Oct 012018
 

Presiden Joko Widodo Meninjau lokasi Gempa di Palu, 30/9/2018. (credit: BPMI – Sekretariat Presiden)

Jakarta, Jakartagreater.com – Presiden Federasi Rusia Vladimir Putin mengirim pesan belasungkawa kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) atas bencana gempa bumi dan tsunami yang mengguncang Sulawesi Tengah.

“Rusia berbagi kesedihan dengan rakyat Indonesia,” demikian pernyataan Putin dalam rilis yang dikirim oleh Kedutaan Besar Rusia di Jakarta, Minggu malam, 30/9/2018, dirilis Antara.

Presiden Putin menyampaikan simpati dan dukungan bagi keluarga dan kerabat korban, dan berharap pemulihan secepatnya untuk korban yang terluka.

Gempa bumi berkekuatan 7,4 SR dengan pusat di kedalaman 10 kilometer pada 27 kilometer timur laut Donggala, Sulawesi Tengah, terjadi pada Jumat (28/9) pukul 17.02 WIB.

Gempa bumi ini telah memicu tsunami setinggi 0,5 hingga enam meter di pesisir barat Sulawesi Tengah.

Bencana alam ini mengakibatkan ratusan orang meninggal dunia dan terluka, serta kerusakan parah di Kota Palu dan Kabupaten Donggala.

Hingga Minggu siang, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat jumlah korban meninggal dunia mencapai 832 jiwa, sementara korban luka-luka sebanyak 540 orang.

Gempa bumi dan tsunami juga menyebabkan ribuan orang harus mengungsi ke lokasi aman, serta puluhan ribu rumah rusak.

Xi Jinping Berduka

Presiden China Xi Jinping menyampaikan duka cita yang mendalam atas korban gempa dan tsunami di Provinsi Sulawesi Tengah.

Dalam pesannya yang dikirimkan kepada Presiden RI Joko Widodo, Minggu, 30/9/2018 Presiden Xi mengaku terkejut begitu mengetahui kuatnya guncangan gempa yang diikuti oleh tsunami menerjang wilayah Indonesia itu hingga menimbulkan banyaknya korban jiwa dan merusakkan sejumlah bangunan.

Atas nama pemerintah dan rakyat China serta atas nama pribadi, Xi menyampaikan belasungkawa kepada korban dan bersimpati kepada keluarga korban serta masyarakat yang terdampak bencana tersebut.

Dengan menyebut Indonesia sebagai tetangga yang baik bagi China, Xi mengatakan bahwa rakyatnya turut bersedih dan siap memberikan bantuan sesuai kebutuhan masyarakat Indonesia.

Presiden China optimistis bahwa di bawah kuatnya kepemimpinan Presiden Jokowi dan jajaran pemerintahannya, rakyat Indonesia mampu mengatasi persoalan pascabencana tersebut, tulis Kantor Berita Xinhua.

Afrika Selatan

Selain Rusia dan China, ungkapan duka cita juga disampaikan oleh pemerintah Afrika Selatan dalam keterangan tertulis yang diterima Antara.

“Doa kami bagi masyarakat Indonesia yang sedang menghadapi situasi sulit ini, terutama untuk keluarga-keluarga yang kehilangan orang-orang tercinta,” demikian keterangan Kedubes Afrika Selatan.

Provinsi Sulawesi Tengah diguncang gempa secara beruntun dengan kekuatan bervariasi 6,0; 7,4; dan 6,1 Skala Richter, Jumat (28/9/2018).

Sampai saat ini jumlah korban meninggal dunia mencapai 832 orang dan 540 orang mengalami luka-luka, serta 16.732 orang melarikan diri saat bencana itu terjadi.

  3 Responses to “Putin Kirim Pesan Belasungkawa kepada Presiden Jokowi”

  1.  

    semuga palu dan donggala cepat pulih, bangsa yg besar dan kuat disaat sedang bangkit pasti akan melalui banyak ujian dan cobaan’ tp aku yakin kebangkitan indonesia ini tidak akan terhabat oleh cobaan2 dan ujian yg menghadang.

  2.  

    Mana nih ucapan belasungkawa dari majikannya suipoa sama sugih?

 Leave a Reply