Sep 012013
 
Putin: Syria attack would be utter nonsense ! (photo; AP)

Putin: Syria attack would be utter nonsense ! (photo; AP)

Perdana Menteri Australia Kevin Rudd mengingatkan warga Australia untuk segera angkat kaki dari Suriah, di tengah rencana aksi militer Amerika Serikat dan Perancis terhadap Suriah.

“Saya tekankan sekali lagi. Jika ada warga Australia yang masih berada di Suriah, segera pergi dari sana. Ini bukan waktu untuk bermain-main,” tegas Rudd seperti dilansir News.com.au, Sabtu (31/8/2013).

Pernyataan Kevin Ruud muncul setelah AS dan Perancis semakin menegaskan sikapnya, bahwa harus ada aksi militer terhadap Rezim Presiden Suriah Bashar Assad, atas penggunaan senjata kimia dalam melawan oposisi.

Dalam masa-masa terakhir sebelum dilakukannya serangan oleh AS, Presiden Rusia Vladimir Putin, menggertak AS untuk membuktikan tuduhannya bahwa Suriah menggunakan senjata kimia.

Dengan garang Putin menantang AS untuk membuktikan tuduhannya itu kepada PBB. Bahkan Putin mengeluarkan kata-kata “utter nonsense” (omong kosong) jika pemerintah Suriah memprovokasi musuhnya dengan serangan senjata kimiat.

Putin mengatakan, kegagalan AS untuk menghadirkan bukti ke komunitas internasional adalah sesuatu yang memalukan.

“Jika memang ada bukti, harus ditunjukkan. Jika tidak ditunjukkan berarti tidak ada Bukti”, ujar Vladimir Putin seperti ikutip bbc.co.uk 31/8/2013.

Vladimir Putin mengaku terkejut dengan sikap Inggris yang akhirnya menolak serangan militer ke Suriah. Putin mengatakan meski Inggris adalah Sekutu terdekat AS, namun mereka masih menggunakan akal sehat dan nilai-nilai moral bangsa.

Sebelumnya, dalam perdebatan di parlemen Perdana Menteri Inggris David Cameroon, tidak bisa membuktikan bahwa Suriah menggunakan senjata kimia terhadap oposisi. Sebagian anggota Parlemen juga mengingatkan Inggris agar tidak mengulang kebodohan pada kasus serangan miiter ke Irak dengan alasan adanya senjata pemusnah massal Saddam Hussein.

Sekarang semua sedang menunggu, akankah AS dan Perancis jadi melakukan aksi militer ?. Suriah senndiri mengaku siap melakukan perlawanan jika negara mereka diserang.

Adapun posisi kekuatan militer di wilayah Suriah adalah:

Destroyes USS Mahan, Arleigh Burke-class dengan rudal jelajah Tomahawk (photo:Mate 2nd Class Greg Roberts)

Destroyer USS Mahan, Arleigh Burke-class dengan rudal jelajah Tomahawk (photo:Mate 2nd Class Greg Roberts)

-Arleigh Burke-class destroyer (154 meter): USS Gravely, USS Ramage, USS Barry dan USS Mahan di laut Mediterania Timur yang semuanya membawa rudal jelajah tomahawk. Rudal tersebut juga bisa ditembakkan melalui kapal selam, namun AS tidak mau menyebut lokasi kapal selam mereka. Tomahawk memiliki jangkauan 1600 km denga hulu ledak bervariasi 450kg-1360kg.

-Kapal Induk USS Nimitz (330 meter dengan 85 fighter) dan USS Harry S Truman dalam wilayah lebih luas

-Fighter F-16s jangkauan 3220 km di Pangkalan Militer Incirlik dan Izmir, Turki, serta kemungkinan melibatkan Jordan jika serangan udara dilakukan.

-Fighter F15E Strike Eagles yang dilengkapi navigasi dan target sistem “Lantirn” untuk meningkatkan akurasi serangan lewat infra merah atau bom berpandu laser. Fighter ini memiliki terrain-following radar, sehingga bisa melakukan penerbangan autopilot mengikuti kontur bumi di ketinggian 30 meter.

