JakartaGreater.com - Forum Militer
Sep 032014
 

leopard
Jakarta:  Petugas berada di samping tank Leopard asal Jerman yang terparkir setelah diturunkan dari kapal di Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta, Selasa (2/9). Sebanyak 52 tank yang terdiri dari 24 tank Leopard dan 28 tank Marder itu selanjutnya akan dibawa ke Surabaya untuk memeriahkan parade militer saat HUT TNI pada 5 Oktober mendatang.

http://cdn.metrotvnews.com/dynamic/photos/2014/09/02/6349/tank2.jpg?w=1111

Sumber   :    (ANTARA/Wahyu Putro A/ip/  foto.metrotvnews.com)

52 Tank TNI yang Dibeli dari Jerman Tiba di Jakarta

Liputan6.com, Jakarta – 52 Unit tank milik TNI yang dibeli dari Jerman tiba di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara. 52 Tank yang tiba di Indonesia itu terdiri dari 24 tank Leopard dan 28 tank Marder.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Malam SCTV, Senin (1/9/2014), tank-tank tersebut kemudian diangkut menggunakan truk trailer untuk diberangkatkan menuju Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Jawa Timur.

Tank-tank tersebut rencananya akan digunakan dalam acara parade militer saat peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) TNI 5 Oktober mendatang.

52 Tank tersebut merupakan bagian dari 164 unit tank Leopard dan Marder yang sudah dipesan dari Jerman. Kedatangan tank yang diproduksi Rheinmetall AG perusahaan industri pertahanan asal Jerman sekaligus menandai babak baru kerja sama militer antara Indonesia dan Jerman.

Tank Leopard adalah kendaraan tempur berbobot 62 ton dengan tinggi 3 meter. Tank jenis ini juga dilengkapi dengan meriam kaliber 120 meter. Selain itu, kendaraan perang tersebut juga dilengkapi sistem pengontrol penembakan digital dan laser penjejak jarak serta mampu membidik dalam kegelapan.

Sementara tank jenis Marder memiliki berat lebih ringan, yakni sekitar 33 ton. Tank jenis ini mampu mengangkut prajurit dengan kapasitas 9 orang. (Ado/news.liputan6.com)

Berbagi

  100 Responses to “Puluhan Tank Leopard Tiba di Indonesia”

  1.  

    test

    •  

      numpang pertamax 😀

    •  

      Di berita2 media lain sblmnya disebutkan 26 Leo, 26 Marder. Di JKGR lain lg. 24 Leo, 28 Marder. Baru datang sebagian dari jumlah pemesanan keseluruhan, memang. Namun ketika spesifikasi pemesanan berbeda dgn yg dipublish, tentu berbeda juga harga, anggaran yg hrs dikeluarkan pemerintah.

      So, utk memastikan slrh kontrak pengadaan itu “LURUS”, memang HARUS diaudit!!! Saya yakin di tangan Presiden Jokowi dan Wapres JK, nanti pemerintahan jd bersih. Salam Indonesia bersih….

    •  

      Leopard memang tidak ables dan tidak merusak jalan

      Tu buktinya gamba di atas walau ditambah beban truk pengangkut leopard tetap aman dan jalan tidak rusak 😀

  2.  

    nah ini baru berita..mantap.. 😀

  3.  

    1

  4.  

    test ah

  5.  

    “Seperti ditayangkan Liputan 6 Malam SCTV, Senin (1/9/2014), tank-tank tersebut kemudian diangkut menggunakan truk trailer untuk diberangkatkan menuju Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Jawa Timur.”

    Pembuktian untuk jamaah amblesiyah…….

    •  

      padahal lebih gampang langsung mendarat di pelabuhan tanjung perak ya bung hehe

    •  

      Ya maksudnya keluar dr Morning Celesta ke dermaga,kemudian diangkut truck trailer ke dermaga lain yg sudah menunggu kapal pengangkut yg akan membawa Leopard menuju Tanjung Perak Surabaya…gitu rasanya yah?

      •  

        Benar Bung beni-es, dipindah ke kapal lainnya, kemudian dibawa ke Tanjung perak lewat laut. Kalau lewat darat, sekarang tidak bisa karena jembatan COMAL JAWA TENGAH yg ambles belum bisa dilewati kendaraan dng tonase lebih dari 30 TON.
        Jalannya tidak ambles dan aman2 saja, tapi jembatannya yg pada ambles krn tonasenya >75ton, sedangkan jembatan di Jawa hanya dirancang dengan beban maksimal tonase 60TON.
        Sulusinya menggati dan memperkuat seluruh jembatan di Jawa yg diperkirakan sebagai jalur perpindahan si LEO, atau mempercepat terwujudnya TOL TRANSJAWA yg memang dirancang utk beban tonase > 100 TON.
        Maaf hanya pendapat oot dari seorang pedagang ayam.

