Putra Papua Peraih Adhi Makayasa Dilantik Presdiden di Istana

Adi Makayasa e1626569088265

Militer – Putra Asli Papua, anak dari seorang juru parkir di Papua dan peraih Adhi Makayasa Letda Laut (P) Always Giving Hamonangan Tiris, S.Tr (Han) dilantik dalam Upacara Pelantikan, Penyumpahan dan Prasetya Perwira TNI-Polri Tahun 2021 dengan Inspektur Upacara Presiden Republik Indonesia Joko Widodo pada Selasa 13-7-2021 di Halaman Istana Merdeka, Jakarta.

Upacara pelantikan ini dihadiri Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo serta Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal TNI Andika Perkasa, Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono, dan Kepala Staf TNI Angkatan Udara Marsekal TNI Fadjar Prasetyo.

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) melantik dan mengambil sumpah 700 orang calon perwira remaja (capaja) Tentara Nasional Indonesia dan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri), dirilis Dispenal pada Selasa 13-7-2021.

Pelantikan para perwira dari Akademi TNI itu didasarkan pada Surat Keputusan Presiden Nomor 65/TNI Tahun 2021.

Para perwira yang dilantik terdiri atas 227 perwira dari Akademi Militer (Akmil), 101 perwira dari Akademi Angkatan Laut (AAL), 91 perwira dari Akademi Angkatan Udara (AAU), dan 281 perwira dari Akademi Kepolisian (Akpol).

Sebagian besar dari para perwira tersebut mengikuti jalannya prosesi acara melalui video conferensi di masing-masing akademi angkatan dan kepolisian.

Letda Laut (P) Always Giving Hamonangan Tiris sebagai lulusan terbaik di angkatannya, mewakili 100  Perwira Remaja (Paja) Alumni Akademi Angkatan Laut (AAL) Angkatan ke-66 Tahun 2021 lainnya bersama-sama dengan perwakilan dari Paja TNI AD dan TNI AU serta Kepolisian Republik Indonesia (Polri).

Keberhasilannya untuk menjadi yang terbaik dan dilantik di Istana tentu tidak mudah. Perjuangan selama menempuh pendidikan termotivasi orang tuanya yang selalu mendukung dan memberikan semangat.

Tak hanya itu, Always juga termotivasi dari sang Kakak yang lebih dahulu menjadi seorang Perwira yang saat ini berdinas di Lanmar Sorong.

Putra kelahiran Jayapura, 15 Maret 1999 ini terlahir dari pasangan keluarga sederhana yakni Alex Tiris yang sehari hari bekerja sebagai juru parkir dan Dermawaty Panjaitan sebagai penjual makanan dan minuman.

Keluarga sederhana ini juga sudah mengentaskan anak pertama yakni Letda Mar Aldre Binhur Tiris adalah Taruna AAL Angkatan ke-63 tahun 2018.

Dengan keberhasilan keluarga ini menguatkan dukungan bahwa siapa saja bisa masuk menjadi prajurit TNI AL tanpa pungutan biaya sedikitpun.

Leave a Reply