Jul 102018
 

Kegiatan Training dibuka oleh Kapushidrosal Laksamana Muda TNI Dr. Ir. Harjo Susmoro, S.Sos., S.H., M.H., pada Senin 9 Juli 2018 di ruang Pusdalops Pushidrosal, Jl. Pantai Kuta V/1, Ancol Timur, Jakarta Utara.

Jakarta Utara, Jakartagreater.com – Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI Angkatan Laut (Pushidrosal) menggelar Training Penggunaan Global Navigation Satellite System (GNSS) untuk Koreksi Pasang Surut pada pelaksanaan survei hidro-oseanografi yang diikuti para anggota East Asia Hydrographic Commission (EAHC) bertempat di Hotel Mercure, Ancol, Jakarta Utara.

Kegiatan Training dibuka oleh Kapushidrosal Laksamana Muda TNI Dr. Ir. Harjo Susmoro, S.Sos., S.H., M.H., pada Senin 9 Juli 2018  di ruang Pusdalops Pushidrosal, Jl. Pantai Kuta V/1, Ancol Timur, Jakarta Utara.

Kegiatan yang berlangsung mulai tanggal 9 s.d 13 Juli 2018 ini diikuti para peserta dari anggota EAHC di antaranya adalah :

  1. Jepang, Korea Selatan, Tiongkok.
  2. Malaysia, Thailand, Filipina.
  3. Timor Leste, Singapura, Brunei Darussalam.
  4. Vietnam dan Indonesia selaku tuan rumah.

Kapushidrosal dalam sambutannya pada pembukaan pelatihan tersebut antara lain mengatakan bahwa pelatihan ini merupakan salah satu program IHO dan EAHC, di mana Indonesia merupakan salah satu anggota capacity building.

Menurut Kapushidrosal, kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan perspektif di kalangan peserta dari beberapa negara mengenai masalah mendasar aspek hidrografi dalam penggunaan GNSS untuk koreksi pasang surut data survei hidrografi.

Selama 5 hari, seluruh peserta akan mendapatkan pelatihan dari para ahli hidrografi dari dalam dan luar negeri, antara lain Dr. Rer.nat. Poerbandono dari ITB, Dr. Parluhutan Manurung (Badan Informasi Geospasial/BIG), Dr. John Pariwono (IPB), serta Mr. Jacob Van Oostrom (R-2 Sonic) dari Amerika Serikat.

Adapun materi pokok yang disampaikan diantaranya; Introduction to GNSS Method, Height System and Hydrographic Datum, Regional Oceanography and Sea Surface Behavior, Theory of Tide and Tidal Characteristics, Tidal Observation and Modeling, Sea Level Monitoring, serta Hydrographic Survey Hardware and Software. (tnial.mil.id)

Berbagi

  2 Responses to “Pushidrosal Training Penggunaan GNSS Untuk Koreksi Pasang Surut”

  1.  

    Huha ra nyandak nalare….hhh

  2.  

    Mantap!

 Leave a Reply