Des 312018
 

dok. Petempur YPG Kurdi di Afrin, Suriah Utara, Feb 2018. (@ Kurdishstruggle)

Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia (SOHR) yang berafiliasi dengan militan melaporkan pada hari Minggu bahwa hampir 200 truk tentara Amerika Serikat (AS) dengan membawa senjata, amunisi, dan perangkat keras militer telah tiba di pangkalan yang dikelola koalisi di timur laut Suriah.

SOHR yang berbasis di London mengatakan bahwa konvoi panjang hampir 200 truk tentara AS meninggalkan pangkalan mereka di Irak pada hari Sabtu dan tiba di pangkalan koalisi di Raqqa, Manbij, dan Ein Issa di timur laut Suriah.

Sementara itu, milisi Kurdi melaporkan bahwa truk-truk tiba di kota Amouda dan kemudian berangkat ke pangkalan yang dikelola AS di timur laut Suriah, menambahkan bahwa senjata dan muatan amunisi akan dikirim ke Pasukan Demokratik Suriah (SDF).

Konvoi tiba setelah militer AS memutuskan untuk menarik diri dari Suriah, tetapi meninggalkan SDF bersenjata di wilayah tersebut.

SOHR melaporkan pada awal bulan ini bahwa koalisi pimpinan AS akan mendirikan pangkalan militer di daerah dekat kota Hajin di Deir Ezzur Tenggara.

Pembentukan pangkalan baru datang setelah presiden AS mengumumkan rencana penarikan pasukan dari Suriah.

Laporan itu juga mengatakan bahwa milisi Kurdi yang didukung AS sekarang berencana untuk mundur dari posisi mereka dalam jalur kontak dengan ISIS untuk melawan kemungkinan operasi pasukan Turki di tepi timur Sungai Eufrat.

Sumber: Farsnews

Bagikan:
 Posted by on Desember 31, 2018