardier .aman saja tuh dengan mengambil ceruk kecil pesawat bisnis jet ,yang tak dilirik AS maupun eropa.

        • @Amel…
          Mengerti pesawat tidak harus naik pesawat juga kali neng, kalau penumpang tinggal duduk manis diatas kursi. Beda lagi kalau naiknya sebagai pilot…hehe

          Biar saya tebak, hobinya pasti berhubungan sama yg warna coklat dan panjang, bisa lemes bisa tegang. Apa ya…??
          Pasti eneng berdua hobinya main Tarik Tambang, neng @Amel formasi depan karena talinya tegang terus, kalau temennya dibagian paling belakang yg narik talinya…kan tali yg paling belakang tidak tegang alias jatuh ke tanah hihihi….

      • bukan gk mau, tapi lbh ke menyasar pasar pesawat komersil bermesin propeller, N2140 itu kalo terwujud, besar loh pesawatnya, propellernya aja ada 4, mungkin sekelas A400M / An-70 . . .

      • maksudnya mungkin komersil beda kelas (jumlah angkut penumpang), om!

  8. Amiin

  9. Ada beberapa faktor yng membuat PT DI saat ini lebih fokus bikin pesawat militer bung, kendalan tempat, dana atau yang lain mungkin bung…tapi tetep semangat yahh semua dan bersatu, saling mengingatkan seprti pak JK itu..

    JAYALAH NKRI

  10. mungkn pak JK sll d bri laporn abs ttg PT DI sll buatnya psawat militer, pdhl kan PT DI jg buat pesawat tuk semi militer spt tuk maritim yg sempt d penjaga pantai korea, kan PT DI dpt order dr negara2 lain. klo slm ni bnyk yg versi militer krn tergantung orderan dr negara lain maunya yg gmn, klo pesawat sipil dbuat tuk militer kan mlh ga tepat, smua tergantung dpt ordernya spt apa, apa versi militer ato sipil tu jg tergantung dr salesnya PT DI

  11. sejak berdiri PT. DI produksi nya mayoritas dipakai utk militer … peran pemerintah msh menjadi tumpuan pemasaran produk PT DI di dlm negeri,
    utk market luar negeri jg mayoritas utk versi militer dan msh dlm koridor G to G.
    statement pak JK harus dihargai sbg pendorong agar PT DI mampu memasuki pasar pswt komersil … mampu bersaing dlm pasar bebas, produk dan layanan purna jual nya hrs mampu memberikan kepuasan utk operator penerbangan … soal spek nya tentu hrs jeli melihat kebutuhan pasar domestic national maupun internasional … dan jgn lupa jg, tetap awasi kemampuan kompetitor dlm membuat pswt sejenis.
    dg karya asli N219 kita berharap PT DI mampu menguasai pasar dan mampu bersaing sesuai segmen nya di dunia secara profesional … semoga

  12. Bung CN235 itu pesawat militer,C212 itu juga pesawat militer .Memang di indonesia di komersilkan dengan pernah di pakai merpati . Pesawat Hercules ,A 400 juga pesawat militer . Walaupun fungsinya untuk mengangut orang tapi prajurit Bro. Masih bingung ?

  13. Pas artikel ini ga Ada Malay nya yg komen.malu ya korang dengan pengetahuan Dan keahlian kami?

 Leave a Reply