        •  

          Bukan masalah tekanan tapak roda bung toni, tapi tonase Leo itu lho, bayangkan Leo ada ditengah bentangan jembatan, jembatan akan kena beban berat Leo + tailer seberat >75 ton, sedangkan kemampuan jembatan yg ada di jawa kebanyakan masimalnya hanya < 60 Ton. Makanya jangan heran kalau jembatan Comal di Jawa Tengah sekarang ini ambles dan tidak bisa dilewati kendaraan yg berat totalnya lebih dari 30 Ton.
          Bagi yg mudik lebaran kemarin yg harus lewat comal pasti merasakan menderitanya mudik karena jembatan comal amblas.
          Saat ini para warga yg ada di jalur surabaya-solo-Jogya merasakan padatnya lalulintas jalan raya karena Truk tronton dan tailer tidak bisa lewat pantura jawa tengah.
          Solusinya yg paling mungkin, segera wujudkan TOL TRANSJAWA sehingga LEO tidak lewat jalan arteri krn Jembatannya akan jadi korban (bisa ambles seperti COMAL JATENG) bukan jalannya yg ambles.

        •  

          Bung pitik, mungkin kita nanti bisa tunggu berita2 mengenai rombongan tank leopard ini, berita awal kan diangkut dengan truk trailer tu, jadi nanti akan ada pembuktian apakah akan pada ambles nanti jembatan2 yang dilalui.

          menurut saya, sebelum rombongan itu diberangkatkan pasti sudah ada pertimbangan2 angkutan apa yang digunakan untuk sampai ke surabaya. kemudian jalur2 mana saja lintasan yang dilalui nantinya. Untuk masalah jembatan Comal kan untuk sampai ke surabaya tidak hanya satu jalan itu saja bung, liwat jalur selatan kan masih bisa bung. kayak rombongan astros kemarin.

          pertimbangan menggunakan truk trailer bisa jadi adalah pembuktian dan jawaban terhadap polemik2 yang ada mengenai beratnya bobot tank dan kesiapan infrastruktur yang ada. Selain itu pembelian tank ini kan menggunakan APBN makanya dipamerkan juga ke masyarakat biar tidur mereka lebih nyaman, karena kemampuan tangkal dari agresi luar semakin membaik.

        •  

          Betul Bung Kuprit, setuju utk mengetahui kekuatan konstruksi jembatan di Jawa.Tapi Sudah diberitakan kalau Leo akan diangkut dng kapal dari Priuk ke Perak (artikel sebelum ini). Mohon dikoreksi kalau salah,krn bacanya sambil jualan ayam di pasar.xixixi.

        •  

          Bung Pitik, rata-rata jembatan rusak karena struktur bawah jembatan tergerus air. seperti jembatan comal yang anda contohkan, rusak karena struktur bawah jembatan rusak terkikis air, ditambah tonase yang terlalu berat. saya pribadi yakin kalau jembatan di indonesia rata-rata kuat menahan tonase dari leopard. pengalaman saya pribadi, hampir setiap hari melihat truk tronton yang bebannya 55 ton melintas di atas jembatan di daerah jawa timur. setiap melintas terdiri dari dua sampai tiga beriringan. perharinya lebih dari 200 tronton yang bebannya 55 ton lewat. kalau anda pernah main kelapangan tembak di daerah lumajang, di dekat situ ada jembatan baru pansel yang panjangnya 100 meter lebih. waktu peresmian, di atas jembatan ada 12 tronton pasir muatan penuh dengan beban per tronton antara 50 s/d 55 ton, untuk uji cobanya. alhamdulillah jembatannya tidak ambruk.

        •  

          nice info bung toni

        •  

          kalau berdiskusi seperti ini enak rasanya bung 🙂 lanjutkan

    •  

      Kl dipindah pake Kereta api bagus juga tuch. Bisa sekali angkut 10 tank, irit di ongkos.

