Nov 252015
 

putin

Presiden Rusia, Vladimir Putin, bereaksi keras setelah sebuah jet tempur Sukhoi Su-24 milik Rusia ditembak jatuh oleh dua jet F-16 Turki pada Selasa (24/11/2015). Turki mengklaim jika jet tempur itu telah melanggar perbatasan Turki dan telah diperingatkan berkali-kali. Rusia berkeras pesawatnya terbang di wilayah sekutunya, Suriah.

“Peristiwa ini di luar kerangka kerja normal perang melawan terorisme. Tentu saja militer kami sedang bertempur melawan terorisme, tetapi kehilangan kami pada hari ini seperti ditikam dari belakang, yang dilakukan oleh para kaki tangan teroris,” kata Putin di Sochi, Rusia, Selasa.

“Saya tak bisa menjelaskannya dengan cara lain. Pesawat kami ditembak di wilayah Suriah, menggunakan rudal dari sebuah jet F-16 Turki. Jet itu jatuh di wilayah Suriah, 4km dari Turki,” beber Putin.

Menurut Putin, tak seorang pun pilotnya pernah mengancam wilayah Turki.

“Ini jelas. Mereka sedang bertempur melawan teroris di kawasan utara Latakia, lokasi para militan yang sebagian besar berasal dari Rusia,” ujar Putin lebih lanjut.

Tak berhenti di situ, Putin juga mengutarakan dugaan yang menyiratkan bahwa Turki adalah negara yang selama ini melindungi dan mendukung ISIS di kawasan tersebut, bahkan hingga ke daratan Eropa.

“ISIS punya sumber daya besar, hingga miliaran dolar, dari penjualan minyal ilegal dan mereka dilindungi oleh angkatan bersenjata negara lain, jadi jelas mengapa mereka begitu berani, mengapa mereka membunuh orang, mengapa mereka bisa melakukan serangan teroris di seluruh dunia, termasuk di jantung Eropa,” ucap Putin, seperti dilansir The Guardian.

Putin juga dengan tegas mengatakan bahwa serangan terhadap jet tempurnya hari ini akan membawa konsekuensi serius bagi hubungan Rusia dan Turki.

“Kami akan menganalisisi semuanya dan perisitiwa tragis hari ini akan punya konsekuensi signifikan, termasuk terhadap hubungan Rusia-Turki. Kami selalu memperlakukan Turki sebagai negara sahabat,” ujar Putin.

“Saya tak tahu, siapa yang berkepentingan dengan yang terjadi hari ini, yang pasti bukan kami. Dan sejauh yang kami tahu, alih-alih segera menghubungi kami, Turki malah tergesa-gesa berpaling ke rekan-rekannya dari NATO untuk membahas insiden ini – seolah-olah kami yang menembak pesawat mereka, bukan sebaliknya,” tutup Putin.

Turki – yang bersama Amerika Serikat dan negara barat lainnya menjadi anggota pakta pertahanan Atlantik Utara (NATO) – memang akan bertemu dengan anggota NATO lainnya di Brussels, Belgia pada Selasa petang, untuk membahas insiden itu.

Bagikan Artikel :

  61 Responses to “Jet Tempurnya Ditembak Jatuh, Putin Sebut Turki Kaki Tangan Teroris”

  1.  

    waow..

    •  

      Perlu di teliti lanjut,..apa benar pespur turki yg nembak
      Bisa jadi pespur ASU yg diparkir di turki,..
      Taulah ASU bangsa banci yg bisa nya perang menggunakan tangan org lain…
      Secara HEAD TO HEAD dengan Irak ajja keox,.
      Siap2 NATO VS RUSIA

    •  

      kalau Rusia balas tembak pesawat Turki / US, rusia pasti kalah perang di Suriah.. pesawat fighter canggih yang dibawa cuma Sukhoi 27/30 seri bukan yang terbaru, dan juga secara kuantitas dan support hanya beberapa unit saja yang dibawa…

      hasil pastinya kalau sampai terjadi…. ga akan ada perdamaian di timur tengah

    •  

      Salut buat turki dech Two tumbs.,
      Ini sebenarnya pelajaran berharga buat RI., Turki benar – benar menunjukan diri sebagai negara yang berdaulat, ngk hanya dimulut aja. Siapa pun pesawat yang melintas harus di beri peringatan dan pelajaran walaupun negara super powerpun yang melanggar.

      •  

        tp negara ini belom berdikari jd jangan lakukan hal yg memperkeruh, kita kepret pespur orang mereka kepret balik melalui penyetopan import sapi, beras., kedelai dll….trus rakyatnya nyalahin jokowi lagi pasokan sembako berkurang hahahaahaha

        jangan tengil kalo negara masi bergantung dgn negara lain, jd jika ada masalah spt itu lakukan dgn diplomasi bukan intercept dan di tembak ditempat. riskan di ekonomi kitanya..

      •  

        @bung Sal Goblek saudara kembar sal jemplak anda sehat xixixiixxi,turki main karena kepentingan terganggu impor minyak,kirim alussita ke pemberontak wajar diserang itu pespur rusia,cm sekarang tergantung rusia mau gemana ehehehhee(apakah nato siap ww3 wassalam)coba liet elite eropa barat ngomong apa tentang turki,turki gila emang dia ngk tahu konsekuensinya xixixixixxi

        setahu saya 2014-2015 sudah ratusan atau ribuan kali pelanggaran dilakukakn pespur yunani dan turki diperbatasan udaranya masing2 nah ini napa ngk tembak???tegas dr hongkong hahaahahah(turki pespunya ini lebih banyak melakukan pelanggaran,dan cm 1kali kejadian pespur dilock down ama mirage yunani sudah lama)
        tegas apa kalo tegas sudah nembak pespurnya yunani,karena masih ada big borther usa dikawasan(turki pelindung isis aja bole dibilang) heheheheheehe

        salam pengamat ecek2 salam damai selalu:)

        •  

          beda bung., Sal Jemplak disana Sal Goblek dimari
          hihihihi…..

        •  

          “Kapal penjelajah Moskva yang dilengkapi dengan sistem pertahanan udara Fort, mirip dengan S-300, akan mengambil posisi di wilayah pesisir Latakia. Kami mengingatkan bahwa setiap target yang berpotensi berbahaya bagi kami, akan dihancurkan,” demikian kutipan pernyataan resmi Kementerian Pertahanan Rusia seperti dikutip Sputnik.

          sekarang elbot f16 dan f4 phantom terminator dug2 an pilot turki lewat air space perbatasan suriah xixixixixixi(kalo ditembak ntar kasian pilotnya)

          salam damai selalu bung sal gol:)

    •  

      Dia yang nembak Dia yang Rapat Darurat… DASAR PENGECUT kau TURKI …

  2.  

    turki ini emank abngnya isis,
    wajar dia marah krn adeknya diserang

  3.  

    waw om putin marah..

    •  

      Sindikat perdagangan minyak Illegal dari suriah lewat isis sepertinya betangsur2 mulai terlihat meskipun masih kabur. Pemerintah turki? ane jadi ingat tragedi tenggelamnya pengungsi Rohingnya.. hehehe

  4.  

    Clue nya sdh jelas dr presiden Rusia. “Turki kaki tangan teroris” Turki bakal msk jd medan tempur dan rakyat turki siap” ngungsi yaa..

  5.  

    tambah panas bung

  6.  

    Tahniah buat Turki

  7.  

    World War III

  8.  

    woh bakal banyak cewek turki yg ngungsi kemari,hehehe

  9.  

    yg saya harapkan semoga perang dunia tdk terjadi,..,

  10.  

    Ini akan berlangsung penuh dengan penikaman. Dimana negara negara yg mendukung isis dan tidak.

  11.  

    Nah loh itu kenapa turki buru” rapat sama Nato???

  12.  

    Kirim spetsnaz aja om tin. Ledakkan semua f16 di turki..

  13.  

    Turkey gak mungkin nembak tanpa alasan kuat, apalagi yang ditembak pesawat Rusia,… Rusia juga pernah mancing-mancing pesawat Turki malah sampai di lock segala,… semoga ajah gak tambah rusuh nie kawasan,…

  14.  

    Apakah sudah ditetapkanya medan perang antara nato dan rusia berada di kawasan timur tengah ? Kedepannya akan banyak kejutan tak terduga, Semoga menghibur .

  15.  

    Secara langsung turky jg d untungkan atas penjualan minyak mentah melimpah isis kesana dg harga miring,, mnurut kabar Rusia dlm seminggu dah mnghancurkan 1100 truk tanki minyak yg mw d suply ke turky,, psti lah turky marah besar,, kebetulan ada pesawat di pinggir pagar,, tembak aja. Turky siap2 aja dr sahabat jd musuh Rusia, psti lebih parah nnti kebencian rusia d banding sama musuh sbnrnya.

  16.  

    Buat mr. esdoger: ingat, kena iskander itu sakit lho

  17.  

    10 menit tong melanggar kedaulatan negara dan dioeringatkan berkali-kali, emg di tmp kita yg bs dipaksa mendarat. Bs dipaksa mendarat jg pesawat sipil bung. Klo pesawat tempur si Singapore kmrn sempet melanggar batas jg tp diperingatkan dia mw pergi.lha ini diperingatkan gag mw pergi ya ditembak jatuh. Itulah gunanya pesawat tempur yg ada rudalnya klo cmn mengecam doang ala Tiongkok mending pake ToA aja jgn pake pespur. Heran saya kok banyak yg uring2an Pesawat Rusia ditembak jatuh namanya jg di medan perang. Klo yg ditembak jatuh pesawat sipil br boleh uring2an

  18.  

    untung bolongan silo si beruang kagak diaktifin gara gara insiden ini… 😀

  19.  

    Rusia tinggal contak pemberontak di turki dan di modalin senjata bakalan pecah perang sipil di turki….ibarat menyuntik racun ke dalam tubuh tanpa haru menusukkan piasau ke tubuh lawan…

  20.  

    Mestinyakan kan tau harus sadar dong memaklumi ya setidaknya selama memerangi memerangi teroris brutal itu mestinya Rusia diberi ijin khusus memasuki wilayahnya, sudah gak membantu malah nendang egc

  21.  

    xixxixixiix inilah skenario licik mossad tuk menghancurkan turki dgn bgt turki vs russia xixixiiixi disinalh titik perang dunia ke3

  22.  

    Indonesia hrs meninjau ulang kerjasama dgn turki jika terbukti turki terlibat organisasi teroris isis

  23.  

    pendapat anda masuk akal bung, sok tau saya dengan adanya perisiwa ini memperlebar wilayah perang ditimteng.

  24.  

    sayang tdk ada yg bahas bagaimana Indonesia menyikapi ini, secara 22 nya (rusky & turqi) pernah membantu Indonesia di masa penjajahan(era turqi usmani & pembebasan irian), andaisaja Indonesia bisa menengahi dan ikut meredam perang terbuka rusky dgn turqi yg dikompori nato, syukur2 turqi bisa dibetot kluar dr nato. mf cuma opini awam

    •  

      kalo saya pribadi mending indonesia fokus ke natuna dan papua drpd lebih jauh ketimteng(timur tengah sudah ada player besar eropa,amrik,rusia dan regionalnya:arabsaudi,iran,israel,turki,mesir)

      kalo kita lihat palestinenya secara politik,lihat didekat saja papua(ini sudah dekat kita apalagi isu free port sangat hangat2nya sekarang)

      salam bung asbun:)

      •  

        Film Hollywood susah untuk ditebak,Mata rantai yg tdk bisa dipisahkan pada negri ini,..Tonton saja Biar tdk jadi fitnah…Tubitukinyut..hehehe

      •  

        betul bung Bukek kita harus tetap waspada dr segala kemungkinan, bisa saja ini pengalihan dr rencana penempatan armada asu di asteng, tp kita jg hrs siap akan dampak ekonominya ke kita karena perdagangan RI baik dgn turqi maupun rusky trbilang lumayan, salam sejahtera selalu bung @Bukek

  25.  

    Di sini disebut 4 KM dari perbatasan Turki, di Garudamiliter 1 KM dari perbatasan Turki, yang bener yang mana om Diego??

  26.  

    Calm down Mr.Putin kalo di sini rasanya Sakitnya tu di Sini di tembak oleh Pihak2 yg kemaren ngemis2 ke Rusia utk ikut membantu membasmi isis hehe ternyata dikelompoknya memang ada pihak2 yg memperoleh hasil dari tindakan2 isis kalo alasannya melanggar wilayah udara ya harusnya pesawat su-24nya jatuh di wilayah Turki tapi kok ditembak dan jatuh diwilayah Suriah kan gak masuk akal…apalagi kenapa negara lain malah boleh pro ke pemberontak disuriah lah kok lain knpa di yaman kok Iran gak boleh juga pro kepada pemberontak juga kan aneh juga nih kelakuan negara2 di Timur tengah….dan yg pasti NATO pasti membela Turki lah sebagai sekutunya apapun tindakan Turki ke Rusia, gak sayang tu nyawa 120an di Perancis kemaren jadi korban sia-sia

  27.  

    opsi terakhir sama2 hilang peradaban itu nama zero sun game,tidak ada namanya turki,tidak namanya negara2 eropa,mungkin amrik hancur sebagian.(7000 lebih nuke cukup membikin kota2 diduniia hancur lebur menuju 60rb tahun lalu ke masa lampau)

    salam untuk perdamaian

  28.  

    Reaksi yg biasa dari majikan…karna pelihara anx di serang rusia….bersihkan dulu isis baru deh urus si turki

  29.  

    waah…moga” om putin sgera manasin ICBM-nya,trus kunci turki, en pencet dah..biar tau diri dikit tuh.. BHahahahaha

  30.  

    tadi baca di koran salah satu pilot ada yg meninggal dan satu pilot berhasil keluar dari kokpit pake kursi pelontar, dan kini nasib pilotnya belum diketahui, sumbernya dari para pengungsi bung.

  31.  

    Utamakan absen…

  32.  

    Terlalu gegabah turki. Kalo sudah merasa hebat. Monggo

  33.  

    jgn bermain api dgn russia krn tentara russia sangat patriotik dan memiliki harga diri yg sangat tinggi,,,,
    skrg russia memakai taktik bumi hangus buat turki

 Leave a Reply