Putin: Tidak Ada Perang Dunia 3, Asal …

83
565
Putin: Syria attack would be utter nonsense ! (photo; AP)
Vladimir Putin (photo; AP)

Rusia – Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan Rusia tidak menginginkan perang dunia ketiga. Putin juga mengatakan Rusia tidak menginginkan adanya negara adidaya yang mengatur-atur tindakan negara lain.

Komentar tersebut disampaikan setelah Putin bertemu dengan Kanselir Jerman Angela Merkel dan Presiden Prancis Francois Hollande membahas krisis Ukraina Jumat lalu.

“Jelas-jelas ada upaya untuk mengekang pembangunan Rusia. Ada satu pemimpin dunia yang mencoba mengatur semuanya sementara di sisi lain, dia membatasi apa yang boleh dilakukan oleh negara lain selama sesuai dengan kepentingannya,” kata Putin.

“Tatanan semacam ini tidak sesuai dengan Rusia. Tapi, Rusia juga tidak akan berperang dengan siapapun. Kami siap bekerja sama,” kata dia.

Di sisi lain, Presiden Ukraina Petro Poroshenko menginginkan adanya gencatan senjata, sementara Rusia menginginkan agar sanksi ekonomi segera dicabut.

Wakil Presiden AS Joe Biden mengatakan AS akan tetap mengirimkan “bantuan keamanan” kepada Ukraina untuk mempertahankan diri dari agresi Rusia. (BeritaSatu.com).

83 KOMENTAR

  1. hanya kekuatan tuhanlah yang esa..
    namun jika keesaan di berikan kepada manusia hanya sikap tamak yang akan melekat pada dirinya. oleh sebab itu dalam satu negara mesti ada executive dan yudikatif..
    di dalam dunia pun begitu jangan sampai hanya ada satu negara adidaya di atas bumi ini haruslah ada penyeimbangnya…

    saya yakin suatu saat indonesia pun mampu memposisikan menjadi negara penyeimbang di bumi dengan kekuatan militernya dan dengan politik bebas aktif akan selalu di pandang oleh negara2 besar…

    • Saatnya pada saat indonesia memiliki kekuatan perekonomian dan militer cukup bsr. Saat kita tidak tergantung lagi dg negara lain baik sisi teknologi maupun keuangan . Saat kita tidak lagi mengimport kawat las .lager .baja dg spect tertentu .ic .bahkan jarum jahit dllll ……
      wkwkwkwkwwk……dan saat kita sebagai bangsa lebih membeli atau menggunakan product yang dibuat oleh bangsa sendiri …… ciaaah kayak udah nasionaliz banget!!!!!!

  2. harusnya semua pemimpin negara di seluruh dunia wajib punya kemandirian dan sanggup utk mengurus negara nya sendiri, terutama urus kemakmuran rakyat, ekonomi, pendidikan, budaya dsb.
    yg skrg terjadi msh ada pemimpin negara (termasuk negaranya) yg sering ikut campur urusan negara lain dg dalih yg dibuat buat dan konyol, akhirnya jadi perang gak karuan, gak jelas alesannya, negara hancur lebur … yg jadi korban tetep rakyat.
    musti nya semua manusia di dunia bersatu pemikiran utk mendapatkan pemimpin negara yg kerja konsen urus rakyat, jgn bikin aliansi / pakta militer dg negara lain, yg penting urus diri sendiri biar makmur rakyatnya.

    maaf lot neh …

  3. Saya setuju dengan, Mr.Putin jangan ada negara yang merasa adidaya dan adikuasa terhadap negara lain, sehingga dengan seenaknya mengatur ina inu..sesuai keinginannya, indonesia adalah salah satu kandidat yang jadi penyeimbang. Mari semau anak negeri berkarya untuk kemandirian, tanamkan sikap optimis, pelihara intelegensia…sehingga bisa mendukung sendi sendi kemandirian dengan tidak mudah untuk dipropokasi baik oleh si ina maupun si inu, terutama dari media yang menjadi corong corong yang digerakkan oleh invisible hand….

