Wah, Putin Tanggapi Tegas Rencana Penempatan Rudal AS di Eropa

rudal patriot di polandia

JakartaGreater  – Rencana Washington untuk menyebarkan Rudal jarak menengah di Eropa menimbulkan ancaman bagi Rusia, ujar Presiden Rusia Vladimir Putin, pada hari Senin 1 November 2021.

“Semua orang mengetahui rencana AS untuk menyebarkan Rudal jarak menengah di Eropa, ini menimbulkan bahaya dan ancaman besar bagi kami,” kata Putin. Dia menambahkan bahwa Rusia akan “menanggapi secara memadai” upaya negara-negara asing untuk mematahkan paritas strategis.

Hal ini disampaikan Putin setelah tiba di Sochi untuk serangkaian pertemuan tentang masa depan tentara dan sektor industri militer Rusia.

“Kami semua sangat menyadari bahwa beberapa mitra asing kami tidak menghentikan upaya untuk memecahkan keseimbangan, termasuk melalui penggelaran elemen pertahanan Rudal global di sekitar perbatasan kami. Kami tidak dapat gagal untuk memperhatikan ancaman ini terhadap keamanan Rusia dan akan bereaksi, dengan cara yang memadai,” kata Putin, dikutip Sputniknews.com.

Menurut Putin, sistem pertahanan udara Rusia yang ditingkatkan akan mampu mendeteksi dan menghancurkan semua jenis rudal hipersonik dan balistik.

“Di bawah program persenjataan Rusia, 25 sistem Rudal anti-pesawat S-400 dan lebih dari 70 pesawat tempur modern dikirim selama 4 tahun terakhir. Lebih dari 20 sistem S-300 dan 90 pesawat ditingkatkan,” kata Putin dalam pertemuan dengan pejabat Kementerian Pertahanan Rusia.

Dia menambahkan bahwa militer Rusia akan segera menerima sistem Rudal S-500 produksi batch pertama. “Di tahun-tahun mendatang, lebih dari 200 pesawat dan 26 sistem Rudal anti-pesawat S350 dan S400, serta model produksi pertama dan sistem Rudal S-500 terbaru, akan dipasok ke pasukan,” kata Putin.

Selama pertemuan ini, ia juga berbicara tentang prioritas utama dalam kaitannya dengan peningkatan Angkatan Laut Rusia. “Tugas lain yang sangat penting adalah melengkapi angkatan laut Rusia dengan peralatan dan senjata modern.

Selama 4 tahun terakhir, Angkatan Laut telah memasukkan 49 kapal dan kapal tempur baru, 9 sistem Rudal pantai, dan 10 pesawat,” kata Putin.

Awal bulan ini, Putin mengatakan bahwa perlombaan senjata antara Rusia dan AS semakin intensif, menyusul penarikan Washington dari Perjanjian Rudal Anti-Balistik 1972.

*Foto: dok. Rudal Patriot di Polandia. (@ US DoD- Sgt. 1st Class Lawree Washingtonn).

Leave a Reply