Kapal induk Perancis, Charles de Gaulle (photo: U.S. Navy)

Kapal induk Perancis, Charles de Gaulle (photo: U.S. Navy)

-Kapal Induk Perancis tenaga nuklir Charles de Gaulle (262 meter dengan 40 fighter) yang berada di Toulon, Mediterania Barat.

-Pesawat temur Rafale dan Mirage Perancis yang bisa beroperasi dari Pangkalan Udara Al-Dhahra airbase, UAE.

Rusia

Kapal Penjelajah The Moskva, Slava Class Rusia yang dikirim ke Laut Mediterania

Kapal Penjelajah The Moskva, Slava Class Rusia yang dikirim ke Laut Mediterania

Rusia mengatakan telah mengirim dua kapal perang ke laut Mediterania, Kapal Penjelajah The Moskva (184 meter, 16 rudal antikapal SS-N-12 dan 64 rudal anti-udara S-300-MPU), serta satui destroyer anti kapal selam. Rusia adalah sekutu Suriah yang menentang aksi militer. Namun hingga kini belum jelas kapan kapal perang Rusia itu tiba di laut Suriah. Menurut Rusia mengiriman kapal ini bagian dari rotasi kapal mereka di Mediterania.

Suriah
-Rudal anti-pesawat S-200 Angara. Nato menyebut rudal ini SA-5 Gammon yang merupakan buatan Rusia tahun 1960-an. Suriah diperkirakan memiliki 8 baterai S-200 yang dibagi ke dalam 2 resimen. Rusia sendiri telah menonaktifkan rudal ini sejak 20 tahun lalu.

-Rudal anti-udara S300. Namun tidak diketahui apakah rudal ini telah dikirim oleh Rusia atau telah beroperasi.

Rudal anti-kapal P-800 Yakhont  SS-N-26 Suriah

Rudal anti-kapal P-800 Yakhont SS-N-26 Suriah

-Rudal anti kapal permukaan P-800 Yakhont / SS-N-26. Rudal canggih ini memiliki jangkauan 300km dan membawa 200 kg hulu ledak yang bisa terbang diketinggian 5-15 dari permukaan laut, sehingga susah dideteksi.

-Fighter. Suriah memiliki berbagai jenis pesawat tempur yang sebagian besar dari Rusia, namun mayoritas pesawat mereka sudah tua. Laporan dari Institute for the Study of War (ISW) Mei 2013, menyebutkan banyak pesawat Mig dan SU Suriah terkendala suku cadang dan perawatan.

Pepatah mengatakan dua hal di dunia yang sering melanggar aturan, perang dan cinta, sehingga susah ditebak ending-nya. (JKGR).

  36 Responses to “Putin: Menyerang Suriah adalah Omong Kosong !”

  1. sesuatu yg bisa ambil contoh buat para perencana pertahanan negeri ini,dgn pertahanan yg kuat seperti iran,negara agresor pun berpikir 1000x untuk meng invasi nya,sementara suria yg jauh d bandingkan iran,negara2 agresor sangat bernafsu untuk menyerbunya…

    • Dan juga karena tidak ada jaminan ASEAN akan bebas perang, tidak ada ada garansi pula Indonesia tidak akan diserang meski hanya serangan terbatas cruiser missiles tanpa serbuan pasukan darat..

  2. ini baru teman….lo nyerang suriah gw ikut tawuran….,perkuat arhanud tni tehnologi terbaru…instal juga icbm…mahkyooss

  3. Estimasi akan ada 20-an kapal perang Russia berbagai jenis di mediterania, padet bener tuh kawasan klo US battle group jadi dateng.. Hati-hati ya ntar senggolan…

  4. Kalau ada 20 kapal perang tapi tidak ada kapal induk artinya bakal repot bro… waktu PD II, AL Jepang kalah oleh AL AS di perairan Pinoy dan AL Itali kalah oleh AL Inggris di Mediterania karena tidak ada pesawat2 (dari kapal induk) yg melindungi

    • Udah lebih dari cukup kok bro.. Pertanyaannya berani nyenggol nggak si US sama Perancis? Klo frontal dijamin babak belur bareng2, nggak US nggak Rusia apalagi Perancis. Dua2-nya juragan nuklir dan ICBM, klo niat senggolan berarti niat “GOSONG” bareng2. Meskipun bawa kapal induk dan seabrek destroyer, US nggak bakalan berani mulai duluan klo Ruskie dah nekat. Resiko besar banget gan, cruiser-nya Ruskie dan lontong nuklirnya dah cukup buat nenggelemin 2-3 carrier-nya US, dan sebaliknya Ruskie juga nggak bakal mulai duluan karena sudah pasti ancur2an. Prediksi ane nggak ada agresi Nato ke Suriah, kecuali ada deal2 dibelakang layar antara kedua raksasa militer ini baru tuh serangan jalan..

