Jun 172017
 

KRI Rigel 933 – kapal hidro oseanografi (photos : G. Cailler, BLE Alain


Kepala Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI Angkatan Laut (Kapushidrosal), Laksamana Muda (Laksda) TNI Harjo Susmoro, melakukan inspeksi pelaksanaan survei hidro-oseanografi Pushidrosal di perairan Bitung, Sulawesi Utara, Rabu (14/6).

Inspeksi ini bertujuan untuk meninjau perkembangan pelaksanaan survei yang dilaksanakan tim Pushidrosal, yang meliputi area, waktu, maupun metode survei yang dilaksanakan.

Sebagai lembaga hidrografi nasional, Pushidrosal mengemban amanah pemerintah RI dalam menjamin keselamatan pelayaran, baik untuk kepentingan militer maupun sipil. Oleh sebab itu, pelaksanaan survei yang dilaksanakan harus menghasilkan data dan informasi hidro-oseanografi yang akurat dan terpercaya melalui produk yang dihasilkan, seperti Peta Laut Indonesia (PLI) maupun publikasi nautika.

Pada inspeksi ini, Kapushidrosal mengadakan peninjauan langsung pelaksanaan survei dan menerima paparan mengenai perkembangan pelaksanaan survei dari Katim Mayor Laut (E) Cecep Kurniawan. Tim inspeksi juga sebaliknya memberikan assessment hasil pelaksanaan survei.

Tim Survei Pushidrosal dibawah pimpinan Katim Mayor Laut (E) Cecep Kurniawan melaksanakan Operasi Survei dan Pemetaan (Opssurta) Hidro–Oseanografi yang meliputi pengumpulan dan pengolahan data di Perairan Bitung Sulawesi Utara guna updating Peta Laut Indonesia Nomor 344B dan publikasi nautika.

Selama 50 hari, tim survei Pushidrosal yang berjumlah 15 orang ini melaksanakan kegiatan pengambilan dan pengolahan data-data hidrografi dan oseanografi perairan Bitung seperti pemasangan stasiun pasang surut, pengamatan pasang surut, pengambilan data-data kedalaman (pemeruman), pengamatan arus, investigasi bahaya navigasi, serta pengambilan contoh dasar laut.

Sumber: Dispenal Mabesal

  7 Responses to “Pushidrosal Laksanakan Operasi Survei dan Pemetaan di Perairan Bitung”

  1. hallo kemana warjag ya????

  2. Jkgr sdh ditinggal penggemarnya,,,kasian yah??..

 Leave a Reply