Pulau Derawan Menyusul Sipadan Ligitan ?

46
185
Pulau Derawan
Pulau Derawan

Jakarta -Pemerintah mulai khawatir Pulau Derawan di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur akan lepas dari Indonesia. Alasannya karena banyaknya aktivitas ratusan manusia perahu dari Filipina dan Malaysia di pulau tersebut.

Pemerintah nampaknya takut kejadian serupa akan terjadi seperti yang dialami Pulau Sipadan dan Ligitan. Namun hal berbeda justru dingkapkan oleh Guru Besar Hukum Internasional Universitas Indonesia (UI) Hikmahanto Juwana. Pemerintah tak perlu takut Pulau Derawan akan diklaim negara lain.

“Terkait dengan manusia perahu maka sepanjang Tanjung Balu, Derawan adalah milik Indonesia dan tidak ada klaim negara lain terhadap pulau tersebut. Maka didiaminya pulau tersebut oleh warga asing tidak akan menjadikan pulau tersebut menjadi milik negara lain,” tegas Hikmahanto dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (22/11/2014).

Ia mengatakan, bila keberadaan warga asing di Pulau Derawan sudah dirasa mengkhawatirkan, pemerintah tinggal mengambil tindakan. Caranya bisa dilakukan deportasi atau cara-cara lain yang sesuai dengan Undang-undang Keimigrasian.

Pulau Derawan
Pulau Derawan

“Kalaupun terdapat permasalahan warga asing yang mendiami pulau Derawan, maka hal tersebut harus diselesaikan secara keimigrasian,” imbuhnya.

Hikmahanto juga menjelaskan hal penting saat Indonesia kehilangan Pulau Sipadan dan Ligitan. Dalam kasus tersebut, ia mengungkapkan, Mahkamah Internasional atau International Court of Justice (ICJ) tidak pernah memutuskan kepemilikan kedua pulau tersebut berdasarkan suara dari masyarakat atau referendum, namun didasarkan pada negara mana yang melakukan penguasaan efektif (effectivite;s). Peristiwa yang dijadikan rujukan pun adalah peristiwa yang terjadi sebelum tahun 1969.

Berdasarkan hal tersebut, ICJ memenangkan Malaysia karena Inggris, selaku penjajah atau pendahulu Malaysia, terbukti telah melakukan penguasaan efektif terhadap kedua pulau tersebut. Bukti yang disampaikan adalah adanya pemberlakuan aturan terkait pengumpulan telur penyu dan didirikannya cagar alam untuk perlindungan burung. Sementara bukti lain adalah adanya mercusuar yang dibangun oleh Ingggris di pulau tersebut. (finance.detik.com).

46 KOMENTAR

    • Numpang Nebeng Bung Lau : Seharusnya Negara kita Buat PangkaLan dan Home Base MiLiter jangan sampai diRebut mumpung PerLindungan negara itu Lagi Lemah , kita buat Seperti Natuna , dan jangan sekaLi – KaLi debatkan di sidang internasionaL , karna mereka akan berpihak ke negara Tetangga , kita harus teringat kembaLi puLau Sipadan dan Ligitan , kaLau memang mereka berkehendak Perang Mari ki Layani , NKRI HARGA MATI !!!

  1. kirim marinir,tempatkan 1 kompi di pulau derawan,beres.kibarkan bendera merah putih dan bangun pemukiman untuk marinir.jelaskan kepada negara asing bahwa derawan adalah bagian dari NKRI,yg telah berbaik hati membiarkan warga malaysia dan filipina tinggal sementara di sana karena mereka tidak punya tempat tinggal,tapi statusx hanya di bolehkan tinggal,bukan memiliki.jika siutuasi tidak baik.usir saja.

  2. Mungkinkah indonesia bisa bikin wamil utk generasi mudanya? setidaknya utuk tambah wawasan kepedulian akan negrinya.cinta akan keberagaman sukubangsanya. Contohnya kirim ke wilayah seperti ini selama 1minggu biar tahu arti harta warisan leluhur ya.