      • berarti ceritanya antara polisi dunia Vs Tentara Dunia..
        Bila itu terjadi (perang ruskie vs Us) maka kemungkinan besar. lcs akan ada gejolak lagi,dan mmarinir di cocos di tarik kembali..
        Cocok banget kui gAn,,
        ane setudjoe peandapat ente..
        Moga aja. Terjadi senggol ” an ..skalian di puterin lagu layang sworo pasti para destroyer joged,sampai gulat ckckckckkc

      • kalo US bentrok sama Ruskey sama aja pecah perang dunia ketiga

    • Kirov Class Cruiser Russia pun sudah nimbrung di laut Meditarania Gann, kalo lihat spek penjelajah ini benar2 menakutkan. Dgn panjang 252 meter, berat 28.000 ton (Full Load ), kecepatan Max : 32 knot, & armament yang menakutkan, kapal ini sdh seperti arsenal berjalan :
      * 20 P-700 Granit/SS-N 19
      * 14 SS-N 14, Silex ASW cruise missile
      * 12 x 8 (96) S-300PMU
      * 96 S-400 SA-NX-20 Gargoyle
      * 192 9K311 TOR/ SA-N-9 Gauntlet
      * 44 Osa ma/ SA-N-4 Gecko
      * 2 x RBU-1000
      * 2 x RBU-12000
      * 1 twin AK-130
      * 10 ASW-533 torpedo tubes, type 53 torpedo atw SS-N-15 ASW
      * 8 x AK 30 gatling
      * 8 x CADS-N-1 Kashtan
      * 3 hello

      Bukankah ini sdh seperti “Arsenal Berjalan”..??

    • Dibawah Cruiser/Destroyer Russia pasti ada lontong yang mengawal, juga dibawah Carrier/Destroyer USA pastinya di jaga sosis. Kalau benar – benar terjadi duel, maka akan menjadi pembuktian kekuatan bawah laut mana yang terbaik, lontong Russia atau sosis USA.

      Selama ini Russian submarine fleet amat ditakuti, kehebatannya diakui oleh barat.

      NATO bilang Kilo class adalah black hole bagi armada laut mereka karena mereka adalah one of the most quietest subs. Kilo bisa mendetect KS lain dari jarak 3-4 kali lebih jauh dibandingkan jarak KS lain mampu mendetectnya.

      Oscar class (salah satunya Kursk yg tenggelam di Barents Sea) sering mengunjungi pasific mengintip latihan Grup Carrier Armada Pasific USA. Bahkan dilaporkan mereka sempat mengitari grup carrier tsb.

      Victor class malah pernah menyundul USA Carrier USS Kitty Hawk, sampai skrup/bautnya tertinggal di Kitty Hawk ditahun 1984, setelah sebelumnya diintai selama berhari-hari, bahkan dilaporkan KS Soviet ini sudah 15 kali tracked and killed Kitty Hawk.

      Tapi kayaknya tidak akan terjadi duel frontal, kalau terjadi duel besar-besaran maka yang akan menangguk untung adalah cina.

      • Al USA mmg sangat sebel sama ne Kursk ne Om, aksi2 sub-marine Russia yg satu ini mmg di awaki “orang gila” semua, sering x menguntit & mengawasi rombongan CV USA…

  5. dibandingkan destroyer US rasanya kelas penjelajah milik rusia kok lebih sangar ya

    • Kapal ruskie itu hanya bawa 16 rudal ss n 12, tapi hulu ledaknya ada yang nuklir. Cukup satu rudal untuk satu kapal induk. Rudal ini memang untuk melumpuhkan kapal induk dgn salvo sekali tembak 8 rudal dan bisa diinput data mid course correction, untuk mengubah arah rudal/menghindari sistem pertahanan lawan

      Kalau sudah bawa hulu ledak nuklir mungkin memang tidak perlu lagi pake modul stealth segala. Si ruskie mau bilang, kalau berani silahkan coba. Air defence nya pun serem, ada 64 rudal jarak jauh

    • Dari sejumlah referensi disebutkan masih operasional. Memang Rusia diduga menggantinya/ up grade ke vulcan/ ss-n-19 secara gradual.

