Mar 112019
 

Jet tempur siluman generasi kelima, F-35 Lightning II buatan AS © Lockheed Martin

JakartaGreater.com – Menteri Pertahanan Polandia Mariusz Blaszczak pada hari Kamis, mengumumkan bahwa ia menandatangani dokumen rencana modernisasi militer dimana negara itu akan menghabiskan 185 miliar zloty atau sekitar $ 49 miliar untuk senjata dan peralatan militer baru pada tahun 2026, seperti dilansir dari laman Defense News.

Akuisisi sebanyak 32 unit jet tempur generasi kelima adalah salah satu pengadaan prioritas yang akan dilakukan di bawah program tersebut, kata Menteri Pertahanan.

“Saya berharap Kepala Staf Umum, dan Kepala Inspektorat Persenjataan untuk segera memulai tindakan guna melaksanakan tugas ini”, tutur Blaszczak dalam sebuah pernyataan tanggal 28 Februari.

Pesawat pembom-tempur Sukhoi Su-22 Angkatan Udara Polandia © Lukasz Golowanow via Wikimedia Commons

Akuisisi ini bertujuan untuk membantu Polandia mengganti pesawat Sukhoi Su-22 dan Mikoyan MiG-29 yang saat ini sudah ketinggalan zaman.

Akuisisi lain yang akan dibiayai oleh program multiyear termasuk sistem pertahanan udara jarak pendek, helikopter tempur, sistem keamanan siber dan kapal selam baru Angkatan Laut Polandia, menurut Blaszczak menambahkan.

Untuk tahun 2019, Kementerian Pertahanan memiliki anggaran hampir 44,7 miliar zloty, atau meningkat 9 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Bagikan: