Mei 202018
 

Uji Rudal Sarmat Rusia © Russian MoD

Sochi, Jakartagreater.com – Sistem Rudal antarbenua Sarmat akan memasuki layanan operasional pada 2020, ujar Presiden Rusia Vladimir Putin pada hari Jumat, 18-5-2018, dirilis TASS.

“Percobaan sistem yang menjanjikan lainnya terus berlanjut. Segera, mereka akan memulai layanan dalam pasukan strategis kami. Maksud saya pertama-tama sistem Sarmat yang akan memasuki layanan operasional pada tahun 2020, sistem Avangard yang akan beroperasi pada tahun 2019 dan sistem lainnya, “katanya pada pertemuan dengan petinggi Rusia dan eksekutif puncak perusahaan sektor pertahanan.

Sarmat RS-28 adalah Rudal berbasis silo Rusia dengan bahan bakar heavy liquid yang dapat membawa hulu ledak nuklir. Rusia telah mengembangkan Sarmat sejak tahun 2000-an untuk menggantikan operasi ICBIT R-36M2 Voevoda dalam Pasukan Rudal Strategis sejak 1988. Sarmat memiliki berat sekitar 200 ton dan memiliki berat lemparan 10 ton.

Presiden Rusia Vladimir Putin mengumumkan pembuatan sistem Rudal hipersonik Avangard di pidato kenegaraannya pada tanggal 1 Maret 2018. Kendaraan terbang bersayap strategic Avangard dapat terbang ke jarak antarbenua dengan kecepatan hipersonik lebih dari 20.0 Mach dan manuver di ketinggian dan di sepanjang jalur penerbangan. (TASS).