      …the P-500 Bazalt (SS-N-12 Sandbox) remains only on surface ships, but it is still one of the most capable Russian naval weapons.

      Info soal ss-n-19 masih minim. ss-n-12 sempat terdokumentasi diujicoba tahun 2009. BBC pun tidak bisa memastikan apakah rudal yang di the moskva semua ss-n-12 atau telah diubah ke ss-n19

  6. inggris gak ikut nyerang suriah bukan karena punya akal sehat dan bermoral, penyebabnya adalah krisis ekonomi…

  7. Pemberitaan yg dulu, indonesia pernah berminat membeli kapal perang dari rusia, itu yg kolaborasi antara rusia dan spanyol, benar pa salah ya…. Lupa2 ingat

    • Yang Tigr Stereguschy class apa gan? Pan dah di cancel gara2 kita pilih Damen (PKR10514). Ngarep ini sih sebenernya, tapi gimana lagi wong pengambil keputusan pilih Sigma lagi. Masalah commonality mungkin, karena dari kemampuan 11-12..

  8. Fregat dr rusky…kayanya…tni dah pesen kurang di expose aja

  9. Semoga barat tidak jadi menyerang suriyah… andai suriyah diserang, aku yakin Iran dan Hisbullah akan turut campur membantu suriyah karena jika Suriyah hancur maka tinggal iIranlah sasaran berikutnya yang harus ditundukkan oleh barat,

  10. Tartus, Syria = satu2nya pangkalan militer Rusia yg tersisa di dunia.
    Deep water facility untuk Kapal Selam Nuklirnya.

    Bagi Rusia ini bukan soal kawan / lawan, bukan soal kepentingan ekonomi, bukan soal moral lagi…
    ini soal harga diri sebagai negara pewaris kekuasaan Super Power Soviet.
    Dan Ruskie saat ini sedang benar2 sensi dengan soal Pride ini.
    selesai krisis ekonomi dalam negeri, saat ini demandnya adalah bagaimana mengembalikan kebesaran jaman Soviet dulu…

    Syria jatuh = Tartus hilang = Rusia menjadi negara biasa di dunia.
    Tidak ada lagi bekasnya sebagai pewaris kekuasaan super power..

    bisa jadi Rusia akan habis2an sekali ini. berbeda dengan kasus Georgia atau Libya yg lalu.

  11. prediksi ane..kalo invasi pasukan darat usa/nato ke suriah kayanya tipis.sekali di lakukan.paling mungkin main serangan rudal balistik,karena jika terjadi invasi darat, rusia pasti turun tangan,jd tebakan ane paling usa dan nato main pake rudal jelajah buat serang suriah karena lebih aman dan bisa ngeles,alias membantah jika mereka yg melakukan,tapi bisa juga tdk jd serang suriah jika beresiko om beruang putin ikut bantu suriah,.diatas kertas sejarah perang eropa ketika jerman melumat eropa bisa terjadi kembali

  12. Hello! This appears like a pleasant place, so I’ll be poking my head in from time to time to read, inquire queries and help the place I am able to.

  13. Hello there everybody !!. how’s anyone undertaking ?

  14. Her outfit and her entire persona are there for shock value. By using a combination of these elements, the option for colors is virtually endless. Often, you will find the sleek patterns on the art deco lighting. xboter 2014

  15. Arrive at a satisfying feeling, I’m happy. Since it has good after-sale service, it is possible to surely purchase wanted goods without any hesitation. The action is to establish what purchaser wants. xboter 2014

  16. opo londo,,, opo sing arep kene?

  17. Wkkwwkw @bung apam wah anda jg pake bhs telik sandi ya bung ?

  18. Berarti kontra inteljen dunk wkwkwkwk, salam kenal @bung Apam

  19. Good day everybody.!!.That is Random at this point and i am new at this point on this forum.Just wanted to introduce myself… Just discovered your forum and it appears actually interesting.

 Leave a Reply