Jun 172017
 

Purwarupa jet tempur multiperan Gripen E, melakukan terbang perdana. © Saab

Pada hari Kamis, 15 Juni, pukul 10:32 waktu setmpat Gripen E melakukan terbang perdana, diterbangkan oleh pilot penguji dari SAAB. Pesawat dengan nomor ekor 39-8 berangkat dari lapangan terbang Saab yang ada di Linkoping, Swedia dan terbang melintasi bagian timur Ostergotland selama 40 menit, seperti dilansir dari situs resmi SAAB.

Selama penerbangan, pesawat melakukan berbagai macam demostrasi pengujian yang dapat menunjukkan sejumlai kriteria tes termasuk mengeluarkan dan memasukkan landing gear.

Penerbangan yang dilakukan oleh Marcus Wandt pada tanggal 15 Juni tersebut, membuat sortie selama 40menit, pesawat mencapai ketinggian maksimum yang direncanakan yaitu 13.000 kaki pada kecepatan 300 knot atau sekitar 555 km/jam.

“Penerbangan itu seperti yang kita diharapkan, kinerja pesawat yang sesuai dengan yang ada dalam simulasi kami. Akselerasinya sangat mengesankan, pengendaliannya sangat mulus”, tutur Marcus Wandt, pilot penguji SAAB.

Jonas Hjelm, Kepala Area Bisnis Aeronautika SAAB,  mencatat bahwa penerbangan perdana dari purwarupa telah dilakukan dengan perangkat lunak yang memenuhi syarat. Perusahaan memilih untuk menempatkan sistem avionik tempur yang baru melalui proses ini, menunda rencana terbang perdana yang awalnya dilakukan akhir tahun lalu.

“Ini tentang memberi sistem tempur masa depan yang cerdas kepada pelanggan, yang dirancang sejak awal” kata Hjelm.

Pelaksanaan uji terbang akan terus dibangun atas pencapaian ini, dengan program berada di jalurnya untuk mencapai jadwal pengiriman tahun 2019 kepada pelanggan kami yang berada di Swedia dan Brasil. Kedua negara tersebut sejauh ini telah memesan Gripen baru, 60 unit untuk Swedia dan 28 unit untuk Brasil, dimana Angkatan Udara Brasil juga memesan Gripen berkursi ganda (Gripen F).

  18 Responses to “Purwarupa Gripen E, Sukses Melakukan Terbang Perdana”

  1. ni yg bakal di borong oleh TN.PhD :D

  2. Borongggggggg….4 biji

  3. kalau dogfight menang mana ya SU-35 VS Gripen E? bukannya sama-sama pesawat generasi 4++?

  4. :bingung:

  5. Akankah dibeli Kemenhan? :2thumbup

  6. Knalpotnya cuma 1 .. ga bisa nyaigin F22 raptor :bingung:

  7. Borooong 24 biji minimal (ingin.com)

    😉

  8. Borong gimana Bung… orang baru belajar terbang gitu mau d borong… kalo borong ini barang… kirimnya entar kalo anakku sdh punya cucu… hehehe

  9. Kecepatannya cuma 555 km/jam?

  10. Congratulation :shakehand
    Tolong DR jgn ngambek2 lagi yah, dan tolong pendapat orang jangan dihapus.
    Orang bertanya atau kritisi brg anda kok dihapus masa iya takut kehilangan Massa Nasi Hoax..

 Leave a Reply