  3. Inilah hasil dari Bupati dan Gubernur setempat lebih suka blusukan di Jakarta daripada diwilayah tanggungjawabnya. muncul kesan bahwa perbatasan adalah urusan pusat, lha bupatinya apa terus tidak ngurusi dan lepas tanggungjawab.

    Saatnya Menteri Desa PDT ngepos di perbatasan2 yang rawan diklaim tetangga, utk merubah dari teras belakang menjadi teras depan NKRI. Bikin perkampungan tranmigrasi dng subsidi biaya hidup sampai mandiri spt program transmigasi dahulu.

    Saatnya pembangunan/penempatan Marinir di pulau2 perbatasan secara permanen. Kalau tidak ada penambahan pasukan, bisa dilakukan pergeseran batalion2 yang ada di Jawa, dimana hampir tiap karesidenan pasti ada batalionnya. Bandingkan dng daerah perbatasan Kalbar atau Kaltra atau NTT, satu propinsi cuma ada berapa batalion tempur.

    maaf hanya pendapat oot dari pedagang ayam dipasar.

  4. Ini berita pelintiran lagi masak pemerintah takut kok kesannya lemah banget ya…tinggal bakar aja tuh manusia perahu kok nggak logis banget nelayan nyelonong aja ditangkap lha ini manusia perahu bisa tinggal di pulau yang masuk wilayah nkri tanpa ijin kok malh dibiarin ????

  5. Apa bener image semata wayang tsb is Pulau Derawan ???? Mang Admin kopas dari mana tuh sehingga tasmiah lagi ?? Setahu ane yg udh 3x pelesiran { sssstttt… 😉 } ke PD topografinya datar” ajah gak ada yg nampang bukitan apalagi montain !!! yang kalo dikitari cuman butuh waktu 15 mnt ato nyeruput 234 satu stengah btg jisokam dah tembus tuh derawan… hanya saja kondisi PD tsb ga spt taon sblmnya nyari telur penyu ajah susah banget .. jangankan telurnya .. hewannya ajah udah pada hijrah ke pulau matalapan 1 jam perjalanan by speed dari derawan.

  6. Apa bener image semata wayang tsb is Pulau Derawan ????
    Mang Admin kopas dari mana tuh sehingga tasmiah lagi ??
    Setahu ane yg udh 3x pelesiran { sssstttt… 😉 } ke PD topografinya datar” ajah..
    gak ada tuh yg nampang bukitan apalagi montain !!! Kalo dikitari cuman butuh waktu 15 mnt ato nyeruput 234 satu stengah btg dah tembus tuh derawan…
    hanya saja kondisi PD tsb ga spt taon sblmnya nyari telur penyu ajah susah banget .. jangankan telurnya .. hewannya ajah udah pada hijrah ke pulau matalapan 1 jam perjalanan by speed dari derawan… Memang P. Derawan udah gak perawan lagi.. 😀

  7. Detik…. Melempar api….. Panas…….!!! Siapa bergerak duluan….? Rakyat bisanya melihat, tak ada daya bergerak… Pemerintah punya kelengkapan untuk bergerak. Penduduk JKGR sudah bersuara….. Kita semua hanya bisa menunggu…. Maaf para sesepuh, masih sibuk nyuci gelas di warung kopi sambil nunggu tumbuhnya pohon beringin yang sudah tumbang… jadi ga mungkin ikut ngurusi pulau Derawan….

  8. kirim aja pasukan marinir dibangunkan pos dulu sementara disitu hanya sekedar negaskan itu milik kita, kemudian tugas pemerintaha sekarang untuk menganggarkan mau diapakan selanjutnya pulaui itu, selama tak ada kepedulian bisa jadi pulau derawan akan dimakan oleh buto ijo

  9. maaf admin,,,, apa tidak salah dengan gambar pulau derawan. sepengetahuan saya gambar pulau derawan tidak seperti itu, itu pulau mana ya???? disana sudah ada sd, smp derawan. disana ada rekan se daerah saya haji memed yang sekarang menjadi ketua tour n guide disana. kalau isu sih bukan pulau derawan tetapi pulau maratua yang mau dikapling sama asing, soalnya pulau bagus n pantainya bersih ada lapangan udaranya