  4. @denbdg Mencampuri urusan negara lain bukan tanpa alasan. Sebab, sebuah negara yg sdh makmur memikirkan sgala cara agar negaranya terus berkembang dan yg terpenting dimana sistem sebuah pemerintahan dpt berjalan sesuai dgn kondisi negara masing2 ada presidensial, parlementer, semipresidensial, komunis , demokrasi liberal , neoliberal ..

    Duh, Ini kalau dijabarkan panjang sekali otak saya ngeblank secara tiba2 , mungkin warjager lain ingin menambahkan .

  5. Mana berani amerika perang lawan rusia.rusia punya senjata nuklir.amerika cuma beraninya lawan negara yang kekuatan militer nya lemah kaya libya.irak.panama dll. Kalo lawan cina dan rusia kayanya mereka harus mikir ribuan kali nyerang iran aja yang kemampuan militernya lagi berkembang mikir puluhan kali.

  6. Kecil kemungkinan AS Vs Russia secara langsung krn akan jd PD III, sebenarnya jika posisi AS secara ekonomi spt Uni sovyet, sebenrnya AS sudah bangkrut di Irak & Afganistan,,namun krn keuntungan AS yg memilik mata uang Dollar, & tinggal cetak uang (dgn perhitunggan tdk membahaykan inflasi),,mereka aman2 saja..sementara negar lain, mengumpuljan devisa dgn susah payah..AS tunggal cetak,,coba seandaunya AS gak oegang dollar yg jd mata uang dunia,,dah tersungkur dia,,mangkanya negara2 tertentu terutama BRICS mencoba mengurangi ketergantungan transaksi perdagangan dg dollar dirumah ke mata uang lainnya,sebenarnya Euro potensi menjadi Rival dollar namun keinginan masyarakatnya tdk ssuai dgn kebijakan pemerintahnya yg tunduk diketiak AS,,,

    • dan saya harap dengan dibukanya pasar ASEAN ada mata uang khusus di ASEAN untuk melakukan transaksi yang dipakai negara2 ASEAN agar tidak tergantung sama Dolar,.
      byangkan kalau negara2 ASEAN melakukan itu akan jadi seperti apa Dolar,. bisa dipastikan Dolar Goyah karena transasi perdangan di ASEAN sangan tinggi hingga mencapa 4-5T dolar pertahun bila itu dilakukan oleh asean pasti negara2 di ASEAN apa makmur,..

  7. Baca komennya saya malah bingung.bagi saya intervensi secara tidak langsung masih oke2 aja tapi kalau sebaliknya udah tidak oke.masalah ukraina menurut saya us dan rusia sama2 salah karna melakukan intervensi.pendapat saya us dan rusia,saya ambil us pemenangnya.walau mengalami kerugian tapi tak separah yg dialami rusia karna lebih siap bahkan denger pihak barat telah membuat persiapan untuk menghadapi rusia sampai 15 tahun kedepan salah satu contoh beberapa ekplorasi minyak dan gas dinegara barat yg udah berhasil kaya penemuan ladang minyak baru diperbatasan us dan kanada.sekian aja capek ngetiknya hahaha

  8. PD III efek dari krisis Ukrania merupakan opsi terakhir, sementara sekarang yg sedang berlangsung perang ekonomi. Tinggal menunggu sejauh mana daya tahan Rusia menghadapi pencekikan nilai migas , apakah akhirnya kolaps seperti Soviet dulu atau mampu membuat perlawanan berlarut . Yang jelas kondisi migas yg menurun seperti ini membuat pelaku migas saling menahan diri dan menunda banyak proyek entah sampai kapan.

  9. jerman-prancis akan segera bersatu menentang AS.
    perang dunia yg akan datang mungkin sekutu hanya akan jadi kamuflase, dan kemungkinan besar akan terjadi pemberontakan dan menentang AS nato bubar tp sayang dunia hancur karna akan saling serang. samasekali tidak ada yg diuntungkan