Putin Bicara Soal Uji S-500, Rudal Hipersonik dan Triad Nuklir Rusia

Moskow, JakartaGreaer    – Pengujian sistem pertahanan udara S-500 Rusia hampir selesai, ujar Presiden Vladimir Putin, seraya menambahkan bahwa sistem S-500 akan digunakan militer Rusia setelah menyelesaikan pengujian.

“Di Angkatan Udara, sekitar 70 persen Resimen Rudal Anti-Pesawat Rusia dilengkapi kembali dengan sistem S-400 modern, dan langkah selanjutnya adalah memasok kompleks S-500 ke pasukan, yang tesnya sudah berhasil diselesaikan, kata Putin, yang disiarkan saluran TV 24 Rossiya, dikutip Sputniknews.com, Selasa 25-5-2021.

S-500 Prometey (“Prometheus”) adalah sistem Rudal permukaan-ke-udara generasi baru dengan jangkauan 400-600 kilometer (250-370 mil), yang dirancang untuk mencegat dan menghancurkan Rudal Balistik antarbenua, serta rudal jelajah hipersonik dan pesawat terbang.

Perkembangan Angkatan Bersenjata Rusia Harus Memperhitungkan Tren Militer Global

Pengembangan semua jenis pasukan Rusia harus mempertimbangkan tren terkini dalam strategi dan taktik kekuatan militer global, kata Vladimir Putin.

“Semua jenis dan pasukan harus berkembang secara seimbang dan sistematis, sepenuhnya dengan mempertimbangkan tren modern dalam strategi dan taktik militer kekuatan militer terkemuka dunia,” kata Putin pada pertemuan dengan kementerian pertahanan dan perusahaan industri pertahanan.

Potensi Triad Nuklir Rusia Diperkuat

Potensi kekuatan nuklir strategis Rusia telah tumbuh, kemampuan angkatan laut telah diperluas, uji coba Rudal Hipersonik Zirkon hampir selesai, kata Presiden Vladimir Putin.

“Angkatan Darat dan Angkatan Laut menerima persenjataan dan peralatan militer terbaru dengan dinamika tinggi, oleh karena itu, potensi triad nuklir telah diperkuat secara serius, kemampuan tempur angkatan laut telah diperluas, termasuk melalui kapal dengan Rudal jelajah Kalibr, Sistem Rudal Hipersonik Zirkon yang berbasis di kapal berada pada tahap akhir pengujian negara, “kata Putin, seperti disiarkan oleh saluran TV 24 Rossiya.

Presiden juga mengatakan bahwa Rusia akan terus “memperbaiki struktur dan komposisi tentara dan angkatan laut.” Pengembangan semua jenis pasukan Rusia harus mempertimbangkan tren terkini dalam strategi dan taktik kekuatan militer global, Putin menekankan.

Situasi global yang kompleks dan potensi risiko di dekat perbatasan Rusia mengharuskan militer negara menjaga kesiapan tempur, tambah Putin.

“Situasi internasional yang sulit, potensi risiko dan ancaman terhadap keamanan militer Rusia, termasuk di sekitar perbatasan kami, membutuhkan kesiapan tempur yang konstan dan tinggi dari Angkatan Bersenjata Rusia,” kata Putin pada pertemuan dengan pimpinan Kementerian Pertahanan dan perusahaan industri pertahanan.

Semua kegiatan yang direncanakan dilakukan secara penuh oleh tentara Rusia tahun lalu, meskipun ada pandemi virus Corona, dan kesiapan tempur pasukan dipertahankan pada tingkat yang tinggi, kata Presiden Rusia.

“Saya tekankan bahwa tahun lalu, meski ada masalah obyektif yang disebabkan oleh wabah virus Corona, semua kegiatan yang direncanakan di ketentaraan dan di armada, termasuk pelatihan tempur, dilakukan secara penuh,” kata Putin.

Presiden Rusia mencatat bahwa semua tugas yang ditandatangani dilaksanakan tepat waktu, dan kesiapan tempur unit dan subunit Rusia tetap tinggi, yang dikonfirmasi selama pemeriksaan di distrik militer Rusia.

*Foto: Sistem pertahanan udara S-500. (@ Mil.ru)

Tinggalkan komentar