    •  

      Jakarta jember perlu waktu 5 hari. Dan berdampak tersendatnya lalulintas di pantura.Kalau tronton cukup satu hari satu malam.Harusnya Tol TransJawa segera diselesaikan,shg apabila dibutuhkan mobilisasi Alutsista (MBT), bisa berjalan cepat dan mudah.mimpi.com. Gimana tidak mimpi, tol sumo yang berjarak 32km saja,7 tahun baru selesai seksi 1A yang berjarak 3km.prihatin.com

      •  

        Hehehe, anggap saja lihat perayaan gerak jalan bung pitik..
        Tol sumo itu terlalu banyak yang bermain mafia tanahnya bung, makanya lama di penuntasan lahannya. Hal ini berbeda dengan tol moker, prediksi saya malah nanti akan lebih cepat tol moker daripada sumo. Padahal berharap tol sumo lebih cepet selesainya, biar lahan saya yang di mojokerto cepet naiknya. Hehehehe

        #gubraktibakemburinengunu

        •  

          iya bung, ane jg liat perkembangan, malahan tol di daerah mojokerto s.d sembung yang kelar duluan keknya bung.
          udah keliatan bentuk jalan nya
          yang daerah sidoarjo & surabaya malah ga kelar”.

      •  

        Jembatan branjangan yang ndak sampai 50 m, 3 tahun lho bung. Dibumbui raid : redemption ala greges….

    •  

      Ah…mayor valiant…kami sering berdiskusi di mailing list…..beliau memang sangat concern dgn kavaleri dan pengembangan SDM nya…

      Cavalerist kita sangat bangga dgn leopard setelah puluhan tahun cm ngelus ngelus tank meong…hargailah mereka kawan kawan…mereka lebih tahu dr kita apa yg tepat untuk mereka karena itu menyangkut nyawa mereka…

    •  

      Semua opini masyarakat gak sepenuhnya salah,juga tidak sepenuhnya benar.Leopard merupkn MBT yg d butuhkan TNI untuk menjaga tanah air Indonesia,menjaga rakyat Indonesia.ingat operasi dwikora,kabarnya 2000 TNI tewas,,MBT juga d butuhkan untuk memaksimalkan gempuran dan meminimalisir korban n kerugian.klw banyak angkatan darat yg tewas gara2 gak punya MBT,siapa lagi yg mau gerilya,rakyat sipil sprti kita gak paham cara pegang AK,SMG atw Jevelin.jadi harap kesampingkan masalah ambles,itu gak sepenuhnya benar 🙂

  6.  

    meriam kaliber 120 meter? 120mm kali maksudnya

  7.  

    gahar banget nih MBT leo.

  8.  

    Testtt…Big Ten…!!

  9.  

    hihihi ngebayangin hoaxnya berlabuh dimana ya. apa di tengah laut lagi

  10.  

    Hadirrr!!!

  11.  

    bang ls mainannya dh dteng siapin penyambutanya

  12.  

    Untuk ikut parade militer HUT TNI ya, bukan untuk ke haji syukri hehehe

  13.  

    nyimak

  14.  

    Awas ambleesss begitulah bunyi kaum amblesiah…

    itu di bobot trailler pengangkut + Tank Leo berapa yaaa..Monggo di babar dgn pendapat yg logis kaum amblesiah..
    jangan mbulet di daerah pelosok-pelosok yg jembatannya masih kayu dll… nyari-nyari alesan lgi, itu dikirim lengkap dgn kompi zeni loh…

  15.  

    Alhamdulillah no.3. 52tank berarti: 5 + 2 = 7. Presiden RI ke7 (pasangan capres no 2), berarti akan lanjut leonya …

  16.  

    Leo emang mnteb…

  17.  

    knp gak langsung ke tj.perak ya droppingnya….

  18.  

    Mantaaaaap,, gag sabar nunggu tgl 5 okt..

  19.  

    hayo…lgsg dandanin biar tmbh ganteng

  20.  

    Selamat datang bung leo dan neng merder,..jaga NKRI jangan sampai sejengkal tanah pun terlepas dari negeriku tercinta…

  21.  

    mantap….dan top markotop..
    i love you….leo

  22.  

    Leo dijamin ga bakalan kejual? Padahal efek gentar si Leo bikin sonora keringatan.ajib diletakkan di perbatasan Kalimantan

  23.  

    Napa kq gk langsug ja ke tj.perak ya….

  24.  

    selamat datang leo

  25.  

    nyimak..

  26.  

    empat tank warnanya beda. kenapa ya?….

  27.  

    semoga kebanggaan ini tidak hanya sesaat…

    awas H sukri..

    salam NKRI

  28.  

    minum kopi sambil menyimak

  29.  

    Satu demi satu pusaka hulubalang penjaga negeri makin mantap …

  30.  

    keren

  31.  

    wahh..leo

    tetap tidak setuju ma !!
    lebih baik su 35 ,atgm,s 400 ,s 500 sekalian batere dan radarnya baru setuju..

    •  

      Sabar bung….. Su35 & s400 rusia aja belum terpenuhi jadi walaupun dah pesen masih lama datangnya, s500 masih belum produksi massal
      s300 udah gak produksi
      jadi kita nyantai aja dulu, anggaran ad buat beli tank leo dulu mumpung jerman lagi obral

  32.  

    Pengen JJS pake leo dijakarta….

  33.  

    Mantap..!

  34.  

    wah kapan ini barang dipakai ?? sia-sia dong dibeli gak pernah dipakai, bisa diuji coba targetnya rumah transisi

  35.  

    tank ya kok ada yg beda warnaya….

  36.  

    Pindad apa dikasih TOT nya utk up grade, tank leo 2a4 ini ke leopard R,I revolution,,,

    Supaya perlindungan personil lebih maksimal lagi,

  37.  

    Maknyuss. Semoga bertempur dengan efektif dan baik dan jumlahnya semakin buanyaaaaaaaaaak

  38.  

    leo2a6 brapa..? 2a6evo brapa..? 2a7 RI brapa..? marder brapa..? Makanya warna pada beda.mohon para suhu dibabar.moga tetap sehat&sejahtera smua para warjagers.

  39.  

    Kalau leopard 2 revolution di tempatkan di jakarta aja buat pengaman ibukota dengan alutsista modern bukan jadul.

  40.  

    Sabar bung….. Su35 & s400 rusia aja belum terpenuhi jadi walaupun dah pesen masih lama datangnya, s500 masih belum produksi massal
    s300 udah gak produksi
    jadi kita nyantai aja dulu, anggaran ad buat beli tank leo dulu mumpung jerman lagi obral

  41.  

    jalanya gak rusak kan,,?
    lanjutken

  42.  

    Maaf nanya, Klo di demaga kelamaan bs berkarat ndak? Sy berharapnya sih ndak berkarat

  43.  

    Beda warna,beda jeroan..hehehe
    setiap yonkav rolling out dr markas ke sasaran selalu di sertai pleton zipurmekanis,zipurkon,pleton inf mekanis. Jadi satu paket. Leopard slh satu tank dg distribusi beban bobot/cm/kg terbaik di kelas Heavy MBT( Abrams, Lecrec,T90S Rusia,T91 cina,inggris). Yonkav butuh minimal 300unit MBT Leopard. Itu harapan seorang Prajurit yg dari lubuk hati ingin dilengkapi sarana tempur & proteksi terbaik yg negara bsa. Kami hanya bsa berharap sj,karena kami jg tdk mau kemampuan & nyawa kami terbuang krn ketidakpedulian oknum pd kesejahteraan,alutsista dll. Siapa pun presidenny kami tdk peduli,kami hnya peduli dlm 1hal. Jika menyangkut kedaulatan NKRI,alutsista kami hrs ready for action. Old but deadly,new but deadlies than ever.. setuju!

  44.  

    Nah tuh curahan hati yang punya mainan, salam Tri Daya Cakti bung PR. Sing ra ngerti situasi mbok yo ojo keminter…..soale ra ngrasake asline prajurit nang lapangan koyo opo. Nek saiki ono sing ngomong yen ra perlu MBT cukup nganggo anoa yo pancen ra ngerti, biasa lenggah neng kursi empuk ngomong owor owor ra jelas, cah saiki akeh sing keminter tapi sajane ra mudeng

  45.  

    jalanan dipulau jawa tidak akam ambles dengan berat leo 60ton saja.pengalaman saya waktu krisis tahun 97-98,ketika itu gubernur jatim bpk.basuki sudiman membebaskan tonase truck angkut sembako.ketika itu truck trailer saya muati 1620 karung:-X 50 kg=81ton dari pelabuhan jamrud tj.perak menuju gudang dolog di pasuruan dengan kecepatan max 40 km/jam aman aman saja.

  46.  

    All [email protected] kalo platformnya leo diinstalasi dengan rudal hanud swa gerak macam SA-10 atau PGZ-95 apa bisa enggak yah ama PTDI …

    Mohon Pencerahan

  47.  

    untuk efisiensi transpoter leopard tni bisa gunakan kereta selain kapal laut …

 Leave a Reply